12 Tips Mengatasi Perasaan Ngantuk Saat Belajar

12 Tips Mengatasi Perasaan Ngantuk Saat Belajar_ Belajar sudah menjadi kebutuhan bagi setiap manusia demi kelangsungan hidup, dengan belajar kita menjadi tahu banyak hal. Berbicara tentang belajar tentu identic dengan pelajar atau mahasiswa yang dimana sudah menjadi rutinitas harian tentunya.


Dengan belajar seseorang akan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan dan tentunya belajar juga membutuhkan usaha yang keras agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksimal, karena hasil tidak akan pernah menghianati proses kurang lebbih seperti itu. Namun apa jadinya jika kita merasa ngantuk pada saat belajar?

Hal ini tentu saja bisa membuat fokus dan konnsentrasi menjadi terganggu sehingga materi yang kita dapat susah unntuk di mengerti dan dicerna oleh akal, dan bahkan sampai ketiduran didalam ruangan. Kejadian seperti ini tentu bisa saja menyinggung dosen atau guru yang sementara menjelaskan materi.

Oleh karena itu penting bagi teman-teman untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi rasa mengantuk ini pada saat belajar adan pada kesempatakan kali ini saya akan berbagi tips tentang bagaimana kita mengatasi perasaan mengantuk pada saat belajar. Berikut beberapa tipsnya ;

12 Tips Mengatasi Perasaan Ngantuk Saat Belajar

1. Konsumsi Minuman yang Mengandung Kafein 
Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi kalau persoalan ini, banyak orang mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dengan tujuan untuk mengatasi rasa ngantuk. Minuman yang paling sering dikonsumsi kebanyakan orang adalah kopi. Jadi buat teman- teman yang sering merasa ngantuk pada saat belajar, cobalah untuk meminum segelas atau secangkir kopi terlebih dahulu.

Meminum kopi juga jangan terlalu berlebihan dalam pemakaian gula, kita semua tentu sudah tahu bahwa yang manis-manis dapat memicu diabetes, gunakanlah gulu secukupnya saja karena yang berlebihan tidak baik unntuk kesehatan. Jika tidak menyukai kopi anda juga bisa mencoba minuman atau makanan lain seperti teh, minuman bersoda, dan ice krim, meskipun kandungan kafeinnya tidak seperti kopi, minimal bisa mengatasi rasa ngantuk anda.

2. Mencuci Muka 
Cara yang satu ini juga sudah menjadi tradisi oleh kebanyakan orang ketika sedang merasa merasa ngantuk, namun teman-teman perlu ketahui bahwa pada saat mencuci muka jangan menggunakan sembarang air. Alangkah bagusnya mencuci muka dengan menggunakan air dingin dibandingkan dengan air hangat, karena suhunya yang seperti ini akan memberikan efek yang menyegarkan dan bisa mengatasi rasa ngantuk pada saat belajar.

3. Perbanyak Minum Air Putih 
Jika tidak ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein, maka salah satu cara lain adalah dengan mengonsumsi air putih. Pada saat anda merasa ngantuk cobalah untuk perbanyak minum air putih, perlu anda ketahui bahwa yang terkena dehidrasi bukan hanya mereka yang beraktivitas atau bekerja berat diluar ruangan, dehidrasi juga bisa terjadi pada orang yang hanya duduk dalam ruangan.

4. Aktif saat Belajar 
Rasa mengantuk akan menjadi-jadi jika anda hanya duduk diam dan tidak aktif sama sekali pada saat bejalar, jadi buat anda yang sering merasa ngantuk cobalah lebih aktif dari biasanya. Misalnya mengajukan beberapa pertanyaan pada Doden atau guru, atau menjawab pertanyaan dan berdiskusi bersama teman-teman yang lain, meskipun tidak mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan, minimal anda bisa berdiskusi dengan yang lain.

5. Jangan Terlalu Kenyang 
Salah satu penyebab ngantuk yang sering terjadi adalah karena makan berlebih atau terlalu kenyang. Jadi disarankan bagi anda jika sarapan atau makan sebelum belajar, porsinya di kondisikan terlebih jika mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi akan karbohidrat, seperti nasi, roti, pasta, dan kentang.

6. Hindari Olahraga Berlebihan 
Selain makan yang berlebihan, olahraga juga bisa memicu rasa ngantuk. Sebenarnya tidak ada salahnya jika anda berolahraga sebelum belajar, tetapi dengan catatan tidak melakukan olahraga berat apalagi dalam waktu yang cukup lama. Ketika anda melakukan olahraga berat tubuh akan menjadi lelah karena mengeluarkan cukup energi menimbulkan rasa ngantuk.

7. Perbaiki Posisi Duduk 
Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah posisi duduk, biasanya orang suka duduk dipojokan dengan kepala atau bersandar pada tembok akan sangat mudah merasa ngantuk, untuk menginndari hal ini terjadi maka ubah posisi duduk menjadi tegak, tidak membungkukan badan dan bersandar. Alangkah lebihh bagusnya lagi anda duduk dibangku palin depan.

8. Dengarkan Musik Favorit [Murotal Al-Quran]
Ketika rasa ngantuk pada saat belajar, anda bisa mendengarkan beberapa lagu atau music favorit. Ketika mendengarkan musik tentu suasana hati akan berubah dan menjadi lebih bersemengat dari sebelumnya. Saran dari penulis sih terutama bagi yang beragama islam bisa dengan mendengarkan murotal Al-Quran, karena mengantuk saat belajar juga bisa jadi disebabkan oleh gangguan jin/setan

9. Peregangan Kecil 
Seperti pada poin sebelumnnya, hindari olahraga berat. Jika anda mulai merasa mengantuk cukup melakukan peregangan otot tubuh atau melakukan pemanasan saja. Selain tidak membutuhkan tenaga yang banyak, hal ini juga bisa dilakukan dalam ruangan dan anda tidak perlu keluar ruangan lagi.

10. Mengatur Jam Istrahat. 
Ada sebab ada akibat, hukum alam memang sudah seperti itu. Begitu juga dengan rasa mengantuk ini tentu ada penyebabnya baik karena makan terlalu banyak maupun lainnya, namun kebanyakan dari kita mengantuk disebabkan karena kurang istrahat atau begadang pada malam hari sehingga pada saat belajar tubuh yang lelah menyebabkan rasa ngantuk.

Jadi mulai saat ini, atur waktu istrahat sebaik mungkin begadanglah untuk hal-hal yang bermanfaat. Saat ini baik pelajar maupun mahasiswa lebih menghabiskan banyak waktu dengan melakukan hal-hal yang sama sekali tidak bermanfaat, entah itu bermain game online dan lain sebagainya.

11. Nonton Video Motivasi
Sama halnya dengan mendengarkan musik, nonton juga bisa mengurangi rasa ngantuk. Pilih flim atau video-video motivasi misalnya. Tentu hal ini akan mempengaruhi mood anda dan menjadi lebih fresh kembali, cara ini juga sudah banyak dan sering dilakukan banyak orang untuk menghindari rasa ngantuk. Video motivasi juga akan membakar semangat anda sehingga rasa ngantuk bisa diminimalisir

Itulah beberapa tips untuk mengatasi perasaan mengantuk pada saat belajar. Jadilah seseorang yang mampu mengatur waktunya dengan baik, ingat begadang itu seperlunya saja, jangan sampai menghambat waktu belajar anda.

12. Niat 
Lagi dan lagi, niat memang sanggat penting tanpa adanya niat dalam diri tentu sulit untuk bergerak atau bertindak. Pada saat mengantuk niatkan dalam diri bahwa anda akan dating untuk belajar bukan tidur. Sugesti diri bahwa anda bisa melawan rasa ngantuk, dan hal ini juga sudah banyak dilakukan oleh orang-orang. Kata-kata positif dan baik yang sering kita ucapkan tentu akan mempengaruh alam bawah sadar kita,, meskipun terdengar sepele namun hal ini sangatlah berpengaruh.

Contoh kecilnya ketika anda ingin melakukan sesuatu yang belum pernah anda lakukan, dan dalam hati kecil anda sudah mengkalim bahwa anda tidak bisa. Ya, secara alam bawah sadar anda sudah menerima bahwa anda memang tidak bisa. Sebaliknya jika anda selalu optimis, yakin dan percaya diri tentu and bisa melakukannya.

Semoga dengan adanya beberapa tips ini bisa membantu teman-teman dalam mengatasi rasa ngantuk pada saat belajar, dan semoga artikel ini bisa bermanfaat. Melalui tulisan ini kita saling membantu, selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "12 Tips Mengatasi Perasaan Ngantuk Saat Belajar"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel