Saturday, 16 June 2018

12 Dampak Positif dan Negatif Film Kartun bagi Anak

Tags
12 Dampak positif dan negatif film kartun bagi anak-anak_ Film kartun adalah hal yang sering kita jumpai tayang di televise. Bukan hanya anak-anak yang menyukai film kartun akan tetapi beberapa orang dewasapun suka menonton film kartun. Beberapa chanel atau saluran televise biasa menjadikan tayangan film kartun sebagai hiburan bagi pemirsa setianya.


Namun yang perlu ketahui apakah film kartun memiliki dampak negatife bagi anak-anak, selain itu apa saja dampak positif film kartun bagi  anak? Jika dianalisa dari berbagai sudut pandang sejatinya film kartun selain memiliki dampak negative juga memiliki dampak postif.


Sehingga orangtua atau anda perlu bijak dalam menonton film kartun, pengaruh film kartun akan lebih berefek kepada anak-anak, kenapa bisa? Karena anak belum memiliki filter yang kuat dalam menyaring informasi dari tontonan/tayangan yang sering dia tonton termasuk ketika menonton film kartun.

Jika anda mengetahui dampak positif dan negative film kartun maka sebaiknya anda membaca artikel ini sampai selesai. Berikut ulasan seputar pengaruh baik dan buruk film kartun bagi anak-anak.

8 Dampak negatif film kartun bagi anak-anak

1. Membuat anak berimajinasi belebihan
Dampak negative film kartun yang pertama adalah membuat anak sulit membedakan kondisi dunia nyata dan dunia imajinasi/fiktif, anak-anak akan menganggap bahwa apa yang mereka tonton dalam tanyangan film kartun merupakan hal yang konkret dan ada dalam kehidupan yang nyata padahal hal tersebut tidak benar adanya.

Kondisi tersebut terkadang membuat anak mengekspresikan apa yang ditonton dalam bentuk perilaku, tutur kata, adegan-adegan yang biasa ditonton diperagakan dalam kehidupan nyata. Hal tersebut karena anak belum mampu membedakan hal yang benar-benar ada (real) dan yang bersifat imjinasi, perasaan yang seperti ini cenderung menimpa anak-anak yang masih sangat belia.

2. Anak akan mengalami gangguan psikologis
Pernah saya menemukan anak yang berbicara sendiri dan mengekspresikan perilaku tokoh kartun kartun yang pernah ditontonnya, bukan hanya berbicara bahkan ada anak yang melakukan gerakan-gerakan yang aneh, hal tersebut kemungkinan dari adegan di film yang dia tonton sehingga mempengaruhi pola pikirnya.

3. Mensugesti pikiran anak sehingga terbiasa dengan adegan k*k*rasan
Tidak sedikit film kartun yang menyajikan adegan-adegan k*k*rasan, p*p*rangan dan p*mbun..han (maaf tulisannya sengaja saya sensor). Kondisi dimana anak terbiasa menonton adegan yang kurang baik bisa membuat anak menganggap perilaku tersebut sebagai hal yang lazim.

Sehingga dalam interaksi dengan sesama  anak-anak/teman-temannya  mereka tidak merasa asing lagi untuk melakukan b*lly  kepada teman-temannya, semua hal tersebut terjadi akibat sugesti pikiran dari tayangan film kartun yang dia tonton.

4. Bahaya p*rn*grafi
Sebagian film kartun juga menampilkan tayangan yang cukup dewasa/adegan dewasa  dan hal tersebut belum layak ditonton untuk anak. Alhasil kita sering menemukan pel*cehan s*ksual dikalangan anak-anak yang pelakuanya merupakan anak-anak juga.

5. Kecanduan menonton film kartun
Dampak negatif selanjutnya dari menonton film kartun adalah bahaya kecanduan dari kebiasaan menonton film kartun, anak bisa duduk berjam-jam untuk menonton film kartun kesukaannya, efek dari kecanduan ini bisa berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Padahal anak-anak mestinya melakukan banyak aktivitas fisik untuk merangsang aktivitas motoric dan sensorik anak.

6. Menganggu daya penglihatan anak
Usia anak-anak cukup rentang dengan berbagai hal karena daya tahan tubuh pada usia anak masih belum terlalu kuat. Dampak keseringan menonton film kartun adalah menganggu daya penglihatan anak.

7. Sikap social anak akan melemah
Jika anak terlalu sering menghabiskan waktu untuk menonton film kartun maka akan membuat kemampuan bersosialisasi anak menjadi lemah. Akhirnya anak menjadi individualis (catatan: hal ini bisa terjadi jika intensitas menonton anak sangat tinggi sehingga jarang bersosialisasi).

8. Prestasi anak akan menurun
Menonton film kartun juga berakibat menurunnya prestasi anak di sekolah, sebaiknya anda membatasi waktu menonton anak, sehingga ada balance antara belajar dan menonton film kartun.
Nagh itulah delapan dampak negative yang isa muncul dari kebiasaan menonton film kartun bagi anak-anak, selain dampak negatif ada juga dampak positif menonton film kartun bagi anak. Berikut ulasannya

Dampak positif film kartun bagi anak-anak

1. Menjadi hiburan bagi anak-anak
Anak-anak pada dasarnya suka dengan hal-hal yang menyenangkan, dan kegiatan yang menyenangkan tersebut bisa anak dapatkan melalui tayangan film kartun. Tidak bisa dipungkiri bahwa tayangan kartun sangat menghibur, bukan hanya bagi anak-anak tapi bagi orang dewasa juga.

2. Media belajar berkomunikasi bagi anak
Film kartun juga memiliki dampak baik bagi anak, yakni dengan menonton film kartun anak akan belajar banyak kosakata dan belajar bagaimana cara berkomunikasi, tapi hal tersebut tergantung dengan film kartun yang ditonton anak, jadi usahakan sajikan film kartun yang memiliki konten positif agar tidak berdampak negatif bagi anak

3. Belajar nilai-nilai positif melalui film kartun
Tidak sedikit film kartun yang mengajarkan tentang nasehat-nasehat, bagaimana berkelakuan yang baik dan amanah. Sebut saja film kartun yang tayang di MNC TV yakni judulnya “pada zaman dahulu kala”. Film kartun ini memiliki banyak pelajaran dan pengajaran bagi anak yang menontonnya

4. Meningkatkan daya imajinasi anak
Imajinasi anak bisa berpotensi  kearah positif dan negatif tergantung dari apa yang sering dia lihat, tayangan film kartun sebenarnya bisa meningkatkan daya imajinasi anak sehingga memicu anak menjadi sosok yang kreatif.

Tapi yang mesti anda sadari bahwa ada beberapa film kartun yang justru bisa mengarahkan daya imajinasi anak ke sisi negatif. Jadi sebagai orangtua anda mesti pintar-pintar dalam memilikin film kartun yang akan ditonton anak anda.

Daftar film kartun yang kurang baik ditonton oleh anak

1. Crayon Sinchan
Kartun ini memang lucu dan sering membuat ketawa namun kelucuan itu kadang muncul akibat kenakalan anak yang bernama Sinchan tersebut, walaupun tidak semua kelakuan tokoh utamanya (Sinchan) dalam bentuk kenakalan tapi beberapa perilakunya kurang baik untuk ditonton anak.

2. Naruto
Anime yang satu ini cukup terkenal dan sering tayang di televisi-televisi namun beberapa adegannya mengandung unsur-unsur k*k*rasan, walau tidak sedikit juga kalimat-kalimat motivasi yang muncul dalam film kartu tersebut tapi bagi anak-anak film kartun ini agaknya kurang baik.

3. Spongebob
Film kartun ini sudah lazim kita lihat tayang ditelevisi, dari segi manfaat sendiri film kartun ini tidak banyak mengajarkan hal posotif bagi anak sebaliknya ada banyak kelakuan konyol yang kadang ditayangkan.

4. Tom anda Jerry
Film kartun ini mengisahkan antara kucing dan tikus yang saling berseteru, namun kadang juga saling bekerjasama. Menurut penulis sendiri film kartun ini kurang layak ditonton oleh anak

Daftar film kartun yang baik ditonton oleh anak

1. Kisah si kancil 
Kartun ini mengandung banyak pesan-pesan moral, kerjasama sehingga memiliki sisi baik jika dinonton oleh anak-anak

2. Pada zaman dahulu kala
Seperti halnya kisah si kancil, film kartun ini juga memiliki banyak hal baik jika ditonton oleh anak-anak.

3. Upin-Ipin
Film kartun ini juga masuk kategori layak untuk ditonton oleh anak-anak, ada banyak pembelajaran yang baik dalam film ini

Demikianlah Dampak positif dan negatif film kartun bagi anak-anak, jadi setelah anda membaca artikel ini semoga bisa memberi informasi yang informative bagi anda saudara pembaca.

Intinya bimbingan/pengawasan orangtua ketika anak menonton film kartun sangat penting agar anak bisa dihindarkan dari bahaya film kartun, pendampingan orangtua saat anak menonton film kartun akan meminimalisir hal yang tidak dinginkan.

Tulisan di atas adalah hasil pemikiran penulis sendiri dan tidak bermaksud mengganti pendapat ahli.
Penulis: Syamsurijal, S.Pd., M.Pd (Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar)

dampak positif film kartun bagi anak, dampak positif dan negatif film kartun bagi anak, pengaruh film kartun terhadap psikologi anak, dampak negatif film kartun, pengaruh film kartun terhadap perilaku anak, skripsi pengaruh film kartun terhadap perilaku anak, manfaat menonton film bagi anak, dampak negatif film tom and jerry

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon