25 Cara Menjadi Mahasiswa yang Baik

25 Cara Menjadi Mahasiswa yang Baik_  Menjadi mahasiswa memang gampang-gampang susah, yang dimana dituntut menjalakan fungsi dan kewajibannya sebagai mahasiswa. Lalu mahasiswa yang baik itu seperti apa? Berikut 25 cara agar menjadi mahasiswa yang baik ;


25 Cara Menjadi Mahasiswa yang Baik

1. Rajin Beribadah 
Sebelum membangun hubungan yang baik dengan orang lain maka perbaiki hubungan antara hamba dan Tuhan terlebih dahulu yaitu dengan rajin beribadah. Segala apa yang ada didunia ini kepunyaan Tuhan, hanya saja dititipkan melalui orang-orang dan jika ingin mendapatkannya, maka dekati pemiliknya terlebih dahulu yaitu Tuhan.

2. Rakus 
Rakus yang dimaksud disini adalah bukan yang gila dengan makanan. Rakus ini adalah singkatan yang memiliki kepenjangan yaitu Rasional, Analis, Kritis, Universal, Sistematis. Maksudnya adalah mahasiswa harus mampu merasionalkan segala hal yang diterimanya serta tidak menerima hal-hal yang tidak masuk akal, selain itu menjadi mahasiswa yang baik harus analis, dimana ketika diperhadapkan dengan suatu masalah ia harus mampu menganalisa suatu masalah agar bisa mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut, selanjutnya Kritis dimana ketika mendapatkan informasi salah tidak menelan dengan mentah-mentah harus ada kritikan agar tidak terbiasa dalam kesalahan.

Selanjutnya universal, yang dimana masiswa dalam menyikapi suatu masalah tidak hanya memandang dalam satu sudut pandang saja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah dalam menyikapi, dan yang terakhir adalah sistematis yang dimana seorang mahasiswa harus melakukan segala sesuatu dengan teratur agar lebih terarah serta memiliki tujuan yang lebih jelas.

Dalam rangkuman kata “rakus” ada satu kata yang sudah mati yaitu “kritis” yang dimana sebagian besar mahasiswa mati akan jiwa-jiwa kritis yang ada dalam diri mereka, kritis sangat diperlukan dalam dunia perkuliahan agar tidak mudah diperbodohi. Pertanyaan yang muncul kemudian, bagaimana cara menjadi mahasiswa kritis ?

3. Mengubah Prespektif 
Mulai saat ini cobalah untuk mengubah sudut pandang, mungkin sebelumnya anda beranggapan bahwa kuliah hanya untuk mendapatkan ijazah. Hal ini memang sudah sangat umum dikalangan para mahasiswa, namun perlu diketuji bahwa kuliah bukan semata-mata datang duduk diam mendengarkan dosen menjelaskan materi dan ujian, tetapi kuliah adalah agar bisa mendapatkan ilmu pengetahuan, pengalaman, pelajaran hidup, dan bagaimana mengembangkan skill agar bisa bermanfaat bagi orang banyak terutama diri sendiri dan faktanya yang terjadi saat ini dilapangan bahwa ijazah bukan penentu masa depan yang cerah.

4. Mematuhi Aturan Kampus 
Jadilah mahasiswa yang taat akan aturan kampus. Misalnya membayar kewajiban seperti spp, uang pembangunan dan beberapa pembayaran lainnya, melakukan krs sebagai tanda keaktifan kuliah dan aturan-aturan lain yang sudah ditetapkan.

5. Rajin Belajar 
Rajin belajar merupakan cara agar kemampuan semakin meningkat, jika kemampuan sudah meningkat dan berkembang tentu nilain yang didapatkan akan sesuai pula dengan kemampuan. Nilai yang diatas rata- rata bisa dimanfaatkan untuk memprogram mata kuliah lanjutan, hal ini merupakan salah satu cara menjadi mahasiswa cumlaude.

6. Mencari Informasi Beasiswa 
Jika yakin dan mampu bahwa memiliki prestasi dan bakat lebih maka tidak salahnya untuk mencari beberapa informasi tentang beasiswa, dengan beasiswa yang didapatkan akan sangat membantu. Dengan begitu pengeluaran biaya dari orang tua bisa digantikan dengan beasiswa. Jadi tunggu apa lagi.

7. Suka Membaca 
Seiring dengan perkembangan zaman yang membuat dunia teknolgi semakin canggih, seakan membuat manusia terhipnotis mulai dari kalangan muda hingga kalangan orang tua. Kecanggihan ini yang membuat banyak perubahan, saat ini sudah jarang sekali kita dapatkan mahasiswa yang bersahabat dengan buku, mahasiswa hanya sekedar tahu pentingnya membaca tetapi tidak sadar akan pentingnya membaca, mahasiswa hanya sekedar tahu tetapi tidak sadar.

Jika ingin menjadi mahasiswa yang baik maka rajinlah membaca, perbanyak mengoleksi buku, dengan membaca akan sangat memperbanyak kosakata karena mahasiswa yang cerdas adalah mereka yang rajin membaca, jadikan ini sebagai motivasi menjadi mahasiswa berprestasi.

8. Perbanyak Teman 
Dalam dunia pertemanan dikalangan mahasiswa jangan hanya berpatok pada satu lingkaran saja, perbanyak teman untuk saling berbagi informasi dan memperluas jaringan. Tetapi ingat mahasiswa yang baik adalah mereka yang pandai memilih teman dan bisa membawakan manfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain. Bertemanlah dengan orang-orang cerdas agar anda juga tertular cedas.

Tetapi akan lebih baik sebelum mencari yang terbaik maka jadikan dulu diri sebagai yang terbai agar berprestasi. Manfaat menjadi mahasiswa berprestasi sangat banyak, selain bisa membantu teman dalam berbagi ilmu, juga bisa mengaplikasinkannya dalam bermasyarakat.

9. Mengerjakan Tugas 
Tepat Waktu Jika ingin menjadi mahasiswa yang baik maka kerjakan tugas pada tepat waktu dan jangan menunda-nunda. Manfaatkan waktu dengan sebaik- baiknya.

10. Sopan 
Sopan merupakan hal yang harus ditanamkan dalam setiap diri manusia, menjadi mahasiswa haruslah memiliki sopan santun barulah dikatan sebagai seseorang yang terpelajar. Percuma mendapat gelar mahasiswa tetapi tidak bisa menjaga sopan santun sama saja dengan nol besar.

11. Berorganisasi 
Penting bagi mahasiswa untuk berhimpun disalah satu organisasi agar tidak menjadi mahasiswa yang hanya sibuk dengan kampung, kos dan kampus. Ada banyak pelajaran yang akan didapatkan ketika berhimpun dalam oraganisasi, salah satunya akan diajarkan bagaimana cara publik speaking yang baik, tetntu semua orang tahu bahwa publik speaking sangat membantu tidak hanya dibutuhkan dalam dunia perkuliahan tetapi ketika memasuki dunia kerja publik speaking juga akan sangat dibutuhkan.

12. Mengasah Skill
Setiap orang tentu memiliki hobi, untuk beberapa waktu tertentu bisa dimanfaatkan dengan mengasah skill dan terus membuat perkembangan dalam diri.

13. Jujur 
Kejujuran merupakan hal yang hampir punah dalam diri manusia, untuk itu jadilah mahasiswa yang jujur. Misalnya ketika ujian kerjakanlah soal tanpa menyontek.

14. Pandai Mengatur Waku 
Jadilah mahasiswa yang pandai mengatur waktu, tentunya menjadi mahasiswa ada banyak hal yang harus dilakukan terlebih bagi mereka yang kuliah sambil kerja misalnya. Belum lagi menyempatkan diri untuk berkumpul bersama keluarga dan teman, waktu belajar dan hal lain yang harus diselesaikan.

15. Aktif dalam Kelas 
Cara berprestasi yang bisa dilakaukan adalah dengan aktif dalam kelas, perbanyak bertanya di setiap kesempatan dan menjawab beberapa yang diajukan oleh dosen atau aktif dalam berdiskusi ketika ada presentase.

16. Kokohkan Prinsip 
Setiap orang pasti memiliki prinsip sebagai pegangan, untuk itu kokohkan prinsip anda sebagai mahasiswa agar tidak mudah goyah. Menjadi mahasiswa memang tidak seindah drama korea, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa terlebih bagi mereka yang sudah memasuki semester akhir.

17. Menerima kritik dan Masukan 
Berlapang dadalah dalam menerima setiap masukan, meskipun kadang sedikit menyinggung perasaan, namun perlu diketahui bahwa dengan menerima kritik bisa mengetahui apa-apa saja yang harus diperbaiki dan hal apa yang dilakukan untuk memperbaiki setiap kesalahan.

18. Mandiri 
Mahasiswa yang baik adalah mereka yang mampu mandiri, mulai dari melakukan tugas tanpa bergantung dan berharap kepada orang orang lain terlebih ketika membuat tugas kelompok masing-masing harus bertugas.

19. Mencari Teman Diskusi 
Carilah teman diskusi dalam setiap kesempatan, angkat beberapa topik yang bisa didiskusikan bersama, selain menambah pengatuan, berdiskusi juga bisa mempererat hubungan pertemanan.

20. Percaya Diri 
Jika sudah berusaha melakukan yang terbaik maka tetap fokus dan tidak perlu menoleh kiri kanan apalagi kebelakang, setiap orang juga memiliki proses yang berbeda-beda. Tidak perlu banyak mendengar komentar negatif orang lain terhadap apa yang kita lakukan. Tetap percaya diri dan yakin setiap usaha akan membuahkan hasil.

21. Mencari Mentor 
Carilah mentor yang dapat membimbing anda, mentor yang memiliki pengalaman dan berwawasan luas agar dapat membuat anda lebih baik dan tentu wawasan anda juga akan semakin meningkat, selain itu mentor juga bisa membantu ketika sedang mendapatkan kendala terutama dalam persoalan pendidikan.

22. Berpikir Positif 
Selalu berpikir positif dan terbuka, jangan ragu dengan apa yang sudah dikerjakan selama ini, meskipun kadang apa yang terjadi tidak sesuai dengan eksepektasi tetapi jngan pernah berpikir untuk berhenti dalam berproses.

23. Memiliki Tujuan 
Jika ingin menjadi yang terbaik tentu harus punya tujuan yang jelas, kuliah tidak asal-asalan, harus ada tujuan pasti sebagai alasan untuk tetap berproses agar lebih terarah.

24. Motivasi Diri agar lebih Semangat 
Jangan hanya pandai memotivasi orang lain, tetapi harus pandai juga dalam memotivasi diri sendiri, jika merasa belum cukup bisa membaca beberapa buku dari motivator, melihat video agar anda menjadi lebih bersemangat.

25. Membangun Hubungan yang Baik dengan Dosen 
Bangun hubungan dengan dosen melalui komunikasi yang baik, berteman boleh saja asal bisa menjaga etika antara mahasiswa dan dosen. Ketika anda mendapat kendala dalam persoalan belajar bisa langsung bertanya kepada dosen.

Itulah beberapa cara menjadi mahasiswa yang baik, selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "25 Cara Menjadi Mahasiswa yang Baik"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel