14+ Contoh Sikap Amanah di Rumah, Sekolah dan Masyarakat

Contoh Sikap Amanah di Rumah, Sekolah dan Masyarakat_ Arti kata amanah dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah sesuatu yang dipercayakan (dititipkan) kepada orang lain atau dapat dipercaya, setia. Sikap amanah sendiri merupakan salah satu sikap yang terpuji.


Hampir setiap orang senang berteman atau bergaul dengan orang yang amanah karena dapat dipercaya. Memiliki sikap amanah sangat penting agar bisa menjadi pribadiyang dipercayai oleh teman, kerabat, guru dan lain-lain.

Dalam kehidupan sehari-hari ada banyak contoh perilaku yang mencerminkan sikap amanah, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Apa saja contoh sikap amanah, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat? Berikut ulasannya yang sengaja kami rangkum untuk anda semua.

Contoh Sikap Amanah di Rumah, Sekolah dan Masyarakat 

Contoh Sikap Amanah di Rumah 

1. Mengerjakan PR atau tugas yang diberikan oleh guru dengan sebaik mungkin 
Pertama-tama contoh sikap amanah di rumah adalah dengan Mengerjakan PR atau tugas yang diberikan oleh guru dengan sebaik mungkin, jangan menunda-nunda untuk mengerjakan tugas sekolah karena nanti akan keteteran.

2. Menjaga uang yang dititip oleh ayah atau ibu 
Terkadang ayah atau ibu menitipkan uang kepada anaknya, cerminan sikap amanah adalah dengan menjaga titipan uang yang dititip oleh ayah atau ibunya tanpa mengambil sebagian tanpa sepengetahuan ibunya.

3. Tidak menceritakan rahasia yang diberitahukan oleh saudara 
Dalam keluarga terkadang ada beberapa rahasia yang tak ingin agar diketahui oleh orang lain, dengan tidak memberitahukan oranglain rahasia yang diberitahukan kepadamu maka hal tersebut termasuk sikap amanah.

4. Belajar sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Ibu atau Bapak meskipun mereka tidak di rumah 
Dalam beberapa kesempatan kadang ibu dan ayah pergi untuk suatu keperluan, saat anda belajar sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh ibu atau bapak meskipun mereka tidak di rumah maka hal tersebut termasuk sikap amanah.

5. Menjalankan tugas dan tanggung jawab di rumah 
Terkahir contoh sikap amanah di rumah adalah dengan m Menjalankan tugas dan tanggung jawab di rumah sebaik-baik mungkin

Contoh Sikap Amanah di Sekolah 

1. Melakasanakan tugas piket jika jadwal piket telah tiba 
Di sekolah biasanya ada kegiatan piket harian yang dilakukan oleh siswa secara bergantian, contoh sikap amanah di sekolah misalnya melakasanakan tugas piket jika jadwal piket telah tiba.

2. Mengerjakan bagian tugas kelompok yang telah ditentukan teman-teman kelompok 
Dalam proses belajar biasanya ada tugas yang mesti dikerjakan secara berkelompok dan dalam suatu kelompok akan dibagi tugas untuk setiap orang, dengan mengerjakan tugas yang diberikan kepada kamu maka hal tersebut merupakan contoh sikap amanah.

3. Menjalankan tugas sebagai pemimpin upacara jika ditunjuk sebagai pemimpin upacara 
Pemimpin upacara biasanya adalah siswa dan akan digilir secara bergantian tiap minggunya, jadi jika kamu ditunjuk sebagai pemimpin upacara minggu depan dan kamu benar-benar melakukan tugas tersebut dengan sepenuh hati maka sikap kamu tersebut merupakan cerminan dari perilaku amanah.

4. Tidak Menyontek saat ujian meskipun tidak ada guru saat di kelas 
Tidak menyontek saat ujian bukan hanya merupakan sikap jujur namun merupakan sikap amanah, karena aturan dalam ujian sekolah biasanya adalah dilarang menyontek, baik melihat buku ataupun melihat pekerjaan teman, dengan tidak menyontek maka anda bisa termasuk orang yang jujur dan amanah

5. Mengembalikan buku yang dipinjam di perpustakaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan 
Di sekolah biasanya ada perpustakaan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk meminjam buku, salah satu cerminan sikap amanah adalah dengan mengembalikan buku yang dipinjam di perpustakaan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan

6. Menjalankan tugas sebagai ketua kelas secara adil 
Terkahir contoh sikap amanah adalah ketika ditunjuk sebagai ketua kelas maka harus dijalankan secara amanah dan penuh tanggung jawab

Contoh sikap amanah di masyarakat 

1. Tidak korupsi 
Contoh sikap amanah pertama di lingkungan masyarakat adalah jika menduduki jabatan lantas tidak membuatnya tergiur untuk menyelewengkan dana atau korupsi

2. Melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab baik sebagai ketua RT/RW/Kepala desa/DLL
Selanjutnya sikap amanah adalah dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan penuh tanggung jawab.

3. Menyampaikan pesan atau titipan yang dititipkan orang untuk diberikan kepada orang tertentu. 
Cerminan sikap amanah lainnya dalam lingkungan masyarakat adalah dengan menyampaikan pesan atau titipan yang dititipkan orang untuk diberikan kepada orang tertentu.

Demikianlah artikel tentang Contoh Sikap Amanah di Rumah, Sekolah dan Masyarakat, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "14+ Contoh Sikap Amanah di Rumah, Sekolah dan Masyarakat"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel