11 Keuntungan Mengambil Jurusan Ilmu Komputer Bagi Saat Kuliah

11 Keuntungan Mengambil Jurusan Ilmu Komputer Bagi Saat Kuliah_ Memilih jurusan adalah langkah penting bagi mahasiswa dalam menentukan masa depannya. Karena jurusan yang dipilih akan menjadi dasar dalam pengembangan pengetahuannya kedepan. Dari sekian banyak jurusan yang ada di kampus baik kampus negeri ataupun swasta tentu mengharapakan mahasiswanya bisa memperoleh masa depan yang sukses dengan jurusan yang mereka pilih.


Jurusan komputer merupakan salah satu jurusan yang menjanjikan serta mempunyai peluang untuk masa depan. Jurusan komputer secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).

Ilmu komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer dan rekayasa perangkat lunak, sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer. Di era moderen saat ini yang serba teknologi tentu diperlukan penguasaan yang mumpuni dalam bidang informasi teknologi (IT). Jurusan komputer diera perkembangan teknologi saat ini menjadi jurusan populer dan banyak diminati bagi para mahasiswa.

Karena jurusan komputer memilki banyak peluang kerja dimasa depan. Sehingga jurusan ini menjadi jurusan faforit yang banyak diminati bagi para mahasiswa. Tapi bukan hal yang mudah dalam mengambil jurusan komputer, karena banyak sekali yang akan dipelajari pada jurusan komputer sehingga jurusan ini tergolong berat, diperlukan ketekunan dalam mempelajari komputer karena banyaknya aplikasi dalam pengolahan komputer.

Aplikasi atau program adalah perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan aktivitas atau tugas yang spesifik. Kemampuan dalam mengolah sistem komputer menjadi nilai tersendiri .Bagi mahasiswa yang memilih jurusan komputer yang sudah tentu akan menjadi nilai kualitas dalam dirinya sehingga memudahkan dalam menata masa depannya.

Ilmu yang diajarkan dijurusan ilmu komputer membekali mahasiswanya untuk berpikir kreatif dan harus selalu mencari jalan dalam mengembangkan pengetahuan yang dimilki sehingga bisa bernilai praktis dan menunjang karier kedepannya. Ada beberapa keuntungan yang perlu diketahui bagi mahasiswa yang mengambil jurusan komputer diantaranya adalah sebagai berikut :

11 Keuntungan Mengambil Jurusan Ilmu Komputer Saat Kuliah

1. Lowongan Pekerjaan Yang Luas 
Mahasiswa jurusan ilmu komputer tentu mempunyai lapangan pekerjaan yang luas. Bagaiamana tidak, perusahan-perusahan besar ataupun kecil, saat ini hampir semua menggunakan teknologi informasi yang membantu menjalankan kegiatan perusahan, apalagi dalam kegitan bisnis tentu membutuhkan sebuah karyawan yang mumpuni dalam menguasai teknologi. Maka kemahiran dalam mengolah data dalam komputer sangat diperlukan, disinilah kita melihat bagaimana mahasiswa jurusan komputer mempunyai kesempatan yang gemilang dalam mencari lowongan pekerjaan.

2. Memudahkan Dalam Mengolah Data 
Memilih jurusan komputer merupakan hal yang tepat, banyaknya pekerjaan atau kesibukan tentu menuntut kita untuk selesai tepat waktu terlebih dalam pengelohan data. Dalam pengolahan data memiliki kerumitan tersendiri jika dikerjakan secara manual. Nah penguasaan dalam bidang komputer tentu akan memudahkan dalam mengolah data terlebih karena banyaknya program- program dalam komputer yang bisa digunakan dalam mengolah data.

3. Peka Akan Perkembangan Teknologi 
Perkembangan zaman diera moderen yang tidak luput dari pengaruh teknologi sehingga memaksa kita untuk terus belajar dan menyesuaikan hidup dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Tidak bisa dipungkuri revolusi industri 4,0 yang dimana penggunaan teknologi menjadi indikator dalam kehidupan sehari-sehari terlebih dalam hal pekerjaan dan Salah satu keuntungan memilih jurusan komputer adalah menuntut mahasiswanya untuk peka terhadap perkembangan teknologi. Kegiatan sehari-hari tidak terlepas dari pengaruh teknologi sehingga menuntut mahasiswa jurusan komputer agar lebih terbuka dan menyadari bagaimana pentingnya perkambangan teknologi yang membantu mendukung kesuksesan dalam menjalani kuliah serta untuk menunjang keberhasilan dimasa depan.

4. Dapat Memperbaiki Perangkat Yang Rusak 
Menggunakan perangkat teknolgi sudah pasti akan mengalami kerusakan apalagi dalam perangkat komputer. Nah bagi mahasiswa jurusan komputer tentu bukanlah hal yang sulit dalam meperbaiki perangakat komputer, kerena itu merupakan kelebihan bagi jurusan komputer selain mahir dalam mengolah data juga dapat memperbiki perangkat komputer, baik perangkat lunak maupun perangkat keras apabila terjadi kerusakan.

5. Lebih Memahami Proses Infomasi Yang Terjadi Di Komputer 
Bagi yang memilih jurusan komputer memiliki kelebihan tersendiri untuk memahami proses dalam komputer dibanding dengan jurusan yang lain. Proses yang dimaksud dalam komputer adalah proses infomarmasi. Proses infomasi bisa dibilang sangat rumit ketika melakukan sebuah proses dalam informasinya. Nah maka dari itu, mahasiswa jurusan komputer yang menekuni atau menggeluti dalam bidang ini akan lebih paham mengenai sistem infomasi dalam komputer.

6. Menjadi Konsultan Ilmu Teknologi (IT) 
Bagi mahasiswa lulusan jurusan komputer terdapat mungkin bisa menjadi konsultan IT. Bagaiamana tidak, mereka dapat mengetahui informasi yang ada dalam komputer dan bahkan lulusan jurusan komputer dapat menciptakan- meciptakan sejumlah informasi tetntang pemasangan dalam sebuah sistem sehingga dapat berjalan dengan baik dan juga dapat mengembangkan perangkat-perangkat sebelumnya sehingga bisa lebih sempurna.

7. Dapat Mengembangkan Sebuah Sistem 
Mengembangkan sebuah sistem merupakan pekerjaan yang sulit tapi tidak bagi mahasiswa jurusan komputer. Karena didalam proses perkuliahan diajarkan cara bagaimana dalam mengembangkan sebuah sistem karena itu merupakan modal kreatifitas yang dimilki oleh mahasiswa jurusan komputer. Dalam mengembangkan sistem baik itu sistem perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) yang nantinya akan difungsikan dengan baik.

8. Membuat Hardware Dan Mengembangkannya 
Hardware atau biasa disebut perangkat keras dalam komputer yang merupakan komponen utama dalam sistem komputer. Hardware secara umum adalah perangkat keras pada komputer, merupakan suatu komponen dari sebuah komputer yang berbentuk nyata, bisa dilihat, diraba oleh manusia. Dalam membuat atau mengembangkan hardware merupakan pekerjaan yang tidak mudah dilakukan, namun bagi mahasiswa jurusan komputer merupakan keunggulan yang dibanggakan karena dapat membuat dan mengembangkan hardware. Sehingga apabila terjadi kerusakan dapat dengan mudah memperbaikinya.

9. Menciptakan Dan Mengembangkan Software 
Perangkat lunak atau software adalah istilah khusus untuk data yang diformat, atau disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Salah satu keuntungan mengambil jurusan komputer adalah bisa menciptakan dan mengambangkan software yang merupakan perangkat lunak dalam sistem komputer. Membuat dan mengembangkan software akan memilki nilai jual tersendiri yang bisa menghasilkan nilai ekonomi bagi yang menciptakan atau mengembangkannya.

10. Bisa Menciptakan Lapangan Pekerjaan Sendiri 
Diera yang serba moderen tentu membutuhkan sebuah kreatifitas dalam bidang teknologi. Besarnya market atau pasar kerja untuk jurusan komputer tentu membuka peluang usaha untuk dijalankan sendiri. Pengetahuan dalam pengaplikasian komputer dan perangkat lunak (software) di dunia pasar sangat dibutuhkan.

11. Lulusan Jurusan Komputer Banyak Dicari Perusahan Luar Negeri 
Jurusan komputer merupakan salah satu jurusan yang memilki peluang kerja sampai ke mencanegara. Kita tahu bersama dimanca negara terutama Negara- negara maju penerapan penggunaan teknologi dalam perusahaan menjadi faktor penunjang dalam kemajuan perusahaan. Lulusan sarjana komputer sangat berpeluang untuk mendapatakan pekerjaan dimancanegara karena sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Demikanlah artikel tentang 11 Keuntungan Mengambil Jurusan Ilmu Komputer Bagi Saat Kuliah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan juga dapat menambah wawasan kita semuah. Sekian dan terima kasih

0 Response to "11 Keuntungan Mengambil Jurusan Ilmu Komputer Bagi Saat Kuliah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close