25 Tips Mengatur Waktu Belajar yang Baik

25 Tips Mengatur Waktu Belajar yang Baik_ Agar belajar bisa berjalan efektif maka sebaiknya anda membuat rencana atau strategi yang tepat agar aktivitas belajar anda bisa maksimal. untuk mengatur waktu belajar agar lebih efektif dan mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, maka sebaiknya anda membuat schedulle dan beberapa hal yang penting lainnya yang bisa menunjang aktivitas belajar anda. Berikut tips yang bisa anda coba dalam mengatur waktu belajar yang baik.


25 Tips Mengatur Waktu Belajar yang Baik

1. Niat, Usaha dan Doa 
Sebagai pelajar dan mahasiswa tentu ada banyak hal yang harus dilakukan, salah satunya adalah belajar. Meskipun belajar sangat penting, namun masih banyak orang yang malas melakukannya terlebih dalam mengatur waktunya. Jika ingin mangatur belajar dengan baik tentu anda harus memulainya dari niat, adakah keinginan untuk melakukannya?

Percuma jika hanya menghayal tetapi tidak ada niatan untuk bertindak. Tentunya hal ini harus dibarengi dengan usaha agar apa yang diinginkan sebelumnya dapat terealisasikan, dan tentunya harus diakhiri dengan doa, meminta kepada Tuhan agar selalu diberikan kemudahan dalam setiap prosesnya.

2. Tegas pada Diri Sendiri 
Sebelum memikirkan bagaimana cara mengatur waktu belajar untuk mahasiswa dan bagaimana cara mengatur waktu yang baik bagi pelajar, hal yang harus anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan tegas pada diri sendiri. Mulai saat ini berani katakana tidak untuk hal-hal yang bisa membuat anda membuang waktu secara cuma-cuma.

3. Kerjakan yang Penting Dahulu 
Agar bisa memanfaat waktu dengan baik, hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu adalah bagaimana cara kalian dalam mengatur waktu belajar dengan mengerjakan yang penting daluhu. Misalnya dalam waktu 24 jam anda memiliki banyak kesibukan. Mulai dari olahraga, ekstrakulikuler, belajar dan beberapa aktivitas lain. Dalam hal ini hal yang harus anda lakukan adalah belajar terlebih dahulu, setelah itu lanjutkan yang lain.

4. Pahami Manfaat Belajar 
Setiap orang akan mengabaikan waktu belajar jika tidak mengetahui manfaat dari belajar tersebut. Untuk itu penting bagi anda untuk mengetahui akan pentingnya belajar, dengan belajar dari ketidaktahuan menjadi tahu sehingga akan memperluas wawasan dan mampu mengembangkan potensi yang ada dalam diri masing-masing individu.

5. Jangan Begadang 
Kebiasan yang sudah mewabah dikalangan pelajar dan mahasiswa saat ini adalah begadang. Begadang seakan menjadi tren dideretan kaum milenial dengan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Ketika malam hari anda begadang, maka pagi hari tubuh akan merasa lelah dan tidak bersamangat dan bisa membuat anda lebih sering mengantuk ketika siang hari, jika terus-terusan terjadi maka hal ini akan sangat mempengaruhi waktu belajar anda.

6. Lakukan Hal yang Bermanfaat 
Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat, saat ini kaum milenial seakan terhipnotis dengan gadget sehingga lebih menghabiskan waktu dengan bermain game dan bersosial media, inilah yang biasa disebut dengan aktivis online. Sebagai seseorang yang berpendidikan tentunya sudah bisa membedahkan dan mampu memilah mana yang bermanfaat untuknya dan mana yang tidak sama sekali bermanfaat.

Sebenarnya main game dan bersosial media tidak dilarang dan tidak dibatasi tetapi seharusnya sebagai konsumen, bijaklah dalam menggunakan gadget, jangan terlalu berlebihan. Atau menghabiskan waktu dengan nongkrong kiri kanan tidak jelas agar dianggap kekinian, yang ternyata hanya membuang-buang waktu semata.

7. Jangan Menunda-nunda 
Agar waktu belajar dan aktivitas lain tidak bertambrakan, maka mulai sekarang jangan menunda-nunda dalam melakukan segala hal, terlebih dalam soal belajar. Ditambah tugas semakin menumpu, meskipun tidak dikerjakan sekaligus tetapi kerjakan sedikit demi sedikit agar tidak menumpuk, ketika tugas sudah menumpuk dan kegiatan semakin banyak maka akan semakin sulit akan mengatur waktu belajar.

8. Mengatur Waktu dengan Baik 
Hidup memang tidak selamanya tentang belajar, belajar dan belajar, tetapi ada banyak hal yang harus dilakukan. Untuk itu porsikan waktu dengan baik dalam masing-masing kegiatan, termaksud waktu bersama orang- orang terdekat dengan tujuan memanajemen waktu sehari-hari.

9. Membuat Daftar 
Salah satu cara efektif untuk mengatur waktu belajar adalah dengan membuat daftar harian, hal ini cukup membantu. Karena dengan daftar anda akan tahu hal-hal apa yang harus dilakuka terlebih dahulu, sehingga bisa disesuaikan dengan waktu belajar. Salah satu contoh membuat jadwal belajar dirumah adalah dengan menulis semua kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.

10. Manfaatkan Waktu Liburan 
Jika dihari-hari biasa masih mendapatkan kendala dalam mengatur waktu belajar, maka ketika libur anda bisa memanfaatkannya dengan baik. Ketika liburan tentu aktivitas akan sedikit berkurang, ketika libur tentu tidak aka nada tugas dari sekolah ataupun kampus, tidak bolak balik rumah dan kampus, lebih banyak waktu sehingga anda dengan leluasa belajar dirumah dan bisa mengaturnya dengan baik sesuai dengan waktu istrahat anda. Hal ini juga merupakan waktu belajar yang efektif bagi anda.

11. Tujuan yang Jelas 
Tentunya semua orang punya tujuan dalam hidup, dalam hal ini anda juga harus memiliki tujuan agar apa yang anda lakukan jelas dan terarah. Anda harus tahu untuk apa anda mengatur waktu belajar? Apa manfaat dari belajar? Dan bagaimana mengatur waktu belajar? Ketika tujuan mulai tercipta, anda akan dengan mudah melakukannya karena sudah memiliki patokan.

12. Berpikir Positif 
Sebagian orang akan merasa tertekan jika belajar terus menerus, sebenarnya belajar tidak akan membuat tertekan jika diberi durasi dan tidak memaksakan diri. Dalam hal ini anda harus berfikir positif, belajar bukan untuk membuat anda tertekan tetapi untuk mengembangkan potensi yang ada dalam diri. Selain itu fikiran positif juga dapat mambawa dampak yang baik dalam diri anda, sehingga anda tidak perlu khawatir dalam hal ini, yang harus anda pikiran adalah bagaimana anda bisa mengatur waktu belajar dengan baik.

13. Lakukan Secara Bertahap 
Mengatur waktu belajar memang tidak mudah jika belum terbiasa, terlebih bagi mereka yang memiliki banyak kegiatan. Maka untuk mengantisipasi kegagalan dalam proses, maka lakukan secara bertahap. Atur waktu belajar sesuai dengan kemampuan anda, tidak perlu memaksakan diri.

14. Menentukan Prioritas 
Mulai saat ini tentukan apa yang harus menjadi prioritas anda, ditambah lagi jika anda memiliki banyak kegiatan yang harus dilakukan dalam setiap harinya. Mulailah memilah bagian-bagian yang penting dan jadikan prioritas agar waktu belajar dan waktu aktivitas lain bisa diatur. Misalnya minggu depan anda akan melaksanakan ujian yang bertepatan dengan acara keluarga, maka yang harus anda lakukan adalah belajar terlebih dahulu dan mengikuti ujian kemudian bisa berkumpul dengan keluarga.

15. Disiplin Waktu dan Konsisten 
Hal apapun yang dilakukan dengan kedisiplinan insha Allah akan membuahkan hasil, meskipun banyak kegiatan anda harus bisa menentukan waktu belajar dengan baik dan konsisten dengan tujuan utama dan penetapan waktu belajar anda.

16. Tetapkan Durasi dalam Belajar 
Agar momen belajar anda tidak membosankan, maka anda perlu menetapkan durasi dalam belajar, misalnya dalam sehari cukup 30 menit atau 1 jam setelah itu anda bisa istrahat, dan jika memungkinkan anda bisa lanjut untuk belajar asal tidak memaksankan otak untuk berfikir agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

17. Gunakan Alarm 
Jika belum bisa mengatur waktu belajar dengan baik, mungkin anda perlu membuat alarm sebagai pengingat anda.

18. Meminta Bantuan Orang Lain
Jika alarm tidak cukup efektif, maka anda bisa mencoba dengan meminta bantuan orang lain untuk mengingatkan anda waktu belajar. Anda bisa meminta orang terdekat misalnya orang tua, kakak, adik atau teman.

19. Perbanyak Referensi
Untuk mengetahui cara mengatur waktu belajar dengan baik anda bisa harus memperbanyak referensi salah satunya adalah dengan membaca beberapa artikel, seperti artikel cara mengatur waktu belajar efektif yang bisa mempermudah anda.

20. Minta Saran
Anda juga bisa meminta saran dari beberapa orang tentang bagaimana cara agar bisa mengatur waktu belajar dengan baik, mintai saran dan beberapa pengalaman yang mereka dapatkan, manakala anda bisa terinspirasi dan bisa meningkatkan cara mengatur waktu belajar dengan lebih kreatif dan sesuai kenyamanan anda.

21. Kurangi Aktivitas yang Menghambat Waktu Belajar 
Mulai sekarang kurangi aktivitas yang sama sekali tidak membuahkan manfaat, seperti nongkrong dengan pembahasan tidak jelas, bermain game dan beberapa aktivitas lainnya.

22. Beri Semangat dan Motivasi Diri 
Selalu semangat dalam berproses dan motivasi diri untuk menemukan inofasi-inofasi baru dalam mengembangkan cara mengatur waktu belajar anda setiap harinya.

23. Belajar dari Kesalahan
Sebelumnya Jika masih ada yang kurang, maka perlu mengoreksi dan memeriksa kembali hal apa saja yang masih kurang, dan tidak lupa belajar dari kesalahan-kesalahan sebelumnya dan jadikan sebagai bahan untuk pembelajaran munuju yang lebih baik lagi.

24. Mencari Teman dalam Lingkungan Positif
Teman sangatlah berpengaruh, untuk itu panda-pandailah dalam memilih teman dalam bergaul. Carilah orang yang bisa memberikan manfaat dan membawa anda kearah yang lebih baik ketimbang dengan teman yang hanya mengajak bermain hingga lupa waktu belajar.

25. Bersikap Optimis
Mengatur waktu belajar memang tidak mudah, anda harus menyesuaikan agar lebih terbiasa dan selalu bersikap optimis, yakin bahwa anda bisa melakukannya.

Demikianlah artikel tentang 25 Tips Mengatur Waktu Belajar yang Baik, selamat mencoba semoga beruntung.

0 Response to "25 Tips Mengatur Waktu Belajar yang Baik"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel