7 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

7 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran_ Karakteristik anak atau siswa dalam belajar memang sangat bervariasi, misalkan saja dalam hal kemampuan untuk memahami pelajaran. Bisa dipastikan bahwa di dalam suatu kelas biasanya akan ditemukan karakter anak yang cepat dalam memahami pelajaran namun ada juga anak yang lambat dalam memahami pelajaran.


7 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

Kadang kesalahan yang biasa dilakukan oleh guru adalah menerapkan metode pembelajaran yang sama terhadap anak yang memiliki kemampuan yang cukup tinggi dalam memahami suatu pembelajaran dengan anak yang lambat dalam memahami pelajaran. 

Baca juga:
5 Cara Mengatasi Dan Mendidik Anak Yang Egois

Alhasil anak yang lambat dalam memahami pelajaran akan sulit mengimbangi kemampuan anak yang memiliki intelegensi tinggi dan cepat dalam memahami suatu pembelajaran. Hal tersebut bisa dilihat melalui hasil tes baik dalam bentuk tugas individu kerja kelompok atau hasil ulangan, dimana anak yang lambat memahami pelajaran biasanya selalu mendapat nilai rendah ketimbang anak yang memiliki kemampuan yang cukup tinggi dalam memahami pelajaran.

Guru yang kurang memahami cara memperlakukan anak menurut tingkat intelegensinya juga kadang menyalahkan anak yang lambat memahami pelajaran, padahal salah satu penyebab anak tersebut lambat memahami pelajaran adalah cara guru yang kurang tepat dalam memperlakukan anak.

Akhirnya siswa yang lambat memahami pelajaran dicap sebagai anak yang bodoh padahal jika ditangani dengan tepat bisa jadi anak tersebut mampu berprestasi. Dengan sugesti atau mindset pikiran yang ditanamkan oleh orang sekitarnya baik itu oleh guru, teman dll bahwa dia anak yang bodoh dan lambang paham pelajaran, atau akhirnya anak tersebut menjadi benar benar bodoh di kelas.

Kondisi seperti ini semestinya bisa diminimalisir oleh seorang guru, karena fungsi guru bukan hanya sekedar mengajar siswa akan tetapi juga berperan sebagai motivator, mediator, konstruktor dan bukan hanya itu guru juga dituntut agar bisa memposisikan diri dalam berbagai kondisi dan keadaan dalam mendidik anak.

Anak-anak ibaratkan pisau yang terbuat dari berbagai jenis logam, ada logam yang hanya perlu diasah beberapa kali kemudian bisa tajam namun ada jenis logam yang memang butuh diasah berkali-kali untuk bisa tajam. Maka seperti itulah gambaran anak yang lambat dalam memahami pelajaran bukannya anak tersebut tidak bisa namun anak tersebut butuh waktu yang lebih lama agar bisa memahami pelajaran. 

Sering kali kita mendengar guru yang bertanya tentang bagaimana cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran! Dan tak jarang dari para guru telah mencoba beberapa cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran namun belum sepenuhnya berhasil.

Oleh karena itu dalam artikel ini kita akan sedikit mengulas tentang bagaimana cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran. Adapun cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran adalah sebagai berikut:

7 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran

1. Memahami karakteristik anak 
Sebelum menerapkan suatu metode dalam mengatasi anak yang lambat dalam memahami pelajaran, terlebih dahulu guru harus tahu bagaimana karakter anak tersebut. Misalkan apakah Anak tersebut nakal atau malas, hiperaktif, pendiam, penyendiri dan lain-lain.

2. Menerapkan metode tertentu kepada anak yang lambat memahami pelajaran.
Setelah mengetahui karakter anak langkah selanjutnya adalah memilikan metode pembelajaran yang bisa mengatasi masalah anak yang lambat memahami pelajaran, metode tersebut cukup diterapkan pada anak yang terkait. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif metode yang digunakan dalam mengatasi anak tersebut selain itu anak yang mengalami kesulitan belajar memang harus diperlakukan istimewa dari anak yang lain.

3. Memilikan tempat duduk yang tepat.
Langkah lainnya dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran adalah dengan memberikan posisi atau tempat duduk yang membuatnya bisa lebih jelas mendengar penjelasan guru, sebaiknya anak yang lambat memahami pelajaran diberikan tempat duduk diposisi paling depan. Hal tersebut bertujuan agar guru mudah mengontrol siswa yang terkait, dan siswa akan lebih fokus dalam menerima pelajaran.

4. Teman sebangku yang cerdas dan penolong 
Metode lain dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran adalah memilikan teman sebangku yang cerdas dan memiliki jiwa sosial. Sehingga ketika anak yang lambat dalam memahami pelajaran tidak paham suatu hal kemudian bisa bertanya kepada teman sebangku selain itu ketika dia duduk berdekatan dengan anak yang memiliki motivasi tinggi dalam belajar, anak tersebut lama kelamaan juga akan tertular oleh semangat belajar yang dimiliki teman sebangkunya.

5. Memberikan tugas tambahan 
Cara yang bisa guru lakukan dalam meningkatkan pemahaman siswa yang lambat dalam memahami pelajaran adalah dengan memberikan tugas tambahan. Tugas tambahan tersebut bisa berupa PR dalam bentuk teks atau tugas membaca dll. Tujuannya adalah agar anak bisa mengejar ketertinggalan dari siswa lain yang memiliki tingkat pemahaman yang cukup baik.

6. Meminta bimbingan guru BK
Langkah lainnya dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran adalah dengan meminta bantuan kepada guru BK agar menangani anak tersebut. Karena seperti yang kita ketahui tugas guru BK adalah menganalisa faktor atau penyebab munculnya suatu masalah belajar yang dialami peserta didik. Dan guru BK memang dibekali dengan ilmu yang membahas tentang bagaimana cara Mengatasi siswa yang bermasalah baik dalam aspek psikologis atau dalam aspek aplikatif.

7. Konsultasi dengan orang tua anak atau siswa 
Cara lain dalam mengetahui penyebab seseorang lambat dalam memahami pelajaran adalah dengan konsultasi langsung dengan orang tua siswa. Baik menanyakan bagaimana perilaku anak ketika berada di rumah, kebiasaan anak atau hubungan emosional antara orang tua dan anak. 

Selain itu guru juga bisa memberikan arahan kepada orang tua anak bagaimana sebaiknya mendidik anak dengan baik dan benar. Karena biasanya masalah belajar yang ditampakkan oleh anak di sekolah berasal dari lingkungan keluarga misalkan kondisi keluarga anak yang tidak harmonis, ekonomi keluarga yang rendah, perhatian orang tua yang minim dll sehingga berdampak pada sikap dan tingkah laku anak di sekolah.

Dan sebagai tambahan, anda juga bisa mengatasi masalah kelambatan anak atau siswa anda dalam menangkap pelajaran dengan belajar menggunakan Quipper Video (khusus untuk siswa kelas 2 SMP dan SMA). Quipper Video adalah situs belajar online yang dibimbing oleh tenaga pengajar profesional, selain itu terdapat ribuan video pembelajaran dan bank soal. berlangganan Quipper Video cukup terjangkau apalagi jika menggunakan kode promosi Quipper Video pastinya akan lebih murah lagi.

Demikianlah 7 cara Mengatasi Anak yang lambat dalam memahami pelajaran yang bisa guru coba praktekkan dalam mengatasi peserta didik yang lambat dalam memahami pelajaran di sekolah. Kuncinya dalam mengatasi anak yang lambat memahami pelajaran adalah sabar dan konsisten dan terus berupaya mendidik anak tersebut dengan sepenuh hati. Dan pada akhirnya anak yang selama ini kita anggap lambat memahami pelajaran justru menjadi anak yang berprestasi dan membanggakan sekolah. Wassalam semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Cara Mengatasi Anak Yang Lambat Memahami Pelajaran"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close