9+ Kelebihan dan Kekurangan Berorganisasi dan Tidak Berorganisasi Saat Kuliah

Kelebihan dan Kekurangan  Berorganisasi dan Tidak Berorganisasi Saat Kuliah_ Organisasi merupakan himpunan, wadan atau tempat dimana orang-orang terikat dalam suatu aturan yang sudah didetetapkan dengan tujuan yang sama secara tersistematis, rasional, dan terkendali. Adapun tujuan secara umum organisasi adalah sebagai wadah baik bagi individu maupun kelompok, meningkatkan kemampuan, sumber daya alam dan kemandirian yang dimiliki. Organisasi juga memiliki ciri-ciri yaitu sebagai berikut :


1. Terdiri dari sekelompok orang
Sebuah organisasi atau himpunan tentu tidak perindividu tetapi perkelompok agar bisa terwujudnya tujuan bersama.

2. Memiliki Tujuan bersama
Dengan memiliki tujuan yang sama maka setiap hal yang dilakukan untuk organisasi tersebut maka akan lebih ringan dan mudah dikerjakan.

3. Pembagian tugas dan tanggung jawab
Karena pada dasarnya sebuah himpunan atau organisasi terbentuk dengan adanya beberapa orang, maka hal ini dapat menjadikan anggotanya untuk membagi tugas sesuai dengan jabatan atau peran yang dimilikinya dalam organisasi.

Selain ciri-ciri, organisasi juga memiliki beberapa unsur-unsur agar dapat berjalan dengan baik, adapun beberapa unsurnya yaitu Personil, Kerjasama, Peralatan, Sumber daya alam, Lingkungan dan Tujuan bersama. Tidak hanya itu organisasi memiliki bentuk-bentuk seperti organisasi sosial, organisasi olahraga, organisasi politik, oraganisasi agama, organisasi mahasiswa dan organisasi pemuda.

Namun berbicara tentang organisasi, tentu dalam pemikiran kebanyakan adalah bahwa organisasi bisa menghambat perkuliahan bagi mahasiswa dan memperikan efek yang berdampak pada tingkah laku bagi orang-orang berhimpun, pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa hal yang menjadi kelebihan masuk organisasi dan keberuntungan yang tidak masuk organisasi, berikut penjelasannya;

Kelebihan dan Kekurangan  Berorganisasi dan Tidak Berorganisasi Saat Kuliah

9 Kelebihan  Berorganisasi Saat Kuliah

1. Melatih jiwa kepemimpinan
Sesuai dengan firman Tuhan dalam Alquran bahwa setiap manusia diciptakan untuk menjadi seorang khalifah atau pemimpin dimuka bumi, namun berbicara tentang seorang pemimpin disini adalah bukan semata- mata untuk memimpin orang lain tetapi yang paling penting adalah memimpin diri sendiri yang dimana tidak melakukan hal-hal yang tidak baik dan memimpin diri untuk terus berbuat yang baik-baik.

Melalui organisasi teman-teman mahasiswa akan menjadikan sebagai wadah yang bukan hanya memperluas wawasan tetapi juga bagaimana untuk melatih jiwa kepemimpinan dalam diri. Menjadi seorang mahasiswa tentunya melatih jiwa kepempimpinan sangatlah penting, karena dari kepempimpinan ini mahasiswa akan bersikap jujur dan proaktif dalam segala hal nantinya

2. Mengembangkan kemampuan public speaking
Dengan kemampuan public speaking baik tentu akan meningkatkan rasa percaya diri, yang ketika kemampuan ini bisa berkembang tentu teman- teman tidak perlu sungkan -sungkan lagi untuk berbicara dimuka umum, kemampuan ini juga bisa membuat oralng menjadi senang dengan kita karena orang yang bisa atau memiliki public speaking yang bagus tentu cara berbicaranya akan berbeda dengan yang lain sehingga perbedaan inilah yang membuat orang lain tertarik.

Kemampuan public speaking tidak hanya menignkatkan retorika seseorang tetapi juga kualitasnya dan mampu berpikir kritis sehingga mampu menigkatkan kemampuan dalam memimpin,. Terlebih lagi, diera milenial ini kemampuan public speaking sangat dibutuhkan terlebih dalam dunia kerja.

3. Kerjasama team
Dengan adanya kerjasama team maka sebuah himpunan atau organisasi dalam mengerjakan atau menyelesaikan beberapa persoalan tentu akan sangat mudah, karena dengann adanya kerjasama team atau kolaborasi ini bisa mendapatkan ide-ide baru, pengalaman belajar baru, kemudahan dalam berkomunikasi, dan tentunya dapat meringankan beban kerja.

4. Kritis
Hari ini jiwa-jiwa kritis yang ada dalam diri mahasiswa patut kita ucapkan innalillahi, sehingga dari banyak hal yang dapat dipelajari ketika berhimpun tentu akan membuat mahasiswa atau kader menjadi lebih kritis dan sikap kritis inilah yang sangat dibutuhkan, tidak hanya itu selain sikap kritis mahasiswa juga harus memberikan solusi terhadap apa yang sedang dikritik dan yang menjadi problem.

5. Menambah pengetahuan dan wawasan
Dalam sebuah organisasi tentu dengan adanya kegiatan-kegiatan internal dapat menambah pengetahuan dan tentunya akan memperluas wawasan, baik dalam pengetahuan umum maupun khusus.

Jika dibandingan dengan ilmu pengetahuan yang didapatkan dikampus maka hanya 20% saja, sisanya mahasiswa bisa dapatkan diluar lingkungan kampus dan itu adalah organisasi, sangat penting bagi mahasiswa untuk berhimpun. Hari ini organisasi-organisasi eksternal kampus sudah sangat banyak. Misalnya HMI, PMII, LMND, KAHMI, dan masih banyak lagi yang bisa mewadahi teman-teman mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuan dalam diri sehingga terciptalah insan akademis yang berkulitas.

6. Manajemen waktu
Ketika berproses atau bernaung dalam suatu organisasi, maka teman- teman akan diajarkan bagaimana cara mengatur waktu ynag baik sebagai mahasiswa yang dimana memiliki banyak kesibukan, dan sebagai mahasiswa hal ini memang sangat penting dimana sesuai dengan peran dan fungsinya yaitu sebagai agent of change atau pembawa parubahan.

Berbicara tentang perubahan memang secara umum, namun jika dikhusukan misalnya seorang mahasiswa melakukan perubahan dalam dirinya, yang sebelumnya dia tidak disiplin dan pandai mengatur waktu namun kektika berada dalam suatu organisasi maka akan diajarkan bagaimana cara-cara mengatur waktu, terlebih lagi mahasiswa yang memiliki banyak kesibukan.

7. Kemampuan bersosialisasi
Akibat dari seringnya mengikuti kegiatan tentunya akan meningkatkan kemampuan besosialisasi, baik sesame kader aatau anggota maupun orang lain. Sikap sosial ini sangat penting bagi mahasiwa karena sesuai pada salah satu poin tri darma perguruan tinggi yaitu mengabdi pada masyarakat, jadi bagaimana mahasiswa bisa mengabdi nantinya jika menjadi apatis dan anti sosial, untuk itu dalam suatu himpunan melatih setiap kader agar bisa menjadi mahasiswa yang berjiwa sosialis.

8. Meningkatkan bakat
Dalam organisasi juga memberikan wadah untuk meningkatkan bakat yang dimiliki oleh setiap anggota sehingga tidak begitu mati dan keratifitas para kader terus berkembang dan demi kemajuan organisasi tersebut.

9. Memperbanyak teman
Hari ini sekian persen untuk keberhasilan dalam dunia kerja adalah link atau jaringan, jaringan yang dimaksud disini adalah teman. Keuntungan lain yang akan teman-teman bisa dapatkan ketika berorganisasi adalah teman baru, dengan banyaknya teman tentu akan memperluas jaringan temna-teman, bisa saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman.

Kekurangan  Tidak Berorganisasi Saat Kuliah

1. Lebih banyak waktu
Seseorang yang sangat aktif dalam sebuah oarganisasi akan menghabiskan separuh waktunya untuk himpunan, dan sisanya untuk aktivitas pribadi lainnya, baik kumpul bersama keluarga maupun teman. Namun berbeda hal dengan yang tidak berorganisasi tentu akan memiliki waktu yang cukup, terlebih ia hanya kulai tetapi tidak kerja.

2. Bisa fokus belajar
Mahasiswa yang tidak ikut organisasi pastinya tidak akan disibukkan dengan kegiatan organisasi yang terbilang cukup menyita waktu, dengan memiliki waktu yang cukup mahasiswa yang bersangkutan bisa fokus untuk mempelajari materi-materi perkuliahan dengan fokus tingkat tinggi.

3. Bisa Menyelesaikan Kuliah Tepat Waktu
Tahukah anda bahwa beberapa mahasiswa yang ikut berorganisasi tidak bisa menyelesaikan kuliah dalam waktu normal, waktu normal maksudnya adalah waktu yang lazim seorang mahasiswa dalam menyelesaikan kuliahnya. Dengan tidak ikut organisasi potensi kalian untuk selesai tepat waktu lebih besar.

4. Bisa Kerja sambil kuliah
Yup pastinya saat kuliah membutuhkan banyak biaya bukan, dengan tidak ada aktivitas selain kuliah bisa anda manfaatkan dengan mencari pekerjaan sampingan alias kuliah sambil kerja. Dengan kuliah sambil kerja kalian bisa mendapatkan biaya tambahan, serta bisa membantu meringakan beban orangtua dalam membiayai kuliah.

5. Travelling Guide
Tahukah anda bahwa saat ini ada banyak mahasiswa yang kuliah sambil menjadi tour guide atau pemandu wisata, dengan tidak ikut organisasi kalian bisa belajar menjadi tourist guide dengan begitu kalian bisa dapatkan pundi-pundi uang.

Itulah beberapa kelebihan berorganisasi dan tidak berorganisasi, meskipun hari ini banyak orang yang mengatakan bahwa organisasi hanya menghambat perkuliahan tetapi nyata tidak seperti itu, coba lihat hal-hal apa saja yang dapat atau bisa memberikan manfaat bagi yang berhimpun, masalah yang menghambat perkuliahan itu tergantung dari masing-masing individua tau kelompoknya, organisasi tidak pernah mengajarkan kepada setiap kader untuk melupakan akademiknya dan sangat penting bagi mahasiswa untuk berproses dengan baik.

0 Response to "9+ Kelebihan dan Kekurangan Berorganisasi dan Tidak Berorganisasi Saat Kuliah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel