12 Tips Mengatasi Perasaan Malas Masuk Kuliah

12 Tips Mengatasi Perasaan Malas Masuk Kuliah_ Kuliah merupakan rutinitas mahasiswa atau jenjang pendidikan tertinggi setelah duduk dibangku sekolah, adapun tujuan kuliah tidak jauh berbeda dengan pada saat duduk sibangku sekolah yaitu sama-sama mancari ilmu agar terus bertambahnya wawasan.


Mayoritas yang masih duduk dibangku sekolah selalu berpikir bahwa kuliah itu santai dan menyenangkan, namun mereka tidak tahu bagaimana mahasiswa dibelakang layar dan nyatanya kuliah itu tidak seindah drama korea terlebih jika dijalani dengan tidak ikhlas atau sepenuh hati. Ketika menjadi mahasiswa, mau tidak mau kita harus bisa mengatur waktu dengan baik, bisa membedakan mana hal-hal yang bermenfaat dan sebaliknya.

Tugas yang datang bertubi-tubi bagaikan tetesan hujan dan beberapa kendala yang sering terjadi terkadang bisa membuat mahasiswa menjadi pribadi yang malas kuliah. Jika sudah terjadi hal demikian, apa yang harus dilakukan oleh mahasiswa untuk melawan rasa malas tersebut. Berikut beberapa tips mengatasi perasaan malas masuk kuliah ;

12 Tips Mengatasi Perasaan Malas Masuk Kuliah

1. Niat, Usaha dan Berdoa
Ketika timbul rasa malas untuk kuliah tentu ada sisi lain yang merasa ingin berubah meskipun masih malas dalam bergerak atau bertindak. Untuk itu, awali dengan niat, usaha dan doa, ketiga hal ini memang tidak bisa dipisahkan dan harus berjalan beriringan. Niatkan dalam hati untuk mengubah hal tersebut, lalu berusaha untuk tidak mengulanginya lagi lalu berdoalah kepada Tuhan agar menjadikan diri pribadi yang lebih rajin lagi.

2. Ingat Orang Tua 
Rasa malas kuliah bisa muncul kapan saja, hal ini tidak hanya dirasakan oleh mahasiswa semester akhir saja, mahasiswa semester awal dan pertengahan pun juga bisa kapan saja merasakannya. Ketika hal ini terjadi, cobalah untuk mengigat kembali perjuangan orang tua dalam membiayai pendidikan anda sampai dengan hari ini, mereka selalu memberikan yang terbaik tanpa berharap banyak, yang hanya mereka innginkan adalah kesuksesan anaknya.

Tidakkah kita memikirkan hal itu? Orang tua yang tidak akan menampakan rasa lelahnya mencari uang demi anaknya. Ketika rasa malas mulai menggerogoti ingatlah orang tua, jadikan mereka sebagai alasan utama anda untuk menjadi lebih baik lagi dan buang dan kubur jauh-jauh rasa malas situ.

3. Pikirkan Masa Depan 
Rasa malas bisa menyerang siapapun dan kapan saja, penting untuk memikirkan masa depan mulai dari sekarang. Mulailah berpikir hal-hal apa saja yang bisa membuat anda terhalang menuju masa depan yang cerah. Lakukan saja hal yang bermanfaat dan bisa membuat anda menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

4. Pahami Pentingnya Pendidikan 
Penting bagi kita semua untuk mengetahu betapa pentingnya pendidikan dalam kehidupan,tentunya dari pendidikan ini bisa mengembangan potensi yang ada dalam diri kita, membentuk karakter, mengubah pola piker dan masih banyak lagi yang bisa didaptkan melalui pendidiakan ini.

Jika seorang mahasiswa mengetahi betapa pentingnya suatu pendidikan maka yakin dan percaya tidak aka nada alasan baginya untuk bermalas-malasan, jadi teruntuk anda yang masih nyaman dengan rasa malas maka pahamilah lebih awal akan pentingnya pendidiakan terlebih di era milenial saat ini.

5. Pentinngnya Ilmu Pengetahuan 
Bukan hanya pendidikannya yang mesti dipahami namun intinpun jauh lebih penting, seseorang yang ingin keluar dari zona nyamannya harus mengetahui pentingnya ilmu pendidikan dan bagaimana manfaat kedepannya.

Jika hanya sekedar tahu itu hal bisa, namun agar lebih lengkap maka harus mengusai ilmunya. Itulah mahasiswa yang baik, pahami terlebih dahulu hal-hal yang menjadi dasar atau pokok agar menjadi motivasi anda untuk meninggalkan rasa nyaman dalam kemalasan.

6. Perbanyak Teman 
Salah satu factor penyebab malas masuk kuliah adalah teman atau orang-orang yang ada dikampus, untuk itu penting bagi anda untuk meilih teman-teman yang baik dalam bergaul. Seorang mahasiswa jugga tentunya sudah bisa membedakan mana teman yang mmbawa manfaat dan sebaliknya. Carilah teman yang bisa membuat anda termotivasi dan nyaman berada dikampus.

7. Berhimpun [Berorganisasi]
Ketika berbicara suatu organisasi tentu banyak orang yang akan berpikiran atau berbicara miring perihal organisasi, bahkan mindset yang ada dalam lingkungan masyarakat bahwa mahasiswa yang berhimpun dalam suatu organisasi akan menjadi penghambat kuliahnya.

Perlu mahasiswa ketahui bahwa organisasi tidak selamanya memberikan dampak yang buruk dan yang salah bukan organisasi melainkan individunya. Lalu apa hubungannya rasa malas dan organisasi?

Perlu diketahui bahwa disetiap himpunan tentu mengajarkan kader-kadernya hal yang baik, termaksud untuk tidak melupakan dirinya sebagai mahasiswa, ketika memasuki suatu organisasi mungkin yang sebelumnya anda belum tahu apa peran dan funngsi mahasiswa, maka disitulah anda akan mengetahuinya. Pengetahuan inilah yang akan membuat anda bisa menikmati proses anda menjadi mahasiswa hingga melupakan rasa malas untuk kuliah itu.

8. Ingat Tujuan 
Semua orang tentu punya tujuan masing-masing, begitu juga dengan anda. Jika ingin mencapai suatu tujuan maka mulai hari ini, jam ini, detik ini juga buang jau-jauh rasa malas anda. Ketika rasa malas mulai menghadang kembali maka ingatlah tujuan anda, untuk apa anda kuliah, dan untuk apa anda berjuang. Tujuan-tujuan inilah yang dapat memotivasi anda agar bisa keluar dari zona kemalasan tersebut.

9. Memiliki Mentor 
Carilah mentor yang bisa membuat anda menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya, seorang mentor yang bisa membimbing dan memberi arahan. Mintai saran dan motivasi agar selalu bersemangat dalam menempuh pendidikan.

Carilah mmentor yang lebih berpengalaman dari anda. Bisa senior dikampus atau senior dari himpunan karene mereka akan lebih baik mengarahkanmu dengan pengalaman-pengalaman yang mereka punya dan tentunya mereka lebih paham mengenai dinamika kampus.

10. Banyak Bersyukur 
Perbanyak bersyukur, megapa harus demikian? Ketika rasa malas lagi-lagi  datang cobalah perhatikan orang-orang disekitar anda, coba renungkan kembali. Lihatlah, masih banyak saudara-saudara kita yang tidak bisa kuliah karena persoalan biaya.

Anda sudah diberi kesempatan untuk kuliah, mengapa harus bermalas-malasan, apalagi alasan anda? Seharusnya bisa memanfaatkan kesepempatan ini, masih banyak saudarasaudara kita diluar sana yang memiliki keinginan untuk kuliah namun terhalang biaya. Masih pantaskah kita bermalas-masalan apalagi mengeluh.

11. Mencari Kenyamanan 
Salah satu yang menyebabkan mahasiswa malas masuk kuliah adalah kurangnya rasa nyaman, untuk itu cobalah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus dan orang-orang disekitar.

12. Jangan Menunda-nunda 
Selain itu menunda-nunda juga hanya membuat ana semakin menjadi pemalas. Misalnya ketika ada tugas namun anda tidak mengerjakannya dengan tepat waktu yang kemudian disusul lagi tugas baru sehingga menumpuk ditambah lagi waktu yang semakin mepet.

Hal ini tentu saja akan membuat anda tidak bisa berkembang, yang ada anda akan menjadi tambah malas untuk bergerak, untuk itu cobalah untuk menghilangkan kebiasaan menunnda-nunda terlebih itu berhubungan dengan kampus.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi rasa malas masuk kuliah, silahkan baca, pahami baik-baik dan terapkan dalam kehidupan sehari. Jadilah mahasiswa yang berkualitas bukan hanya menang tampang saja, tetapi isi otak diutamakan, jangan hancurkan harapan kedua orang. Selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "12 Tips Mengatasi Perasaan Malas Masuk Kuliah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel