Thursday, 1 November 2018

Dampak Kelebihan dan Kekurangan Gizi Bagi Anak

Tags
Dampak Kelebihan dan Kekurangan Gizi Bagi Anak_ Gizi seimbang sangat dibutuhkan oleh dalam proses tumbuh kembangnya, dampak dari kesalahan kelebihan dan kekurangan zat gizi anak anak sangat berpengaruh pada pertumbuhan anak sehingga harus diperhatikan asupan gizi yang seimbang setiap harinya.
source: doktersehat.com
Lantas apa saja dampak positif dan negatif dari kelebihan dan kekurangan gizi bagi anak?  Adapun dampak dari gizi kurang antara lain:

A. Dampak Kekurangan Gizi Bagi Anak

1. Berpengaruh terhadap pertumbuhan anak anak yang tidak tumbuh menurut potensialnya. Protein tidak digunakan sebagai zat pembesar sehingga otot otot menjadi lembek dan brambut mudah rontok

2. Pengaruh terhadap produksi tenaga menyebabkan kekurangan tenaga untuk bergerak, bekerja, dan melakukan aktifitas

3. Pengaruh terhadap daya tahan, penderita mudah terserang infeksi seperti pilek,batuk, dan diare pada anak anak. Hal ini mebawa kematian.

4. Pengaruh terhadap pertumbuhan jasmani dan gizi ini dapat berakibat trganggunya fungsi otak secara permanen

B. Dampak Kelebihan Gizi Bagi Anak
Gizi lebih adalah suatu kondisi yang diakibatkan oleh asupan energi yg melebihi ketentuan tanda
tanda yang mudah dikenali pada anak yang menderita gizi lebih adalah:

1. Gemuk yang mudah dinilai dari berat badan dan tinggi badan.

2.lamban dan cepat lelah
Efek yang sering terlihat adalah obesitas karena jumlah sel melebihi batas normal. abesitas tipe
ini akan sulit diturunkan berat badannya. Kondisi ini bisa memicu munculnya berbagai penyakit
degeneratif seperti diabetes melitus hipertensi hiperkolestrol dan penyakit jantung maka perlu
gizi yang seimbang agar tidak kekurangan gizi dan kelebihan gizi untuk memenuhi gizi yang
seimbang dengan mengkonsumsi makanan secara variatif tentunya berpedoman pada empat
sehat lima sempurna.

C. Macam-macam Zat Gizi dan Pentingnya Makanan Berzat Gizi Lengkap
Masa kanak-kanak merupakan fase pertumbuhan dan untuk menunjang kondisi tersebut perlu di perhatikan asupan makanan. Anak sekolah dasar kelas atas sewajarnya pada usia 10-12 tahun pada usia ini, bila kesehatan tidak terganggu maka pertumbuhan badan sangat cepat.

Agar kesehatan anak tetap terjaga maka anak di haruskan mengkonsumsi makanan yang lengkap
berupa “ Empat sehat Lima sempurna”. Dalam makan ini mengandung zat-zat gizi yang di butuhkan oleh anak untuk pertumbuhan yaitu berupa : Karbohidrat, Lemak, Protein, Vitamin,
Air, dan serat makanan.

1. Karbohidrat
Karbohidrat adalah satu atau beberapa senyawa kimia termasuk gula, pati dan serat yang mengandung atom C, H dan O dengan rumus kimia (O). Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia, kalau yang didapat belum 80% berasal dari karbohidrat.

2.  Lemak
Lemak adalah garam yang terjadi dari penyatuan asam lemak dengan alkohol organik yang di sebut gliserol dan glisein.

3. Protein
Protein adalah senyawa kimia yang mengandung asam amino, tersusun atau atom-atom C,H,O dan N. Protein berasal dari kata proteos yang berarti menduduki tempat pertama.

4. Vitamin
Vitamin adalah senyawa organik yang di perlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit untuk mengatur fungsi-fungsi tubuh yang spesifik seperti pertumbuhan normal, memelihara kesehatan dan reproduksi. Vitamin tidak dapat di hasilkan oleh tubuh, sehingga harus di peroleh dari mengkonsumsi bahan makanan.

5. Mineral
Mineral adalah zat organik yang di perlukan oleh tubuh dalam jumlah kecil untuk
membantu reaksi fungsional tubuh, misalnya untuk memelihara keteraturan metabolisme.

6. Air 
Air adalah komponen terbesar dari struktur tubuh manusia kurang lebih 60-70% berat badan orang dewasa berupa air. Sehingga air sangat diperlukan oleh tubuh terutama bagi yang melakukan olahraga atau aktifitas berat, serat makanan termasuk karbohidrat komplek yang tak dapat di cerna, berperan untuk memelihara fungsi normal saluran cerna.

Dari ke enam unsur gizi, tubuh akan memperoleh sumber energi untuk bermain, belajar, serta
sumber pembangungan untuk pertumbuhan yang normal, juga zat pengatur demi kelancaran
proses-proses di dalam tubuh dan kesehatan yang baik.

Energi yang di perlukan untuk kerja otot di perlukan dari makanan yang di konsumsi setiap hari, terdiri atas zat gizi makro meliputi karbohidrat, lemak tubuh. Zat-zat gizi sangat di perlukan ileh tubuh karena mempunyai manfaat yang sangat besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan.

Adapun manfaat dari zat-zat gizi tersebut yaitu:

a. Karbohidrat
Dalam tubuh manusia bermanfaat untuk keperluan tubuh, antara lain:
1. Sumber energi utama yang di perlukan untuk gerak. 1 gram karbohidrat setara dengan 4 kilo kalori/Kcal.

2. Pembentukan cadangan sumber energi, kelebihan karbohidrat dalam tubuh akan di simpan dalam bentuk lemak sebagai cadangan sumber energi yang sewaktu-waktu dapat di pergunakan.

3. Memberikan rasa kenyang, karena karbohidrat mempunyai volume yang besar dengan adanya selulosa akan memberi perasaan kenyang.

b. Lemak
Di dalam tubuh lemak bermanfaat sebagai sumber energi ( 1 gram lemak setara dengan 9 kalori ), melanjutkan vitamin sehingga dapat di serap oleh usus, dan memperlama rasa kenyang.

c. Protein
Tubuh manusia memerlukan protein untuk berbagai fungsi antara lain:
1. Membangun sel tubuh. Makin bertambah usia seorang bayi semakin bertambah berat badannya. Bertambahnya berat badan bayi si sebabkan oleh terbentuknya jaringan baru seperti tulang dan otot.

2. Mengganti sel tubuh, atau jaringan tubuh yang mengalami kerusakan misalnya akibat cedera dalam melakukan kegiatan fisik misalnya: fraktur, sprain, strain dan lain-lain. Sehingga perlu protein sebagai pengganti sel-sel yang rusak.

3. Membuat air susu, enzim dan hormon, air susu ibu tersusun atas protein dan demikian juga untuk membentuk enzim maupun hormon diperlukan protein

4. Membuat protein darah, untuk mempertahankan stabilitas makanan osmose struktur darah memerlukan protein disamping itu hemoglobin tersusun dari ferum dan protein.

5. Menjaga keseimbangan asam basa cairan tubuh. Protein diperlukan untuk mengikat kelebihan asam atau basa dalam cairan tubuh. Sehingga reaksi netral dari cairan tubuh dapat dipertahankan.

6. Pemberi kalori protein dapat menyediakan energi yang diperlukan untuk aktivitas, terutama dalam keadaan memaksa, misalnya kelaparan, 1 gram protein setara dengan 4 kcal.

d. Vitamin
Setiap vitamin mempunyai fungsi khusus, beberapa vitamin dapat berperan secara bersama-sama dalam fungsi tubuh, misalnya memacu dan memelihara pertumbuhan , reproduksi, kesehatan dan kekuatan tubuh, stabilitas sistem saraf, selera makan yang normal , pencernaan dan penggunaan zat-zat makanan.

e. Mineral
Fungsi mineral bagi tubuh adalah
1. Menyediakan bahan sebagai bahan komponen penyusun tulang dan gigi

2. Membantu fungsional organ: memelihara irama jantung, kontraksi otot, konduksi syaraf dan keseimbangan asam basa.

3. Memelihara keteraturan metabolisme seluler.

f. Air
Dalam tubuh, air berfungsi sebagai
1. Sebagai media transportasi zat-zat gizi, membuang sisa-sisa metabolisme, hormon dan sebagainya ke jaringan sasaran (organ)

2. Mengatur temperatur tubuh terutama selama melakukan aktivitas jasmani

3. Mempertahankan volume darah.

Demikianlah artikel tentang Dampak Kelebihan dan Kekurangan Gizi Bagi Anak, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Source: Tugas kuliah mahasiswa UNISMUH Buton semester 1

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon