Wednesday, 12 April 2017

10 Cara Mengatasi Kecanduan Gagdet Pada Anak

Tags
10 Cara Mengatasi Kecanduan Gagdet Pada Anak _ Gagdet adalah hal yang sudah tak asing lagi bagi setiap orang dan bisa dikatakan sebagian besar orang telah memiliki benda yang satu ini. Gagdet sendiri merupakan pengembangan dari telepon seluler, jika biasanya telepon seluler hanya memiliki beberapa fungsi, misalnya digunakan untuk menelpon, mengirim SMS dan beberapa fitur hiburan lainnya.

10 Cara Mengatasi Kecanduan Gagdet Pada Anak

Namun berkat kemajuan teknologi fungsi telepon seluler mengalami banyak perkembangan dan inovasi, sehingga  berkat berbagai inovasi yang diakukan ada berbagai  hal yang bisa dilakukan melalui benda yang satu ini (Gagdet). Cara pengoperasian yang  terkesan muda membuat orang dengan cepat bisa mahir menggunakan gagdet, bukan hanya orang dewasa dan orang tua, akan tetapi anak-anak juga kebanyakan telah memiliki gagdet, karena kemampuan anak dalam mempelajari hal-hal baru yang terkesan cepat membuatnya tidak butuh waktu lama untuk bisa mahir dalam menggunakan gagadet.

Ibaratkan dua sisi mata uang, selain memiliki banyak dampak positif, gagdet juga tak lepas dari berbagai dampak negatif, sehingga setiap orang yang memiliki gagdet harus bijak dalam menggunakan gagdet. Orang dewasa mungkin tak akan terlalu terpengaruh dengan dampak negatif gagdet yang dimilikinya, karena orang yang sudah cukup dewasa sudah memiliki filter dan pengetahuan yang cukup dalam membedakan mana hal yang baik dan buruk. Akan tetapi hal demikian sepertinya tidak terlalu berlaku bagi anak-anak.

Anak-anak yang masih memiliki pemikiran yang cenderung labil dan belum memiliki filter yang kuat dalam menyeleksi hal-hal negatif yang bisa ditimbulkan oleh gagdet yang dia miliki, membuat anak-anak beresiko tinggi terpengaruh oleh hal-hal negatif dari gagdetnya.
Hal tersebut bukan lagi sebuah opini, karena fakta telah berbicara, bahwa saat ini ada banyak anak yang mengalami masalah akibat dampak negatif gagdet yang dia miliki.

Salah satu masalah yang cukup serius menimpah anak-anak akibat kepemilikin gagdet adalah anak-anak mengalami kecanduan memainkan gagdet. Kondisi tesebut mesti menjadi perhatian serius bagi para orang tua, karena jika anaknya mengalami kecanduan gagdet setidaknya ada beberapa dampak negati yang bisa saja terjadi pada anak. berikut dampak buruk yang bisa ditimbulkan gagdet bagi anak:

Dampak negatif gagdet bagi anak 

1. Anak menjadi pribadi yang individualis
Apakah pernah kita megamati tingkah laku seorang anak ketika belum memiliki gagdet dan setelah memiliki gagdet? apa hal yang berubah pada diri anak tersebut? biasanya anak yang belum memiliki gagdet kebanyakan menghabiskan waktunya untuk bermain bersama teman-temanya menciptkan ikatan sosial yang membuat anak lebih pekah terhadap perasaan satu sama lain namun setelah anak tersebut memiliki gagdet maka waktu untuk bersama temanya menjadi berkurang.

jika dibiarkan akan berdampak negatif pada psikologis anak, anak akan lebih suka menyendiri dan menghabiskan waktunya untuk memainkan gagdetnya, dalam jangka waktu lama anak bisa menjadi apatis dan antisosial yakni anak menjadi tidak peduli dengan hal yang terjadi disekitarnya dan malas melakukan hubungan dengan orang lain karena dia mengaggap apa yang dia butuhkan hampir semua ada dalam gagdetnya.

2. Menghambat perkembangan dan pertumbuhan anak
Usia anak-anak adalah usia dimana anak-anak akan mengalami pertumbuhan secara fisik dan perkembangan psikis. untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak agar dapa maksimal, seorang anak harus banyak melakukan aktivitas seperti bermain bersama temannya  untuk menciptkan ikatan emosional, lari-lari, bercerita dan mengekspresikan dirinya melalui interaksi bersama temannya sehingga bisa meningkatkan kecerdasan emosional anak.

Namun jika kebanyakan waktu anak dihabiskan untuk bermain gagdet justru dapat berdampak negatif pertumbuhan dan perkembangan anak karena interaksi yang anak lakukan jika bermain gagdet adalah interkasi satu arah serta kebanyakan aktivitasnya adalah duduk sambil memainkan gagdet hal ini juga bisa menyebabkan tidak maksimalnya pertumbuhan jaringan sel dalam tubuh anak.

3. Bahaya radiasi gagdet bagi kesehatan anak
Salah satu dampak negatif gagdet bagi anak jika terlalu lama memainkan gagdetnya adalah bahaya radiasi elektomagnetik yang dipancarkan dan bisa mempengaruhi perkembangan otak anak selain efek pada perkembanga otak masih banyak lagi penyakit lain yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan gagdet secara berlebihan.

4. Menyebabkan anak kecanduan gagdet
Anak yang kebanyakan menghabiskan waktu memainkan gagdet, bisa mengalami kecanduan. kecanduan gagdet membuat seorang anak sulit lepas dari gagdet, bahkan gagdet dianggap lebih penting dari beberapa hal yang mesti dilakukan padahal sejatinya hal tersebut justru lebih urgent untuk dilakukan. dampak negatif kecanduan gagdet sulit untuk di hilangkan dari kebiasaan anak, butuh bimbingan dan arahan yang konsisten agar anak bisa benar-benar lepas dari kebiasaan menggunakan gagdet.

5. Prestasi anak bisa menurun
Dampak negatif lain dari penggunaan gagdet yang berlebihan oleh anak adalah muncul sifat malas untuk belajar. kurang fokus dan pikiran menjadi bercabang, dampak nyatanya bisa dilihat dari prestasi anak di sekolah yang menurun. kondisi psikologis anak yang terbiasa menggunakan atau memainkan gagdet yang serba instant, membuat anak malas untuk berusaha dan membuat daya eksplorasi terhadap kemampuannya berkurang.

6. Lemah dalam bersosialisasi
anak yang kebanyakan menghabiskan waktunya sendiri dengan bermain gagdet dalam jangka waktu tertentu akan membuat anak sulit dalam mencari teman, kaku dalam berkomunikasi dan sulit menciptakan suatu ikatan emosional dengan orang lain. Dampaknya anak akan kekurangan teman menjadi pribadi penyendiri dan sering berkhayal.

Demikianlah beberapa dampak negatif yang kemungkinan bisa terjadi pada anak jika tidak bijak dalam menggunakan gagdet. Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang sudah mengalami kecanduan gagdet? kecanduan gagdet pada anak sebaiknya ditangani dengan cepat agar pengaruh buruk akibat gagdet dapat diminimalisir, berikut beberapa cara yang bisa anda coba terapkan.

10 Cara Mengatasi Kecanduan Gagdet Pada Anak

1. Luangkan waktu berkumpul bersama anak dan keluarga.
Anak sejatinya adalah pribadi yang butuh diperhatikan dan hal tersebut merupakan sifat dasar manusia. Namun beberapa orang tua yang memiliki kesibukan yang padat, baik itu karena tuntutan kerja maupun bisnis, membuat mereka tidak punya banyak waktu berkumpul dengan keluarga termasuk anaknya. Bahkan sebagian orang tua dengan sengaja membelikan anaknya gagdet sebagai jalan alternatif/pengganti ketidakhadirannya bersama anaknya.

Alhasil kebanyakan waktu anak akan terfokuskan untuk bermain gagdet, orang tua yang melihat anaknya yang begitu senang dan suka memainkan menjadi merasa lebih tenang (biasanya anak yang ditinggalkan orang tua menjadi lebih rewel). Padahal kondisi tersebut menjadi indikasi dan pemicu yang menyebabkan anak menjadi kecanduan gagadet.

Oleh karena itu sebaiknya orang tua menyadari bahwa perannya sangat penting bagi anak, apalagi jika anak masih dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Alangkah baiknya cobalah meluangkan waktu untuk selalu berkumpul dengan keluarga, karena kasih sayang orang tua tidak akan bisa terganti dengan benda apapun yang ada di dunia ini.

2. Batasi waktu anak untuk menggunakan gagdet.
selanjutnya hal yang bisa dilakukan untuk mengatsi anak yang mengalami kecanduan gagdet adalah membuat aturan tenatnag batas waktu penggunaan gagdet dalam sehari, namun sebakinya dalam membuat aturan tentang batasan waktu bermain gagdet untuk anak anda, sebaiknya anda mendiskusikan hal tersebut dengan anak anda, agar anak tidak merasa anda terlalu otoriter dan suka memaksakan kehendak.

Setelah ada kesepakatan maka terapkanlah aturan tersebut dalam rumah atau dimana saja anak berada, dengan begitu otomatis frekuensi atau waktu anak dalam menggunakan gagdet bisa sedikit berkurang. Jika anak merasa perturan tersebut kurang adil baginya maka sebaiknya anda memotivasi anak anda bahwa berbagai aturan yang diterapkan seputer penggunaan gagadet itu semu demi kebaikanya.

3. Daftarkan anak dalam kegiatan ekstrakurikuler atau bimbingan belajar
Hal kreatif dan inovatif yang bisa anda coba untuk mengatasi anak yang ketergantugan menggunakan gagdet adalah dengan mendaftarkan anak untuk ikut bimbingan belajar atau kegiatan ekstrakutikuler, dengan begitu waktu anak akan lebih digunakan untuk hal positif dan bermanfaat, alahasil kesempatan untuk bermain gagdet lebih sedikit. Apalagi dalam kegiatan bimbingan belajar dan ekskul banyak hal yang seru dan menyenangkan sehingga anak lama kelamaan akan lebih terbiasa tanpa memainkan gagdet.

Dalam memilih ekskul atau bimbingan belajar anda bisa menyesuaikan dengan bakat dan minat anak sehingga potensi kemampuan anak akan semakin ter'asah. seperti sebuah ungkapan sambil menyelam minum air 'dengan ikut ekskul dan bimbel bisa meminimalisir kecanduan gagdet pada anak sekaligus ekskul dan bimbel bisa membuat potensi anak semakin meningkat.

4. Ajak anak untuk bersosialisasi
Opsi lain yang bisa anda cobal kaukan untuk mengatasi anak yang kencaduan gagdet adalah dengan mengajari anak anda cara bersosialisasi dengan baik dan benar dilingkungan masyarkat, sekolah dan keluarga. Pada dasarnya anak adalah makhluk sosial yang selalu butuh orang lain, benda-benda seperti gagdet bisa menggatikan kecenderungan anak untuk bersosialisasi karena anak mungkin tidak pernah diajari betapa petingnya bersosialisasi.

Maka dari itu ajaklah anak anda jalan-jalan di daerah sekitar dan ajarkan/contohkan bagaimana bersosialisasi dengan baik, ajarkan anak anda berteman dengan baik sehingga ketika anak telah memiliki banyak teman membuatnya bisa meninggalkan kebiasaan untuk bemain gagdet. Kegiatan sosialisasi yang rutin anda lakukan bersama anak anda, bisa menumbuhkan sikap sosial dalam diri anak dan hal tersebut akan sangat baik dalma pembentukan karakter anak.

5. Konsultasi dengan guru yang mengajar anak anda di sekolah.
Terkadang perkataan guru biasa lebih didengarkan oleh seorang anak, hal tersebut mungkin disebabkan oleh paradigam seorang anak terhadap gurunya. anak terkadang melihat seorangguru sebagai sosok yang harus dipatuhi, didengar, ditiru dan diidolakan. Jadi untuk meminimalir engaruh gagadet pada anak sebaiknya anda melakukan konsultasi dengan guru anak anada. Sampaikan perihal perilaku kurang baik yang biasa ditujukan anak anda yang selalu bermain gagadet setiap saat.

Guru yang juga telah cukup paham dengan karakter anak anda bisa jadi punya solusi untuk mengatasi masalah kencanduan gagdet yang dialami anak anda, baik dengan arahan dan nasehat atau dengan menggunakan metode, misalnya memberikan anak anda tugas/pr untuk dikerjakan di rumah agar waktu anak anda lebih banyak dihabiskan untuk hal positif.

6. Memberikan tugas dan tanggung jawab kepada anak
Selanjutnya hal yang bisa anda coba untuk mengatasi kebiasaan anak yang terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain gagdet adalah dengan memberi tugas kepada anak misalanya menyapu, membersihkan tempat tidurnya. Agar anak anda lebih bersemangat dalam mengerjakan tugasnya, coba iming-imingi anak anda dengan cara memberi hadiah jika dia bisa menyelesaikan tugasnya.

Selain itu pemberiaan tanggung jawab kepada anak juga bisa dicoba dalam mengatasi kecanduan gagdet pada anak misalnya anak diberi tanggung jawab untuk menjaga adik (jika dia punya adik) dll. dengan begitu anak juga akan belajar menjadi sosok yang bertanggung jawab dan pekerja keras.

7. Isi gagdet anak dengan fitur yang bermanfaat
Jika anak anda sudah benar-benar kencanduan gagdet  maka kondisi tersebut bisa anda siasati dengan mengisikan gagdet anak anda denagn fitur yang justru bisa membuat anak anda menjadi lebih cerdas dan pintar, misalnya saja isi gagdet anak anda dengan game edukasi, video pembelajaran, video motivasi dan hal-hal postif lainnya, sehingga kebiasaan bermain gagdet bisa jadi memberi dampak baik bagi anak.

8. Membelikan anak mainan yang meyengankan dan edukatif
Hal yang tidak kalah baiknya untuk dicoba agar kebiasaan anak bermain gagdet bisa teralihkan adalah dengan membelikan anak anda mainan. misalnya mobil-mobilan (yang bisa dinaiki/bisa bergerak) dengan begitu anak menjadi lebih aktif dan perkembangan motorik anak menjadi maksimal atau anda bisa membelikan anak anda mainan seperti puzel (bisa meningkatkan kecerdasan anak), slime (bisa menumbuhkan daya kreativitas anak) dan beberapa mainan lainnya yang memiliki nilai edukasi jika dimainkan oleh anak.

9. Nasehati anak tentang dampak buruk jika terus-menerus memainkan gagdet
Tidak ada salahnya anda menasehati langsung kepada anak anda tentang hal buruk yang kemungkinan bisa menimpanya jika dia terus-menerus menggunakan gagdet, misalnya anda mengatakan "Anakku jangan terlalu banyak menggunakan gagdet nanti mata anakku bisa sakit atau rusak" anda juga bisa mengatakan "jangan terlalu banyaka menggunakan gagdet nanti prestasi anakku bisa menurun di sekolah dan beberapa nasihat lainnya.

Anak yang mengetahui dampak negatif yang bisa ditimbulkan gagdet, bisa saja lebih berpikir-pikir lagi jika ingin menggunakan gagdet lagi. Namun usahakan dalam menasehati, gunakan cara yang santun dan lembut, cobalah berbicara dengan hatinya agar pesan yang anda katakan bisa langsung mengenah pada hatinya. jangan mmeberi nasehat yang berlebihan dan bersifat terlalu menakut-nakuti karena walau bagaimanapun gagdet juga memiliki sisi positif bagi anak.

10. Menjadi contoh bagi anak
Hal yang cukup fenomenal saat ini bahwa saat ini bukan hanya anak yang telah kecanduan bermain gagadet namun sebagian orang tua juga telah banyak yang menggunakan gagdet dan menghabiskan waktu yang lebih banyak dalam mengakses gagdet, jika sebagian anak lebih banyak memainkan game dalam gagadetnya maka baisanya sebagian orang tua sibuk mengakses sosial media,  kalau sudah seperti ini bagaimana bisa melarang anak jika orang tua saja telah kecanduan gagdet.

Maka dari itu jadilah contoh yang baik bagi anak anda, kurangilah menggunakan gagdet dan perbanyak interaksi dengan anggota keluarga, kalau perlu pilih waktu khusus untuk berkumpul dengan semua anaggota keluaraga dan singkirkan semua hal yang bisa menggangu komunikasi termasuk gagdet

Itulah beberapa cara yang bisa anda coba untuk mengatasi anak yang telah kecanduan bermain gagdet, namun jangan terlalu overprotektif sehingga anda melarang sepenuhnya anak anda untuk bermain gagdet karena sejatinya gagdet juga punya banyak manfaat jika digunakan dengan bijak. Apa saja manfaat gagdet bagi anak jika digunakan dengan bijak? berikut

Dampak Positif Gagdet Bagi Anak

1. Anak menjadi lebih pekah teknologi
Dampak positif kehadiran Gagdet diusia kanak-kanak, membuat anak menjadi lebih pekah teknologi atau lebih cepat beradaptasi dengan keberadaan teknologi. Selain itu anak juga akan lebih memahami betapa pentingnya teknologi. dengan memiliki gagdet anak juga akan secara alami mengikuti perkembangan teknologi, misalkan ketika ada gagdet keluaran baru anak akan berusaha mengetahui kelebihannya dan membandingkan dengan gagdet miliknya.

2. Sarana bermain bagi anak-anak
Biasanya alasan sebagian orang tua membelikan gagdet anaknya adalah karena gagdet bisa diisi dengan berbagi jenis games yang dapat mengedukasi anak, intinya dengan memiliki gagdet anak bisa bermain sekaligus belajar melalui gagdet. Gagdet juga bisa membantu orang tua, karena biasanya ketika anak diberi gagdet maka anak tersebut akan fokus kepada gagdetnya sambil bermain sehingga orang tua bisa melakukan beberapa aktivitas lainnya.

3. Melatih fungsi dan perkembangan otak anak
Pernakah kita melihat seorang anak yang sedang mengoperasikan gagdet terlihat lebih tenang dan fokus, apalagi jika anak tersebut sedang main game. gagdet memiliki dampak positif terhadap perkembangan otak anak, ketika seorang anak sedang menggunakan gagdet  sebenarnya fungsi otak anak sedang berjalan dengan maksimal. selain melatih fungsi otak gagdet juga dapat meningkatkan kreativitas karena ketika anak bermain gagdet otak bagian kiri dan kanan berfungsi secara bersamaan hal ini bisa memicu anak menjadi kritis dan berpikir tingkat tinggi.

4. Menunjang aspek akademik
Jika ada yang beranggapan bahwa ketika seorang anak memiliki gagdet justru akan membuat hasil pelajarannya menurun mungkin itu ada benarnya namun jika penggunaan gagdet oleh anak selalu dalam pendampingan orang tua, maka hasil yang berbeda justru akan didapat. penggunaan gagdet secara positif oleh anak, justru bisa menunjang  aspek akademisnya dan berdampak positif terhadap prestasinya. karena seperti yang kita tahu ada banyak aplikasi di dalam gagdet yang bisa membantu anak untuk belajar, Mulai dari games yang menguji kemampuan berpikir, aplikasi pembelajaran dan masih banyak lagi.

5. Meningkatkan daya imajinasi anak 
Anak yang sudah terbiasa menggunakan gagdet kemungkinan akan mengalami peningkatan daya berimajinasi hal tersebut tak lepas dari daya nalar yang mengaggap apa yang terdapat pada gagdetnya seperti sebuah imajinasi. bayangkan saja bagaimana seorang anak memaknai games yang berbentuk kartun yang ia mainkan atau melihat sosok manusia kecil yang ada di dalam gagdetnya (video). Hal tersebut melatih anak dalam membentuk pola pikir imajinatif sehingga akan muncul banyak ide-ide kreatif dan inovatif dalam benak seorang anak dan jika dikonstruksikan, anak bisa menjadi pemimpi yang visioner yang kelak akan melahirkan karya-karya hebat.

6. Menghilankan stress dalam diri anak 
Bukan hanya orang dewasa yang biasa mengalami stress atau rasa jenuh akan suatu hal akan tetapi anak juga terkadang mengalami kondisi jenuh dalam keadaan tertentu. pernakah kita melihat anak yang ketika memiliki mainan baru dia begitu menyukainya namun lama kelamaan anak tersebut kelihatan mulai bosan dan jenuh memainkannya dan cenderung mulai tertarik dengan hal baru lainnya. salah satu hal positif yang dimiliki gagdet adalah memiliki banyak fitur dan jenis permainan yang bisa dimainkan anak jika anak sudah bosan dengan satu permainan maka dia bisa mencoba permainan lainnya.

7. Meningkatkan daya visual terhadap objek
Salah satu dampa positi gagdet bagi anak ialah meningkatkan daya visual anak terhadap suatu objek. analoginya cukup sederhana, anak yang terbiasa memainkan games akan lebih fokus melihat objek. biasanya objek dalam gagdet selalu bergerak sehingga melatih kemampuan mata anak menangkap visualisasi objek yang bergerak.

Demikianlah artikel tentang 10 Cara Mengatasi Kecanduan Gagdet Pada Anak, semoga bermanfaat.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon