Friday, 25 November 2016

7 Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Diri Sendiri

Tags
Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Diri Sendiri_ Presiden republik indonesia pertama Soekarna pernah berkata "bermimpilah setinggi langit karena walaupun kamu terjatuh maka kamu akan jatuh diantara bintang-bintang. Untuk bisa sukses dan berprestasi dimasa yang akan datang syaratnya adalah berusaha secara maksimal dalam mengembangkan potensi diri. hal yang mutlak yang mesti dilakukan agar bisa meraih segala target dalam hidup adalah "belajar". belajar hal-hal baru akan semakin memperkaya khazanah ilmu pengetahuan. namun akan ada masa dimana semangat belajar akan berkurang, hal tersebut dipengaruhi oleh hal-hal yang tidak urgent namun justru lebih menjadi fokus utama.


rendahnya semangat belajar sangat beresiko menghambat tercapainya target yang menjadi mimpi dalam hidup. kadang beberapa hal dilakukan untuk menumbuhkan semangat belajar pada diri sendiri namun tak sepenuhnya berhasil. 

Baca juga:

Bisa jadi metode menumbuhkan semangat belajar pada diri sendiri sudah tepat namun terkadang caranya yang memang kurang tepat. jadi bagaimana cara yang tepat dalam menumbuhkan kembali semangat belajar pada diri sendiri ?  

7 cara menumbuhkan semangat belajar pada diri sendiri

1. Fokus pada tujuan
Menentukan tujuan atau terget-target yang ingin dicapai dalam hidup akan memberi motivasi tersendiri untuk terus belajar. kalau bisa tulis daftar mimpi-mimpi anda diatas secarik kertas dan tempelkan di dinding kamar anda, agar setiap kali anda bangun tidur anda akan melihatnya dan semakin termotivasi untuk mewujudkannya. tentukan jangka waktu seberapa lama anda bisa mewujudkannya sehingga anda akan lebih semangat untuk belajar dan belajar agar mimpi tersebut segera terwujud.

2. Atur jadwal belajar
Manajemen waktu akan sangat berpengaruh terhadap semangat belajar. terkadang semangat belajar berkurang disebabkan oleh manajemen waktu belajar yang tidak baik. jadi pilih waktu belajar yang tepat. namun jangan belajar teralu berlebihan karena hal tersebut justru akan memberi efek negatif bagi anda intinya atur jadwal belajar anda secara proporsional.

3. Mulai belajar dengan rasa senang
Kondisi psikologis ketika akan memulai belajar akan berpengaruh pada kemampuan otak dalam menerima pelajaran, oleh karena itu agar semangat belajar tetap terjaga maka mulailah belajar saat kondisi batin dalam keadaan senang dan tenang. perasaan senang ketika belajar adalah suatu kondisi yang bisa diciptakan, maka tanamkanlah mindset dalam pikiran anda bahwa belajar adalah hal yang asyik dan seru

4. Hargailah waktu
Belajar menghargai waktu adalah salah satu cara menumbuhkan semangat belajar pada diri sendiri. mulailah belajar disiplin dan tidak menunda-nunda kesempatan untuk belajar, adalah hal bijak jika lebih mengefisienkan waktu sehingga setiap detik dalam hidup anda tidak ada yang terbuang sia-sia. pencapaian anda saat ini adalah cerminan dari usaha masa lalu anda dan hal yang anda lakukan saat ini akan sangat menentukan hal yang akan anda capai dimasa yang akan datang.

5. Ciptakan sensasi belajar baru
Menurunnya semangat belajar pada diri sendiri biasanya disebabkan oleh pola belajar yang selama ini dilakukan terkesan monoton. agar semangat belajar pada diri sendiri bisa kembali tumbuh maka tidak ada salahnya anda melakukan cara belajar dengan sensasi baru. seperti pergi di tempat baru berpetualang sembari belajar atau belajar ditempat-tempat yang selama ini anda anggap menakutkan atau ekstrem. pola pelajar yang bervariasi akan menghilangkan kejenuhan dalam belajar dan dapat membuat proses belajar sebagai hal yang sangat mengasyikkan

6. Beri penghargaan pada diri sendiri 
Agar semangat belajar dalam diri anda selalu terjaga dan justru semakin tumbuh adalah dengan memberi penghargaan pada diri sendiri setiap kali mencapai hal yang luar biasa karena ketekunan anda dalam belajar. jangan segang untuk merayakan setiap prestasi yang anda raih walaupun hal tersebut terlihat biasa untuk orang lain. karena hal tersebut bukan tentang bagaimana penilaian orang lain terhadap anda akan tetapi bagaimana anda menghargai setiap usaha yang anda lakukan dalam mencapai sesuatu.

7. Hadapi setiap masalah dengan menawan
Semangat belajar pada diri sendiri terkadang berkurang ketika dihadapkan pada masalah yang rumit dan sukar untuk diselesaikan. jika masalah yang anda hadapi saat ini adalah rendahnya semangat belajar maka hal yang pertama yang harus anda lakukan adalah mencari tahu kenapa anda malas belajar kemudian memikirkan dampak apa yang bisa ditimbulkan jika anda malas belajar dan carilah solusi yang tepat sesuai dengan pribadi anda, agar semangat belajar anda bisa kembali tumbuh.

Demikianlah Artikel Cara Menumbuhkan Semangat Belajar Pada Diri Sendiri, Bisa anda praktikan dalam keseharian agar semangat belajar yang ada pada diri anda bisa kembali tumbuh dan meraih kesuksesan dari semangat dan kerja keras anda.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon