8 Tips Mengikuti Kuliah Daring (Online) yang Efektif

8 Tips Mengikuti Kuliah Daring (Online) yang Efektif_ Kemajuan teknologi memberikan efek yang nyata bagi dunia pendidikan termasuk bagi aktivitas pembelajaran di perguruan tinggi/kampus. Dengan bantuan teknologi proses perkuliahan sudah bisa dilakukan dari rumah (from home), yakni dengan bantuan teknologi, untuk melaksanakan perkuliahan berbasis daring (dalam jaringan) atau dalam bahasa kerennya "Kuliah Online".

Sumber gambar: Sevima.com

Tentunya pelaksanaan kuliah daring (dalam jaringan), mahasiswa harus memiliki perangkat elektronik berupa Hp atau PC yang bisa membantu mengakses materi-materi yang disampaikan oleh dosen secara online dan live, selain perangkat elektronik, juga dibutuhkan jaringan internet dan kuota yang memadai agar mahasiswa yang bersangkutan bisa mengikuti perkuliahan secara kontinu dan konsisten.

Namun terlepas dari berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh mahasiswa untuk bisa ikut dalam perkuliahan daring (dalam jaringan), yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah seberapa efektif perkuliahan yang dilakukan secara online? apakah perkuliahan secara online juga mampu membuat tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal?

Tentunya dua variabel yang bisa menjadi penentu dari suksesnya suatu perkuliahan secara daring adalah Dosen dan mahasiswa, peran dosen adalah bagaimana mereka dalam menyusun suatu pembelajaran dan memberikan pembelajaran yang tetap berkualitas meskipun via online serta bagaimana seorang mahasiswa menerima materi yang disampaikan dosen.

Namun dalam artikel ini kita akan fokus membahas tentang bagaimana cara yang tepat atau efektif bagi seorang mahasiwa dalam mengikuti kuliah daring (dalam jaringan). Apa saja Tips Mengikuti Kuliah Daring (Online) yang Efektif? Berikut ulasannya.

8 Tips Mengikuti Kuliah Daring (Online) yang Efektif

1. Memperbaiki Niat
Kenapa memperbaiki niat menjadi poin nomor satu agar bisa efektif dalam mengikuti kuliah daring? Pastinya kondisi saat kuliah tatap muka langsung (kuliah offline) dalam kelas berbeda dengan kuliah daring. Kuliah daring tidak selamanya seorang dosen mampu mengawasi atau mengecek apakah kalian memerhatikan atau tidak penjelasan dosen tersebut. Sehingga bisa jadi tidak jarang sebagian mahasiswa mungkin hanya numpang absen saat kuliah daring, kemudian tidak lagi memerhatikan pemaparan materi yang diberikan oleh dosen. Bahkan yang lebih parah jika ada mahasiwa yang hanya ikut absen setelah itu pergi melakukan aktivitas lain.

Maka dari itu sangat penting bagi kalian untuk memperbaiki niat saat mengikuti kuliah daring, jangan karena dosen tak bisa mengawasi atau memerhatikan kalian, apakah perhatikan atau tidak materi yang dipaparan, lantas kalian acuh tak acuh untuk mengikuti perkuliahan. 

Pahamilah bahwasanya mengikuti kuliah dengan sungguh-sungguh adalah tanggung jawab anda terhadap diri anda sendiri, sukses atau tidaknya kalian dihari esok tergantung bagaimana cara kalian belajar saat ini. Tanamkanlah rasa malu dalam diri kalian, malu jika diberikan kepercayaan oleh orangtua untuk kuliah lantas tidak menjalankan amanah tersebut. Malulah jika dosen percaya pada kalian namun esensinya kalian tidak amanah.

2. Mencari Tempat yang Memiliki Jaringan Internet yang Memadai
Namanya juga kuliah daring (dalam jaringan) yah sudah pasti membutuhkan jaringan internet agar bisa terkoneksi dengan pembelajaran yang dibawalan oleh dosen. Maka dari itu agar tida ketinggalan materi perkuliahan akibat jaringan yang putus-putus atau lelet, maka sebelum perkuliahan dimulai alangkah baiknya kalian mencari tempat yang memiliki jaringan internet yang memadai.

Kalian tidak mau bukan pas dosen menjelaskan materi yang penting langsung tiba-tiba koneksi buruk dan terputus! Lantas jika muncul pertanyaan, bagaimana dengan kami mahasiswa yang tinggal di kampung dengan kondisi jaringan yang kurang bersahabat.

Nagh memang salah satu kendala kuliah online adalah domisili mahasiswa yang sebagian kemungkinan berada di desa/kampung sehingga terkendala masalah jaringan, lain halnya jika semua mahasiswa berada di kota maka perkuliahan bisa berjalan mulus.

3. Mencari Posisi yang Nyaman
Yang perlu kalian pahami adalah kuliah online pada pertemuan pertama dan kedua akan mungkin terasa menyenangkan, namun seiring berjalannya waktu maka bisa jadi akan muncul perasaan jenuh dan bosan bahkan stress dalam mengikuti kuliah online. Kenapa perasaan jenuh dan bosan bahkan stress dalam mengikuti kuliah online bisa muncul?

Hal tersebut bisa jadi dipengaruhi oleh interaksi kuliah online yang sebatas vitual atau dunia maya, padahal manusia esensinya adalah makhluk sosial yang senang berinteraksi dalam dunia nyata. Maka dari itu untuk bisa meminimalisir perasaan-perasaan jenuh dan bosan bahkan stress dalam mengikuti kuliah online maka sebaiknya kalian senantiasa mencari posisi yang nyaman dan tenang dalam mengikuti kuliah online.

4. Menyiapkan Buku Catatan.
Kuliah online pastinya atau biasanya berlangsung live, jadi dosen kemungkinan tidak akan terlalu sering mengulang materi yang disampaikan, beda halnya jika nonton video yang bisa di putar ulang atau dipause jika ada materi yang tidak dimengerti, kuliah online juga biasanya diikuti oleh banyak mahsiswa lain, jadi agak ribut.

Maka dari itu agar materi perkuliahan yang dijelaskan oleh dosen bisa efektif bagi kalian untuk pahami, sebaiknya kalian menyiapkan buku catatan, untuk mencatat materi-materi penting. Selain menggunakan buku catatan, kalian juga bisa menggunakan aplikasi yang bisa merekan layar video dan audio saat kalian kuliah online, dengan begitu meskipun perkuliahan via daring telah selesai kalian masih bisa mengulang-ulang video yang telah kalian recorded tersebut.

5. Fokus Tingkat Tinggi
Belajar melalui proses tatap muka saja butuh tingkat fokus yang tinggi, agar semua materi bisa dipahami, apalagi jika belajar atau kuliah via online/daring, pastinya lebih membutuhkan tingkat fokus yang lebih maksimal. Kendala yang sering dihadapi saat kuliah daring misalnya Audio tidak jernih, jaringan tidak stabil sehingga koneksi putus-putus dan mahasiswa yang ikut kuliah online ribut sehingga penjelasan dosen tidak terlalu jelas.

Berbagai kendala saat kuliah via online ini menuntut mahasiswa untuk bisa fokus, jika gagal fokus maka kemungkinan beberapa materi bisa tertinggal atau gagal dipahami. Fokus belajar atau kuliah online bisa didukung dengan posisi nyaman saat kuliah serta beberapa hal lainnya. Sebenarnya cara fokus seseorang juga bervariatif, jadi kalian pastinya yang lebih mengerti situasi dan kondisi bagaimana kalian bisa fokus menerima materi saat kuliah online.

6. Mengikuti Perkuliahan Online Sesuai Jadwal yang Ditentukan
Kuliah offline dan online pastinya sama-sama memiliki jadwal pertemuan/perkuliahan. Bedanya jika kalian kuliah offline dan terlambat datang, kalian bisa bertanya kepada guru atau teman secara langsung, namun jika kuliah online dan kalian terlambat connect, sebenarnya sih kalian juga bisa bertanya sama dosen atau teman, tapi kemungkinan kita akan agak merasa canggung untuk bertanya. Dan akhirnya kita mau tidak mau jadi tertinggal dengan materi yang disampaikan dosen.

Selain itu dengan mengikuti perkuliahn sesuai jadwal kalian juga bisa mendapatkan persepsi positif dari dosen kalian, misalnya saja akan dicap sebagai mahasiswa displin dll. Kalian juga harus paham bahwa hadir tepat waktu merupakan indokator penilaian dosen kepada mahasiswanya, jadi jangan anggap sepele because attitude more important that intelegenci.

7. Memanfaatkan Sesi Tanya Jawab 
Biasanya dalam perkuliahan dosen akan mengadakan atau memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya. Bagi kalian yang kurang paham dengan materi atau beberapa hal yang disampaikan oleh dosen, maka sesi tanya jawab adalah kesempatan untuk bertanya seputar materi yang masih membuat kalian gagal paham.

Ada sebuah ungkapan yang berbunyi "Malu bertanya sesat di jalan", maka jika dianalogikan dalam paradigma cara berpikir mahasiswa "Malu bertanya akan sesat kemudian", namun toh itu sebuah ungkapan, karena belajar bukan hanya melalui pendidikan formal, tapi yang paling penting adalah bagaimana kita mampu belajar dari kesalahan dan pengalaman (experience makes perfect).

8. Aktif dalam Mengikuti Perkuliahan
Dalam dunia ini telah ada hukum-hukum yang ditetapkan oleh Allah, Baik itu hukum Sebab Akibat (jika kalian aktif dalam perkuliahan maka konsekuensinya minimal kalian akan paham), Hukum Keselarasan (Jika kita menanam jagung maka yang tumbuh pasti jagung bukan rambutan) jika kalian rajin belajar, aktif dalam perkuliahan maka akan selaras dengan kemampuan kalian, misalnya mnjadi auto pintar, Hukum Menabur dan Menuai (apa yang kita tanam, itu yang akan kita tuai).

jadi sebagai conclusion/kesimpulan, bahwasanya tidak ada sesuatu yang tercipta secara instan, semuanya berjalan sesuai dengan hukum-hukum semesta. Maka dari itu jika kelak kalian ingin sukses pastinya kalian sudah tahu apa yang kalian harus lakukan.

Demikianlah artikel tentang "8 Tips Mengikuti Kuliah Daring (Online) yang Efektif", Semoga artikel tersebut bisa memberi manfaat untuk anda semua

0 Response to "8 Tips Mengikuti Kuliah Daring (Online) yang Efektif"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close