Friday, 14 September 2018

6 Tips Agar Mudah Mengingat dan Memahami Pelajaran

6 Tips Agar Mudah Mengingat dan Memahami Pelajaran_ Belajar adalah suatu hal yang mesti dilakukan agar bisa memiliki pemahaman yang luas. Salah satu tolok ukur kesuksesan seorang dalam belajar adalah ketika dia mampu memahami dan menguasai apa yang dipelajari, baik itu tentang berbagai hal yang dipelajari di dalam kelas mamupun berbagai hal yang diperlajari di lingkungan sekitar.

6 Tips Agar Mudah Mengingat dan Memahami Pelajaran

Namun terkadang karena beberapa faktor seseorang menjadi sulit dalam memami suatu pelajaran, padahal belajar adalah suatu proses yang utuh, sehingga jika dari awal sudah tidak mampu memahami beberapa bagian pelajaran maka bagian selanjutnya akan lebih sulit untuk dipahami.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

Memang gaya mengajar seorang guru juga berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memahami pelajaran. Namun yang mesti anda pahami bahwasanya guru bukan hanya mengajar 1 siswa namun mengajar puluhan siswa dalam waktu yang bersamaan sehingga guru akan kurang mampu mendeteksi sepenuhnya siswa yang sudah paham dan yang belum paham.

Dan selain dari faktor guru cara belajar siswa sebenarnya yang menjadi faktor lain kenapa seorang siswa menjadi lambat dalam memahami pelajaran, maka dari itu butuh tips khusus agar mudah dalam mengingat dan memahami pelajaran. Lantas bagaimana cara mudah agar bisa mengingat dan memhamami pelajaran? Berikut ulasannya;

6 Tips agar mudah mengingat dan memahami pelajaran

1. Fokus saat sedang belajar
Tips pertama yang bisa anda lakukan agar dapat memahami dengan mudah apa yang sedang anda pelajari adalah dengan memokuskan fikiran. Ada sebuah analogi tentang kekuatan pikiran jika di fokuskan tehadap sesuatu. Matahari yang sedang bersinar dengan triknya (sangat panas) apakah mampu membakar tumpukan kertas yang diletakan di tempat terbuka? Jawabannya sudah pasti tidak bisa.

Namun coba anda ambil LUV (kaca pembesar) untuk memfokuskan sinar matahari tersebut ke tumpukan kertas yang ada, apakah tumpukan kertas tersebut bisa terbakar? Dalam kondisi normal kertas tersebut akan terbakar akibat sinar matahari yang terfokuskan menggunakan LUV tadi.

Lantas apa hubungannya dengan pikiran? Anggaplah otak anda sebagai matahari dan LUV sebagai pikiran anda, jika anda menggunakan pikiran anda untuk fokus dalam mempelajari sesuatu maka otak anda mampu menangkap pesan-pesan yang tersampaikan melalui proses belajar.

Sehingga pengaruh tingkat fokus seseorang dalam belajar sangat berefek terhadap tingkat pemahamannya. Maka dari itu ada baiknya sebelum belajar atau saat akan memulai pelajaran, anda meyingkirkan semua benda yang bisa menggangu konsentrasi anda (misalnya: smartphone) selain itu tinggalkan atau lupakan sejenak hal-hal yang lain yang sedang anda pikirkan selain dari belajar.

Pusatkan pikiran dan konsentrasi anda pada materi-materi yang disampaikan oleh guru anda atau materi yang sedang anda pelajari dengan begitu anda kemungkinan akan cepat menangkap maksud dari pelajaran yang disampaikan oleh guru anda.

2. Catat pokok-pokok materinya (buat rangkuman materi)
Ilmu ibaratkan hewan buruang, hewan buruang jika tidak diikat pasti akan lepas maka agar ilmu tidak mudah terlupakan atau hilang dari ingatan sebaiknya anda ikat ilmu dengan penah (buat catatan).

Tak perlu mencatat semua yang dijelaskan oeh guru anda, cukup anda mencatat poin-poin utama dari materi pelajaran yang sedang guru anda ajarkan (catat materi yang bisa memberikan gambaran secara umum atau mampu menjelaskan dari semua materi yang sedang diajarkan).

Jika selama ini anda kurang mencatat maka ubahlah kebiasaan tersebut. Apabila anda ingin serius menjadi siswa/orang pintar maka mulailah membuat catatan-catatan kecil setiap kali anda sedang belajar dalam kelas.

Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang memiliki daya ingat yang berbeda, ada yang memiliki daya ingatan yang kuat dan ada pula yang memiliki daya ingatan yang lemah. Bagaimana jika yang memiliki daya ingatan tersebut adalah anda? Dan bagaimana jika selama ini anda jarang mencatat?

Apakah materi yang selama ini mampu anda pahami? Sudah pasti tidak bukan!!!
Walaupun anda adalah orang yang memiliki daya ingatan yang kuat bukan berarti anda bisa tidak perlu membuat catatan-catatan saat belajar.

3. Buat peta pikiran (mind mapping) tentang materi pelajaran
Setelah anda membuat rangkuman pelajaran atau catatan-catatan penting seputar pelajaran yang anda pelajari selanjutnya agar mudah anda pahami dan tersimpan dalam pikiran anda, serta mampu anda tangkap maksud arah dan tujuan dari materi tersebut maka anda harus membuatkannya peta konsep! Apa itu peta pikiran dan bagaimana bentuknya?

Peta pikiran adalah penjabaran dari materi pelajaran yang dipelajari ke dalam bagian-bagian yang lebih sfesifik. Dalam bahasa indonesia penjabaran dari umum ke khusus di namakan deduktif. Jika anda bingung bagaimana bentuk dari peta konsep tersebut silahkan lihat gambar di bawah ini.



Dari peta pikiran di atas dapat kita simpulkan, bahwa topik utama pelajarannya adalah jenis benda kemudian dijabarkan kedalam berbagai dimensi (sudut padang) sehingga seolah-olah gambar tersebut membentuk sebuah peta pikiran. Dengan menggunakan konsep peta pikiran anda akan mudah memahami suatu materi pelajaran.

4. Catatan Kata sulit
Catatan kata sulit pada poin keempat ini berbeda dengan rangkuman materi yang ada pada poin kedua di atas. Catatan kata sulit adalah jika anda menemukan suatu kata yang sulit dalam pelajaran namun kata/istilah tersebut penting untuk dipahami maka silahkan buat catatan kata sulit.

Gimana cara membuatnya? Mudah saja, biasanya terdapat kertas kecil banyak yang dijual di toko-toko ATK (alat tulis kantor), ukurannya sangat kecil, kurang lebih seperti jari telunjuk, memiliki banyak lembaran dan dapat ditempelkan (mudah menempel/memiliki perekat). Nagh silahkan tulis kata/istilah yang anda anggap susah namun penting untuk dipahami.

Tempelkan catatan tersebut di dekat tempat tidur anda agar anda bisa melihatnya setiap saat, jika hal tersebut sudah anda lakukan, maka kemungkinan besar anda akan mudah mengingat dan memahami kata/istilah yang anda anggap sulit tersebut.

5. Bertanya kepada guru
Jika kamu benar-benar tidak paham dengan mteri yang sedang dipelajari maka jangan pernah segang-segang untuk bertanya. Apabila kamu malu untuk bertanya maka dilanjutan materi selanjutnya kemungkinan kamu pasti akan lebih susah memahami.

Jangan pernah gengsi untuk bertanya! Orang pintar bukanlah orang yang selamanya selalu paham terhadap sesuatu namun orang pintar adalah mampu mengetahui kemampuan dirinya dan tahu kapan waktunya untuk bertanya jika diperlukan.

Jangan berpikir guru akan marah apabila anda bertanya, bahkan guru kalian merasa senang jika kamu bertanya karena mereka berpikir kamu memang serius untuk mempelajari apa yang mereka ajarkan.

6. Belajar di waktu yang tepat
Terakhir tips agar anda mudah mengingat dan memahami pelajaran adalah belajar diwaktu yang tepat. Beberapa waktu belajar yang menurut penulis tepat untuk belajar adalah di subuh hari, di sore hari dan di malam hari dalam keheningan.

Namun setiap orang memiliki waktu belajar yang baik menurut mereka dan termasuk anda. Jadi anda perlu mempelajari waktu-waktu belajar dimana pada saat tersebut anda dengan mudah memahami apa yang sedang anda pelajari.

Demikianlah 6 Tips agar mudah mengingat dan memahami pelajaran, semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda, jika anda merasa tulisan ini bisa bermanfaat untuk oranglain maka silahkan anda share (bagikan).

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon