13 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula

13 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula_ Menulis merupakan suatu kegiatan yang dimana dilakukan untuk menyampaikan suatu informasi kepada orang lain atau suatu catatan pada suatu media, menulis biasanya menggunakan alat tulis seperti pensil atau pena dan kertas sebagai media. Namun seiring perkembangan teknologi dan lebih efisien saat ini banyak penulis menggunakan laptop atau computer.


Menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia menulis adalah dimana seseorang atau penulis melahirkan sebuah pikiran atau perasaannya dalam hal ini seperti menulis surat atau mengarang dengan tujuan agar orang lain yahu apa yang sedang dipikirkan atau dirasakan melalui tulisannya ini.

Adapun beberapa tujuan menulis yaitu; Tujuan penerangan, tujuan estetis, penyataan diri, konsumtif, dan tujuan penugasan, sedangkan kategori menulis diantaranya adalah untuk meyakinkan seseorang atau pembaca menjelaskan, memberitahukan, mempengaruhi, menceritakan, dan menggambarkan.

Namun berbicara tentang menulis tentu hal ini identik dengan seorang blogger atau penulis artikel, setiap orang memang puny acara-cara sendiri dalam meulis dan untuk menarik perhatian pembaca, selain itu isi dan bahasanya harus sesui agar tidak membosankan. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips menulis artikel bagi para pemula, berikut beberapa tipsnya ;

13 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula

1. Niat, Usaha dan Berdoa
Hal ini sudah sangat sering disampaikan bahwa jika ingin memulai sesuatu maka awalilah dengan niat yang tulus dan ikhlas agar hasilnya juga bagus, namun jika hanya dengan niat saja semua itu tidak akan terwujud dan menjadi sia-sia jika tidak di ikuti dengan usaha. Untuk itu, berusahalah semampu anda dan hasil akhirnya serahkan kepada Tuhan melalui doa-doa yang panjatkan agar senantiasa selalu dipermuda dalam setiap urusan anda.

2. Perbanyak Membaca 
Mengapa kita harus banyak membaca? Yaps jawabannya cukup simple, buku adalah gudangnya ilmu, dengan membaca kita akan memiliki banyak pengetahuan. Dalam menulis sebuah artikel wawasan yang luas sangat dibutuhkan bagi seorang blogger.

Selain itu dengan membaca tentu akan memperbanyak kosakata anda, sehingga jika dalam proses penulisan artikel nanti anda tidak akan kesuliatan dalam menyusun kata perkata, kalimat perkalimat, hingga paragraf. Tidak hanya buku yang mesti anda baca tetapi bisa membaca koran, majalah, novel atau beberapa artikel anda.

3. Lebih Sering Latihan 
Bagi anda yang masih pemula, cobalah untuk perbanyak latihan baik dirumah maupun diluar rumah. Seperti yang sering kita dengan bahwa kita bisa karena terbiasa. Jadi mulai saat ini perbiasakan diri untuk menulis, dalam latihan juga anda bisa menggunakan pena dan kertas, computer atau leptop.

4. Meminta Saran atau Bantuan Orang Lain 
Yang namanya proses tentu selalu aka nada saja masalah atau kendala, untuk itu tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang terdekat, bisa teman ataupun keluarga. Setelah menulis anda bisa memperlihatkan hasil karya anda kepada orang lain, mintai pendapat dan saran dari mereka, agar ketika masih ada yang kurang bisa diperbaiki menjadi lebih baik lagi.

5. Follow Akun Blogger 
Ternama Saat ini di Indonesia sudah banyak yang sukses bisa menjadi blogger, bagi anda yang masih pemula mungkin bisa memfollow beberapa akun mereka, seperti Instagram, twitter, Facebook dan lainnya. Biasanya para blogger agar berbagi beberapa tips atau cara menulis yang baik dan bisa menarik perhatian pembacanya.

Selain itu mereka juga biasanya berbagi pengalaman mereka selama menjadi blogger, aka nada banyak hal yang mereka sampaikan melalui akun-akun media sosial mereka. Disitulah anda akan tahu apa-apa saja yang perlu dilakukan, dan apa saja yang tidak perlu dilakukan oleh seorang penulis.

6. Memilih Topik yang Sesuai 
Untuk mempermudah dalam proses anda dalam menulis, maka pilihlah topik yang sesuai. Sesuai yang dimaksudkan disini adalahnya misalnya anda ahli dalam karya menulis kata-kata indah, atau bijak maka anda bisa membuat tentang puisi atau beberapa novel. Menislah sesuai dengan keahlian anda agar anda bisa dengan mudah menyesuaikan.

7. Berbanyak Referensi 
Sebagai penulis juga harus memiliki banyak referensi, anda bisa menemukan atau mencari referensi sibuku, berita, koran, majalah, novel, atau dari orang lain yang biasa disebut narasumber untuk mengumpulkan beberapa data atau bahan agar kemudian menjadi sesuatu yang bisa dibaut menjadi karya tulis nantinya.

8. Sesuaikan dengan Waktu 
Pada saat menulis juga sangat penting untuk memperhatikan waktu ketika sedang menulis, jika ingin hasilnya lebih baik maka pilihlah waktu dimana otak tidak terlalu lelah untuk berpikir. Misalnya menulis pada pagi hari, sore, atau malam dan menulis di tempat-tempat yang sunyi atau jauh dari kebisingan agar anda fokus dan konsentrasi pada saat menulis, karena untuk tulisan yang baik dibutuhkan focus dan konsentrasi yang pula agar mendapatkan hasil yang memuskan.

9. Mencari Inspirasi 
Inspirasi tidak selalu dating dengan sendirinya, kita juga bisa mendapatkan inspirasi jika mencarinya. Carilah tempat-tempan yang bisa membuat anda merasa nyaman dan senang atau pergi bersama orang-orang terdekat disuatu tempat, karena inspirasi bisa dating dari apa yang kita lihat, rasa dan dengar.

10. Atur Tata Bahasa 
Setelah selesai menulis coba periksa kembali apa yang sudah anda tulis kemudian atur tata bahasanya sehingga menjadi lebih baik. Jangan boros dalam penggunaan kata atau sering di dobol. Hal ini akan membuat tulisan anda menjadi lebih tidak teratur dan membuat si pembaca akan merasa kebingungan.

11. Percaya Diri 
Meskipun anda seorang pemula, namun harus tanamkan dalam-dalam rasa percaya diri, anda harus yakin bahwa kamu bisa melakukannya. Orang lain saja bisa, kenapa anda tidak. Tidak perlu dengarkan mereka yang tidak mengakui anda, cukup yakin dan fokus pada tujuan anda. Pembalasan terbaik bagi mereka yang tidak mempercayai kita adalah dengan memberikan bukti dan bisa mewujudkan mimpi.

12. Motivasi dan Semangati Diri 
Dalam proses menulis tentu akan ada saja masalah, namun dalam hal seperti ini anda tidak perlu berharap motivasi dari orang lain karena diri sendiripun juga bisa memotivasi dan senjata yang paling ampuh ada dalam diri anda, karena andalah yang paling paham dengan segala setuasi dan kondisi anda dan selalu sugesti diri bahwa anda bisa melakukannya, anda mampu. Tidak lupa pula selalu menyemangati diri agar terus semangat menulis dan jadilah penulis yang professional.

13. Berani Menerima Masukan 
Menjadi seorang penulis berarti harus siap dan berani menerima masukan dan kritikan dari pembaca atau orang lain, dalam hal ini anda tidak perlu baper. Meskipun terkadang kritikan dan masukan pembaca sedikit menyinggung perasaan atau menganggap enteng karya anda tetaplah terus berkarya, dari kritikan itulah kita bisa melihat kekurangan-kekurangan yang ada dalam tulisan kita dan bisa membuat yang lebih baik lagi kedepannya, terkadang meskipun menyakitkan namun faktanya kritik dan masukan sangat kita butuhkan.

Itulah beberapa 13 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula, selamat mencoba semoga berhasil. Ingat, jangan baperan menerima kritik dan masukan.

0 Response to "13 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel