Cara Membuat Surat Izin Sakit untuk Siswa SD SMP SMA SMK dan Lain-lain Beserta Contohnya

Cara Membuat Surat Izin Sakit untuk Siswa SD SMP SMA SMK dan Lain-lain Beserta Contohnya_ Surat merupakan sarana komunikasi yang digunakan untuk  menyampaikan informasi secara tertulis oleh seseorang atau pihak kepada yang  lain, dengan tujuan untuk memberitahukan maksud pesan dari pengirimnya.  Sebelum adanya handphone orang-orang menggunakan surat untuk saling  menyampaikan informasi sebagai sarana komunikasi, namun seiring dengan  perkembangan teknologi yang semakin canggih surat ini mulai jarang di gunakan  orang.


Ada 2 jenis yaitu surat resmi dan surat tidak resmi ( surat pribadi ). Surat  resmi merupakan surat yang dimana digunakan untuk kepentingan formal atau  resmi oleh pihak tertentu, baik perorangan, organisasi, lembaga dan instansi  tertentu.

Adapun macam-macam surat resmi adalah surat keputusan, surat  perintah, surat permohonan, surat kuasa, surat edaran, surat panggilan atau  undangan. Yang namanya surat resmi tentu harus terstruktur mulai dari kop surat  atau kepala surat, nomor surat, tanggal surat, lampiran atau Hal, alamat tujuan,  salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan tanda tangan pengirim surat.

Sedangkan surat tidak resmi ( surat pribadi ) merupakan surat yang  dimana dibuat semata-mata hanya untuk kepentingan pribadi, misalnya untuk  menyampaikan pesan kepada keluarga dan teman. Namun surat ini sudah jarang  digunakan seiring dengan perkembangan teknologi dan orang-orang telah  menggunakan SNS, e-mail, dan sosial media sebagai sarana komunikasi.

Surat  pribadi ini tentu sangat berbeda dengan surat formal karena tidak menggunakan  kop surat, nomor surat, format surat bebas, bahasanya juga tidak formal, dan  salam pembuka serta penutupnya lebih bervariasi.

Berbicara tentang surat, lalu bagaimana cara membuat surat izin karena  sakit, contoh surat izin tidak masuk sekolah karena sakit dan contoh surat  izin tidak masuk sekolah karena pergi. Berikut beberapa cara pembuatan surat  dan contoh suratnya.

Cara Membuat Surat Izin Sakit untuk Siswa SD SMP SMA SMK dan Lain-lain Beserta Contohnya

1. Menuliskan Tujuan Penulisan Surat 
Dalam mengirim surat tentu saja harus dengan tujuan yang jelas, agar di  ketahui untuk siapa surat tersebut ditujukan. Misalkan bagi anda yang  masih sekolah surat tersebut ditujukan untuk Kepala Sekolah atau Wali  Kelas, dan bagi pekerja biasanya ditujukan kepada pimpinan maka anda  harus menggunakan kata “Yth” atau “Kepada”. 

2. Alasan yang Jelas
Ketika membuat surat anda harus memberikan alasan yang jelas mengapa  anda tidak bisa hadir dalam mengikuti proses belajar mengajar atau kenapa  anda tidak masuk kerja, karena alasan inilah yang dapat menentukan  apakah surat anda di terima atau tidak. Untuk itu tuliskan alasan anda  secara logis. Dan bisa melampirkan dengan surat keterangan sakit dari  dokter. 

3. Tanggal
Hal yang harus anda perhatikan selanjutnya dalam pembuatan surat adalah  tanggal, surat yang akan anda kirim harus tertera tanggal yang jelas dan  sesuai dengan tanggal pengiriman atau hari itu juga, agar penerima surat  tidak merasa bingung. 

4. Alamat Tujuan
Selain alamat pribadi, anda juga harus melampirkan alamat yang akan dituju. Misalnya sekolah, kantor, dll. 

5. Salam Pembuka 
Setiap surat baik formal maupun surat pribadi tentu saja memiliki salam  pembuka. Ketika mengirim surat izin tentunya anda harus memulai suratnya dengan salam pembuka terlebih dahulu kemudian di lanjutkan  dengan isi surat. 

6. Isi Surat  
Setelah salam, anda akan menulis isi dimana menjelaskan tentang tujuan dan alasan anda mengirim surat tersebut, dalam isi surat anda harus menggunakan bahasa yang baik dan benar agar mudah di pahami oleh  pembaca. 

7. Salam penutup  
Setelah isi surat dilanjutkan dengan salam penutup, biasanya pada bagian  penutup surat, pengirim akan mengucapkan terima kasih kepada pembaca  dan salam sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. 

8. Nama Pengirim
Tak lupa nama pengirim ditulis pada bagian bawah samping kanan, agar  pembaca mengetahui dengan jelas siapa pengirim surat tersebut. Ketika sakit dan tidak bisa mengikuti proses belajar mengajar maka orang  tua/wali murid akan membuatkan surat.

Membuat surat baik dari orang tua  maupun membuat surat izin sekolah sendiri tidak jauh berbeda, hanya saja  perbedaan pada nama, jika orang tua/wali yang membuat maka akan di cantumkan  nama mereka. Sebaliknya, jika surat buatan sendiri maka cantumkan nama sendiri.  Lalu bagaimana cara membuat surat izin sakit untuk SD, SMP, SMK, dan bagi  yang sudah Kerja. Berikut beberapa contohnya ;

Contoh Surat Izin Sakit untuk Siswa SD SMP SMA SMK dan Lain-lain

A. Contoh Surat Izin Sekolah SD karena sakit

( Nama Kota ), 1 Agustus 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-D
SD ……….
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku Orang Tua/ Wali murid dari :
Nama : ……….
Kelas : V – A
Alamat : ……….
NISN : ……….

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’Alaikum Wr. Wb
Melalui surat ini kami memberitahukan bahwa anak kami pada hari ini Kamis, 1 Agustus 2019 tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana biasa dikarenakan sakit ( Diare ). Untuk itu kami memohon kepada Bapak/Ibu guru agar memberikan izin sampai anak kami sembuh dan bisa belajar seperti biasa. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’Alaikum Wr. Wb

Hormat kami,
Orang Tua/Wali murid,

( Tanda Tangan)

( Nama Orang Tua/Wali)

B. Contoh surat izin sakit SMP

( Nama Kota ), 1 Agustus 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-D
SMA ……….
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/ wali murid dari :
Nama : ……….
Kelas : XI – D
Alamat : ……….
NISN : ……….

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’Alaikum Wr. Wb
Melalui surat ini kami memberitahukan bahwa anak kami pada hari ini Kamis, 1 Agustus 2019 tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana biasa dikarenakan sakit (Demam). Untuk itu kami memohon kepada Bapak/Ibu guru agar memberikan izin sampai anak kami sembuh dan bisa belajar seperti biasa. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’Alaikum Wr. Wb

Hormat kami,
Orang Tua/Wali murid,

( Tanda Tangan)

( Nama Orang Tua/Wali)

C. Surat Izin Sekolah SMK

( Nama Kota ), 1 Agustus 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas XI-D
SMK ……….
di Tempat

Dengan hormat,
Dengan ini saya selaku orang tua/ wali murid dari :
Nama : ……….
Kelas : XII – F
Alamat : ……….
NISN : ……….

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’Alaikum Wr. Wb
Melalui surat ini kami memberitahukan bahwa anak kami pada hari ini Kamis, 1 Agustus 2019 tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana biasa dikarenakan sakit (Demam Berdarah). Untuk itu kami memohon kepada Bapak/Ibu guru agar memberikan izin sampai anak kami sembuh dan bisa belajar seperti biasa. Demikian yang dapat kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’Alaikum Wr. Wb

Hormat kami,
Orang Tua/Wali murid,

( Tanda Tangan)

( Nama Orang Tua/Wali)


D. Cara membuat surat izin sendiri dan Contoh surat izin tidak masuk sekolah karena pergi

( Nama Kota ), 1 Agustus 2019

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Guru Wali Kelas
(Nama Sekolah)
di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : ……….
Kelas : ……….

Melalui surat ini saya menyampaikan permohonan maaf kepada Bapak/Ibu hari ini tidak dapat mengikuti proses belajar mengajar sebagaimana biasa karena ada urusan mendadak di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan dan harus segera diselesaikan hari ini. Demikian apa yang saya sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu guru saya ucapkan terima kasih

Hormat saya

(Tanda tangan)

(Nama pengirim)

E. Contoh Surat Izin Sakit Kerja

(Nama Kota), 1 Agustus 2019

Kepada Yth.

Bapak/Ibu Pimpinan ……….

di
Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : ……….
Alamat : ……….
Jabatan : ……….

Dengan surat ini saya meminta izin untuk tidak masuk kerja selama tiga hari di karenakan sedang sakit, sebagai bukti bahwa saya dalam kondisi/keadaan sakit maka berikutnya akan saya lampirkan surat keterangan sakit dari dokter. Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

(Tanda tangan)

(Nama Pengirim surat)

Demikianlah artikel tentang Cara Membuat Surat Izin Sakit untuk Siswa SD SMP SMA SMK dan Lain-lain beserta contohnya, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk kalian semua

0 Response to "Cara Membuat Surat Izin Sakit untuk Siswa SD SMP SMA SMK dan Lain-lain Beserta Contohnya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel