12 Hal yang Membuat Masa Kuliah Terasa Berat dan Tips Mengatasinya

Hal yang Membuat Masa Kuliah Terasa Berat dan Tips Mengatasinya_ Kuliah merupakan rutinitas seorang mahasiswa dimana ia mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi setelah melewati bangku sekolah dengan tujuan untuk belajar, mencari ilmu pengetahuan, memperluas wawasan, dan menigkatkan potensi dalam diri.


Ada banyak hal yang dapat dipejari seseorang ketika memasuki dunia perkuliahan. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa ketika memasuki dunia perkuliahan maka akan lebih santai dibandingkan dengan masa duduk dibangku sekolah dimana banyaknya tugas dan beberapa tekanan lainya, tetapi tidak sedikit pula mahasiswa mengatakn bahwa masa kuliah adalah masa yang sangat berat dan penuh dengan suka duka.

Berbicara tentnag perkuliahan tentu ada saja yang dirasakan oleh seorang mahasiswa, salah satunya adalah ketika merasa di satu puncak titik jenuh dan membuat masa kuliah terasa berat untuk dijalani, pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa hal yang dapat membuat masa kuliah menjadi terasa berat dan bagaimana cara atau tips mengatasi hal itu.

12 Hal yang Membuat Masa Kuliah Terasa Berat dan Tips Mengatasinya

1. Kurangnya Niat
Setiap apa yang dilakukan jika tidak ada niat dalam diri tentu akan terasa berat dijalani, begitu juga dengan kuliah. Kuliah yang hanya ikut-ikutan tidak akan dijalani dengan suka rela terlebih jika jurusan yang kita pilih merupakan salah satu jurusan yang cukup sulit atau selalu diberi tugas kuliah yang banyak sehingga membuat kita lebih tertekan.

Untuk itu tips untuk mengatasinya adalah dengan memulainya niat dalam hati, bulatkan tekad dan bersungguh-sungguh bahwa kuliah bukan karena paksaan atau ikut-ikutan semata tetapi karena niat dalam diri dan dijalani dengan penuh keikhlasan maka semua akan menjadi lebih mudah dan tidak terasa berat ketika dijalani.

2. Pergaulan
Terkadang tanpa di sadari pergaulan memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan seseorang, untuk itu kita sebagai mahasiswa harus pandai-pandai dalam bergaul atau memilih teman. Salah dalam memilih teman maka sala pula anda melangkah.

Misalnya kita berteman dengan orang malas tentunya kita akan terpengaruh juga, rasa malas inilah yang nantinya akan membuat kuliah menjadi terasa berat karena yang dalam pikiran kita hanya ingin bersantai-santai, ingat musuh paling berat bukanlah orang lain melainkan diri sendiri dan betapa sulitnya melawan rasa malas dalam diri sendiri.

Untuk mengatasi masalah ini maka mulailah memilih teman yang benar-benar mengarahkan anda ke arah yang lebih baik, tinggalkan mereka yang sama sekali tidak membawakan manfaat dan bisa menjeruskan diri pada pergaulan yang tidak sehat.

3. Tidak ada Motivasi dan Semangat 
Kuliah tanpa adanya motivasi dan rasa semangat akan terasa hambar, yang kita rasakan hanya itu-itu saja dan membuat kita merasa berat saat kuliah, apa-apa yang dikerjakan hanya setengah hati. Hal ini tentu bisa menyerang siapa saja, pada sat-saat kita merasa down tindakan yang harus kita lakukan adalah bangkit kembali dan mulailah dengan hal yang baru, yang lalu biarlah berlalu.

Ada banyak hal yang bisa kita jadikan motivasi untuk melawan rasa malas kuliah, salah satunya adalah perbanyak mengingat kedua orang tua, mereka lah yang berjuang banting tulang untuk memenuhi segala kebutuhan kita, mereka yang membiayai Pendidikan kita hingga sampai dengan hari ini, karena doa-doa merekalah kita semua masih diberi kesempatan untuk bisa kuliah, jadikan mereka sebagai alasan kenapa kita harus melawan rasa malas kuliah.

4. Tidak Memiliki Tujuan
Hal lain yang bisa membuat masa kuliah kita terasa berat adalah karena tidak adanya tujuan dalam hidup, kita sebagai manusia harus memiliki yang namanya tujuan agar apa yang kita lakukan lebih terarah dan tersistematis. Mahasiswa yang kuliah tanpa adanya tujuan tentu akan menganggap kuliahya hanya sebagai beban dalam hidupnya.

Hal yang harus dilakukan adalah mulai saat ini rencanakan tujuan anda untuk kedepannya, hal apa yang akan dilakukan ketika lulus kuliah nanti, jika tujuan sudah mulai terbentuk maka kita akan berkuliah dengan sungguh- sungguh

5. Kurang Bersyukur
Masa kuliah akan terasa berat jika kita kurang bersyukur, perhatikan baik- baik dilingkungan sekitar atau amati dan renungkan kembali apa yang membuat anda sehingga merasa masa kuliah itu sangat berat, jika anda menyadarinya tentu bisa dipahami.

Banyak dari kita lupa untuk bersyukur dan membuat kita tidak merasa puas, realita saat ini banyak dari kalangan yang kurang mampu namun mereka memiliki tekad yang kuat untuk kuliah dengan berungguh-sungguh dan berharap bisa menyelesaikannya sesuai target, sebaliknya justru yang terbilang keluarga mampu namun seringkali menyia-nyiakan kesempatan dan bermalas-malasan untuk kuliah, terlalu santai, mereka yang kurang bersyukur akan menjadi lebih banyak mengeluh sehingga membuat masa kuliah terasa berat.

Oleh karena itu mulai saat ini perbanyaklah bersyukur karena masih bisa kuliah, manfaatkan kesempatan anda sebaik mungkin, diluar sana masih banyak yang ingin kuliah seperti kita-kita yang masih bisa merasakan bangku perkuliahan, sesuatu yang tidak kita inginkan terkadang sangat di inginnkan oleh orang lain.

6. Memaksakan Diri
Salah satu faktor penyebab mahasiswa merasa masa kuliah berat karena adanya pemaksaan dalam diri, contonya terlalu merasa terbebani akan tugas yang diberikan oleh dosen sehingga menjadi beban pikiran.

Meskipun terdengar sepele, hal ini bisa saja memicu adanya stres jika terus dipikirkan. Untuk itu langkah yang harus anda lakukan adalah dengan membawa santai dengan catatan harus serius terlebih dalam persoalan kuliah. Kuliah tidak harus terlalu serius hingga memaksakan diri untuk melakukan hal yang kadang tidak sesuai dengan kemampuan, lakukan saja secara perlahan dan sesuai dengan kemampuan, tidak perlu

7. Kurangnya Kesadaran
Kurangnya akan kesadaran dalam diri bahwa kuliah itu penting akan membuat masa kuliah terasa berat, seseorang yang tidak menyadari akan hal itu hanya akan bersantai-santai, tidak memanfaatkan waktu dengan baik.

Untuk itu mulai saat ini anda sebagai seorang mahasiswa harus tahu dan sadar bahwa kuliah bukan hanya dating duduk diam kemudian menyimak, kuliah juga bukan hanya untuk memperoleh yang Namanya izajah atau mendapatkan IPK tinggi tetapi dengan kuliah akan membuat kita sadar betapa pentingnya menuntut ilmu, memanfaatkan setiap kesempatan dengan baik, dan belajar bersungguh-sungguh.

Seperti yang dikatakan Rocky Gerung bahwa seseorang yang memiliki ijazah bukan berarti ia berpikir, tetapi seseorang yang berijazah tanda ia pernah sekolah atau mengenyam Pendidikan, kurang lebih seperti itu.

8. Banyak Tugas Kuliah
Kuliah sangat identik dengan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen untuk diselesaikan baik tugas individu maupun tugas kelompok, satu dosen bisa jadi memberikan lebih dari satu tugas untuk diselesaikan balum lagi dosen-dosen mata kuliah lainnya belum lagi jadwal untuk dikumpul yang begitu mepet, sehingga banyaknya tugas-tugas kuliah menjadi cerita tersendiri bagi para mahasiswa.

Tips mengatasi tugas kuliah adalah dengan jangan menunda-nunda tugas tersebut untuk diselesaikan, karena semakin lama menunda untuk mengerjakan tugas maka waktu yang tersisa untuk pengumpulan semakin dekat belum lagi jika ada tugas lain lagi dari dosen mata kuliah lain, bisa-bisa tugas kuliah kalian semakin menumpuk. Jadi jika ada tugas segera untuk diselesaikan agar tidak menjadi beban berat bagi kalian jika sudah menumpuk tugasnya


9. Mata kuliah yang Terlalu Berat [Susah]
Saat kuliah ada banyak mata kulih yang akan dipelajari, dan jenis mata kuliah yang ada tergantung dari jurusan yang kalian pilih. Dan tak jarang kalian akan mempelajari mata kuliah yang susah dan berat sehingga memerlukan konsentrasi tingkat tinggi, hal terberatnya ialah saat kalian pernah tidak masuk kuliah atau tidak memperhatikan penjelasan dosen yang menyebabkan kalian terlewatkan bagian yang penting sehingga materi-materi selanjutnya menjadi tidak kalian pahami karena telat terlewatkan materi sebelumnya yang salaing berkaitan.

Jadi tipsnya untuk menghadapi mata kuliah yang sulit adalah dengan fokus memperhatikan penjelasan saat pembelajaran sedang berlangsung, jika karena beberapa hal kamu tidak masuk kuliah maka sebaiknya engkau bertanya kepada teman tentang materi yang dipelajari selama kalian tidak hadir dan sebaiknya silahkan tiru catatan teman kalian.

10. Dosen yang Galak
Saat kuliah kalian akan menemukan dosen dengan berbagai karakter, ada yang begitu lembut dan pengertian dan bisa jadi ada yang tegas [kemungkinan galak]. Namun yang perlu kalian ketahui bahwa karakter dosen yang mungkin galak menurut kalian tersebut sebenarnya orangnya baik dan peduli pada kalian sehingga selalu memperhatikan [memarahi] jika ada hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Jika bertemu dengan dosen yang tegas dan mungkin galak menurut kalian maka pertama-tama jangan pernah menjustfikasi bahwa dosen tersebut jahat dan galak, bisa jadi dosen tersebut sebenanrnya baik namun karena cara bersikapnnya saja yang tegas sehingga kalian menilai dosen tersebut jahat. Selain itu kalian sebaiknya membangun komunikasi yang baik dengan dosen-dosen pengajar

11. Sentimen Negatif dari Senior
Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam bangku kuliah masih saja kita ketemukan sistem senioritas, jadi mahasiswa yang berada di bawah tingkatan seniornya kadang mendapat sentimen negatif atau perlakukan yang tidak baik dari para seniornya, sehingga beberapa mahasiswa menjadi takut masuk kuliah bahkan yang paling parah adalah berhenti kuliah.

Tapi jangan khawatir, berdasarkan pengamatan penulis untuk beberapa kampus, sistem senioritas sudah mulai memudar. Tapi bagi anda mahasiswa baru sebaiknya harus pandai pandai menjaga sikap di hadapan senior kalian akagar tidak membuatnya jengkel

12. Biaya Kuliah yang Mahal 
Sudah tidak bisa disangksikan bahwasanya biaya kuliah saat ini memang akan cukup mahal, hal tersebut menjadi terasa berat bagi beberapa mahasiswa, sehingga terkadang memilih untuk cuti kuliah dan ada pula yang memilih untuk berhenti kuliah.

Tantangan mahalnya biaya kuliah bisa kalian selesaikan dengan mencari beasiswa atau ikut berorganisasi sehingga dapat beassiwa organisasi, kerja sambil kuliah dan lain-lain.

Demikianlah aertikel tentang 12 Hal yang Membuat Masa Kuliah Terasa Berat dan Tips Mengatasinya, jadilah mahasiswa yang sadar diri dalam artian sadar akan tanggung jawabnya selama kuliah, jaga kepercayaan orang tua dan jangan kecewakan mereka. Kuliah bukan hanya tentang IPK tinggi atau izajah setelah lulus tetapi ilmu yang bermanfaat untuk kedepannya.

0 Response to "12 Hal yang Membuat Masa Kuliah Terasa Berat dan Tips Mengatasinya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel