6+ Tujuan dan Manfaat Peringatan HUT Kemeredekaan Republik Indonesia

6+ Tujuan dan Manfaat Peringatan HUT Kemeredekaan Republik Indonesia_ Makna kemerdekaan sangatlah penting bagi masyarakat indonesia, yang dimana jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945 untuk itu setiap tahun akan diadakan perayaan HUT kemerdekaan Rebuplik Indonesia sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa dan mengenang kembali jasa para pahlawan yang ikut serta dalam proses kemerdekaan Indonesia.


Kegiatan ini akan terus dilakukan dan sekaligus untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dimedan perang demi Indonesia tercinta. Sudah seharusnya kita bersyukur karena hari ini kita hanya menerima dan menikmati hasil dari perjuangan para pahlawan kita, dimana kita dengan bebasnya menikmati kemerdekaan tanpa batasan dan hidup dengan aman tanpa adanya penjajah. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya hidup dengan keterbatasan dalam berkarya, dijadikan budak layaknya binatang.

Namun dengan semangat yang membara para pahlawan kita mampu bangkit dan melawan para penjajah dan memerdekakan negara tercinta, merebut kembali apa yang seharusnya sudah menjadi milik kita. Berbicara tentang kemerdekaan, sudah menjadi tradisi masyarakat untuk berpartisipasi dan mengadakan berbagai macam lomba.

Dan tentunya kegiatan ini memiliki tujuan dan manfaat, lalu apa saja tujuan dan manfaat memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia ? berikut beberpa penjelasannya ; Memperingati HUT kemerdekaan tentu memiliki tujuan, adapun tujuannya adalah sebagai berikut ;

6+ Tujuan dan Manfaat Peringatan HUT Kemeredekaan Republik Indonesia

1. Merayakan Kemerdekaan
Tujuan dan makna perayaan 17 Agustus adalah untuk merakayan kemerdekaan akan terbebasnya dari penjajahan, sebelum merdeka Indonesia pernah dijajah oleh beberapa negara seperti jepang, inggris, perancis, belanda, spanyol, dan portugis dengan kurun waktu yang tidak singkat, saat itu masyarakat Indonesia diperbudak tanpa ada rasa kemanusiaan sedikitpun.

Namun berkat kerja keras dan semangat para pahlawan sehingga Indonesia mampu bangkit dan melawan penjajah dan setiap 17 Agustus masyarakat Indonesia akan memperingati hari penting yaitu hari dimana Indonesia merdeka serta merayakannya dengan bermacam-macam kegiatan.

2. Mengenang Jasa Pahlawan
Selain untuk merayakan, tujuan diadakan 17 agustus adalah untuk mengenang jasa para pahlawan yang ikut berperang dalam proses memerdekakan Indonesia, berbicara tentang jasa para pahlawan memang tidak akan ada habisnya, itulah mengapa kita harus selalu mengenang meskipun masa mereka telah berlalu.

Karena tanpa adanya perjuangan mereka tentu kita tidak akan menikmati kebebasan seperti yang kita rasakan saat ini, dengan demikian kita akan lebih menghargai dan mencintai para pahlawan kita.

3. Lebih Banyak Bersyukur
Tujuan diadakan 17 agustus tidak semata-mata untuk bersenang-senang dikarenakan sudah merdeka, tetapi agar masyarakat Indonesia lebih banyak bersyukur karena hari ini sudah bisa hidup merdeka tanpa andanya penjajah, bisa berkarya tanpa adanya batasan, lebih bebas dalam menjalani kehidupan tanpa andanya paksaan.

Terlebih bagi pemuda pemudi Indonesia yang masih banyak apatis, seharusnya lebih banyak bersyukur karena tidak hidup dizaman dimana Indonesia belum merdeka. Mengapa demikian? Karena dimintai saja untuk berpartisipasi dalam HUT kemerdekaan RI masih enggan, apalagi berperan dalam memerdekakan Indonesia, mungkin mereka hanya akan menjadi benalu dan pencundang.

4. Lebih Cinta Tanah Air
Dengan adanya 17 Agustus tentu dapat menyadarkan masyarakat khususnya generasi penerus bangsa agar lebih sadar bagaimana perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan sehingga lebih mencintai tanah air dan pahlawan-pahlawan yang telah gugur dimedan perang.

Mencintai tanah air bukan semata-mata ikut berpartisipasi dalam merayakan HUT RI, tetapi agar bagaimana lebih menjaga nama baik Indonesia, mencintai produk dalam negeri, menjaga kesatuan bangsa, menjaga kelestarian lingkungan, bangga akan keanekaragaman hayati, bangga akan sumber daya alam yang ada dalam negeri, semua ini merupakan bentuk cinta tanah air.

5. Menjaga Persatuan
Seperti yang tertera pada pancasila yaitu sila ke 3 “persatuan Indonesia” dalam hal ini masyarakat Indonesia agar kiranya mampu menjaga persatuan yang dimana tidak ada lagi deskriminasi yang sering terjadi dan lebih mengedapankan sikap toleransi antar sesama sehingga tidak lagi masalah yang dapat menimbulkan perpecahan. Hal ini juga merupakan salah satu sikap untuk menunjukan kencintaan kepada tanah air dan rasa menghargai kepada para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Indonesia.

6. Sebagai Ajang Silaturahmi
Kegiatan ini juga bisa juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi agar hubungan sesame warga menjadi lebih harmonis dengan dipertemukannya melalui lomba-lomba yang sudah diadakan. Terlebih bagi penerus bangsa, dalam momen seperti ini harus pandai-pandai memanfaatkan keadaan, jadikan sebagai ajang silaturahmi bukan malah asyik aturan jalan kiri kanan tanpa memberikan manfaat dan hanya merugikan. Berbicara tentang HUT kemerdekaan RI tentu identik dengan lomba, lantas apa saja tujuan diadakannya lomba 17 agustus. Berikut penjelasannya.

Tujuan Diadakannya Lomba 17 Agustus

1. Meramaikan Kota dan Pedesaan 
Ketika memeriahkan HUT kemerdekaan tentu tidak akan lepas dari lomba yang setiap tahun diadakan. Mulai dari lomba gerak jalan, panjat pinang, lomba puisi, lomba lari karung, dan masih banyak lagi lomba yang diadakan. Selain itu pesertanya juga mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua sehingga meramaikan kota bahkan pedesaan.

Ketika hari-hari biasa semua akan sibuk dengan urusan dan pekerjaan masing-masing sehingga tidak jarang kita bisa melihat pemandangan yang terkadang sepi, namun ketika HUT kemerdekaan RI hampir semua lapisan masyarakat akan ikut meramaikan setiap tempat.

2. Memperat Silaturahmi 
Tentu tujuan kegiatan lomba 17 agustus selain meramaikan kegiatan, ini juga dapat mempererat ikatan silaturahmi antar sesama warga, mungkin yang pada hari-hari biasa mereka tidak memiliki waktu banyak untuk bercerita atau sekedar bersapa, namun dengan adanya kegiatan seperti ini tentu semua akan diliburkan dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan sehingga bisa menyempatkan waktu untuk bersama dan akan lebih menyenangkan jika merayakan HUT kemerdekaan republik Indonesia besama-sama.

3. Melatih Kekompakan 
Selain itu manfaat lomba 17 agustus bisa latih kekompakan bagi peserta yang mengikuti lomba. Dalam merayakan HUT republik Indonesia tentu ada banyak jenis lomba mulai dari pesertanya yang individu maupun kelompok. Jika pesertanya kelompok tentu akan diuji kekompakannya.

Atau misalnya dalam suatu tempat akan diadakan lomba kebersihan antar kelurahan, disinilah kekompakan warga setempat akan dilihat dan secara tidak langsung akan melatih kekompakan, mampukah mereka untuk bekerjasama dalam bergotong royong. Contoh lain misalnya diadakan lomba volly tingkat SMP atau SMA sama halnya dengan contoh pertama, tentunya mereka juga akan dilihat sejauh mana mereka bisa bekerja sama agar menjadi lebih kompak.

4. Banyak Pengalaman
Ada banyak manfaat mengikuti lomba 17 agustus, diantara bisa menemukan teman atau kenalan baru, mendapat pengalaman, dan biasanya ada yang mempersembahkan tarian atau makanan khas daerah yang bisa dikenalkan melalui lomba.

Selain itu dari kegiatan ini kita bisa belajar pentingnya kerjasama dan kekompakan, semangat untuk mencapai suatu tujuan, dan tentunya bisa bersosial dengan orang banyak.

0 Response to "6+ Tujuan dan Manfaat Peringatan HUT Kemeredekaan Republik Indonesia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel