Monday, 28 November 2016

6 Dampak Positif dan Negatif Gagdet Bagi anak

Tags
Dampak Positif dan Negatif Gagdet Bagi anak_ Gagdet adalah salah satu produk dari kemajuan teknologi, jika dahulu gagdet hanya digunakan dan dimiliki oleh kalangan tertentu. namun sekarang penggunaan gagdet sudah tak memandang batasan usia lagi bukan hanya orang dewasa yang mahir menggunakan Gagdet akan tetapi anak-anak pun sudah mahir dalam menggunakan Gagdet. maka Hal yang sudah menjadi lazim dijumpai adalah banyak anak yang sudah memiliki Gagdet sendiri meskipun usianya masih belia. 

6 Dampak Positif dan Negatif Gagdet Bagi anak

Gagdet seolah telah memiliki tempat tersendiri dalam keseharian anak, bahkan sebagian anak menjadikan gagdet sebagai wahana untuk bermain dan menghibur diri. jika dahulu sebagian anak-anak menghabiskan waktu untuk bermain bersama temannya namun sekarang hal tersebut mulai sedikit tergantikan seiring hadirnya perangkat lunak yang bernama "Gagdet".

Yang cukup merasakan dampak dari hadirnya Gagdet adalah anak-anak yang tinggal di perkotaan karena di daerah pedalaman penggunaan gagdet masih kurang namun keberadaan gagdet juga sudah mulai menyebar di daerah pedalaman.
Kehadiran gagdet yang menyita banyak waktu seorang anak tentu akan berdampak pada perkembangan anak. Gagdet ibaratkan pisau bermata dua selain memiliki dampak positif, gagdet juga memiliki dampak negatif. apa saja dampak positif dan negatif bagi anak? berikut ulasan"

"6 dampak positif dan negatif gagdet bagi anak-anak" 


Dampak Positif Gagdet Bagi Anak
 
1. Anak menjadi lebih pekah teknologi
Dampak positif kehadiran Gagdet diusia kanak-kanak, membuat anak menjadi lebih pekah teknologi atau lebih cepat beradaptasi dengan keberadaan teknologi. Selain itu anak juga akan lebih memahami betapa pentingnya teknologi. dengan memiliki gagdet anak juga akan secara alami mengikuti perkembangan teknologi, misalkan ketika ada gagdet keluaran baru anak akan berusaha mengetahui kelebihannya dan membandingkan dengan gagdet miliknya.

2. Sarana bermain bagi anak-anak

Biasanya alasan sebagian orang tua membelikan gagdet anaknya adalah karena gagdet bisa diisi dengan berbagi jenis games yang dapat mengedukasi anak, intinya dengan memiliki gagdet anak bisa bermain sekaligus belajar melalui gagdet. Gagdet juga bisa membantu orang tua, karena biasanya ketika anak diberi gagdet maka anak tersebut akan fokus kepada gagdetnya sambil bermain sehingga orang tua bisa melakukan beberapa aktivitas lainnya.

3. Melatih fungsi dan perkembangan otak anak

Pernakah kita melihat seorang anak yang sedang mengoperasikan gagdet terlihat lebih tenang dan fokus, apalagi jika anak tersebut sedang main game. gagdet memiliki dampak positif terhadap perkembangan otak anak, ketika seorang anak sedang menggunakan gagdet  sebenarnya fungsi otak anak sedang berjalan dengan maksimal. selain melatih fungsi otak gagdet juga dapat meningkatkan kreativitas karena ketika anak bermain gagdet otak bagian kiri dan kanan berfungsi secara bersamaan hal ini bisa memicu anak menjadi kritis dan berpikir tingkat tinggi.

4. Menunjang aspek akademik

Jika ada yang beranggapan bahwa ketika seorang anak memiliki gagdet justru akan membuat hasil pelajarannya menurun mungkin itu ada benarnya namun jika penggunaan gagdet oleh anak selalu dalam pendampingan orang tua, maka hasil yang berbeda justru akan didapat. penggunaan gagdet secara positif oleh anak, justru bisa menunjang  aspek akademisnya dan berdampak positif terhadap prestasinya. karena seperti yang kita tahu ada banyak aplikasi di dalam gagdet yang bisa membantu anak untuk belajar, Mulai dari games yang menguji kemampuan berpikir, aplikasi pembelajaran dan masih banyak lagi.

5. Meningkatkan daya imajinasi anak 

Anak yang sudah terbiasa menggunakan gagdet kemungkinan akan mengalami peningkatan daya berimajinasi hal tersebut tak lepas dari daya nalar yang mengaggap apa yang terdapat pada gagdetnya seperti sebuah imajinasi. bayangkan saja bagaimana seorang anak memaknai games yang berbentuk kartun yang ia mainkan atau melihat sosok manusia kecil yang ada di dalam gagdetnya (video). Hal tersebut melatih anak dalam membentuk pola pikir imajinatif sehingga akan muncul banyak ide-ide kreatif dan inovatif dalam benak seorang anak dan jika dikonstruksikan, anak bisa menjadi pemimpi yang visioner yang kelak akan melahirkan karya-karya hebat.

6. Menghilankan stress dalam diri anak

Bukan hanya orang dewasa yang biasa mengalami stress atau rasa jenuh akan suatu hal akan tetapi anak juga terkadang mengalami kondisi jenuh dalam keadaan tertentu. pernakah kita melihat anak yang ketika memiliki mainan baru dia begitu menyukainya namun lama kelamaan anak tersebut kelihatan mulai bosan dan jenuh memainkannya dan cenderung mulai tertarik dengan hal baru lainnya. salah satu hal positif yang dimiliki gagdet adalah memiliki banyak fitur dan jenis permainan yang bisa dimainkan anak jika anak sudah bosan dengan satu permainan maka dia bisa mencoba permainan lainnya.

7. Meningkatkan daya visual terhadap objek

Salah satu dampa positi gagdet bagi anak ialah meningkatkan daya visual anak terhadap suatu objek. analoginya cukup sederhana, anak yang terbiasa memainkan games akan lebih fokus melihat objek. biasanya objek dalam gagdet selalu bergerak sehingga melatih kemampuan mata anak menangkap visualisasi objek yang bergerak.

Itulah beberapa dampak positif gagdet bagi anak-anak jika seorang anak menggunakannya secara bijak dan selalu dalam pengawasan orang tua. namun jika penggunaan gagdet secara berlebihan justru akan berkibat fatal bagi seorang anak. dampak negatif saja yang bisa ditimbulkan oleh gagdet bagi anak? berikut dampak negatif gagdet bagi anak.

6 Dampak negatif gagdet bagi anak


1. Anak menjadi individualis

Apakah pernah kita megamati tingkah laku seorang anak ketika belum memiliki gagdet dan setelah memiliki gagdet? apa hal yang berubah pada diri anak tersebut? biasanya anak yang belum memiliki gagdet kebanyakan menghabiskan waktunya untuk bermain bersama teman-temanya menciptkan ikatan sosial yang membuat anak lebih pekah terhadap perasaan satu sama lain namun setelah anak tersebut memiliki gagdet maka waktu untuk bersama temanya menjadi berkurang. jika dibiarkan akan berdampak negatif pada psikologis anak, anak akan lebih suka menyendiri dan menghabiskan waktunya untuk memainkan gagdetnya, dalam jangka waktu lama anak bisa menjadi apatis dan antisosial yakni anak menjadi tidak peduli dengan hal yang terjadi disekitarnya dan malas melakukan hubungan dengan orang lain karena dia mengaggap apa yang dia butuhkan hampir semua ada dalam gagdetnya.

2. Menghambat perkembangan dan pertumbuhan anak

Usia anak-anak adalah usia dimana anak-anak akan mengalami pertumbuhan secara fisik dan perkembangan psikis. untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak agar dapa maksimal, seorang anak harus banyak melakukan aktivitas seperti bermain bersama temannya  untuk menciptkan ikatan emosional, lari-lari, bercerita dan mengekspresikan dirinya melalui interaksi bersama temannya sehingga bisa meningkatkan kecerdasan emosional anak. namun jika kebanyakan waktu anak dihabiskan untuk bermain gagdet justru dapat berdampak negatif pertumbuhan dan perkembangan anak karena interaksi yang anak lakukan jika bermain gagdet adalah interkasi satu arah serta kebanyakan aktivitasnya adalah duduk sambil memainkan gagdet hal ini juga bisa menyebabkan tidak maksimalnya pertumbuhan jaringan sel dalam tubuh anak.

3. Bahaya radiasi gagdet bagi kesehatan anak

Salah satu dampak negatif gagdet bagi anak jika terlalu lama memainkan gagdetnya adalah bahaya radiasi elektomagnetik yang dipancarkan dan bisa mempengaruhi perkembangan otak anak selain efek pada perkembanga otak masih banyak lagi penyakit lain yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan gagdet secara berlebihan.

4. Menyebabkan anak kecanduan gagdet

Anak yang kebanyakan menghabiskan waktu memainkan gagdet, bisa mengalami kecanduan. kecanduan gagdet membuat seorang anak sulit lepas dari gagdet, bahkan gagdet dianggap lebih penting dari beberapa hal yang mesti dilakukan padahal sejatinya hal tersebut justru lebih urgent untuk dilakukan. dampak negatif kecanduan gagdet sulit untuk di hilangkan dari kebiasaan anak, butuh bimbingan dan arahan yang konsisten agar anak bisa benar-benar lepas dari kebiasaan menggunakan gagdet.

5. Tidak semangat belajar 

Dampak negatif lain dari penggunaan gagdet yang berlebihan oleh anak adalah muncul sifat malas untuk belajar. kurang fokus dan pikiran menjadi bercabang, dampak nyatanya bisa dilihat dari prestasi anak di sekolah yang menurun. kondisi psikologis anak yang terbiasa menggunakan atau memainkan gagdet yang serba instant, membuat anak malas untuk berusaha dan membuat daya eksplorasi terhadap kemampuannya berkurang.

6. Lemah dalam bersosialisasi

anak yang kebanyakan menghabiskan waktunya sendiri dengan bermain gagdet dalam jangka waktu tertentu akan membuat anak sulit dalam mencari teman, kaku dalam berkomunikasi dan sulit menciptakan suatu ikatan emosional dengan orang lain. Dampaknya anak akan kekurangan teman menjadi pribadi penyendiri dan sering berkhayal.

Demikianlah dampak negatif gagdet bagi anak, jadi sebagai orang tua hal apa yang bisa dilakukan agar bisa meminimalisir dampak negatif gagdet bagi anak-anak ? berikut cara meminimalisir dampak negatif penggunaan gagdet oleh anak:


cara meminimalisir dampak negatif penggunaan gagdet oleh anak
 
1. Penggunaan gagdet selalu dalam pengawasan orang tua

Orang tua memiliki peranan yang cukup besar dalam memberi pemahaman kepada anak tentang bagaimana menggunakan gagdet dengan bijak. Orang tua harus bisa menyempatkan diri menemani anak bermain memberikan contoh yang baik bagaimana sebaiknya gagdet digunakan, serta memberi batasan-batasan tentang hal apa saja yang baiknya dilakukan ketika menggunak gagdet dan hal apa saja yang tidak boleh dilakukan

2. Batasi penggunaan gagdet dalam satu hari

Cara lain untuk meminimalisir dampak negatif penggunaan gagdet oleh anak ialah memberi porsi waktu tertetntu penggunaan gagdet dalam satu hari, mislakan saja orang tua hanya mengizinkan anak menggunakan gagdet dalam sehari 5 jam.

3. Lakukan aktifitas menyenangkan bersama anak

cara mudahnya ialah dengan mengajak anak melakukan hal-hal positif diluar ruangan adalah orang tua mengajak anak melakukan hal-hal positif seperti jalan-jalan, rekreasi dan bermain selain itu juga bisa dilakukan ketika berada di dalam rumah seperti berkumpul bersama keluarga, melakukan aktifitas menarik agar anak lebih merasakan ikatan kasih sayang dari orang tua.

1 komentar so far

Artikel lumayan pajang mas. Semoga bisa masuk page one

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon