Friday, 15 June 2018

9 Manfaat, Fungsi dan pentingnya Laptop Bagi Mahasiswa

9 Manfaat, Fungsi dan pentingnya Laptop Bagi Mahasiswa_ Laptop adalah salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat kuliah, maklum saja karena saat kuliah akan banyak tugas yang harus diselesaikan dengan menggunakan laptop, bukan hanya tugas kuliah termasuk pula penyusunan tugas akhir kuliah atau biasa disebut dengan skripsi sangat membutuhkan peranan laptop guna memudahkan proses penyusunan skripsi.


Akan tetapi perlu kita pahami bersama bahwasanya tidak semua mahasiswa mampu membeli laptop, sehingga mahasiswa yang bijak adalah mahasiwa yang mampu mengkategorikan hal yang mesti diprioritaskan untuk dimiliki.

Baca juga: 9 Cara sukses kuliah sambil  kerja

Berdasarkan tingkat efektivitas, efesiensi dan urgenitas maka memiliki laptop saat kuliah adalah halyang mesti diprioritasakan, karena keberadaan laptop saat kuliah akan menunjang mahasiswa yang bersangkutan dalam menyelesaikan kegiatan akademiknya.

Jika anda masih ragu antara beli atau tidak laptop, berikut akan saya paparkan fungsi, peranan laptop saat kuliah.

9 Manfaat, Fungsi dan pentingnya Laptop Bagi Mahasiswa

1. Laptop digunakan untuk mengerjakan tugas kuliah
Seperti yang telah dibahas di atas bahwasanya, pola pembelajaran saat kuliah dengan waktu SMA agak berbeda. Pada saat kuliah mahasiswa ditekankan untuk aktif dalam mencari dan membangun pengetahuannya, selain itu porsi tugas saat kuliah cukup banyak.

Dan kebanyakan tugas harus dibuat dalam bentuk makalah, laporan observasi, resume, rangkuman (setiap dosen memiliki standar tersendiri terkait tugas yang diberikan) dan tugas tersebut biasanya dikerjakan melalui laptop.

Sehingga laptop sangat penting dimiliki oleh seorang mahasiswa agar tugas-tugas yang diberikan oleh dosen bisa segera dikerjakan. Kebayang bukan jika anda tidak punya laptop, kemungkinan anda harus ke warnet atau meminjam laptop teman anda.

2. Laptop digunakan untuk  menpresentasikan tugas
Dalam kegiatan perkuliahan sering kita jumpai kegiatan diskusi, mahasiswa yang jadi pemateri akan Menpresentasikan hasil kerjanya dengan menggunakan laptop yang disambungkan dengan proyektor.
Jika anda memiliki laptop anda tidak perlu lagi kebingungan saat akan presentasi, anda tidak perlu lagi meminjam sana sini. Dengan laptop pribadi anda maka anda bebas menggunakannya untuk keperluan kuliah anda.

3. Laptop digunakan untuk menyimpan data (Softfile) tugas 
Selanjutnya fungsi laptop adalah digunakan untuk menyimpan tugas-tugas kuliah, karena sudah pasti selama kuliah akan banyak tugas-tugas yang akan anda dapatkan. Dan jika tidak memiliki laptop anda tidak bisa menyimpan dengan baik tugas anda.

Dengan memiliki laptop anda bisa menyimpan tugas anda pada laptop, tugas-tugas anda sangat penting karena kemungkinan akan kembali mesti anda pelajari guna menghadapi MID semester dan UAS(ujian akhir semester)

Dan saya sarankan kumpul semua tugas anda dengan baik mulai dari semester awal sampai semester akhir, bukan hanya tugas anda, usahakan minta tugas teman anda untuk anda copy dan save dalam laptop anda.

Gabungkan tugas anda dan tugas teman anda dalam satu folder khusus yang berjudul tugas maka kuliah “bla blab bla” sehingga anda memiliki referensi yang lengkap seputar materi mata kuliah yang pernah anda pelajari.

4. Laptop digunakan untuk mengirim tugas kuliah
Sebagian dosen kadang meminta agar tugas kuliah yang dia berikan dikirm melalui email, jadi untuk mengirim tugas lewat email maka dibutuhkan laptop untuk mengakses email anda. Bisa saja  tugas kuliah dikirim melalui warnet tapi pasti akan butuh biaya, biayanya memang tak seberapa tapi bayangkan jika anda diminta untuk mengirim tugas via email berkali-kali, pasti kalkulasi dananya juga akan banyak.

5. Laptop digunakan sebagai media pembelajaran
Tidak ada ruginya anda beli laptop, selain digunakan untuk berbagai hal. Anda juga akan belajar banyak hal dari laptop anda, mulai dari cara mengoperasikannya, serta berbagai pengetahuan yang akan anda dapatkan saat memakai laptop anda.

Selain itu biasanya saat kuliah ada mata kuliah TIK (teknologi informasi dan komunikasi) yang erat dengan penggunaan laptop, sehingga dengan memiliki laptop anda bisa dengan mudah menguasai materi kuliah yang diajarkan (catatan: Jika ingin mengusai materi kuliah berarti harus fokus dan memerhatikan materinya).

6. Laptop menjadi hiburan saat boring/bosan
Saat tugas kuliah lagi menumpuk, kadang bisa membuat mahasiswa menjadi jenuh, bosan. Dengan memiliki laptop anda bisa memutar video yang bisa menghibur anda melalui laptop. Bisa juga nonton film sambil merefresh otak sebelum melanjutkan mengerjakan tugas kuliah.

Anda juga bisa membawa laptop anda ke Café sambil cari materi tugas kuliah, ibaratkan sambil menyelam minum air. Sambil refreshing sekaligus kerja tugas.

7. Bisa dijadikan media mencari uang
Tahukah anda bahwa mencari uang tidak selamanya harus menggunakan kemampuan fisik, tapi mencari uang bisa dengan menggunakan kemampuan softskill, dengan laptop yang anda miliki anda bisa mencari uang untuk tambah-tambah biaya kuliah anda.
Bagaimana cara mencari uang menggunakan laptop?

A. Menjadi penulis artikel
Anda bisa menulis artikel dengan menggunakan laptop anda kemudian artikel tersebut anda jual ke website-website, sebut saja situs Babe.com, jalantikus.com dll. Kedua situs tersebut membeli artikel dengan harga 50 ribu/buah itupun jika artikel anda lolos seleksi.

Tapi lumayan bukan, bayangkan jika tiap hari anda mampu menulis artikel dan berhasil lolos selaksi, maka dalam setahun anda akan mendapatkan uang 1,5 juta, jumlah yang cukup untuk meringankan biaya kuliah anda.

B. Menjadi blogger
Selanjutnya cara mendapatkan uang dengan menggunakan laptop yakni dengan menjadi blogger, berdasarkan informasi yang saya dengar bahwa beberapa blogger mampu mendapatkan 10 sampa 100 juta per-bulan.

Bagaimana cara menjadi blogger? Mudah saja anda tinggal buat website di blogger.com, kemudian isi website tersebut dengan artikel yang berkualitas, jika anda sudah punya akun adsense dan pengunjung blog anda sudah tinggi maka anda bisa mendapatkan uang yang banyak memalui website anda.

C. Menjadi Desain grafis
Jika anda memiliki keahlian fotoshop (jika belum ahli fotoshop saya sarankan anda belajar fotoshop) maka anda bisa menggunakan keahlian anda untuk mendapatkan uang dengan cara mejadi desain grafis.

D. Membuka jasa pengetikan
Daripada laptop anda menganggur saja, bisa anda gunakan untuk membuka jasa pengetikan, minimal anda menawarkan kepada teman kuliah anda untuk mengetikan tugas kuliahnya (catatan: mengetikan bukan mengerjakan) yah tentunya dengan memasang tariff, usahakan tarifnya bersahabat agar anda memiliki banyak pelanggan.

8. Laptop bisa digunakan untuk mengikuti lomba
Dengan laptop yang anda miliki, bisa anda gunakan untuk searching di google seputar infomrasi perlombaan , misalnya lomba tulis narasi, lomba menulis jurnal dll. Di kampus juga sering adakan lomba, jadi anda tinggal memanfaatkan peluang tersebut guna mendapatkan pundi-pundi uang guna membiayai kuliah anda.

9. Laptop bisa digunakan untuk searching beasiswa
Jika laptop anda memiliki koneksi ke internet, sekali-kali bisa anda mencari info seputar beasiswa untuk mahasiswa yang on-going/sedang kuliah, jika anda bisa memenuhi syarat beasiswa apa salahnya anda mencoba untuk ikut seleksi penerimaan beasiswa.

Demikianlah 9 Manfaat, Fungsi dan pentingnya Laptop Bagi Mahasiswa, semoga bermanfaat untuk anda

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon