Sunday, 19 March 2017

9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

Tags
9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja_ "Kuliah dulu kemudian kerja atau kerja dulu kemudian kuliah" sebuah pernyataan yang terkadang membuat kita bingung dalam menentukan pilihan. Faktanya jika anda memilih untuk kerja terlebih dahulu, membuat anda punya kesempatan mengumpulkan uang terlebih dahulu yang nantinya bisa dipakai ketika anda sudah kuliah namun tantangan terberat ketika memilih kerja terlebih dahulu adalah kadang seseorang terperangkap dalam rutinitas kerja sehingga minat dan motivasi untuk melanjutkan kuliah sedikit berkurang selain itu jika memilih kerja terlebih dahulu kemampuan intelektual (ilmu yang dipelajari saat duduk di bangku SMA) akan sedikit memudar apalagi jika waktu jedah antara lulus SMA dan melanjutkan kuliah sedikit lama.

9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja
9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja
Dan apabila anda memilih untuk lanjut kuliah terlebih dahulu kendalanya yang bisa anda dapatkan adalah biaya pembayaran kuliah yang cukup mahal, kecuali keluarga anda sanggup membiayai maka hal tersebut tidak akan jadi masalah Dan faktanya walaupun anda lulusan perguruan tinggi tidak menjamin anda akan mendapatkan pekerjaan dengan mudah karena saat ini ada banyak sarjana yang menggangur, salah satu penyebabnya adalah kerasnya persaingan dalam mendapatkan pekerjaan.

Opsi selanjutnya yang bisa anda pilih adalah kuliah sambil kerja, dengan kuliah sambil kerja ada banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan, mulai dari anda bisa membiayai kuliah sendiri sehingga tidak lagi membebani orang tua, melatih pribadi anda menjadi orang yang mandiri dan pekerja keras dan membuat anda menjadi pribadi yang displin. Namun kuliah sambil kerja juga memiliki berbagai tantangan seperti sulitnya membagi waktu antara bekerja dan kuliah, kegiatan perkuliahan yang bisa amburadul dan waktu untuk menyelesaikan kuliah mungkin akan lebih lama dari mahasiswa lainnya yang hanya fokus kuliah.

Jadi apa solusi yang jitu agar bisa sukses kuliah sambil kerja? dalam artikel akan diulas dengan seksama cara agar bisa sukses kuliah sambil kerja yang bisa anda coba aplikasikan agar kuliah dan kerja anda bisa jalan bersamaan. berikut ulasan Tips Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja

1. Pilih kelas non reguler saat kuliah
Kelas non reguler adalah kelas yang biasanya jadwal kuliahnya pada hari sabtu dan minggu, jadi dengan memilih kelas reguler waktu anda untuk kuliah tidak terlalu padat berbeda dengan kelas reguler yang jadwal kuliahnya mulai dari hari senin sampai jumat. Dengan memilih kelas reguler anda bisa fokus bekerja pada hari senin sampai jumat, apalagi jika intasnsi/lembaga tempat anda bekerja jam kerjanya mulai dari hari senin sampai jumat maka hal tersebut akan semakin memudahkan anda dalam memanejemen waktu anda antara kerja dan kuliah. Namun tantangan dari memilih kelas reguler adalah biaya kuliah yang cukup mahal.

2. Sebaiknya kuliah di kampus yang tidak terlalu ketat aturannya
Jika anda ingin sukses kuliah sambil kerja, maka sebaiknya anda memilih kampus yang tidak terlalu menerapkan aturan yang sangat ketat. Karena seperti yang kita ketahui terkadang ada tugas kerja secara tiba-tiba yang membuat anda tidak bisa mengikuti perkuliahan. Jika anda memilih kampus yang displin dan memiliki aturan yang ketat kemungkinan antara kuliah dan kerja harus ada yang dikorbankan dan kemungkinan terburuknya anda akan lama menyelesaikan kuliah melebihi waktu normal sehingga biaya yang dikeluarkan akan lebih besar. Oleh karena itu disarankan sebaiknya anda memilih kuliah di kampus swasta, sebagian kampus swasta sendiri tidak terlalu menerapkan aturan yang ketat dan cukup mengerti dengan mahasiswa yang bekerja sambil kuliah.

3. Memilih kuliah yang menerapkan kuliah malam
Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja Opsi selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan memilih kuliah di kampus yang menerapkan kuliah malam, seperti yang kita ketahui ada beberapa kampus yang menerapkan kuliah malam, anda tinggal memilih kampus yang sesuai dengan bakat dan minat anda. Dengan kuliah malam anda tidak akan dipusingkan lagi antara kuliah dan kerja karena waku kerja dan kuliah kemungkinan kecil berbenturan, jadi setelah pulang kerja anda bisa istirahat beberapa saat kemudian melanjutkan kuliah.

4. Pilih kelas jauh (online)
Walaupun tidak banyak kampus yang menerapkan perkuliahan jarak jauh atau kuliah online, tapi hal tersebut bisa menjadi opsi lain. Kampus yang menerapkan kuliah jarak jauh seperti UT (uiversitas terbuka) jadi jika anda benar-benar memiliki niat besar untuk kuliah namun tidak memiliki banyak waktu karena padatnya jadwal kerja maka opsi tersebut bisa anda coba.

5. Keja di perusahaan atau instansi yang menerapkan sistem SHIFT (pergantian kerja)
Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja adalah Agar jadwal kerja anda bisa berjalan lancar dan begitupun jam kerja tidak ada salahnya anda memilih pekerjaan yang bersistem shift. Shift biasanya adan dua yakni Shift I yang jam kerja mulai dari jam 08.00-16.00  dan Shift II mulai dari jam 16.00-selesai. jadi dengan bekerja di perusahaan yang menerapkan sistem shift maka jam kerja dan jam kuliah bisa diatur. Misalkan anda memiliki kuliah pagi sampai siang maka anda bisa masuk kerja pada shift II yakni dari jama 16.00- selesai begitupun sebaliknya jika jadwal kuliah anda pada malam hari maka anda bisa masuk kerja dari pagi sampai sore.

6. Bekerja sebagai freelance
Supaya tidak terlalu membebani orang tua dengan biaya kuliah yang cukup mahal anda bisa memilih kerja sebagai freelance. Apa itu freelance? freelance adalah pekerja lepas dan tidak terikat oleh instansi atau perusahaan, jadi kalau anda punya waktu luang dan sedang tidak kuliah anda bisa pergi kerja ditempat (perusahaan/instansi) yang menerapkan sistem freelance dan jika jadwal kuliah lagi padat anda bisa tidak masuk kerja karena pekerja yang bertatus freelance tidak memiliki keterikatan dengan tempat kerja. Biasanya gaji yang diterima oleh freelance disesuaikan dengan banyaknya target yang ditugaskan kepadanya yang bisa diselesaikan.

7. Bekerja Menjadi penulis (writer content)
Jika anda tidak mau terlalu repot dan memiliki kemampuan menulis artikel, maka tidak ada salahnya anda bekerja sebagai penulis. Hasil tulisan anda bisa dijual diwebsite-website dan harganya juga cukup lumayan bahkan anda developer web yang menghargai satu artikel dengan harga 50 ribu/artikel, dengan begitu jadwal kuliah anda tidak akan terganggu karena menjadi penulis tidak terikat waktu sama sekali, jadi kapanpun anda punya kesempatan dan memiliki mood yang bagus anda bisa menulis artikel.

8. Bekerja Sebagai Website develover
sukses kuliah sambil kerja bisa dicapai dengan menjadi website developer, website developer caranya sangat mudah anda hanya perlu belajar menjadi blogger dan buat website sendiri kemudian anda bisa mengisi website tersebut dengan berbagai tulisan yang bisa membantu orang lain. Usahakan tulisan dalam web anda original dan bukan copy paste. Pendapatan dari website juga cukup lumayan kunci untuk sukses jadi web developer adalah konsisten menulis konten atau artikel yang berkualitas dan original.

9. Displin
Kunci utama agar anda bisa kuliah sambil kerja dengan sukses adalah dengan menanamkan sikap displin dalam diri, pintar memanajemen waktu adalah syarat utama untuk sukses kuliah dan kerja. Dalam kuliah biasanya anda akan mendapatkan banyak tugas-tugas kuliah jadi kalau tidak displin membagi waktu mengurus tugas-tugas kuliah dan tugas pekerjaan bisa-bisa kuliah dan kerja bisa amburadul.

Demikianlah 9 Tips Cara Agar Sukses Kuliah Sambil Kerja yang bisa anda coba realisasikan, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Yakinlah dimana ada kemauan disitu ada jalan, jadi tetap optimis namun tetap realistis.

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon