13 Cara Menghargai Jasa Pahlawan

13 Cara Menghargai Jasa Pahlawan_  Pahlawan merupakan gelar yang diberikan kepada mereka yang dianggap berjasa terhadap orang banyak dan negara, meskipun masa mereka telah berakhir dan mereka telah tiada, bukan berarti kita melupakan jasa mereka. Sudah seharusnya kita menghargai pahlawan.

source: iradiofm.com
Dengan semangat juang yang tiada hentinya sehingga Indonesia bisa merdeka, dan saat ini kita sudah sepatutnya untuk selalu mengenang apa yang telah mereka lakukan, beberapa hari lagi kita akan menyambut dan memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Adapun cara mengahargai jasa pahlawan diantaranya adalah.

13 Cara Menghargai Jasa Pahlawan

1. Berpartisipasi dalam Memperingati Hari Kemerdekaan
Ada banyak cara untuk menghargai jasa para pahlawan dan yang paling umum dilakukan adalah dengan memperingati hari kemerdekaan yaitu 17 Agustus 1945 yang sudah menjadi bagian penting dan tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia.

Ada banyak yang bisa dilakukan oleh siswa untuk ikut dalam berpartisipasi misalnya dengan mengikuti upacara penaikan dan penurunan bedera, ikut meramaikan pawai, memasang bendera kebanggan yaitu Merah Putih.

Biasanya dalam memperingati hari kemerdekaan, agar lebih meriah dan tidak membosankan selalu diadakan berbagai macam lomba, sebagai siswa yang baik akan mewakili sekolah dengan mengikuti lomba cerdas cermat, lomba puisi, dan lomba olahraga lain yang bisa diikuti sebagai bentuk memperingati dan menghargai jasa para pahlawan.

2. Memahami Sejarah Perjuangan Pahlawan 
Banyak didapatkan siswa yang masih cuek jika berbicara tentang pahlawan, hal ini disebabkan karena kurangnya akan pemahaman tentang bagaimana sejarah perjuangan para pahlawan, ada banyak cara bagi siswa untuk mengetahui sejarah.

Misalnya dengan perbanyak membaca buku- buku sejarah baik di perpustakaan sekolah maupun perpustakaan lain, saat ini juga siswa bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan mencari informasi tentang sejarah atau pahlawan di internet. Selain itu para seniman flim juga sudah membuatkan berbagai macam film-film tentang sejarah, semua sudah difasilitasi jadi tidak ada lagi alasan untuk bersikap cuek tentang sejarah.

3. Melestarikan Peninggalan Pahlawan
Di Indonesia ada banyak peninggalan-peninggalan para pahlawan dahulu, sebagai bentuk penghargaan, siswa bisa melestarikannya. Adapun peninggalan-peninggalan pahlawan yaitu tulisan prasasti, misalnya prasasti ciaruten, prasasti padiegan, parasti talaga batu, dan prasasti yupa. Selain prasasti yang dapat dilihat saat ini adalah tulisan naskah kuno, bangunan candi, bangunan benteng, bangunan masjid, monumen dan tugu, istana atau keraton, makan, dan karya seni.

Sebagai bentuk rasa menghargai pada saat berkunjung usahakan untuk tidak berbicara sembarang atau mengeluarkan kata-kata kasar, tidak membuat sampah sembarang yang bisa mengotori dan yang paling penting tidak mengambil barang-barang tertentu dengan kepentingan pribadi. Hal ini merupakan contoh sikap menghargai jasa para pahlawan dan peninggalannya.

4. Cinta Tanah Air
Jika ingin mencintai para pahlawan, maka cintailah tanah air. Karena dari tetesan darah merekalah bangsa ini merdeka, dengan perjuangan dan semangat merekalah sehingga hari ini kita bisa bebas dari penjajah.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk cinta akan tanah air, misalnya dengan merasa bangga telah menjadi bagian dari Indonesia karena Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam jenis kebudayaan, menjaga nama baik bangsa Indonesia, menjujung tinggi hokum yang diberlakukan, mendukung dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan nasional, bertoleransi, menjaga kelestarian lingkungan dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh siswa.

5. Tidak Melupakan Jasa Pahlawan
Meskipun masa mereka telah berlalu dan merekapun telah tiada bukan menjadi alasan untuk melupakan apa yang mereka lakukan dahulu. Jasa para pahlawan akan terus dikenang, itulah mengapa disekolah-sekolah terpampang poster para pahlawan agar siswa terus mengenang perjuangan mereka. Dan senantiasa selalu mendoakan mereka.

6. Mengikuti Upacara Bendera
Setiap hari senin tentu selalu diadakan upacara bendera, meskipun diadakan sekali dalam seminggu namun masih banyak siswa yang bermalas-malasan untuk mengikuti upacara. Seharusnya siswa bisa merenungkan tentang perjuangan para pahlawan yang dengan semangat memikul senjata demi kemerdekaan, namun hanya berdiri sebentar saja mereka masih enggan.

7. Belajar dengan Sungguh-Sungguh
Untuk menghargai jasa pahlawan sebagai siswa tidak mesti ikut serta berperang, saat ini Indonesia sudah merdeka. Siswa cukup belajar dengan giat karena sebagai generasi penerus bangsa pemuda-pemudi adalah aset yang berharga.

Seperti yang dikatakan presiden pertama Republik Indonesia bapak Ir.Soekarno ”beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia” dari kalimat ini bisa diketahui bahwa betapa pentingnya peran pemuda. Maka dari itu belajarlah dengan sungguh untuk mengabdikan diri kepada negara tercinta.

8. Mengamalkan Isi Pancasila
Pancasila sebagai ideologi atau landasan bagi bangsa Indonesia merupakan hal yang paling penting dimana memiliki 5 sila yaitu Ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksaan dalam permusyarawatan perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Salah satu yang bisa dilakukan oleh siswa adalah dengan menjaga sila ke 1 yaitu Ketuhanan Maha Esa dimana saling menghormati antar umat beragama, bukan malah saling mengejek karena perbedaan kepercayaan serta keyakinan atau sila ke 3 yaitu persatuan Indonesia, dengan menjaga hubungan baik antar sesama, menjaga silaturahmi dengan baik bukan dengan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat seperti tawuran yang sudah menjadi kebiasaan para siswa-siswa nakal yang bisa memecah belah.

Seperti bhineka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap satu, itulah yang harus dijaga oleh siswa demi terjaganya hubungan baik, dengan perbedaanlah semua menjadi lebih berwarna dan dengan sikap toleranlah kita bisa paham akan indahnya perbedaan.

9. Menaati Peraturan
Ada banyak peraturan-peraturan yang bisa dipatuhi oleh siswa sebagai bentuk dari menghargai jasa pahlawan, seperti tidak berkendara bagi siswa yang masih dibawa umur atau belum memiliki SIM dan menaati peraturan-peraturan lain yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

10. Memperingati Peristiwa-Peristiwa Penting
Salah satu cara menghargai jasa pahlawan adalah dengan memperingati hari atau peristiwa penting yang berkaitan dengan para pahlawan, misalnya seperti memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, hari lahir pancasila, dan hari pahlawan.

11. Saling Menghormati
Saling menghormati juga merupakan bentuk dari menghargai jasa para pahlawan, misalnya dengan sifat toleransi. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan negara dengan bermacam-macam suku, budaya dan agama. Hanya sifat toleranlah yang bisa menjaga persatuan, para pahlawan terdahulu juga berjuang dan bisa merdeka karena adanya persatuan.

12. Melestarikan Budaya
Kebudayaan sudah menjadi aset bagi bangsa sudah semestinya untuk melestarikan. Dengan menjaga dan melestarikan budaya bisa memperkaya keragam bangsa, mempertahankan keorisinilan, dan menjadi sumber objek penelitian dan berbagai kajian.

13. Menjaga kelestarian Alam 
Seorang siswa tidak hanya belajar dan bermain tetapi juga harus mampu menjaga kelestarian alam, misalnya tidak membuang sampah sembarangan, menjaga kebersihan lingkungan atau bisa mengikuti sosialisai tentang kebersihan.

Demikianlah artikel tentang 13 Cara Menghargai Jasa Pahlawan, semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua

0 Response to "13 Cara Menghargai Jasa Pahlawan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel