Wednesday, 5 September 2018

6 Tips Dahsyat Agar Anak Semangat Dalam Belajar

6 Tips Dahsyat Agar Anak Semangat Dalam Belajar_ Setiap orangtua pastinya memiliki harapan agar anaknya bisa menjadi pribadi yang berprestasi dan membanggakan orangtua. Kesuksesan seorang anak merupakan salah satu kebahagian terbesar orangtua, karena pada dasarnya setia orangtua pasti berharap anaknya bisa mendapatkan pencapaian-pencapaian yang besar dalam hidupnya.
6 Tips Dahsyat Agar Anak Semangat Dalam Belajar
 
Agar harapan-harapan tersebut bisa terwujud maka orangtua harus terlibat dalam pola belajar anak, orangtua tidak boleh hanya mengandalkan guru karena pada dasarnya ada tiga lingkungan pendidikan dimana anak akan belajar banyak hal, lingkungan pendidikan tersebut adalah lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
Dalam hal ini keluarga memiliki peranan yang subtansial dalam mengajarkan nilai-nilai karakter pada anak dan memotivasi anak untuk semakin memacu dirinya untuk giat belajar.Lantas, apa saja yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk meningkatkan semangat anaknya agar semakin giat belajar? Berikut ulasannya
 6 Tips Dahsyat Agar Anak Semangat Dalam Belajar

1. Mendampingi anak dalam kegiatan belajar
Diera milineal seperti saat ini, sebagian orangtua sibuk untuk mengurus pekerjaanya sehingga tidak memiliki waktu luang untuk anaknya, tujuan orangtua bekerja keras tidak lain adalah untuk membahagiakan dan memberikan yang terbaik untuk anaknya. 
 
Padahal seorang anak sangat membutuhkan pendampingan orangtua dalam aktivitasnya termasuk dalam kegiatan belajar. Adanya orangtua yang senantiasa menemani anaknya akan membuat anak menjadi lebih semangat untuk belajar. Walaupun anak anda sudah duduk di bangku SMP dan SMA namun motivasi dan kebersamaan dengan orangtua tetap sangat dibutuhkan.
Oleh karena itu, walau sesibuk apapun anda, jangan pernah mengabaikan anak anda. Buatlah Schedule untuk kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan bersama anak agar ikatan batin antara orangtua dan anak semakin kuat.

 2. Memotivasi jangan menghakimi
Salah satu kekeliruan yang kadang dilakukan oleh orangtua adalah saat anak mendapatkan nilai yang baik di sekolah, orangtua memuji dan membangga-banggakan anaknya akan tetapi ketika anaknya mendapatkan nilai yang kurang baik, maka perlakuan orangtua justru sebaliknya yakni kadang memarah, mencaci dan menghakimi.
Sudah tepatkah hal tersebut? Kondisi demikian sangatlah kurang baik untuk dilakukan pada anak. Bukannya anak menjadi semangat belajar justru perkataan-perkataan yang kurang baik bisa menjatuhkan mental anak (Down).
Satu hal yang mesti dipahami bahwasanya anak bukanlah robot yang mampu memahami segala hal, pada dasarnya kecerdasan anak tidak bisa maksimal dalam berbagai hal akan tetapi hanya mampu maksimal dalam beberapa aspek saja.
Maka dari itu jika anak anda mendapatkan prestasi yang kurang memuaskan, sebaiknya berikan anak anda motivasi, penguatan agar anak bisa merecovery perasaan rendah diri yang muncul dalam dirinya akibat prestasi yang kurang memuaskan yang didapatkannya. 

3. Menchalenge (meberikan tantanga) dan memberikan Reward (Hadiah)
Salah satu cara yang sudah sangat efektif agar anak bisa semakin semangat untuk belajar adalah memberikan reward dengan keberhasilan atau prestasi yang dicapainya. Namunterlebih dahulu kita harus menchalenge (memberikan tantangan) tentang target-target yang jika dia berhasil meraihnya maka akan diberikan hadiah.
Pemberian reward sangat erat kaitannya dengan teori Skinner yakni Stimulus=Respon (S=R), untuk melihat respon seseorang maka pertama-tama harus diberikan ransangan yang bisa membuat orang tersebut termotivasi, terpacu, tergerak dalam melakukan
Reward (Hadiah) yang diberikan kepada anak bisa berupa benda yang sangat ingin dimiliki oleh anak namun sebagai catatan reward yang diberikan bukan justru bisa berdampak negatif pada anak.

4. Mengikutkan anak dalam bimbingan belajar
Bimbingan belajar bisa menjadi opsi bagi orangtua agar anaknya bisa semakin banyak mendapatkan pelajaran. Dalam kegiatan bimbingan belajar anak bisa bertemu dengan teman sejawatnya (teman seusianya).
Sehingga mereka bukan hanya belajar tentang aspek kognitif saja akan tetapi melalui interaksi dengan sesama teman sejawatnya anak akan belajar tentang aspek afektif (sikap), belajar yang dilakukan secara bersama-sama akan memunculkan motivas tersendiri dalam diri anak, karena mereka berada dalam situasi dan kondisi dimana teman-temannya yang lain giat/fokus untuk belajar.
Tapi jika anda tidak mau repot untuk antar jemput anak anda ke tempat bimbingan belajar (bimbel) atau memikirkan kemungkinan yang kurang baik yang bisa didapatkan anak anda saat mengikuti bimbel maka anda bisa mendaftarkan anak anda untuk ikut bimbingan belajar online.
Salah satu bimbingan belajar online yang sudah populer adalah Quipper Video. Bahkan artis juga ada yang ikut bimbingan belajar Quipper Video. Sebut saja Maudy Ayunda dan Febby artis remaja yang sering tampil dilayar kaca sebagai ikon iklan Quipper Video.
Apa kelebihan bimbel Quipper Video? Di Quipper Video terdapat 7000 lebih video pembelajaran, 17.000 soal-soal (termasuk soal UN 2010-2016) dan masih banyak lagi kelebihannya. Biaya berlangganan Quipper Video juga tidak terlalu mahal, bisa dikatakan terjangkau bagi kalangan pelajar, apalagi jika anda memiliki kode promosi Quipper Video maka anda akan mendapatkan diskon 20% saat mendaftar Quipper Video.
Apalagi saat ini anak-anak sudah lekat dengan teknologi, jadi ketimbang anak menggunakan Smartphonenya untuk bermain game, lebih baik anda mendaftarkan anak anda untuk ikut bimbingan belajar secara online, belajarnya bisa dimana saja dan kapan saja.

5. Bantu anak menemukan mimpinya
Selain dimotivasi orangtua juga harus mampu membantu anak menemukan mimpinya. Pertama-tama orangtua harus melihat apa saja kelebihan (bakat) yang dimiliki oleh anak. Jika sudah apa bakat anak anda, maka tinggal anda upayakan anak bisa memaksimalkan bakatnya tersebut.
Tugas orangtua adalah mengakomodasi, menfasilitasi anak agar bakat yang dimiliki anak tersebut bisa lebih dimaksimalkan lagi. Misalnya anak memiliki bakat dalam pelajaran matematika maka orangtua sebaiknya menfasilitasi anak dengan membelikan hal-hal yang berkaitan dengan bakat anak tersebut.
Anak yang memang menggeluti suatu bidang yang sesuai dengan bakat dan minatnya pasti akan lebih antusias dalam melakukan hal tersebut bahkan tanpa dimintapun anak akan dengan senang hati melakukan hal tersebut, sehingga anak bisa enjoy atau menikmati kegiatnnya dan pastinya akan berbanding lurus dengan hasilnya nanti.

6. Jadi contoh bagi anak
Buah tidak jauh jatuh dari pohonnya adalah sebuah ungkapan yang menyiratkan bahwa kesuksesan seorang anak tergantung bagaimana orangtua dalam memberikan contoh. Motivasi anak dalam belajar tergantung bagaimana cara orangtua dalam menciptakan suasana belajar bagi anak.
Untuk itu jika anda ingin agar anak anda giat belajar maka pertama-tama andalah yang sebaiknya memperlihatkan motivasi belajar yang tinggi. Orangtua bukan berarti tidak harus belajar lagi, bahkan semakin tua semakin harus banyak belajar. Seringlah membaca buku, belajar, diskusi  agar anak anda bisa mencontoh kebiasaan anda tersebut, sehingga anak anda juga antusias dalam belajar.
Demikianlah  artikel tentang tips membuat anak semangat belajar, jika anda merasa artikel ini bermanfaat untuk anda dan bisa bermanfaat untuk oranglain maka silahkan anda share artikel ini agar semakin banyak orang yang terbantu.
Intinya sebagai orangtua anda harus selalu memberikan arahan, support pendampingan pada anak karena peran orangtua sangat signifikan dalam memberikan inspirasi dan motivasi bagi anak.

1 komentar so far

Quipper ya yang lagi hits buat belajar anak, nanti kalo anak saya udah smp boleh coba biar dia semangat

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon