6 Tips Menyelesaikan Tugas Kuliah yang Numpuk

6 Tips Menyelesaikan Tugas Kuliah yang Numpuk_ Dalam pandangan sebagian orang menempuh pendidikan dibangku kuliah ada hal yang bergengsi menyenangkan atau kelihatan keren. Namun perlu anda ketahui bahwasanya kuliah tak semenyenangkan seperti apa yang kita lihat melaui sinetron di TV yang bertemakan tentang anak kuliahan.



Perlu anda ketahui bahwa kuliah tak semudah yang anda bayangkan ada sederet tantangan dan rintangan yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa. Salah satu hal yang sangat erat dengan kegiatan perkuliahan seorang mahasiswa adalah begitu banyaknya tugas-tugas kuliah yang mesti diselesaikan tepat waktu.

Dalam setiap semester biasanya terdapat 7 sampai 12 mata kuliah yang biasanya dosen pengampuh mata kuliah akan memberikan tugas-tugas perkuliahan tiap minggunya dan tingkat kessulitan tugas kuliah tersebut sangat bervariatif sehingga kadangkala tugas kuliah yang mesti diselesaikan mahasiswa menjadi menumpuk dan membuat bingung mana yang harus dikerjakna terlbih dahulu.

Banyaknya tugas yang harus dikerjakan mahasiswa saat kuliah kadangkala membuat mahasiswa yang bersangkutan merasa stres dan depresi. Hal yang demikian tentunya tidak boleh terjadi maka dari itu dibutuhkan strategi atau tips yang tepat untuk mengerjakan tugas kuliah yang menumpuk tersebut. Lantas bagaimana cara menyelesaikan tugas kuliah yang numpuk? Berikut tipsnya yang sengja kami rangkum untuk anda.

6 Tips Menyelesaikan Tugas Kuliah yang Numpuk

1. Mengerjakan Terlebih Dahulu Tugas yang Deadline
Tips pertama yang harus anda coba untuk menyelesaikan tugas kuliah yang sudaah menumpuk adalah memilih dan memilah mana tugas kuliah yang sudah deadline dan mana tugas yang masih lama untuk dikumpul. Setelah anda mengetahui mana tugas kuliah yang mepet untuk segera dikumpul maka sebaiknya anda memprioritaskannya untuk mengerjakannya terlebih dahulu.

Tugas kuliah yang deadline biasanya  bisa membuat mahasiswa tergesa-gesa dalam mengerjakannya, kurang konsentrasi, dan tidak maksimal dalam menegrjakan tugas tersebut, alhasil banyak kesalahan-kesalahan yang terdapat pada tugas tersebut dan hasil penilaian dosen pun tidak memuaskan.

Maka dari itu walaupun tugas anda sudah daedline sebaiknya anda tetap tenang dan fokus serta berkonsentrasi penuh  dalam mengerjakan tugas tersebut agar hasil yang anda peroleh tidak mengecewakan dan nilai anda memuaskan meskipu rentang waktu penyelesaian tugas tersebut sudah sangat mepet.

2. Mengerjakan Bagian yang Termudah Terlebih Dahulu
Tips selanjutnya yang bisa anda coba untuk menyelesaikan tugas kuliah yang numpuk adalah mengerjakan bagian yang termudah terlebih dahulu. Kenapa harus mengerjakan tugas bagian yang termudah terlebih dahulu? Karena dalam proses berfikir manusia memiliki ritme maksudnya adalah, otak membutuhkan waktu untuk menyelesaikan hal-hal yang rumit jadi proses berfikir otak mulsi dsri level mudah terlebih dahulu menuju ke tingkat yang lebih sukar.

Maka dai itu supaya otak anda tidak blank (kosong) karena langsung mengerjakan bagian yang tersulit dari anda sebaiknya anda mulai mengerjakan tugas anda dari bagian yang paling mudah atau  sederhana kemudian ke bagian yang susah dan seterusnya.

Dengan begitu otak anda akan merasa rileks dan tetap stabil dalam mengerjakan tugas kuliah walaupun yang anda kerjakan adalah bagian yang termudah dari tugas anda namun anda tidak boleh menganggap enteng atau menganggap remeh karena kadangkala sebagian orang mengalami kesalahan karena terlalu menganggap enteng tugasnya. Sebaiknya anda tetap fokus, berkonsentrasi dan teliti meskipun yang anda kerjakan adalah bagian yang mudah.

3. Berkolaborasi dengan Teman untuk Menyelesaikan Tugas
Tips ketiga yang bisa anda coba untuk menyelesaikan tugas kuliah yang numpuk adalah berkolaborasi (kerja sama) dengan teman kelas. Seperti kata peribahasa "Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing", maka hal tersebut juga berlaku dalam mengerjakan tugas kuliah anda yang menumpuk.

Bagaimana cara mengerjakan tugsa kuliah bersama teman? Mudah saja! Anda tinggal membagi bagian-bagian yang dikerjakan dengan teman yang lain dengan begitu tugas yang berat dan menumpuk bisa diselesaikan dengan tepat waktu. Bagian-bagian tugsa yang kalian kerjakan bersama-sama kemudian kalian satukan sehingga menjadi tugas yang utuh yang akhirnya tugas anda bisa selesai.

Mengerjakan tugas secara bersama-sama bisa menghadirkan banyak pemikiran dari teman-teman anda sehingga tugas yang sulit bisa dicarikan solusi secara bersama-sama melalui kegiatan berdiskusi atau tukar pendapat, ibaratkan "Sambil menyelam minum air", dengan bekerja sama satu atau lebih pekerjaan bisa diselesaikan secara bersama-sama sehingga bisa meminimalisir waktu sehingga lebih efektif dan efisien. Oleh sebab itu kerja sama atau kolaborasi sangat penting bagi anda untuk dilakukan agar tugas anda bisa diselesaikan dengan mudah dan tepat waktu.

4. Memanajemen (mengatur atau membagi) Waktu
Dalam mengerjakan tugas yang menumpuk dan mendesak untuk diselesaikan sebaiknya anda pintar-pintar dalam memanajemen dan mengatur waktu dalam mengerjakan tugas agar anda tidak pusing dan stres. Kenapa manajemen waktu atau mengatur waktu dalam mengerjakan tugas atau menyelesaikan tugas itu sangat penting? Karena dalam aktivitas sehari-hari ada banyak kegiatan yang mesti dilakukan bukan hanya mengerjakan tugas saja.

Jadi agar kegiatan mengerjakan tugas dan kegiatan lainnya tidak saling bertabrakan maka anda perlu memporsir waktu tentang berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas serta kapan anda mengerjakan tugas, sehingga aktivitas-aktivitas anda semua bisa tuntas dan bisa terselesaikan dan tidak ada yang dipending.

Waktu yang anda pilih dalam mengerjakan tugas sebaiknya diwaktu-waktu yang biasanya pikiran anda masih rileks dan segar agar konsentrasi anda bisa tetap terjaga sehingga hasil tugas yang anda kerjakan bisa maksimal. Waktu yang cocok biasanya untuk mengerjakan tugas adalah pada saat waktu subuh dan larut malam.

5. Tidak Menunda-Nunda Mengerjakan Tugas Kuliah
Hal yang terkadang membuat tugas kuliah menumpuk adalah mahasiswa yang bersangkutan selalu menunda-nunda dalam mengerjakan tugas kuliah, alhasil tugas kuliah yang satu belum selesai ada lagi tugas lain yang diberikan dosen untuk dikerjakan sehingga membuat tugas kuliah menjadi menumpuk.

Oleh sebab itu sebaiknya anda merubah mainset pikiran anda dari "kapan terakhir bisa dikumpul menjadi kapan bisa mulai dikumpul". Tugas yang diberikan dosen sebaiknya segera dikerjakan agar tugas-tugas kuliah tidak menumpuk dan membuat anda stres. Mengerjakan tugas kuliah segera mungkin juga akan melatih anda menajdi pribadi yang pandai membagi waktu disiplin dan bertanggung jawab.

6. Tidak Mengerjakan Semua Tugas Sekaligus
Terakhir tips dalam mnegerjakan tugas kuliah yang menumpuk adalah sebaiknya anda tidak berusaha menyelesaikan tugas kuliah sekaligus walaupun waktu untuk penyelesaiannya sudah mepet, karena terlalu lama berpikir keras bisa membuat otak menjadi tegang dan stress.

Jadi sebaiknya anda mengerjakan tugas kuliah anda satu persatu, maksudnya adalah jika tugas kuliah anda menumpuk maka anda kerjakan satu tugas yang Deadline terlebih dahulu kemudian istirahat atau refreshing terlebih dahulu kemudian melanjutkan lagi untuk mengerjakan tugas kuliah lainnya.

Demikianlah 6 Tips Menyelesaikan Tugas Kuliah yang Numpuk, artikel ini adalah hasil dari pemikiran penulis jika ada kesalahan dan kekeliruan silahkan berkomentar di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "6 Tips Menyelesaikan Tugas Kuliah yang Numpuk"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel