10 Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Menyenangkan

Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Menyenangkan_ Sudah menjadi hal yang lazim saat mendekati lebaran, baik itu lebaran Idhul Fitri maupun Lebaran Idhul Adha, para perantau akan mudik menuju kampung halaman untuk melewatkan hari raya bersama keluarga tercinta. Biasanya mudik lebaran dilakukan menggunakan pesawat, kapal air, mobil, bus, motor, dll. 



Mengingat perjalanan mudik yang biasanya cukup jauh dan melelahkan maka orang yang hendak melakukan mudik menuju kampong halaman sebaiknya mempersiapkan beberapa hal yang bisa membuat kegiatan mudik yang dilakukan aman dan menyenangkan. 

Lantas apa saja yang mesti diperhatikan sebelum melakukan mudik, saat melakukan mudik dan setelah sampai di tempat tujuan? Berikut tips mudik lebaran yang aman dan menyenangkan: Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Menyenangkan 

10 Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Menyenangkan

1. Mempersiapkan Barang-Barang yang Akan dibawa Beberapa Hari Sebelum Melakukan Mudik
Tips pertama yang sebaiknya anda lakukan saat akan melakukan kegiatan mudik menuju kampong halaman adalah mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa beberapa hari sebelum hari H. 

hal tersebut bertujuan agar anda tidak kewalahan jika pada saat hari H baru menyiapkan barang-barang yang akan dibawa sewaktu mudik. Mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa mudik jauh-jauh hari sebelum anda mudik juga akan memberi anda waktu luang untuk beristirahat sebelum melakukan kegiatan mudik yang bisa menguras tenaga dan konsentrasi anda. 

Kelebihan packing barang lebih awal sebelum mudik juga akan menghindarkan anda dari kelalaian agar barang-barang yang ingin dibawa mudik sudah dipastikan terbawa semua sehingga tidak ada yang dilupa, karena biasanya jika anda terburu-buru dalam packing barang yang akan di bawah membuat pikiran kurang focus sehingga bisa jadi ada barang yang seharsnya di bawah malah justru lupa untuk dipacking alhasil setelah tiba di kampong baru diliht ternyata ada barang yang tidak terbawa. 

2. Memeriksa Kondisi Rumah Sebelum Mudik 
Hal yang tak boleh anda abaikan saat akan melakukan mudik adalah memeriksa keadaan rumah anda. Kenapa mesti memeriksa kondisi rumah sebelum mudik? Hal tersebut tentunya untuk menghindari kejadian-kejadian atau hal-hal yang tak diinginkan. 

Berkaca dari kejadian atau fakta yang ada bahwasanya moment mudik bisa menjadi kesempatan bagi orang yang tak betanggung jawab untuk masuk ke rumah anda yang dalam kondisi kosong kemudian mengambil barang –barang berharga milik anda. 

Oleh sebab itu sebaiknya anda sebelum melakukan kegiatan mudik terlebih dahulu memastikan pintu-pintu rumah anda sudah terkunci begitupun dengan jendela rumah anda harus dipastikan tertutup dan terkunci semua. 

Selain itu peeralatan elektronik sebaiknya dimatikan semua atau dicabut semua colokannya agar bisa meminimalisir terjadinya kosleting yang bisa memicu terjadinya kebakaran karena tak sedikit kejadian kebakaran yang terjadi akibat kosleting tersebut. 

3. Melapor ke Tetangga atau Satpam Kompleks bahwa Anda Akan Mudik 
Selanjutnya hal yang sebaiknya anda lakukan jika ingin mudik adalah melapor ke tetangga atau satpam komleks bahwa anda akan mudik. Hal tersebut bertujuan agar jika ada suatu hal yang terjadi dirumah anda tetangga atau satpam komplek bisa langsung menghubungi anda. 

Selain itu dengan melaporkan niat anda untuk mudik ke kampong halaman kepada tetangga dan satpam kompleks anda juga bisa meminta tolong kepada mereka mengawasi keadaan rumah sehingga anda akan lebih merasa tenang dan nyaman saat mudik. 

4. Memeriksa Kondisi Kendaraan Saat Mudik 
Sebelum anda mudik sebaiknya anda memeriksa terlebih dahulu kondisi kendaraan anda sebelum mudik karena tak sedikit kecalakaan terjadi saat mudik akibat kondisi kendaraannya tidak stabil atau tidak siap untuk digunakan mudik. 

Hal-hal yang mesti anda periksa atau cek pada kendaraan yang akan anda gunakan saat mudik misalnya kondisi rem, performance, ban motor atau mobil dan beberapa bagian kendaraan lainnya. Namun hal tersebut hanya berlaku jika anda mudik menggunakan kendaraan pribadi akan tetapi jika anda mudik menggunakan kendaraan umum sebaiknya anda memilih kendaraan yang masih baru, hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. 

5. Booking Tiket Beberapa Hari Sebelum Mudik 
Untuk menghindari kahabisan tiket sebaiknya anda booking tiket beberapa hari sebelum mudik, jangan pas hari H baru anda booking tiket jangan sampai tiket mudik menuju kampong halaman habis terjual dan akhirnya anda gagal pulang kampong atau mudik. 

Selain itu kadang kala semakin mendekati hari H harga tiket semakin naik atau semakin melunjak. Jadi untuk menghindari hal tersebut maka booking tiket beberapa hari sebelum keberangkatan adalahg solusi yang paling tepat. Hindari membeli tiket dari calo tiket karena harga tiket biasanya dijual lebih mahal daripada harga normalnya. Sebaiknya anda membeli tiket di agen resmi atau secara online di situs resmi penjualan tiket 

6. Membawa Bekal dan Makanan Ringan 
Hal yang sebaiknya anda persiapkan saat melakukan mudik adalah menyiapkan bekal dan makanan ringan untuk anda makan pada saat diperjalanan karena kegiatan mudik kadang melelahkan dan membuat anda menjadi mudah lapar. Jadi jika anda memiliki bekal dan sewaktu-waktu anda tiba-tiba lapar maka anda bisa membuka bekal anda untuk di makan. 

Sebaiknya bekal yang anda bawa tidak beraroma menyengat karena bisa membuat anda mual sehingga perasaan anda tidak enak saat perjalanan mudik. Contoh bekal yang bisa anda bawa misalnya mie instan, roti, permen, minuman, dll. 

7. Membawa Barang Kesayangan Saat Mudik 
Perjalanan mudik biasanya membutuhkan waktu yang berjam-jam bahkan sampai berhari-hari sehingga kadang membuat perasaan menjadi bosan dan jenuh sehingga sangat penting untuk membawa barang kesayangan anda saat mudik agar perjalanan mudik anda terasa nyaman dan tidak membuat anda jenuh. 

8. Istirahat Jika Anda Kelelahan atau Kecapean Saat Mudik 
Jika anda mudik menggunakan kendaraan pribadi misalkan mobil atau motor dan jarak perjalanan anda cukup jauh maka jangan memaksakan diri untuk terus melanjutkan perjalanan jika kondisi anda kurang fit. 

Sebaiknya jika anda kelelahan atau kecapean dalam perjalanan maka sempatkanlah diri anda untuk beristirahat di rest area agar anda bisa makan atau ngemil sehingga kondisi badan anda kembali fit dan siap untuk melanjutkan perjalanan mudik anda menuju kampong halaman. 

9. Informasikan Kepada Keluarga Anda bahwa Anda Akan Mudik Menuju Kampung Halaman 
Sebaiknya jika anda sudah akan berangkat mudik menuju kampong halaman sebaiknya anda menginformasikan kepada keluarga anda bahwa anda akan mudik menuju kampong halaman. Hal tersebut bertujuan agar keluarga anda di kampong bersiap-siap menanti kedatangan anda. 

10. Membawa Oleh-Oleh untuk Keluarga di Kampung
 Agar mudik anda lebih berkesan dan membawa kebahagiaan bagi keluarga anda di kampung maka sempatkanlah anda untuk membeli oleh-oleh. Oleh-oleh yang anda beli bisa berupa makanan khas dimana anda merantau. Pastinya keluarga anda akan bertambah rasa bahagianya karena selain bisa bertemu dengan anda mereka juga mendapatkan oleh-oleh dari anda sehingga menghadirkan kebahagiaan bagi keluarga anda yang anda kunjungi.

Demikianlah artikel tentang 10 Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Menyenangkan, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

0 Response to "10 Tips Mudik Lebaran yang Aman dan Menyenangkan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel