8 Hal yang tidak Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran

8 Hal yang tidak Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran_ "Jika engkau tak mampu menahan lelahnya belajar maka engkau harus menahan kebodohan", ungkapan tersebut menyiratkan bahwa belajar adalah hal yang sangat penting bagi setiap orang, tak terkecuali siswa-siswi yang sedang menempuh pendidikan di lembaga formal (sekolah).


Belajar dan terus belajar sehingga mampu menjadi manusia yang berguna untuk sesama harusnya mampu terpatri dalam hati agar lelah yang didapatkan saat belajar bisa menjadi nikmat dalam perjuangan meraih mimpi dan cita-cita yang diinginkan.

Namun dalam kegiatan pembelajaran tak jarang kita menemukan siswa yang tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran bahkan yang lebih parahnya sebagian siswa justru main-main saat gurunya menjelaskan materi pelajaran, alhasil mereka tidak bisa terlalu memahami pelajaran yang disampaikan oleh gurunya.

Lantas hal apa-apa saja yang tak boleh dilakukan oleh siswa saat belajar atau saat mengikuti pembelajaran? berikut 8 Hal yang tidak Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran yang sengaja kami rangkum untuk anda semua:

8 Hal yang tidak Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran

1. Bermain Gagdet/Smartphone
Dibeberapa sekolah siswa masih bebas membawa Gagdet/smartphone ke sekolah, dan tak jarang sebagian siswa justru menggunakan gagdet saat mengikuti pembelajaran. Jika menggunakan gagdet dengan tujuan menunjang pembelajaran itu tidak masalah namun yang menjadi masalah adalah ketika guru sibuk menjelaskan namun siswa justru sibuk bermain gagdet yang tak memiliki sangkut-paut dengan pembelajaran.

Ketika siswa sibuk bermain gagdet sementara guru sementara menjelaskan maka pelajaran atau materi yang disampaikan oleh guru yang bersangkutan kemungkinan tidak akan mampu untuk dipahami secara maksimal, maka dari itu sebaiknya anda sebagai siswa jangan menggunakan gagdet saat pembelajaran berlangsung karena bisa jadi anda tidak akan memahami pelajaran sepenuhnya.

2. Berdiskusi atau berbicara dengan teman
Hal-hal lain yang sering ditemui dalam kelas saat seorang guru sedang menjelaskan pelajaran adalah siswa malah sibuk berbicang atau bercerita dengan teman-temannya, jika guru sedang menjelaskan pelajaran sementara siswa malah sibuk bercerita dan berdiskusi dengan teman-temannya akan bisa membuat pembelajaran tidak efektif.

Maka dari itu sebaiknya usahakan untuk meminimalisir bercerita dan berdiskusi disaat guru sedang menjelaskan agar kalian bisa memahami sepenuhnya apa yang guru kalian jelaskan sehingga saat dilakukan tes/ujian kalian bisa menjawab dengan benar semua soal-soal yang diberikan.

3. Makan dalam Kelas
Kamu biasa makan sementara guru sedang menjelaskan? Jika iya, maka sebaiknya kalian mengubah kebiasaan tersebut, karena makan saat guru sedang menjelaskan merupakan sikap yang kurang sopan dan bisa jadi guru akan memberikan penilaian negatif kepada anda.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi apabila tiba-tiba kamu lapar saat pembelajaran sedang berlangsung maka sebaiknya kalian sarapan sebelum pergi ke sekolah atau bisa juga kalian memanfaatkan waktu istirahat untuk makan sehingga anda tidak mengalami kelaparan saat pembelajaran sedang berlangsung.

4. Ribut dalam Kelas
Bagaimana caranya agar materi-materi yang disampaikan oleh guru bisa maksimal kami pahami, salah satunya adalah dengan tidak terlalu ribut saat guru sedang menjelaskan. Semakin tenanh suasana dalam kelas saat guru sedang menjelaskan maka kemungkinan kalian akan mampu memahami materi-materi yang diajarkan oleh guru.

Agar tidak ribut dalam kelas maka sebaiknya ada aturan yang disepakati oleh guru dan murid, sehingga ada konsekuensi atau hukuman yang diberikan kepada siswa yang suka bikin ribut dalam kelas, misalnya saja diberikan tugas atau bentuk hukuman mendidik lainnya.

5. Menganggu teman
Tidak semua karakter dalam suatu kelas sama, terkadang bisa jadi ada siswa yang usil atau jahil yang terkadang suka menganggu teman-temannya, bahkan dalam kegiatan pembelajaran berlangsung siswa yang jahil tersebut terkadang masih suka menganggu teman-temannya alhasil temannya tidak bisa fokus mengikuti pembelajaran.

Maka dari itu sebaiknya sebagai siswa yang baik, jangan pernah kalian menganggu teman-temannya apalagi saat pelajaran sedang berlangsung karena itu adalah perbuatan yang tidak baik dan bisa menyebabkan kalian tidak sukai teman-teman kalian.

6. Tidur saat pelajaran berlangsung
Hal apalagi yang sebaiknya tidak dilakukan saat pelajaran sedang berlangsung? Salah satu hal yang tidak boleh kalian lakukan saat pelajaran sedang berlangsung adalah tidur dalam kelas, karena hal tersebut juga bisa berarti kalian kurang menghargai guru kalian.

Jadi walaupun kalian sangat mengantuk saat mengikuti pelajaran yang dikarenakan begadang mengerjakan tugas atau begadang karena sesuatu hal tapi alangkah baiknya kalian jangan tidur saat pelajaran sementara masih berlanjut. Jika mengantuk kalian bisa minta izin kepada guru untuk keluar cuci muka agar perasaan kalian menjadi fresh dan perasaan ngantuknya berkurang.

7. Keluar Kelas dalam Waktu yang Lama 
Selanjutnya Hal yang tidak Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran adalah keluar kelas dalam waktu yang lama padahal kegiatan pembelajaran masih berlangsung karena hal tersebut bisa membuat kamu ketinggalan materi pelajaran.

Keluar kelas dalam waktu yang lama kadang dilakukan siswa entah karena merasa bosan mengikuti pelajaran atau karena ingin melakukan sesuatu lainnya, biasanya siswa mengira gurunya tak akan tahu kalau dia meninggalkan kelas, padahal guru bisa jadi tahu kalau siswa yang bersangkutan keluar dari kelas tanpa izin.

8. Bersikap tidak sopan kepada Guru
Terakhir Hal yang tidak Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran adalah bersikap tidak sopan kepada guru kalian. Jika bersikap tidak sopan bisa jadi guru kalian akan memberikan sentimen negatif kepada kalain atau akan berdampak pada nilai kalian.

Demikianlah artikel tentang 8 Hal yang tidak Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua.

0 Response to "8 Hal yang tidak Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel