9 Cara Menabung Cepat dan Efektif

Cara Menabung Cepat dan Efektif_ Menabung adalah salah satu aktivitas dimana seseorang menyimpan uang baik di Bank mapun di celengan sendiri, tergantung keinginan masing-masing. Dengan menabung anda bisa merasakan manfaatnya seperti berhemat dalam menggunakan uang, belajar menghargai uang agar tidak menggunakan sesuka hati, terlebih bagi anda yang suka boros, mengajarkan dalam mengelola keuangan, dan tentunya menjadi lebih mandiri.

Source: Pexels.com
Dengan menabung anda akan merasakan banyak manfaat selain untuk kebutuhan di keadaan darurat, tabungan bisa menjadi simpanan untuk kebutuhan kedepannya. Misalnya anda yang masih sekolah, dengan tabungan anda bisa menggunakannya untuk melanjutkan pendidikan ke universitas tanpa harus membebankannya kepada orang tua lagi atau bagi anda yang sudah berumah tangga, tabungan ini bisa anda gunakan ketika anda mengalami keadaan krisis.

Namun dalam hal menabung terkadang tidak selamanya akan berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan. Meskipun sulit menabung anda bisa mengaplikasikan cara menabung cepat dan efektif seperti berikut ini.

9 Cara Menabung Cepat dan Efektif

1. Miliki Niat yang Kuat
Hal penting yang harus anda mulai adalah niat. Segala sesuatu yang dilakukan harus di awali dengan niat, begitu juga dengan menabung. Untuk itu anda harus memulainya dengan niat dan apa tujuan anda menabung sehingga bisa terarah dan tentunya memiliki alasan yang jelas.

Misalnya bagi anda yang masih kuliah di tahun ini anda ingin membayar SPP dengan hasil jerih payah sendiri , bisa menggunakan tabungan atau anda yang sudah berumah tangga ingin membeli rumah, mobil atau barang lain yang anda inginkan, maka anda harus bersungguh-sungguh dan niat menabung untuk mendapatkan apa yang anda inginkan.

2. Menyiapkan Wadah atau Tempat Tabungan
Dalam menabung tentu saja membutuhkan wadah atau tempat sebagai penyimpanan uang, anda bisa menabung di Bank. Meskipun Bank merupakan tempat yang aman untuk menabung. Namun jika anda masih ingin tetap menabung di Bank cobalah untuk tidak menggunakan ATM jika khusus untuk menabung karena anda bisa saja sewaktu-waktu mengambilnya melalui ATM Sebaiknya menabunglah di celengan yang tidak mudah untuk mengambilnya kembali, cara ini juga sangat aman untuk uang anda.

3. Jangan Boros
Meskipun boros merupakan hal yang sulit untuk dihilangkan tetapi jika anda ingin berhasil menabung maka harus buang jauh-jauh kebiasaan buruk ini, jika anda benar-benar niat untuk menabung mulai saat ini kondisikan pengeluaran anda.

Sifat boros ini biasaya disebabkan oleh gaya hidup yang selalu mengikuti tren, hal ini sebenarnya tidak jadi masalah asalkan masih dalam batas kewajaran dan orang yang boros tidak memiliki antisipasi pada saat kondisi krisis. Orang yang suka boros biasanya tidak memiliki tabungan untuk mengantisipasi kondisi yang bisa saja tiba-tiba menjadi krisis sehingga menyebabkan mereka susah untuk menabung.

4. Buat List Daftar Kebutuhan
Jika anda ingin menabung tentunya harus pandai dalam mengatur keuangan anda, agar tetap stabil. Tidak ada salahnya untuk menulis daftar kebutuhan harian maupun bulanan anda dan ini merupakan salah satu cara agar proses menabung anda menjadi lancar.

Dengan membuat daftar kebutuhan anda bisa mengetahui apa saja yang akan dibelanjakan dan seberapa banyak pengeluaran anda dalam berbelanja baik harian, mingguan maupun bulanan sehingga bisa mengetahui setiap harga barang yang sudah anda belanjakan. Terkadang banyak orang yang rela menghamburkan banyak uang demi membeli sesuatu yang kadang jarang digunakan bahkan tidak pernah digunakannya sama sekali, hanya mengikuti tren.

5. Utamakan kebutuhan bukan keinginan
Ketika akan diberi uang saku atau memasuki tanggal gajian tentu saja sudah terbayang ingin membeli sesuatu yang sudah lama di idam-idamkan meskipun tidak begitu dibutuhkan hanya saja menjadi keinginan untuk dibeli, seperti yang dikatakan Census Bureau bahwa ada sekitar 30 juta orang di dunia yang terbiasa membeli barang hanya karena keinginan dibandingkan dengan membeli apa yang mereka butuhkan.

Maka mulai saat ini pisahkan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan anda, tentu saja hal yang harus dahulukan adalah kebutuhan bukan keinginan Karena sesuatu yang kamu inginkan belum tentu kamu butuhkan tetapi yang kamu butuhkan sudah pasti kamu inginkan.

6. Mengatur Keuangan
Dari tahun ke tahun tentunya kebutuhan semakin meningkat, meskipun sudah berusaha mengumpulkan uang namun terkadang masih belum cukup. Jika anda mahasiswa atau pelajar, anda bisa menyisihkan sebagian uang jajan untuk ditabung dan bagi anda yang sudah berumah tangga harus menggunakan the 70 percent rule yang dimana 70 persen untuk kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan, kebutuhan gaya hidup dan beberapa tagihan, 10 persen untuk investasi dan 20 persennya untuk tabungan anda.

Dengan mengaturnya seperti ini anda tidak akan bingung dalam pengelolaan uang. Dengan mengatur keuangan anda juga bisa mendapatkan manfaatnya misalnya lebih tertib dan teratur, dan melatih anda untuk menjalankan pola hidup hemat,

7. Mengumpul Recehan
Kebanyakan orang sangat cuek dengan yang namanya recehan. Menabung uang tidak selalu dalam bentuk uang kertas, uang recehan juga bisa menambah nominal tabungan anda. Biasanya saat belanja di supermarket tidak jarang akan mendapat kembalian recehan dan ketika berada dirumah hanya menyimpannya begitu saja. Meskipun tidak seberapa namun seperti kata pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

8. Hilangkan Kebiasaan Mengutang
Kepada siapapun itu baik keluarga maupun teman, cobalah untuk tidak terbiasa mengutang, karena sekali mengutang anda akan menjadi terbiasa apalagi dalam nominal yang cukup besar terkecuali dalam keadaan yang sangat mendesak.

Karena hal ini hanya akan mempengaruhi proses anda dalam menabung. Dimana ketika anda sudah gajian yang utama tentu adalah membayar hutang, belum lagi kebutuhan lainnya yang harus terpenuhi.

9. Pantang Menyerah
Dalam proses menabung tentu saja akan ada hambatan yang menggoda dan terkadang anda ingin berhenti menabung ditambah lagi kebutuhan hidup yang harus terpenuhi. Saat mengalami masa sulit dan memutuskan untuk berhenti cobalah untuk merenungkan kembali apa yang menjadi tujuan awal anda dalam menabung uang, dan paham akan manfaat menabung untuk kehidupan anda kedepanya.

10.Menabung Emas 
Menabung bukan hanya dalam bentuk uang, tetapi emas juga bisa menjadi tabungan. Tidak memerlukan dana yang besar, emas bisa dimulai dengan nominal yang rendah tergantung dari gram dan harga emas tersebut.

Saat ini banyak orang yang menabung karena setiap tahun harga emas terus meningkat dan tentunya simpanan anda jadi lebih besar nominalnya serta lebih menjanjikan. Dengan menabung emas akansangat banyak keuntungan yang akan anda dapatkan sebab emas tidak mengalami pergeseran atau perubahan kualitas, resiko investasi emas sangat rendah dikarenakan harganya yang relative stabil, anda juga bisa mengubah bentuk emas tersebut sesuai dengan keinginan, dan pastinya tidak menimbulkan biaya-biaya tambahan.

Itulah beberapa cara menabung cepat dan efektif, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua, selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

0 Response to "9 Cara Menabung Cepat dan Efektif"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel