10 Cara Mudah Memahami Materi Kuliah

Cara Mudah Memahami Materi Kuliah_ Belajar merupakan usaha atau proses yang dilakukan setiap individu maupun kelompok yang dimana bertujuan untuk memperoleh suatu perubahan baik dalam bentuk pengetahuan, tingkah laku, keterampilan, dan nilai-nilai positif sebagai pengalaman dari bahan yang telah dipelajari.


Materi pembelajaran merupakan pengetahuan, keterampilan dan sikap dimana hal ini harus dikuasai oleh setiap orang yang sedang mengenyam pendidikan. Belajar tidak semata-mata datang duduk mendengarkan, tetapi bagaimana anda bisa memahami apa yang telah disampaikan oleh dosen.

Meskipun demikian masih banyak mahasiswa yang mengabaikan hal-hal sepele yang ternyata bisa membuat pemahaman akan materi menjadi lebih baik dan masih banyak mahasiswa yang bingung dengan cara menghafal pelajaran agar cepat masuk ke otak. Berikut beberapa cara agar mudah memahami materi kuliah.

10 Cara Mudah Memahami Materi Kuliah

1. Pandai Memilih Tempat Duduk
Salah satu cara memahami pelajaran dengan mudah adalah dengan memilih tempat duduk yang strategis pada saat proses perkuliahan berlangsung, meskipun terdengar konyol nyatanya hal ini bisa menentukan pemahaman anda dalam menerima materi.

Agar bisa menduduki bangku paling depan usahakan untuk datang lebih awal minimal 10 atau 15 menit sebelum perkuliahan dimulai. Anda bisa memilih bangku paling depan ketika penerimaan materi, dengan begitu akan sangat mudah mendengarkan apa yang disampaikan oleh dosen dibandingkan dengan duduk dibagian belakang yang notabenenya selalu diisi oleh orang-orang yang hobi bercerita

Dengan duduk dibagian depan anda akan mudah mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan dari dosen. Sehingga anda lebih fokus dan konsentrasi. Tentunya akan menghasilkan pemahaman yang berbeda dibandingkan dengan mereka yang duduk dibelakang.

2. Perbanyak Diskusi
Hal yang jarang kita temukan saat ini adalah kumpulan mahasiswa yang sedang berdiskusi dan lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadged. Tidak selalu apa yang disampaikan oleh dosen akan dipahami dengan cepat dan mudah, ditambah lagi jika dosen menggunakan bahasa-bahasa ilmiah pada saat membawakan materi.

Salah satu cara belajar agar cepat paham dan ingat materi adalah dengan berdiskusi dengan teman kelas dan mengulang atau membahas kembali tentang apa yang sudah disampaikann dosen sebelumnya.

Berdiskusi juga akan menambah pengetahuan lebih karena masing-masing orang memiliki pendapat yang berbeda-beda sehingga anda bisa menarik kesimpulan setelah mendengarkan berbagai macam argument dari teman- teman dan pastinya anda akan lebih paham setra ingat akan materi. Dengan berdiskusi anda juga bisa bertanya lebih banyak, forumnya juga tidak begitu formal sehingga bisa belajar sambil bermain agar tidak terlalu membosankan.

3. Mengatur Waktu [Manajemen Waktu]
Menjadi mahasiswa harus pandai dalam urusan mengatur waktu terlebih lagi bagi anda yang kuliah sambil kerja, anda harus menyesuaikan dengan waktu belajar agar tidak ketinggalan belum lagi waktu bersama keluarga dan teman. Ketika menjelang ujian tentu anda harus mempersiapkan banyak hal dan belajar agar mendapatkan nilai yang memuaskan.

Ketika menjelang ujian anda harus tahu bagaimana cara cepat menghafal pelajaran ujian agar persiapan anda semakin matang. Salah satunya yaitu dengan memiliki cacatan tentang pelajaran yang akan diujiankan, menggaris bawahi materi yang di anggap penting, atau garis-garis besar materinya.

4. Menyesuaikan dengan Kenyamanan
Ketika ingin fokus dan konsentrasi dalam belajar tentunya harus dengan kondisi yang nyaman agar tidak sulit memahami pelajaran. Setiap orang memiliki cara mereka masing-masing untuk bagaimana memahami materi, penting untuk mengetahui bagaimana tipe belajar yang sesuai dengan anda.

Misalnya belajar melalui rekaman suara, rekaman video, atau dengan cara sesuai kenyamanan anda. Mengetahui tipe belajar sangatlah penting agar anda bisa dengan nyaman belajar dan tidak terkesan seperti memaksakan diri. Ada banyak cara agar bisa memahami materi dengan mudah, salah satunya dengan berdiskusi atau bisa menanyakan langsung kepada dosen terkait agar lebih mudah dibandingkan dengan hanya membaca melalui buku saja.

5. Menulis Kembali/Mencatat Penjelasan Dosen
Selain berdiskusi, cara agar pelajaran mudah diingat adalah dengan menulis kembali materi yang sudah dijelaskan oleh dosen. Menulis juga merupakan cara belajar sendiri agar anda tidak terbiasa bergantung pada orang lain, namun dalam menulis akan lebih baik jika anda melakukannya dengan tulis tangan dibandingan dengan mengetiknya di notebook.

Seperti yang dijelaskan oleh Psikolog pendidikan dari University of Nebraska, Kenneth Kiewra bahwa kegiatan menulis dapat membuat fungsi otak yang berhubungan dengan kemampuan dan mengingat serta memahami suatu materi atau pelajaran menjadi lebih tajam.

Tidak hanya itu para peneliti Washington Uneversity juga mengungkapkan bahwa seseorang yang menulis tangan akan mampu mengingat lebih lama dibandingkan dengan mereka yang yang mengetik, selain itu otak menjadi lebih mudah merekam sesuatu yang ditulis dengan tangan dan pastinya dengan menulis membuat otak menjadi terorganisir dengan baik.

6. Belajar Tepat Waktu
Jika anda ingin dengan mudah menghafal materi kuliah, bukan hanya sekedar mengetahui bagaimana cara memahami tetapi harus mengetahui waktu yang tepat untuk belajar. Buatlah jadwal belajar anda agar menjadi lebih terstruktur dan terarah.

Anda juga harus memperhatikan waktu belajar yang kurang efektif misalnya pada saat pulang kampus, biasanya seseorang yang terobsesi dengan nilai akan lebih bekerja keras tanpa mengetahui aturan, belajar sepulang kuliah hanya akan membuat anda menjadi stres. Ketika tubuh dalam keadaan lelah maka otak akan menjadi lebih sulit untuk focus dan konsentrasi, hal ini bisa membuat anda sulit untuk menghafal atau memahami materi yang akan anda pelajari.

7. Perbanyak Bertanya
Untuk saat-saat tertentu anda harus menghilangkan rasa malu ketika sedang belajar, banyak yang salah kaprah jika melihat orang lain atau teman sekelas lebih banyak bertanya. Biasanya mereka beranggapan bahwa yang sering bertanya adalah mereka yang kurang pandai hal inilah yang menyebabkan ketidakpercayaan diri dalam bertanya.

Padahal bertanya bukan berarti anda kurang pandai, tetapi dengan bertanya anda akan lebih banyak mendapatkan pemahaman dibandingan dengan mereka yang jarang mengajukan pertanyaan. Anda bisa bertanya kepada dosen, senior atau teman sekelas anda. Jadi mulai saaat ini jangan sungkan untuk bertanya, seperti kata pepata mengatakan bahwa “malu bertanya, sesat dijalan” sama halnya dalam pendidikan, semakin malu bertanya semakin anda terperosok kedalam jurang kebodohan.

8. Motivasi 
Dalam belajar tentu saja akan selalu ada kendala yang anda dapatkan, dan tentunya hal ini akan menyurutkan semangat anda dalam belajar. Jika semangat mulai memudar tentu akan mengurangi fokus dan konsentrasi sehingga menyebabkan anda menjadi sulit dalam memahami materi. Ketika hal ini terjadi maka yang harus anda lakukan adalah memotivasi diri.

Biasanya motivasi kita dapatkan dari orang lain, tetapi pada saat-saat tertentu anda harus bisa dan mampu memotivasi diri karena hanya diri sendirilah yang paham dan mengerti akan situasi yang sedang anda jalani. Namun jika masih kurang anda bisa menonton video-video motivator yang ada diyoutube agar anda menjadi lebih bersemangat lagi.

9. Fokus Pada saat Dosen Menjelaskan
Saat dosen sedang menjelaskan materi kuliah usahakan untuk fokus mendengarkan penjelasannya, singkirkan hal-hal yang bisa membuayarkan konsentrasi anda, misalnya saja Hp atau alat elektronik lainnya.

Kalian mesti ingat bahwa ketika kalian gagal fokus pada materi-materi tertentu dalam perkuliahan, maka bisa jadi kalian akan gagal memahami semua yang dijelaskan dosen. Jadi ingat selalu untuk tetap fokus pada saat dosen sedang menjelaskan.

10. Mereview Materi Kuliah
Terakhir agar kalian bisa memahmi materi kuliah yakni dengan mereview kembali apa-apa yang telah anda pelajari atau apa-apa saja yang telah dijelaskan oleh dosen anda. Karena seperti yang kita tahu kita akan mudah lupa dengan apa yang kita pelajari, sehingga agar mudah tertanam dalam ingatan maka harus sering diulang-ulang.

Demikianlah artikel tentang Cara Mudah Memahami Materi Kuliah, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua.Selamat mencoba

0 Response to "10 Cara Mudah Memahami Materi Kuliah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel