Wednesday, 23 November 2016

5 Cara Membuat hati ikhlas menjalani hidup

Tags
5 Cara Membuat hati ikhlas menjalani hidup_ Ikhlas adalah sebuah kata yang begitu sederhana, mudah diucapkan dengan lisan namun tak sedikit orang yang mampu melakukannya. Tak jarang banyak  orang mendapat masalah dan kesulitan dalam hidupnya hanya karena belum mampu ikhlas dalam menjalani hidup. Banyak orang yang bertanya bagaimanakah cara membuat hati ikhlas dalam menjalani hidup ?

5 Cara Membuat hati ikhlas menjalani hidup
Jika berbicara tentang “ikhlas” berarti membicarakan tentang suatu tingkatan dalam keimanan. Dalam islam posisi ikhlas sendiri berada pada tingkatan paling tinggi dalam keimanan seorang muslim. Level terendah dalam keimanan adalah islam kemudian beriman, ikhsan dan terakhir adalah ikhlas.

Baca juga:

Jadi hal wajar jika ilmu tentang ikhlas adalah ilmu yang paling sulit untuk dikuasai. Ikhlas adalah suatu kondisi dimana hati bersedia menerima keadaan dengan penuh ketulusan dan tak menuntut sesuatu yang tak mungkin bisa dimiliki.

Ikhlas adalah kunci dalam menguasai ilmu-ilmu hati yang lainnya, hanya dengan ikhlas seseorang bisa menumbuhkan sikap syukur dalam hatinya, karena mana mungkin seseorang bisa mengsyukuri sesuatu jikalau dia belum mampu menerima semua keadaan yang ada pada dirinya dan Hanya dengan ikhlas seseorang mampu benar-benar menguasai ilmu sabar yang paling tertinggi.

Sikap ikhlas akan menentukan bagaimana seseorang bersikap dalam menjalani hidup ini. Maka tak jarang kita menemukan seseorang yang kehilangan sesuatu dalam hidupnya sehingga dia merasa bagitu sulit menerima kenyataan, karena begitu sulit merelakan hal yang telah pergi dalam hidupnya kadang membuat hatinya menjadi keras. Padahal jika dilihat hal yang telah hilang dalam hidupnya hanya sebagian kecil dari begitu banyak nikmat yang masih ia miliki. Hal ini karena dia tak berusaha mengikhlaskan apa yang telah pergi dalam hidupnya sehingga hidup yang dia jalani terasa begitu sulit dan berat.Ikhlas adalah ilmu tingkat tinggi yang hanya mampu dikuasai oleh orang yang mampu melapangkan hatinya. Jadi bagaimana Cara Membuat hati ikhlas menjalani hidup ? beikut ulasan 5 Jadi bagaimana Cara Membuat hati ikhlas menjalani hidup:
5 Cara Membuat hati ikhlas menjalani hidup

1. jangan suka melihat apa yang tidak ada pada diri sendiri
Salah cara membuat hati ikhlas adalah jangan suka melihat apa yang tidak ada pada diri sendiri, terkadang masalah yang muncul dalam hidup hanya karena kita terlalu fokus melihat apa yang tidak ada pada diri sendiri.

2. Melapangkan hati
Jadikan hati anda seluas samudera sehingga beban apapun yang menimpa anda tak mampu menggoyahkan hati anda.

3. tawakal

Agar hati menjadi ikhlas maka sikap bertawakal adalah salah satu kunci agar hati menjadi lebih lembut. Tawakal adalah meyakini bahwa keadaan apapun yang menimpa anda sejatinya adalah yang terbaik untuk anda dan memilih untuk menyerahkan semuanya kepada allah sang pemilik skenario sejati.

4. berprasangka baik

Kadang sifat ikhlas bisa memudar dalam hati seseorang karena sering kali berprasangka buruk kepada allah terhadap takdir yang menimpanya. Agar hati menjadi semakin ikhlas dalam menjalani hidup maka mulailah berprasangka baik terhadap ketetapan allah.

5. banyak berdoa

Doa adalah senjata bagi orang beriman, hanya dengan doa takdir bisa seseorang bisa berubah maka dari itu jangan pernah menyia-nyiakan senjata paling ampuh yang allah berikan untuk anda. Jika hari ini anda sulit ikhlas menerima keadaan hidup maka mulailah perbanyak berdoa kepada allah, agar allah menganugerakan sifat ikhlas ke dalam hati anda.

Demikianlah 5 Cara Membuat hati ikhlas menjalani hidup namun sejatinya untuk bisa ikhlas dalam menjalani hidup butuh waktu yang tidak sebentar dan mesti banyak belajar. Bukan kemudahan yang mampu membuat seseorang memiliki sifat ikhlas melainkan kesulitan-kesulitan yang silih berganti menempa hatinya sehingga mampu memaknai hidup dengan bijak dan akhirnya bisa menjadi manusia yang ikhlas menerima keadaan hidupnya.

Agar bisa menjadi manusia yang ikhlas maka jangan pernah menilai sesuatu hanya dari bagian luarnya namun maknailah apa sebenarnya yang menjadi hikmah dari hal tersebut. Bisa jadi orang yang kelihatannya jauh lebih bahagia dari kita ternyata kehidupanya sangat sulit dan menyakitkan daripada hidup yang kita miliki namun dia memilih untuk ikhlas dan mensyukuri apa yang allah berikan kepadanya.

Perbanyaklah melihat kehidupan orang-orang yang jauh lebih sulit dari anda, belajarlah makna keikhlasan dari orang yang dalam kehidupan ini ditimpa berbagai kesulitan dan kekurangan namun mereka tetap bisa tersenyum dalam menjalani hidup.

Ikhlas bukanlah sekedar kata yang keluar terucap dari lisan melainkan suatu keadaan yang diyakini oleh hati sehingga tergambar dalam bentuk tingkah laku yang mencerminkan sifat penuh keikhlasan.

Andaikan kita tahu kenapa allah menimpakan sesuatu beban kepada kita pasti kita akan dengan ikhlas menerima semua ketetapannya namun allah merahasiakan segala takdir dan ketetapan yang akan menimpa hambanya hanya untuk mengetahui salah satu hal yakni “ untuk melihat siapa yang paling baik perbuatannya”.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon