15 Cara Agar Menjadi Siswa yang Disukai Oleh Guru

15 Cara Agar Menjadi Siswa yang Disukai Oleh Guru_ Setiap mereka yang pernah duduk dibangku sekolah tentu tidak akan asing dengan sosok yang bernama “Guru” dan selalu dijuluki dengan sebutan pahlawan tanpa tanda jasa, darinya kita belajar banyak hal.


Guru tidak hanya menjadi pendidik disekolah tetapi sudah menjadi orang tua yang selalu sabar mendidik, semangat dalam menyampaikan ilmu tidak pernah padam dan selalu memberikan lebih demi keberhasilan peserta didiknya. Karena gurulah status dari tidak tahu menjadi tahu, selain mendidik, membimbing, mengarahkan, dan melatih guru juga merupakan motivator terhebat.

Ketika kita berputus asa dalam belajar, beliaulah yang akan mendorong kita agar lebih semangat dalam belajar. Dibalik guru yang hebat akan selalu ada siswa yang mengidolakannya dan selalu berusaha menjadi yang terbaik agar diperhatikan oleh guru, namun untuk menjadi siswa yang disukai guru ada beberapa cara yang harus dilakukan. Berikut 15 cara agar disukai guru ;

15 Cara Agar Menjadi Siswa yang Disukai Oleh Guru

1. Kenali Pribadi Guru 
Hal penting yang harus dipahami adalah bagaimana anda bisa mengenali pribadi guru tersebut, karena dengan mengetahui pribadi beliau akan memberikan peluang untuk mengetahui tipe seperti apa siswa yang disukainya, apa-apa saja syarat menjadi siswa favoritnya. Dengan begitu tinggal usaha anda untuk memenuhi syarat-syarat tersebut.

2. Aktif dalam Kelas 
Salah satu kriteria agar disukai guru adalah dengan menjadi siswa aktif dalam kelas, baik pada saat menjawab pertanyaan maupun saat mengajukan pertanyaan. Ketika terbiasa aktif dalam kelas maka anda akan menjadi lebih diperhatikan guru dibanding dengan mereka yang hanya duduk menyimak dan biasanya siswa yang aktif dalam kelas akan lebih mudah dikenali oleh guru.

3. Rajin Ke sekolah
Setiap guru tentu akan menyukai siswa yang rajin datang kesekolah dibanding dengan mereka yang malas dan selalu membuat absen kotor. Rajin kesekolah merupakan bukti kesungguhan siswa dalam menuntut ilmu.

4. Jujur 
Jujur merupakan hal yang semakin memudar dalam bagian diri siswa, ada banyak ditemukan siswa yang berani membohongi guru demi kepentingan pribadi, jujur adalah salah satu tips agar guru menyukai kita. Hal yang sering terjadi adalah dengan membohongi guru untuk bisa keluar kelas atau dengan alasan lain. Ketika guru mendapatkan atau mengetahui siswanya sedang berbohong maka bersiaplah menjadi siswa yang dibenci oleh guru.

5. Belajar dengan Giat 
Siswa yang rajin belajar tidak hanya menjadi kebanggaan orang tua, tetapi guru juga ikut bangga dan senang karena bisa memiliki siswa yang belajar dengan giat. Dengan ketekunan anda belajar tentu akan membuahkan hasil dan prestasi yang akan membuat guru senang karena merasa berhasil dalam mendidik siswanya.

6. Sopan 
Sudah semestinya seorang siswa harus bersikap sopan kepada gurunya, mulai dari bagaiamana ia berperilaku maupun cara ia berbicara. Misalnya pada saat guru sedang berbicara, seorang siswa tidak sepatutnya untuk memotong pembicaraan guru atau ketika guru sedang berjalan usahakan untuk tidak mendahului guru dengan berjalan dibelakang beliau.

7. Menaati Aturan 
Disiplin merupakan salah satu cara agar tidak dibenci guru dengan menaati setiap aturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah, misalnya datang tepat waktu agar tidak terlambat, berpakaian rapi dan sesuai dengan hari, tidak membuang sampah sembarangan, mengikuti apel pagi, mengerjakan tugas harian yaitu membersihkan kelas, dan mengikuti upacara. Usahakan untuk tidak melakukan hal-hal yang sama sekali tidak bermanfaat dan melanggar aturan dengan sengaja.

8. Mendengarkan Guru 
Guru tidak hanya menjadi pendidik tetapi guru juga merupakan orang tua siswa disekolah, itulah mengapa siswa harus mendengarkan apa yang dikatakan guru. Ketika siswa malas atau melanggar peraturan maka seorang guru akan menegur, memberi hukuman, bahkan memarahi siswa.

Namun masih banyak siswa yang salah paham dengan hal ini, bagi siswa penting untuk diketahui bahwa ketika guru memarahi siswa itu adalah bentuk dari kepedulian guru agar siswanya menjadi lebih baik lagi dan tidak mengulangi kembali apa yang sudah dilakukan siswa. Salah satu cara membuat guru bahagia adalah cukup dengarkan nesehat dan apa yang diperintahkannya.

9. Menjadi Perangkat Kelas 
Sebagian siswa masih bingung bagaimana cara agar guru terkesan, sebenarnya ada banyak cara mudah yang bisa dilakukan oleh siswa salah satunya adalah dengan menjadi perangkat kelas misalnya ketua kelas, wakil ketua kelas, sekretaris atau bendahara.

Perangkat-prangkat kelas inilah yang akan sering berkomunikasi dengan guru, jika anda sudah menjadi bagian dari perangkat kelas maka yang anda lakukan adalah cukup menjalankan tugas dan kewajiban anda dengan baik sehingga anda bisa membuat guru menjadi terkesan.

10. Fokus dalam Menerima Materi 
Masih banyak siswa yang tidak fokus dan konsentrasi pada saat menerima materi, dan ada saja siswa yang suka bermain meskipun guru sedang menjelaskan. Hal ini hanya akan memacing kemarahan guru karena merasa tidak dihargai, untuk itu jika ingin disukai guru maka fokuslah dalam menerima materi, selain itu dengan anda memperhatikan penjelasan guru jelaskan, anda akan lebih mudah paham akan mata pelajaran yang sedang berlangsung.

11. Mengerjakan Tugas Tepat Waktu
Ciri-ciri murid yang disukai guru adalah mereka yang diberi nilai lebih atau bonus, namun berbicara tentang nilai tentu saja tidak lari dari usaha dan kerja keras dan syarat-syarat yang harus dipenuhi, agar mendapatkan nilai adalah dengan rajin ke sekolah, patuh dan taat aturan mengerjakan tugas yang diberikan guru pada tepat waktu. Dengan demikian guru bisa menilai bahwa siswa yang rajin mengerjakan tugas tepat waktu adalah mereka yang bersungguh-sungguh dalam belajar.

12. Suka Membantu
Tidak hanya guru, setiap orang pasti akan menyukai mereka yang suka membantu. Ada banyak cara untuk membantu guru disekolah, anda bisa membantu guru mengumpulkan tugas dari teman-teman, membantu menertibkan teman-teman ketika guru sedang berada diluar kelas.

Ketika anda bisa membantu guru maka percayalah akan ada balasan dari guru, misalnya ketika anda kesulitan dalam mengerjakan tugas rumah dan berkonsultasi dengan guru, maka beliau tidak akan sungkan-sungkan untuk membantumu. Hal ini juga merupakan tanda-tanda anak kesangan guru, karena beliau akan melakukan yang terbaik demi anak didik yang disayanginya.

13. Ramah dan Murah Senyum
Guru akan menyukai siswa yang selalu bersikap ramah dan murah senyum, yang dimana ketika siswa bertemu guru akan selalu menyapa. Dengan seringnya anda menyapa tentu akan menjadi lebih dikenal oleh guru dan bisa membangun hubungan yang lebih baik lagi antara guru dan siswa.

14. Rendah Hati
Bersikap rendah hati adalah bentuk dari penghargaan siswa kepada sang guru, dengan rendah hati siswa bisa menunjukkan bahwa ia benar-benar ingin menjadi peserta didik yang baik dan semata-mata ingin mendapatkan ilmu dari gurunya.

15. Tidak Sombong 
Hubungan yang baik tidak hanya dibina ketika berada dilingkungan sekolah, jika anda ingin disukai dan disenangi guru maka buang jauh-jauh sifat sombong dalam diri. Misalnya ketika bertemu guru diluar lingkungan sekolah anda bisa menegur atau menyapa guru dengan catatan harus sopan.

Demikianlah artikel tentang 15 Cara Agar Menjadi Siswa yang Disukai Oleh Guru, semoga memberi manfaat untuk anda

0 Response to "15 Cara Agar Menjadi Siswa yang Disukai Oleh Guru"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel