4 Jenis Kereta Api dari Bandung Ke Jakarta

4 Jenis Kereta Api dari Bandung Ke Jakarta_ Walaupun hingga saat ini sudah cukup banyak moda transportasi yang ada, untuk mendukung mobilitas masyarakat yang ada di kota Bandung untuk pergi ke Jakarta atau sebaiknya.



Namun tetap, kereta api masih menjadi salah satu pilihan moda transportasi yang nyaman untuk pergi ke Jakarta dari Bandung atau sebaliknya. Jarak tempuh dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya menggunakan kereta api ini terbilang sangat singkat, hanya sekitar 3 hingga 3,5 jam.

Tentu saja. menggunakan kereta api, Anda tidak akan mengenal istilah terjebak kemacetan. Tahukah Anda bahwa saat ini untuk memfasilitasi dan membuat masyarakat merasa lebih nyaman bepergian dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya, pihak KAI menyediakan 4 jenis kereta api.

4 Jenis Kereta Api dari Bandung Ke Jakarta

1. KA Pangandaran 
Ini adalah kereta api layanan terbaru yang ditawarkan oleh pihak KAI. Beroperasi sejak 2 Januari 2019 yang lalu. Kereta api yang satu ini melayani jalur yang terbilang cukup panjang, mulai dari Banjar – Bandung – Jakarta, jadi masyarakat Jawa Barat yang ingin pergi ke Jakarta, dapat menggunakan kereta api KA Pangandaran untuk pergi ke Jakarta atau sebaliknya. Lain dengan kereta api Jakarta Bandung pada umumnya, kereta api yang satu ini hanya mempunyai 1 kali perjalanan. Dari Bandung sendiri, masyarakat dapat naik dari Stasiun Hall, atau stasiun Bandung, dan akan berhenti di Jakarta, tepatnya di Stasiun Gambir. Yang menarik adalah 1 rangkaian gerbong kereta api ini, mempunyai 3 buah layanan, yaitu eksekutif, Bisnis dan kelas Ekonomi. Untuk masalah harga, tentu saja cukup beragam, dan ditentukan oleh jenis kelas yang digunakan. Termasuk kereta baru, tentunya penampilan kereta api yang satu ini terbilang lebih segar, rapi dan juga menarik.

KA Serayu 
KA Serayu sendiri adalah kereta api kelas Ekonomi yang mempunyai rute Purwokerto – Jakarta. Namun dalam sistem operasionalnya, kereta api yang satu ini, juga melalui Bandung. Jadi secara tidak langsung kereta api ini juga melayani rute dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya.

Untuk stasiunnya sendiri, di Bandung menggunakan kereta api Kiaracondong, sedangkan di kawasan Cimahi menggunakan stasiun Cimahi, sebelum akhirnya berhenti di Stasiun Pasar Senen.

Khusus untuk rute yang satu ini, KA Serayu menyediakan jadwal keberangkatan 4 kali dalam sehari. Perjalanan akan dilakukan pada siang dan malam hari. Durasi perjalanan, kurang lebih sama, yaitu sekitar 3 hingga 3,5 jam. Adapun tarif yang ditawarkan untuk kereta api Serayu ini adalah yang paling mudah, diantara jenis kereta api Jakarta Bandung lainnya.

KA Argo Parahyangan 
Berikutnya ada KA Argo Parahyangan, ini adalah salah satu kereta api Bandung Jakarta yang cukup diandalkan hingga hari ini. Layanan kelas yang dimiliki oleh KA ini ada 2 macam, yaitu kelas Eksekutif dan kelas Ekonomi.

KA Argo Parahyangan ini termasuk salah satu kereta termewah untuk layanan Jakarta Bandung, hal ini dapat dilihat dari aneka fasilitas yang ada di dalam kereta itu sendiri. Gerbong kereta yang ada, walaupun itu ekonomi sudah dilengkapi dengan AC.

Sedangkan untuk kelas eksekutif, tentunya sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas tambahan lainnya, yang membuat perjalanan tersebut terasa lebih nyaman. Dengan jarak tempuh sekitar 166 km dalam 1 kali perjalanan, kereta jenis ini mempunyai 10 kali perjalanan pulang pergi, Jakarta Bandung.

8 kali perjalanan reguler dan 2 perjalanan tambahan. Kereta api jenis ini akan berangkat dari Stasiun Hall Bandung, dan rute terakhir adalah Stasiun Gambir Jakarta. Untuk masalah tarif sendiri terbilang beragam, hal ini tergantung kelas kereta api, dan beberapa hal lainnya.

KA Argo Parahyangan Priority
KA yang satu ini juga terbilang baru. KA Argo Parahyangan Priority ni hadir sejak Maret 2018, dengan menghadirkan kelas prioritas, dan armada jenis kereta wisata. Seperti namanya, maka bisa ditebak, ini adalah kereta jenis premium yang akan membuat para penumpangnya merasa sangat nyaman, baik dalam hal privasi, dan hal lainnya.

Dalam 1 gerbong, Anda hanya akan menemukan 28 kursi penumpang, dalam 1 kali perjalanan. Untuk fasilitas, Anda akan menikmati fasilitas seperti wifi gratis, video on demand, bagasi besar, hingga layanan kopi dan juga camilan. Kereta api jenis ini, hanya melayani 8 kali keberangkatan pulang pergi.

Jadi Anda yang ingin berangkat dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya, tentunya dapat memilih salah satu dari beberapa jenis kereta api yang ada. Pilih salah satu yang terbilang tepat, fasilitas tepat, dan pastinya sesuai budget.

0 Response to "4 Jenis Kereta Api dari Bandung Ke Jakarta"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel