6 Kelebihan Mengambil Jurusan Arsitektur Saat Kuliah

Kelebihan Mengambil Jurusan Arsitektur Saat Kuliah_ Masih bingung ambil jurusan apa saat kuliah nanti? Pastinya dalam menentukan atau memilih jurusan kuliah harus mempertimbangkan dari berbagai aspek, misalnya saja dari segi prospek kerja dari jurusan yang dipilih, menjadi jurusan yang lulusannya banyak dibutuhkan beberapa tahun ke depan atau masih dibutuhkan dan pastinya usahakan memilih jurusan yang sesuai dengan bakat minat anda, atau dalam bahasa kerennya adalah sesuai dengan fashion anda.

source: https://www.pexels.com/search/college/

Salah satu jurusan kuliah, yang bisa menjadi bahan pertimbangan bagi anda saat memilih jurusan kuliah adalah jurusan Arsitektur. Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan kata arsitektur atau justru mungkin lebih familiar dengan kata "Arsitek". 

Namun apakah mitos atau fakta bahwasanya jika kalian mengambil Jurusan Arsitektur artinya kalian hanya bisa menjadi seorang arsitek saat lulus kuliah. Nyatanya ada banyak lowongan pekerjaan yang tidak terlalu mempermasalahkan background pendidikan anda, yang penting anda dianggap mampu, maka kalian akan diterima untuk bekerja.

Untuk lebih jelasnya, mari kita cari tahu beberapa kelebihan mengambil jurusan arsitektur saat kuliah. Namun penulis ingin mendisclaimer, bahwasanya penulisan artikel ini sebagian berdasarkan pemahaman dan wawasan dari penulis dan pastinya juga berdasarkan refresnsi yang pernah dibaca, jika ada kekeliruan silahkan anda koment dan memberikan saran di kolom komentar.

6 Kelebihan Mengambil Jurusan Arsitektur Saat Kuliah

1. Bisa Menjadi Arsitek
Apakah kalian suka menggambar atau mendesain sesuatu? jika iyya! maka mungkin jurusan arsitektur bisa menjadi pilihan kalian saat kuliah nanti, karena dengan mengambil jurusan kalian arsitektur kalian bisa mengasah bakat mengambar yang kalian miliki.

Mengambil jurusan arsitek artinya kalian akan belajar berbagai hal yang berkaitan dengan profesi seorang artsitek, yang nantinya jika kalian kuliah dengan tekun dan sungguh-sungguh, bisa jadi nanti kalian akan jadi seorang arsitek yang profesional.

2. Melatih kemampuan berimajinasi dan inovasi.
Jurusan arsitek akan mengarahkan anda bagaiman menjadi arsitek yang hebat, misalnya memiliki kemampuan dalam berinovasi untuk menghasilkan karya-karya yang fantastis, sehingga dalam proses berinovasi anda akan dituntut mampu memiliki kemampuan berimajinasi, sehingga mampu mengubah sesuatu yang abstrak menjadi konkret.

3. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Jika bebicara tentang jurusan arsitektur maka sangat lekat dengan output lulusan yang mampu memecahkan masalah, baik dari segi tata ruang dan bagunan serta estetika dari hasil karya yang dibuat. Maka dari itu dalam menghasilkan karya yang bisa bersinergi dengan lingkungan dan alam serta memecahkan masalah yang ada maka butuh kemampuan berpikir kritis yang sistematis.

4. Peluang Gaji
Ada banyak aktivitas pembangunan gedung-gedung yang memanfaatkan jasa seorang arsitek dalam membuat desain yang sesuai dengan keinginan ownernya. Dan terkadang bayaran yang diberikan sangat mahal dan bisa sampai puluhan juta, ratusan juta bahkan milyaran, semua tergantung dari besarnya proyek yang diberikan serta kerumitan desain yang akan dibuat.

Selain dalam pembuatan gedung, jasa arsitek juga kadang dibutuhkan dalam mendesain, rumah yang notabene juga menawarkan bayaran yang cukup besar bagi arsitek yang bersangkutan.

5. Pekerjaan yang tidak terlalu terikat
Kelebihan lain jika kalian mengambil jurusan arsitek adalah karena profesi arsitek merupakan pekerjaan yang tidak terlalu terikat. Tidak sama halnya dengan seorang pegawai negeri dimana harus bekerja dari hari senin sampai jumat, dengan rentang waktu jam 8 sampai jam 4 sore. atau dengan profesi karyawan yang harus kerja dari senin sampai sabtu.

Berdasarkan wawasan penulis, arsitek bekerja berdasarkan sistem kontrak, mislanya ada job untuk membuat desain sebuah rumah, maka setelah desain rumah tersebut selesai maka kontrak berakhir dan dia bisa mencari job lainnya, atau bisa memilih untuk rehat, artinya pekerjaan sebagai arsitek cukup fleksibel.

6. Peluang Kerja yang banyak
Saat ini banyak proyek, baik pembuatan gedung, rumah, tempat ibadah yang menggunakan jasa seorang arsitek, yang artinya prospek kerja dari profesi seorang arsitek cukup menjanjikan, bahkan jika karya-karya anda bagus dan berkualitas, maka bukan hanya dalam skala lokal jasa anda akan digunakan, bahkan anda akan bisa menjadi arsitek dalam tingkat nasional bahkan global.

Demikianlah artikel tentang "Kelebihan Mengambil Jurusan Arsitektur Saat Kuliah", semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat untuk anda semua.

0 Response to "6 Kelebihan Mengambil Jurusan Arsitektur Saat Kuliah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close