Wednesday, 31 October 2018

10 Penyebab Pencemaran Lingkungan dan Cara Mengatasinya

Tags
10 Penyebab Pencemaran Lingkungan dan Cara Mengatasinya_ Pencemarahan lingkungan saat marak terjadi, hal tersebut tak lepas dari aktivitas manusia dalam kesehariannya. Pencemaran lingkungan tidak bisa dianggap sebagai hal sepele, karena lingkungan yang tercemar bisa menganggu keseimbangan ekosistem yang ada.

source: ebiologi.com
Lantas apa saja yang menjadi penyabab terjadinya pencemaran lingkungan dan bagaimana cara mengatasi pemcemaran lingkungan? Berikut ulasannya yang kami rangkum untuk anda semua.

10 Penyebab Pencemaran Lingkungan dan Cara Mengatasinya

1. Pembuangan sampah di sembarang tempat
Sampah atau sisa limbah rumah tangga di buang ke sungai dapat menyebabkan air menjadi keruh dan kotor sehingga dapat mengganggu keberlangsungan hidup biota yang ada di sungai tersebut. Kebutuhan manusia juga akan terganggu karena air sungai tersebut sudah berubah menjadi keruh dan kotor akibat sampah-sampah yang di buang di sungai. Membuangan sampah sembarangan dapat juga menyebabkan banjir.

Cara mengatasinya yaitu setiap orang harus mempunyai kesadaran bahwa air adalah kebutuhan pokok semua makhluk hidup, maka dari itu kita harus menjaga kebersihannya dengan cara tidak membuang sampah di sembarang tempat, maka buanglah sampah pada tempatnya agar tidak mengakibatkan banjir..

2. Penggunaan racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan
Penggunaan racun dan bahan peledak untuk menangkap ikan dapat membuat air terkontaminasi dengan bahan-bahan kimia yang ada pada bahan peledak dan racun.selain itu ekosistemnya akan menjadi rusak dan airnya pun tidak sehat lagi serta terumbu karang dan habitat laut akan hancur karena penggunaan bahan peledak dan racun.

Bagi para nelayan yang mencari dan menangkap ikan sebaiknya menggunakan alat-alat atau bahan yang tidak merusak penghuni atau habitat yang ada di laut, misalnya ikan, terumbu karang dan habitat laut lainya.

Cara mengatasinya yaitu melarang seseorang yang menangkap ikan dengan mengunakan racun dan bahan peledak,tetapi dengan mengunakan pancingan untuk mendapatkan ikan sehingga keindahan
laut tetap terjaga dan indah di liat.

3. Penebangan pohon secara liar
Hutan yang gudul akibat penebangan pohon secara liar dapat menyebabkan permukaan tanah menjadi semakin sedikit karena ketika hujan banyak tanah yang terbawah arus air yang mengalir ke sungai
maupun danau. Penebangan pohon secara liar juga dapat menyebabkan longsor karena ketika hujan air yang mengalir dengan mudah mengikis tanah, sehingga tanah tersebut ikut terbawa karena tidak ada lagi akar-akar pohon yang menahan tanah tersebut. Karena sering menebang pohon secara berangsur-angsur dapat menyababkan kerusakan alam dan lingkungan sekitarnya.

Cara mengatasinya yaitu kita harus menjaga hutan dengan cara tidak menebangan pohon secara liar dan tindakan selanjutnya kita harus melakukan reboisasi atau penghijaun.

4. Pencemaran polusi udara
Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih subtansi fisik, kimia atau biologi di atmosfir dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan,mengganggu
estetika dan kenyamanan atau merusak properti. Beberapa definisi gangguan fisik seperti polusi, suara, panas, radiasi atau polusi cahaya dianggap sebagai polusi udara.

Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan local, regional maupun global. Pencemaran udara di bedakan menjadi pencemaran primer dan pencemaran skunder. Pencemaran primer adalah substansi pencemar yang di timbulkan langsung dari sumber pencemaran udara. Sedangkan pencemaran sekunder adalah substansi pencemaran yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer.

Cara mengatasinya yaitu dengan memberitahukan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran di arena luas atau tempat-tempat terbuka karena itu akan menyebabkan pencemaran udara.

5. Pencemaran tanah
Pencemaran tanah adalah keadaan di mana bahan kimia buatan manusia masuk dan merubah lingkungan tanah alami. Pencemaran ini biasanya terjadi karena kebocoran limbah cair atau bahan kimia industry, penggunaan pestisida, masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan, kecelakaan kendaraan pengangkut minyak dan zat kimia, air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industry yang langsung di buang ke tanah secara tidak memenuhi syarat.

Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau apat
mencemari air tanah dan udara di atasnya.

Cara mengatasinya yaitu dengan menyediakan tempat pembuangan sampah organik dan sampah anorganik di berbagai daerah atau sebaiknya sampah organik di olah menjadi pupuk tanaman dan sampah anorganik dapat juga di daur ulang menjadi barang-barang yang berguna.

6. Asap rokok
Merokok di tempat umum dapat menyebabkan udara menjadi sangat pengap, karena asap rokok mengandung zat-zat yang sangat berbahaya oleh karena itu asap tersebut tidak hanya berbahaya bagi si perokok tetapi juga orang-orang di sekitarnya.

Asap rokok lebih berbahaya bagi yang menghirup dari pada yang mengosumsi, karena asap rokok bias menyebabkan penyakit kanker, paru-paru dan sesak nafas.

cara mengatasinya yaitu dengan menjauhkan diri pada orang-orang yang mengonsumsi rokok dan memberitahukan bahwa merokok itu dapat menyebabkan kanker dan paru-paru.

7. Asap pembakaran sampah
Pencemaran asap pembakaran sampah yang di sebabkan oleh ulah manusia yang membakar sampah di sembarangan tempat atau di tempat yang bebas. Asap pembakaran sampah tersebut akan tercemar pada polusi udara dan menjadi penyakit bagi manusia yang menghirup asap pembakaran sampah tersebut.

Cara mengatasinya yaitu sebaiknya sampah-sampah tersebut di tanam atau di kuburkan dalam tanah karena dengan cara pembakaran itu tidak baik dan akan manggangu pencemaran populasi udara.

8. pencemaran suara
pencemaran suara adalah masuknya suara atau bunyi yang tidak di inginkan ke pemukiman penduduk, dan pencemaran suara juga dapat menggangu aktivitas manusia dan dapat merusak telinga. Pencemaran suara juga dapat di katakana sebagai penyebab terjainya pencemaran
lingkungan.

Cara mengatasinya yaitu dengan meredakan bising yang tidak di inginkan dengan suara yang menenangkan seperti pengguna kendaraan bermotor yang menimbulkan suara bising.

9. Pencemaran bahan radioaktif
Pencemaran radioaktif dapat menyababkan mutasi gen yang menimbulkan kanker atau tumor. Debu radioaktif berasal dari bom atau reactor nuklir.pencemaran bahan radioaktif juga termasuk penyebab
terjadinya pencemaran lingkungan.

Cara mengatasinya yaitu dengan menghindari bahan-bahan pembuatan bom atau reactor nuklirdan itu akan merusak kesehatan karena debu radioaktif mengandung zat kimia.

10. Asap kendaraan
Salah satu pencemaran lingkungan dapat terjadi karena pengaruh asap kendaraan. Asap kendaraan bermotor sangat tidak baik untuk kesehatan manusia dari proses fotosintesis pada tumbuhan, karena asap kendaraan mengandung hasil pembakaran yang tidak sempurna dan penggunaan bahan bakar yang tidak ramah lingkungan dapat menyebabkan kadar co2 di bumi. Tumbuhan memang membtuhkan co2 tapi jika kadar co2 bertambah, tetapi tidak di sertai dengan penambahan
jumlah tumbhan itu juga dapat menyebabkan lingkungan sekitar menjadi rusak.

Sebaiknya yang sering berjalan kaki haru mengunakan masker untuk menjaga-jaga agar terhindar dari polusi udara, misalnya kendaraan bermotor atau kendaraan roda empat dan penyebab lainya

Cara mengatasinya yaitu jika ada sesuatu yang kita butuhkan dalam jarak yang dekat sebaiknya kita mengunaka jalan kaki atau bersepada saja, memang capek dan memakan waktu tetapi dengan mengurangi menggunakan kendaraan dapat juga mengurangi dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan.

Kesimpulan: Pencemaran lingkungan sangat dipengaruhi oleh pola hidup sebagian masyarakat yang masih kurang menyadari betapa pentingnya menjadi lingkungan, sehingga berdampak terhadap lingkungan. Oleh karea itu kesadaran seluruh elemen masyarakat dalam menjaga lingkungan menjadi kunci dalam terpeliharanya keseimbangan lingkungan.

1 komentar so far

Alam akan menstabilkan dirinya sendiri melalui bencana.. semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon