11 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

11 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi_ Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan di sebuah perguruan yang terdiri atas sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah universitas. Adapun peran mahasiswa yang pertama adalah sebagai orang yang intelek, jenius, dan bisa menjalankan hidupnya secara proposional dalam kehidupannya.


Namun peran yang paling penting adalah menjadi iron stock yang merupakan aset dan generasi harapan bangsa untuk masa depan, agent of change atau agent dari suatu perubahan, yang dimana seorang mahasiswa harus mampu membuat perubahan. Bukan hanya untuk diri sendiri, namun untuk orang banyak juga.

Dan masih banyak lagi peran dan fungsi mahasiswa, tetapi untuk menunjang semua itu mahasiswa harus cerdas dan berprestasi, lalu bagaimana cara agar mahasiswa bisa menyandang status berprestasi? Berikut 11 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

11 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

1. Jangan Meremehkan Akademik 
Banyak di dapatkan mahasiswa yang ketika berhimpun dalam suatu organisasi akan melupakan akademiknya dan cenderung lebih aktif pada oraganisasinya, itulah salah satu alasan mengapa orang tua mengatakan bahwa organisasi hanya akan menghambat perkuliahan. Bukan hanya orang tua, masyarakatpun banyak yang mengatakan hal demikian.

Meskipun organisasi tidak pernah menghambat seseorang untuk aktif dalam hal akademik semua tergantung dari individu masing-masing. Berhimpun dalam suatu organisasi memang bukanlah penghalang anda untuk menjadi mahasiswa yang akademik, namun mahasiswa yang cerdas adalah dia yang mampu menyeimbangkan antara organisasi dan akademik.

Jadilah mahasiswa yang mampu mengatur waku dalam segala aktivitas atau rutinitas, seperti halnya akademik. Jika akademik saja sudah di lupakan bagaimana bisa menyandang status sebagai mahasiswa berprestasi.

2. Konsentrasi dan Fokus 
Menjadi mahasiswa berprestasi tentu harus serius dan sungguh-sungguh dalam mencari ilmu dan tidak lupa tentang tujuan utama kuliah. Menjadi mahasiswa tidak semata-mata untuk mendapatkan gelar dan ijazah namun yang paling penting adalah ilmu yang bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Namun tidak jarang juga kita dapatkan mahasiswa yang ketika proses perkuliahan hanya bermain dengan teman atau tidak serius dalam menerima materi. Meskipun terlihat sepele namun akan berdampak bagi kedepannya, ketika mahasiswa tidak memperhatikan dengan baik tentang penjelasan dosen maka sudah pasti tidak akan paham dengan apa yang di sampaikan oleh dosen.

3. Perbanyak Teman 
Kuliah tidak hanya semata-mata mencari ilmu, mencari teman juga sangat penting. Salah satu syarat menjadi mahasiswa berprestasi adalah dengan memperbanyak teman. Mengapa demikian ? pada saat anda memiliki banyak teman anda bisa memanfaatkannya dengan membuat kelompok belajar atau diskusi bersama, setiap orang memiliki pengetahuan dan pengalaman yang berbeda-beda dengan begitu anda bisa berbagi atau bertukar tentang argument dengan teman-teman.

Dalam dunia mahasiswa diskusi sangatlah penting, karena saat ini banyak sekali di dapatkan mahasiswa namun hanya asyik berdiam diri dalam rumah/kost membuang waktu dengan sia-sia hingga lupa dengan statusnya sebagai mahasiswa dan tidak ingin keluar dari zona nyaman.

4. Menerima Masukan 
Jangan hanya karena sudah menjadi mahasiswa anda menjadi sombong dan tidak menerima masukan, jangan merasa benar sendiri karena merasa cerdas. Jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi maka mau tidak mau, suka ataupun tidak anda harus tetap menerima masukan dari orang lain, baik itu kritikan yang tidak enak untuk di dengar.

Jadilah mahasiswa yang bijak dalam menanggapi masukan jika ada yang memberi masukan maka jadikan sebagai bahan untuk mengintropeksi diri. Pandai-pandailah dalam berbenah, terus belajar jika ingin menyandang status mahasiswa berprestasi.

5. Berorganisasi 
Dalam dunia perkuliahan tidak akan lengkap jika hanya dengan menjadi mahasiswa 3K (Kos, Kampus dan Kampus ) maka jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi tidak cukup hanya dengan mencari ilmu di kampus.

Untuk itu cobalah berhimpun di salah satu organisasi ilmu yang di dapatkan di dunia perkuliahan hanya 20% dan dalam organisasi 80% banyak hal yang dapat di pelajari dengan berperan aktif dalam organisasi , seperti bagaimana mengatur waktu, berinteraksi dengan orang lain, berdiskusi dan masih banyak lagi yang bisa di dapatkan dalam berorganisasi.

6. Memiliki Mentor 
Setiap orang pasti menginginkan mentor yang dapat menjadi panutannya dan bisa dimintai saran pada saat dibutuhkan. Mentor yang hebat bisa anda di dapatkan dalam himpunan atau lainnya, pilihlah seseorang yang bersedia menjadi mentor anda selama berada di dunia perkuliahan, dan yang paling penting jangan lupa anda juga harus menjadi mentor yang baik di kemudian hari.

7. Review Materi Kuliah
Menjadi mahasiswa harus bisa mereview materi yang sudah di dapatkan stelah proses perkuliahan dalam kelas selesai, sehingga anda tidak hanya menghafal namun bisa juga memahami. Banyak mahasiswa hanya memiliki pemahaman di bawa rata-rata atau standar. Untuk itu jika anda ingin berprestasi maka lakukan hal ini dengan rutin. Dan biasanya dosen akan memberikan rencana materi kuliah di awal perkuliaha, sehingga anda bisa memperkirakan harus mempelajari apa sebelum masuk kelas.

8. Mengasah Kemampuan 
Mahasiswa biasanya mengejar nilai akademik, namun ada hal pentinng harus dilakukan selain itu. Tetunya jika ingin menjadi mahasiswa yang berprestasi harus mampu mengasah sendiri kemampuan selain dalam hal akademik yang tidak di ajarkan di terima dalam mata kuliah.

Misalnya bahasa asing, tidak semua anda bisa dapatkan, mempelajari bahasa asing secara otodidak atau kursus hingga lancar bercaap-cakap, kemampuan ini sebenarnya terkadang tidak akan di ujikan tetapi bisa memberikan pengalaman dan nilai lebih.

9. Berpikir Terbuka
Kebanyakan yang berhasil menjadi mahasiswa berprestasi adalah mereka yang memiliki pemikiran terbuka dan bisa di ajak diskusi mengenai berbagai macam hal. Oleh karena itu jika anda ingin menjadi mahasiswa berprestasi perbanyaklah berdiskusi, tidak hanya dengan teman tetapi dengan dosen juga atau civitas akademika di perguruan tinggi. Dengan berdiskusi akan membuat pemikiran baru dan membuat anda lebih hidup dalam dunia perkuliahan

10. Coba Hal Baru
Jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi harus bisa terpapar oleh hal baru, ini merupakan salah satu cara mengasah kreatifitas anda. Sehingga menjadi terbiasa ketika di hadang masalah, namun anda juga harus banyak belajar dari kesalahan-kesalahan yang sudah terjadi sebelumnya.

Dengan begitu anda lebih berpengalaman ketika mendapatkan masalah. Namun mencoba hal baru haruslah yang bermanfaat di mana bisa mengisi waktu kosong, bukan dengan membuang-buang waktu tidak jelas.

11. Berani Memulai
Poin-poin sebelumnya akan menjadi sia-sia jika anda hanya bisa membayangkan dan tidak bertindak. Jangan ragu untuk memulai semuanya, jangan ragu untuk menjadi mahasiswa aktif, karena ketika anda sungguh- sungguh dalam melakukannya maka anda akan melihat dan mendapatkan hail yang nyata.

Anda akan menjadi lulusan terbaik jika mengikuti proses dengan baik. Jika anda sudah terbiasa dalam dunia kampus, maka ketika anda meninggalkan kampus dan memasuki dunia pekerjaan maka anda akan melakukannya dengan muda.

Itulah 11 tips menjadi mahasiswa beprestasi, mulai dan belajarlah dari sekarang. Ingat dunia luar tak seindah drama korea, semoga bermanfaat

0 Response to "11 Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel