20 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

20 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi_ Ketika anda sudah menduduki bangku perkuliahan maka anda akan mendapatkan gelar “mahasiswa” . Menjadi mahasiswa tentu akan sangat berbeda dengan mereka yang masih duduk dibangku sekolah.


Mahasiswa adalah mereka yang telah terdaftar disalah satu universitas, dengan mengikuti KRS berjalan dan telah memenuhi kewajibannya seperti membayar SPP. Lantas, bagaimana menjadi mahasiswa yang berprestasi berikut beberapa tipsnya ;

20 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

1. Niat
Jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi, tentu hal utama yang harus anda lakukan adalah niat, dengan adanya niat yang sungguh-sungguh anda akan mudah untuk melakukan tahap selanjutnya.

2. Berdoa dan Berusaha 
Selain niat anda juga harus berdoa, karena setiap apa yang dilakukan manusia tidak lepas dari campur tangan Tuhan. Berdoalah kepada-Nya agar senantiasa selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam setiap urusan anda dan hal yang paling penting adalah berusaha, karena berdosa saja tidak cukup tanpa dibarengi dengan usaha agar menjadi mahasiswa yang baik.

3. Belajar
Mungkin sebagian besar orang akan bertanya-tanya, mahasiswa yang baik itu seperti apa ? yap, mahasiswa yang baik itu adalah mereka yang tidak hanya datang duduk diam menerima materi dikampus, tetapi mereka yang rajin dan giat belajar. Karena dengan belajarlah pengetahuan akan terus bertambah dan berkembang.

4. Aktif dalam Kelas
Jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi maka harus aktif dalam kelas, saat ini banyak sekali mahasiswa yang apatis, meskipun tahu tetapi masih saja malas untuk mengemukakan pendapat kepada teman-temannya. Lalu bagaimana cara menjadi mahasiswa aktif dikelas ? hal yang harus anda lakukan adalah dengan rajin bertanya, jangan pernah malu untuk bertanya dan yang terakhir adalah usahakan untuk menjawab setiap apa yang ditanyakan oleh dosen.

5. Perbanyak Membaca
Dengan membaca anda akan lebih banyak memiliki pengetahuan dibandingkan dengan mereka yang malas membaca, seperti yang kita ketahui bahwa buku adalah jendela dunia, jika ingin mengetahui dunia maka membacalah. Ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan jika rajin membaca, anda bisa membaca buku, novel, majalah atau beberapa artikel. Selain itu dengan rajin membaca anda akan lebih memiliki banyak kosakata.

6. Rajin Berdiskusi dan Kajian
Selain menerima materi dari dosen anda juga bisa melakukan diskusi bersama teman-teman, penting sekali bagi mahasiswa untuk berdiskusi. Misalnya mendiskusikan tentang tentang materi yang masih kurang dipahami.

7. Bangun Komunikasi yang Baik dengan Dosen 
Anda juga bisa membangun komunikasi yang baik dengan dosen, ketika anda memiliki kendala atau masalah dalam memahami materi, anda bisa bertanya langsung kepada dosen, selain itu mereka juga pernah menjadi mahasiswa sehingga dengan mudah dosen akan memahami masalah yang sedang anda alami. Anda juga bisa meminta saran tentang bagaimana cara menjadi mahasiswa cumlaude.

8. Berorganisasi
Penting bagi mahasiswa untuk berhimpun disalah satu organisasi, meskipun sebagian besar orang mengatakan bahwa organisasi hanya akan menghambat perkuliahan, namun perlu diketahui bahwa dengan berorganisasi akan ada banyak yang bisa anda dapatkan, misalnya teman baru, pengalaman dan ilmu yang bermanfaat. Dalam himpunan anda juga bisa meningkatkan bakat maupun kemampuan dan pastinya akan diajarkan cara menjadi mahasiswa kritis.

9. Menerima Masukan 
Mahasiswa yang ingin menjadi cerdas tentu harus berlapang dada dalam menerima masukan dari siapapun selama itu masih baik, kritikan atau masukan sangatlah dibutuhkan dalam setiap proses, tanpa adanya hal itu anda tidak akan tahu sudah sejauh mana perkembangan anda , apa yang masih belum terpenuhi dan semua itu butuh proses.

10. Perbanyak Teman
Tidak ada salahnya dalam bergaul selagi masih berteman dalam lingkungan yang positif, sebagaia mahasiswa harus pandai-panda dalam memilih teman, carilah teman yang bisa memberikan manfaat dan bisa membawa anda kearah yang lebih baik dari sebelumnya. Carilah teman- teman yang rajin belajar atau cerdas agar anda tahu bagiamana pola piker mereka.

11. Jangan Sombong 
Sifat sombong harus dibuang jauh-jauh dari dalam diri, meskipun anda sudah benar jangan sampai menghakimi orang lain dengan menggunakan kebenaran anda, meskipun anda sudah menjadi mahasiswa yang berprestasi, namun ketika anda sombong ilmu yang anda miliki sama sekali tidak ada gunanya.

12. Mencoba Hal Baru
Jangan pernah takut untuk melakukan hal-hal baru, selama itu bisa bermanfaat kenapa tidak. Terus kerjakan apa yang anda lakukan. Ketika anda sudah berhasil, tentu tidak akan hanya menjadi kebanggan bagi diri sendiri, tetapi kelak akan menjadi inspirasi bagi orang lain.

13. Berpikir Positif 
Ketika proses anda tidak selalu berjalan dengan apa yang diharapkan tetaplah berpikir positif, atau ketika apa yang anda lakukan tidak begitu mendapat respon dari orang maka anda harus tetap sabra dan yakin bahwa apa yang anda lakukan hari akan membuahkan hasil dikemudian hari.

14. Memiliki Mentor 
Memiliki mentor akan sangat membantu anda dalam proses, ketika anda memiliki kendala selain berkonsultasi dengan dosen, anda juga bisa berkonsultasi dengan mentor. Anda bisa menjadikan senior sebagai mentor, baik senior dari kampus maupun senior dari himpunan.

15. Pandai Mengatur Waktu 
Untuk menjadi mahasiswa berprestasi haruslah pandai-pandai dalam mengatur waktu, baik waktu barmain, istrahat, bersama keluarga maupun bersama teman. Terlebih dalam waktu belajar, anda harus menggunakan waktu dengan sebaik mungkin, tidak perlu menghabiskan waktu dengan hak-hal yang tidak bermanfaat sepeprti bermain game dan sebagainya.

16. Memiliki Target 
Mahasiswa yang ingin berprestasi tentu akan sedari awal sudah memilikirkan tentang target yang akan dicapainya, misalnya dengan belajar dengan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan IPK yang tinggi tahu menjadi lulusan terbaik diangkatannya. Ada banyak manfaat menjadi mahasiswa berprestasi salah satunya ada menjadi insprirasi bagi orang lain.

17. Manfaatkan Teknologi 
Seiring dengan perkembangan zaman, hari ini teknologi semakin cangggih. Utnuk itu seorang mahasiswa harus pandai dalam memanfaatkan teknologi. Namun faktanya rata-rata mahasiswa menggunakan teknologi hanya untuk bersenang-senang seperti berlebihan dalam penggunaan media sosial yang terkadang tidak ada manfaatnya sama sekali dan dan yang ada hanya membuang-buang waktu saja.

18. Jangan Suka Menunda 
Hal penting lainnya adalah jangan menunda-nunda, ketika anda mulai bermalas-malasan dan suka menunda maka bersiplah anda akan ketinggalan jauh dengan teman-teman anda yang lain. Misalnya dalam mengerjakan tugas, jika ada waktu maka kerjakan bukan malah duduk santai melalukan hal yang tidak bermanfaat.

19. Motivasi Diri
Untuk menjadi mahasiswa berprestasi tentu harus dengan usaha yang keras agar membuahkan hasil yang maksimal, namun untuk beberapa waktu akan ada titik dimana anda akan merasa jenuh. Disaat-saat seperti inilah anda harus mampu memotivasi diri agar bisa bangkit kembali, ingatlah kenbali tentang apa yang menjadi tujuan anda dalam berproses agar kembali bangkit. Dan salah satu motivasi mahasiswa berprestasi adalah untuk membanggakan kedua orang tua.

20. Selalu Semangat 
Semangat akan membawa pengaruh besar selama anda berproses, ketika semangat anda mulai redup maka bersiaplah untuk menyerah. Berbicara tentang semangat, tidak selalu kita dapatkan dari orang lain, anda juga bisa menyemangati diri sendiri tanpa harus menunggu dari orang lain.

Demikianlah artikel tentang 20 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasib Semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua.

0 Response to "20 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel