10 Tips Agar Tidak Terlambat Datang Ke Sekolah

10 Tips Agar Tidak Terlambat Datang Ke Sekolah_Yang namanya sekolah sudah pasti memiliki aturan-aturan yang mengikat siswanya agar lebih disiplin lagi, baik mengenai pakaian, atribut, maupun waktu. Meskipun demikian, tetap masih ada saja siswa yang melanggar, baik dilakukan secara sengaja maupun tidak. Terlambat juga sudah menjadi hal lumrah dikalangan pelajar, meskipun sudah ada aturan.


Namun yang namanya aturan harus tetap dipatuhi. Lalu bagaimana dengan siswa yang terlambat ke sekolah? Siswa yang terlambat datang ke sekolah tentu akan diberikan hukuman sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan sekolah. Berbicara tentang hukuman, tentunya di kalangan para pelajar hal ini sudah seperti aib, dimana yang dihukum akan merasa sangat malu, karena idak jarang ada beberapa teman yang selalu mengejek.

Tentunya siswa yang suka terlambat harus lebih banyak mengintropeksi diri agar kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumhnya. Untuk itu pada kesempatan kali ini akan berbagi tips agar tidak terlambat datang ke sekolah, baik untuk SD, SMP maupun SMA. Berikut beberapa tipsnya, silahkan baca sampai selesai ;

10 Tips Agar Tidak Terlambat Datang Ke Sekolah

1. Niat
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah niat adri hati, berniat untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi yaitu terlambat kesekolah. Tanamkan dalam diri anda niat yang baik untuk memulai agar tidak terlambat lagi, serta hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk yang sama sekali tidak bermanfaat dan sering anda lakukan, maka jika anda ingin mengubah kebiasaan buruk maka mulailah dengan niat dan berdoa kepada Tuhan semoga apa yang anda niatkan bisa di ijabah oleh Allah SWT sambil di irini dengan usaha, karena percuma hanya niat namun tidak ada tindakan ataupun usaha. Lakukan yang terbaik karena hasil tidak akan menghianati proses jika dilakukan dengan baik.

2. Jangan Begadang 
Begadang sudah menjadi tradisi malam dikalangan anak muda, entah untuk melakukan hal yang bermanfaat maupun sebaliknya. Ada yang begadang mengerjakan tugas dan belajar, ada juga yang rela begadang demi menghabiskan waktu dengan gadget untuk bermain game maupun sosial media dan ada juga yang menghabiskan waktu malamnya di depan layar demi menonton flim atau drama favoritnya.

Beberapa hal ini akan menjadi penyebab anda terlambat datang kesekolah, karena suda bisa dipastikan jika di malam hari anda menghabiskan waktu dengan bagadang, tentu akan membuat anda sulit untuk bangun pagi karena rasa mengantuk dan tubuh lemas sehingga membuat anda malas untuk bergerak. Dengan demikian, anda akan terlembat kesekolah.

3. Biasakan Bangun Lebih Awal 
Ada beberapa orang yang meskipun sering begadang tetapi masih bisa bangun lebih awal, ada juga yang tidak begadang tetapi susah untuk bangun pagi atau lebih awal. Jadi mulai hari ini jika tidak ingin terlambat lagi ke sekolah, maka harus membiasakan diri untuk bangun lebih awal. Misalnya sebelum sholat subuh anda harus sudah bagun. Ingat, semua itu bisa karena terbiasa dan ketika anda rutin melakukannya tentu akan menjadi kebiasaan.

Namun disini juga ada beberapa hal yang harus anda lakukan, biasanya setelah sholat subuh akan timbul rasa mengantuk, untuk menghindari agar tidak tertiur kembali maka anda harus berolahraga meskipun hanya di halaman rumah atau hanya melakukan beberapa pemanasan. Dengan begitu tubuh akan menjadi lebih segar dan rasa mengantuk pun berkurang dan anda siap ke sekolah tepat waktu tanpa takut terlambat lagi.

4. Lakukan Persiapan Lebih Awal 
Ada banyak persiapan yang harus dilakukan oleh setiap siswa ika ingin ke sekolah. Misalnya topi, dasi, pakaian, sepatu, buku, alat tulis dan lain sebagainya. Salah satu penyebab terlambat kesekolah dan yang paling sering di alami kebanyakan siswa adalah karena kurangnya persiapan, misalnya pada malam hari anda hanya sibuk dengan urusan lain sampai lupa dengan persiapan untuk ke sekolah esok harinya, maka ketika pagi hari anda akan disibukan dengan mempersiapkan seragam, sepatu, alat tulis, buku dan lain sebagainya yang bisa menyita banyak waktu anda.

Itulah kenapa banyak siswa yang sering terlambat, salah satunya adalah kurangnya persiapan pada malam harinya. Kebiasaan-kebiasaan seperti ini sudah seperti tradisi dan meskipun sadar itu salah tetap masih saja melakukannya lagi, inilah yang harus diperbagai dalam diri agar menjadi lebih baik lagi.

5. Buat Alarm 
Anda juga bisa memasang alarm sebagai alat bantu anda agar bisa bangun lebi awal dari biasanya, misalnya anda menyetel alarmnya agar bunyi sebelum sholat subuh dan usahakan alarmnya diberi arang dengan tempat tidur anda. Karena biasanya orag susah bangun, ketika alarm bunyi hanya akan mematikannya kemudian melanutkan tidurnya kembali.

Karena itu disarankan untuk anda yang susah bangun pagi atau subuh beri sedikit jarang antar alarm dan tempat tidur anda. Anda juga bisa menyetel alarmnya sebanyak yang anda mau, jika belum merasa cukup dengan satu bunyi saja. Saat ini teknologi semakin canggih, kita sudah bisa menyetel alarm menggunakan Android dan bisa menentukan sebanyak apa yang kita mau. Misalnya bunyi pertama bisa di stel pukul 04:00, kedua 04:15, dan seterusnya.

6. Memilih Rute yang Baik 
Jika tidak ingin terlambat lagi ke sekolah maka anda harus memilih jalan atau rute yang mudah dijangkau atau dilewati, terlebih rumah anda yang jauh dari sekolah, ditambah lagi dikota-kota besar sering terjadi kemacetan yang bisa membuat anda terlambat ke sekolah.

7. Meminta Bantuan Orang Terdekat 
Meskipun alarm sudah tidak mempan untuk membangunkan, anda bisa meminta bantuan orang terdekat misalnya orang tua, kakak atau adik untuk membangunkan anda pada pagi hari.

8. Pahami Aturan Sekolah 
Memahami aturan yang ada di sekolah memang sangat penting, dengan begitu anda akan lebih tahu apa-apa konsekuensi yang di dapatkan ketika terlambat, misalny siswa yang terlambat akan mencuci WC sekolah, atau berdiri sambil hormat pada bendera merah putih, memungut sampah atau hukuman lainnya. Jika bisa memahaminya tentu hati anda akan sedikit tergugah dan berusaha untuk tidak terlamabat lagi.

9. Pandai Mengatur Waktu 
Salah satu cara agar tidak terlambat lagi adalah dengan mengatur waktu sebaik mungkin, misalnya pada malam hari anda belajar atau mengerjakan tugas cukup 1 atau 2 jam saja, setelah itu anda bisa mempersiapkan apa- apa saja yang akan di bawah ke sekolah besok, seperti buku, alat tulis, pakaian, topi dan lain-lainnya, sisanya anda bisa menggunakan untuk berkumpul bersama keluarga atau melakukan aktivitas lainnya dengan catatan jangan begadang.

10. Gunakan Kendaraan 
Hal yang paling umum dilakukan agar tidak terlambat kesekolah adalah dengan menggunakan kendaraan baik milik pribadi maupun kendaraan umum. Meskipun tempat tinggal lumayan dekat dengan sekolah namun jika waktunya sudah mepet anda bisa menggunakan kenderaan ke sekolah agar tidak terlambat. Itulah beberapa tips agat tidak terlambat lagi ke sekolah, selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "10 Tips Agar Tidak Terlambat Datang Ke Sekolah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel