Perbedaan dan Persamaan Proposal dan Skripsi

Perbedaan dan Persamaan Proposal dan Skripsi_Bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan studi di perguruan tinggi khusunya mahasiswa yang ingin meraih gelar sarjana, salah satu mata kuliah yang harus dilulusi adalah mata kuliah skripsi. Mata kuliah skripsi bisa diprogram jika semua mata kuliah wajib pada jurusan yang diambil telah dilulusi.


Sebelum menyusun skripsi mahasiswa yang berangkutan terlebih dahulu harus mengajukan judul penelitian kepada dosen pembimbing atau program studi untuk mendapatkan persetujuan tentang judul yang diajukan tersebut.

Apabila mahasiswa yang bersangkutan telah memiliki judul penelitian selanjutnya akan menyusun proposal penelitian. Kadang muncul pertanyaan tentang apa sih perbedaan proposal dan skripsi atau sebaliknya apa persamaan proposal dan skripsi.

Bagi anda yang masih belum terlalu memahami perbedaan dan persamaan proposal dan skripsi, silahkan baca artikel ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi yang anda butuhkan, berikut ulasannya:

Perbedaan Proposal dan Skripsi

1. Proposal Terdiri dari 3 BAB sedangkan Skripsi Terdiri dari 6 BAB
Perbedaab pertama antara proposal dan skripsi terletak pada jumlah BAB. Proposal sendiri terdiri dari 3 BAB sedangkan skripsi terdiri dari 6 BAB. Isi bagian BAB proposal terdiri dari (BAB I Pendahuluan, BAB II Kajian Pustaka atau Tinjauan Teori, dan BAB III Metode Penelitian).

Sedangkan Isi bagian BAB skripsi terdiri dari (BAB I Pendahuluan, BAB II Kajian Pustaka atau Tinjauan Teori,  BAB III Metode Penelitian, BAB IV Hasil Penelitian, BAB V Pembahasan, BAB VI Penutup ).

2. Proposal Merupakan Rencana atau Rancangan Penelitian sedangkan Skripsi Merupakan Hasil Penelitian 
Perbedaan selanjutnya antara proposal dan skripsi adalah proposal berupa rencana atau rancangan penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti yang bersangkutan yang membahas tentang latar belakang masalah, tujan penelitian, manfaat penelitian, kajian teori, serta metode penelitian yang akan diterapkan.

Sedangkan skripsi merupakan bentuk tindak lanjut dari proposal penelitian. Proposal penelitian yang sebelumnya diseminarkan dihadapan dosen penguji apabila telah memenuhi kriteria kelayakan untuk dilakukan penelitian maka peneliti yang bersangkutan akan melakukan penelitian dilapangan dan setelah itu peneliti akan menyusun bagian BAB IV yakni hasil penelitian, BAB V pembahasan, dan BAB VI yang berupa kesimpulan dan saran. Sehingga karya ilmiah yang sebelumnya masih berbentuk proposal setelah dilakukan penelitian dan disusun akhirnya berbentuk skripsi.

3. Proposal Penelitian Diuji Kelayakannya Melalui Seminar Proposal sedangkan Skripsi Diuji Kelayakannya Melalui Ujian Hasil dan Ujian Tutup
Perbedaan selanjutnya antara proposal dan skripsi adalah proposal penelitian diuji kelayakannya melalui seminar proposal sedangkan skripsi diuji kelayakannya melalui ujian hasil dan ujian tutup. Seminar proposal bertujuan untuk menguji kelayakan rancangan penelitian mahasiswa yang besangkutan apakah layak untuk melanjutkan ke tahap penelitian.

Sedangkan ujian seminar hasil bertujuan untuk menguji hasil penelitian dari proposal penelitian yang telah diajukan. Dalam seminar hasil penelitian mahasiswa yang bersangkutan akan memaparkan temuan-temuan atau hasil penelitian yang dilakukan selama melakukan penelitian.

Kemudian ujian tutup adalah ujian yang dilakukan setelah seminar proposal dan seminar hasil, bertujuan untuk memeriksa atau menguji kemampuan mahasiswa apakah betul memahami isi atau subtansi dari proposal dan penelitian yang dilakukan.

Persamaan Proposal dan Skripsi

1. Proposal dan Skripsi Merupakan Karya Ilmiah
Persamaan pertama antara proposal dan skripsi adalah keduanya merupakan karya ilmiah yang biasanya disusun berdasarkan landasan teori, landasan yuridis dan landasan faktual.

2. Judul BAB Proposal dan Skripsi Mulai dari BAB I sampai BAB III Sama
Persamaan kedua antara proposal dan skripsi adalah judul BAB proposal dan skripsi mulai dari BAB I sampai BAB III sama yakni BAB I , BAB II, dan BAB III dari proposal dan skripsi sama

3. Sama-Sama di Seminarkan
Persamaan selanjutnya antara proposal dan skripsi adalah keduanya sama harus diseminarkan untuk menguji kelayakannya baik proposal maupun skripsi.

Demikianlah artikel tentang Perbedaan dan Persamaan Proposal dan Skripsi, tulisan diatas merupakan hasil pemikiran dari penulis jika ada kesalahan dan kekeliruan dalam penulisannya mohon diluruskan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Perbedaan dan Persamaan Proposal dan Skripsi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel