15 Tips Mengatasi Kecanduan Gagdet Pada Orang Dewasa

TIPS MENGATASI KECANDUAN GADGET PADA ORANG DEWASA_ Di era milenial gadget merupakan hal yang sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari manusia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Seiring dengan perkembangan zaman yang membuat teknologi semakin canggih membuat gadget menjadi sesuatu yang amat sangat dibutuhkan oleh manusia.

source: hellosehat.com
Selain mempermudah komunikasi dengan orang lain, gadget juga sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, namun beda halnya dengan seorang pencandu. Gadget bukan hanya sekedar alat komunikasi tetapi sebagai dewa bagi para pecandunya dan merupakan racun yang sangat berbahay jika tidak bijak dalam menggunakannnya. Berbicara tentang gadget dan pecandunya, berikut beberapa tips untuk mengatasi kecanduan gadget pada rang dewasa, beriku penjelasannya ;

15 Tips Mengatasi Kecanduan Gagdet Pada Orang Dewasa

1. Niat, Berusaha dan Berdoa
Hal penting dulainya dan harus anda lakukan adalah memulainya dengan niat terlebih dahulu. Meskipun banyak orang-orang terdekat menegur tetapi diri masih menolak, maka semua itu sia-sia. Anda akan bisa bergerak jika ada niat dan tekad yang kuat dalam diri.

Setelah niat maka mulailah dengan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mengulangi lagi, meskipun terasa berat namun harus yakin bahwa seiring dengan berjalannya waktu, anda harus akan terbiasa dan bisa melakukannya dan yang terakhir serahkan semuanya kepada Tuhan dengan cara berdoa agar selalu diberi kemudahan dalam setiap urusan anda.

2. Ketahui Dampak Kecanduan
Ada banyak dampak negatif yang anda dapatkan ketika kecanduan gadget dan hal ini tidak mengenal tempat, dimana saja anda berada tentu tidak akan jauh dari gadget, baik saat makan, sedang mengobrol, saat dikampus dan dimana saja. Selain itu ketika kecanduan anda akan lebih boros waktu yang dimana hanya melakukan hal-hal yang sama sekali tidak bermanfaat, seperti bermain game atau menggunakan media social.

Parahnya kecanduan ini mempengaruhi kesehatan, bukti yang paling sering kita temukan adalah saking sibuknya dengan gadget sampai lupa makan dan istrahat, ketika malam lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget hingga menjadi kebiasaan untuk begadang. Hal-hal tersebut mesti anda ketahui agar lebih paham tentang dampak dari kecanduan, dengan begitu anda bisa lebih bijak dalam menggunakan gadget.

3. Konsultasi ke Psikiater
Ketika menjadi seorang pecandu gadget, anda mungkin tidak sadar dengan apa yang sudah dilakukan, berbeda halnya dengan orangorang disekitar anda, akan sangat mudah melihat perubahan dalam diri anda terlebih kelurga. Ketika hal itu sudah tidak bisa diatasi maka cobalah untuk konsultasi dengan psikiater untuk memeriksa keadaan anda. Selain itu psikiater juga akan memberikan beberapa cara untuk mengatasi rasa candu anda terhadap gadget.

4. Lakukan Secara Bertahap 
Ketika berusaha untuk mengurangi rasa candu terhadap gadget maka tidak perlu terburu-buru, lakukan secara bertahap sesuai dengan prosedur agar lebih tersistematis dan terarah. Mulailah dari hal-hal yang sederhana terlebih dahulu, misalnya dengan menggunakan media sosial secukupnya saja, gunakan gadget untuk hal-hal yang bermanfaat seperti mencari informasi dan sebagainya.

5. Melakoni Hobi 
Untuk beberapa waktu cobalah melakukan aktivitas atau kegiatan lain dengan melakoni hobi, mungkin selama ini anda terlalu banyak menghabisakan waktu dengan gadget hingga lupa dengan hobi sendiri. Mulailah isi waktu anda dengan melakoni hobi, selain bisa menjauhkan diri dari gadget bisa juga mengembangan bakat melalui hobi.

6. Refreshing 
Selama ini mungkin terlalu fokus dengan dunia gadget hingga menjadikan anda sebagai pecandu yang lupa dengan dunia luar yang lebih menyenangkan dibandingkan menghabiskan waktu dengan gadget, untuk sesekali anda perlu keluar untuk refreshing bisa dengan keluarga ataupun teman. Anda bisa memilih pantai atau puncak agar pikiran anda lebih segar dan perasaan anda lebih tenang.

7. Luangkan Waktu Bersama Orang Terdekat
Pada saat-saat tertentu tinggalkan gadget dengan menghabiskan waktu bersama orang terdekat seperti keluarga dan teman, anda bisa berbagi cerita, saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman.

8. Matikan Gadget Sebelum Tidur
Seorang pencandu gadget biasanya menggantikan waktu istrahatnya dengan bermain gadget pada malam hari misalnya hingga larut bahkan tembus pagi, hal inilah selain menghabiskan waktu bisa juga merusak kesehatan karena seringnya begadang dan saking candunya,sampai rela menahan ngantuk demi terpenuhinya keinginan yang hanya merugikan diri sendiri. Oleh karena itu, sebelum tidur matikan gadget agar tidak terganggu sehingga anda bisa tidur dengan baik.

9. Hapus Beberapa Aplikasi 
Candu terhadap gadget tentu karena dipicu beberapa aplikasi, seperti game dan aplikasi lainnya. Untuk itu jika benar-benar ingin mengatasi rasa kecanduan ini maka hapuslah beberapa aplikasi yang hanya membuat anda kecanduan dan tidak membawakan manfaat sama sekali. Simpanlah aplikasi yang hanya anda butuhkan saja, bukan yang anda inginkan.

10. Memberi Batasan Waktu
Sebagai orang yang mampu memimpin dirinya tentu harus lebih tegas, dengan memberikan batasan waktu dalam penggunaan gadget. Anda bisa membuat alarm sebagai pemberitahuan bahwa waktunya telah selai. Dengan membuat alarm seperti ini akan sangat membantu, karena jika tidak menggunakannya anda mungkin akan lupa dan terlena dengan gadget hingga lupa akan waktu.

11. Cari Kesibukan yang Bermanfaat
Carilah kesibukan yang positif dan lebih bermanfaat bagi anda dibandingkan dengan hanya bermain gadget. Misalnya dengan membaca buku baik dirumah maupun diperpustakaan, atau bisa menonton Tv dengan melihat beberapa berita yang bisa menambah pengetahuan anda, berolahraga agar meningkatkan kualitas kesehatan, dan masih banyak hal yang bisa anda lakukan tanpa dibatasi oleh gadget.

12. Hindari Penggunaan Power Bank 
Seorang pencandu tentunya menginginkan gadgetnya agar terus on selama 24 jam tanpa ada hentinya dan biasanya seorang pencandu akan membawa power bank dimana dan kapanpun dia pergi. Untuk itu, jika ingin benaar- benar berhenti menjadi pecandu gadget maka mulai saat ini usahakan untuk tidak menggunakan power bank yang dimana hanya akan membuat anda terus membuat gadget on sepanjang hari dan candupun tidak bisa dihindari.

13. Simpan Gadget Ketika Bepergian
Bagi seorang pecandu, gadget adalah segala-galanya. Tanpa gadget hidupnya akan terasa kosong, sehingga ketika sedang dalam perjalanpun dia akan tetap menggenggam gadgetnya, dan tiak jarang diaptkan seseorang yang seperti ini bahkan lalai dan tidak memperhatikan jalannya. Hal ini tentu sangat beresiko, selain berbahaya untuk diri sendiri, bisa berbahaya pula bagi orang lain.

Ketika terlalu asyik dengan gadget anda bisa saja lalai baik dalam berkendara maupun sedang berjalan kaki, tentunya fokus hanya akan tertuju pada gadget yang dimana bisa memicu kecelakan. Jadi mulai saat ini, pikirkan baik-baik tentang resiko yang akan anda tanggung ketika menjadi pencandu gadget.

14. Perbanyak Bersosialisasi
Hidup tidak selamanya tetang gadget, tetapi hal ini tidak berlaku bagi seorang pencandu. Baginya gadget adalah dunianya, untuk mengurangi candu dengan lebih banyak bersosialisasi dengan orang lain dan lebih sering berinteraksi dengan sesame hingga waktu dan fikiran anda tidak terlalu fokus pada gadget, dengan demikian anda bisa mengurangi sedikit demi sedikit rasa kecanduan anda.

Dengan bersosialisasi seperti ini mungkin anda bisa menemukan seseorang yang pernah kecanduan gadget, ini merupakan kesempatan bagi anda untuk bertanya tentang bagaimana cara-cara agar tidak kecanduan lagi, atau bisa dengan meminta beberapa saran yang bisa anda lakukan dan terapkan hingga menghilangkan rasa candu yang dalam diri anda.

15. Meminta Orang Terdekat untuk Mengingatkan
Jika belum cukup tegas dalam diri sendiri dan alarm tidak cukup efektif sebagai pemberitahu, maka anda perlu bantuan orang lain misalnya keluarga atau teman untuk mengingatkan anda agar tidak sampai bablas hingga lupa dengan waktu saking asyiknya dengan gadget.

Itulah beberapa tips mengatasi kecanduan gadget, selamat emncoba semoga berhasil.

0 Response to "15 Tips Mengatasi Kecanduan Gagdet Pada Orang Dewasa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close