21 Cara Menjadi Ketua Osis yang Baik

Cara Menjadi Ketua Osis yang Baik_ Menjadi ketua osis tentu gampang-gampang susah, dimana harus amanah dalam menjalankan tugas dan kewajiban yang sudah dipercayakan. Meskipun demikian masih banyak siswa yang bingung bagaimana menjadi ketua osis yang baik, belum lagi mereka memikirkan hai lain. Berikut beberapa cara menjadi ketua osis yang baik ;


21 Cara Menjadi Ketua Osis yang Baik

1. Bisa Berkomunikasi dengan Baik 
Hal yang harus dimiliki ketua osis adalah bisa berkomunikasi dengan baik, ada banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh ketua osis, sehingga menuntut anda untuk mampu berkomunikasi baik dengan rekan sesame siswa, guru maupun kepala sekolah. Hal ini juga sudah menjadi bagian dasar agar anda bisa menjadi ketua osis yang baik.

2. Bijaksana 
Selain membangun komunikasi yang baik, ketua osis juga harus bersikap bijaksana kepada seluruh siswa yang ada dalam lingkungan sekolah tersebut. Sebagai ketua harus mampu bijaksana baik dalam bentuk kata- kata maupun dalam bentuk perbuatan.

3. Tegas 
Ketua osis juga harus mengetahui cara menjadi osis yang baik dan tegas agar bisa menjalankan tugasnya dengan benar, namun hal ini kadang menjadi gampang-gampang susah dimana ketika ketua osis terlalu baik maka sering ditemukan beberapa siswa yang malah tidak menghargai sama sekali ketua osis karena terlalu baik. Hal ini sebagai ketua osis harus mampu memporsikan baik dan tegas.

4. Ramah dan Murah Senyum 
Sifat ketua osis kepada guru dan rekan-rekan yang ada disekolah sangat menentukan jabatannya, apakah dia pantas menerima dan mempertahankan kedudukannya sebagai ketua osis atau malah sebaliknya. Maka sebagai ketua osis patutlah untuk menanamkan dalam diri sifat ramah dan murah senyum, baik kepada guru maupun teman-teman yang ada salam lingkungan sekolah.

Dengan demikian anda akan disenangi semua orang, seperti kita tahu bahwa mereka yang bersikap dingin akan membuat orang lain merasa tidak nyaman dan tidak menyukainya. Untuk itu jika ingin menjadi ketua osis yang baik maka ramah dan murah senyumlah kepada orang lain.

5. Rendah Hati 
Salah satu alasan menjadi ketua osis mungkin ingin dihormati dan dihargai karena jabatannya, namun jika ingin menjadi ketua osis yang baik dan disenangi semua orang maka bersikap rendah hati, meskipun anda memiliki jabatan maka tidak boleh ada rasa bahwa andalah yang paling berkuasa diantara yang lain. Ingat anda menjadi ketua osis karena rekan- rekan yang lain.

6. Bertanggung Jawab 
Fakta ketua osis yang tidak bisa anda pungkiri adalah tanggung jawab, setelah resmi terpilih maka anda harus mampu menjalani semua kewajiban sesuai aturan yang sudah ditetapkan, tak lupa pula visi misi yang anda paparakan sebelumnya harus anda realisasikan sebagai bentuk dari rasa tanggung jawab anda sebagai ketua osis. Selain itu ketua osis juga bertanggung jawab atas tugas-tugasnya yang dimana mampu memimpin organisasi, mengkoordinasi anggota kepengurusan osis.

7. Cerdas 
Menjadi ketua osis tentunya harus memiliki wawasan yang luas dan kreatif agar bisa menjalankan program ketua osis dengan baik. Kecerdasan merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap ketua osis agar mampu memimpin dengan baik dan bisa diandalkan. Kecerdasan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk membuat hal-hal baru yang dapat menarik perhatian siswa agar meningkatkan kualitas yang ada dilingkungan sekolah.

8. Rajin 
Seorang pelajar sudah seharusnya menanamkan sifat rajin ini dalam diri masing-masing, terutama ketua osis. Misalnya rajin dating kesekolah, rajin belajar baik individu maupun kelompok, rajin membaca buku di perpustakaan, dan pastinya rajin beribadah. Untuk menjadi rajin tidak harus melakukan hal-hal yang besar, mulailah dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu.

9. Patuh dan Taat pada Aturan 
Dalam pembacaan visi misi ketu osis, tentu membahas tentang beberapa aturan. Tentunya setelah terpilih sebagai ketua osis yang baik harus mampu memenuhi apa yang telah ia bacakan dan harus patuh serta menaati semua peraturan yang sudah ditetapkan oleh sekolah. Mulai dari membuang sampah pada tempatnya, datang tepat waktu, mengikuti upacara setiap hari senin dan tidak melanggar aturan secara sengaja sepeti bolos, datang terlambat, tidak melengkapi atribut pakaian, dan beberapa pelanggaran lainnya.

10. Pandai Bergaul 
Memperluas pergaulan dilingkungan sekolah merupakan salah satu strategi ketua osis untuk melakukan pendekatan kepada teman-teman yang lain. Misalnya ada beberapa siswa yang kerap kedapatan melanggar aturan sekolah, disinilah peran seorang ketua osis sangat dibutuhkan untuk merangkul teman-teman agar kembali menjadi pelajar yang baik, tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat sama sekali. Berikan kepada mereka akan pemahaman tentang pentingnya pendidikan melalui beberapa pendekatan.

11. Jujur 
Anda sudah dipercayakan menjadi seorang pemimpin, maka jagalah kepercayaan itu dan senantiasa bersikap jujur dan tebuka. Jika ada masalah dan anda sebagai ketua osis merasa tidak mampu untuk melakukannya sendiri maka sampaikan kepada anggota kepengurusan agar bisa mencarikan solusi dan minta saran kepada guru yang berkaitan dengan osis.

12. Bisa Bekerjasama Tim 
Meskipun ketua osis yang memimpin maka tidak seharusnya mengabaikan rekan-rekan yang lain. Masing-masinh punya tugas dan tanggung jawab. Seorang pemimpin meskipun ia benar tetapi tidak ada salahnya untuk menerima pendapat dari yang lain. Disini ketua osis harus bisa bekerjasama tim agar masing-masing kepengurusan bisa menjalankan tugasnya masing-masing.

13. Disiplin 
Disiplin juga tidak boleh terlepas dalam diri seorang pemimpim seperti ketua osis, kedisiplinan sangat menentukan apakah anda pantas untuk menjadi pemimpin atau tidak. Misalnya dalam minggu ini akan diadakan rapat osis, maka sebagai ketua harus memberikan contoh yang baik kepada yang lain tentang kedisiplinan dengan cara datang tepat waktu.

14. Adil 
Pemimpin yang adil akan disenangi banyak orang, jadilah ketua osis yang adil kepada seluruh siswa yang ada dalam lingkungan sekolah. Misalnya hari senin anda bertugas piket untuk memeriksa siswa yang tidak membawa topi pada saat akan upacara, diwaktu yang bersamaan ada dua orang siswa tidak membawa topi, tetapi salah satu dari mereka adalah anggota kepengurusan osis. Untuk berlaku adil maka keduanya harus diberi hukuman, jangan hanya karena anggota kepengurusan osis maka anda tidak menghukumnya. Itulah yang dinamakan pemimpin yang adil.

15. Menghargai Orang Lain 
Jangan gunakan jabatan untuk berbuat sesuka hati kepada orang lain, sikap saling menghargai adalah hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Misalnya dalam menyambut HUT sekolah akan diadakan beberapa kegiatan yang dimana sebelum itu, seperti biasa anggota osis akan mengadakan rapat agar kegiatan bisa berjalan dengan lancer dan teratur.

Dalam hal ini tentu akan ada banyak pendapat dari teman-teman, namun meskipun anda tidak suka dan tidak setuju setidaknya hargai apa yang sudah mereka sampaikan, berikan pujian, ucapan terima kasih dan beberapa alasan untuk tidak menerima usulan agar kemudian tidak menimbulkan rasa sakit hati dan kecewa, kurang lebih seperti itulah cara menghargai orang lain.

16. Tidak Sombong 
Meskipun anda sudah menjadi ketua osis yang tenar dalam sekolah, tetapi hal ini jangan jadikan alasan untuk bersifap sombong. Ingat apapun yang anda telah capai saat ini semua tidak anda lakukan dengan hasil kerja keras sendiri tetapi ada rekan-rekan lain yang membantu. Sifat sombong juga hanya akan membuat teman-teman menjauhi anda.

17. Pandai Mengatur Waktu 
Sebagai pelajar dan ketua osis maka harus pandai-pandai dalam mengatur waktu, mulai dari be waktu bersama teman dan keluarga. Belum lagi waktu berrmain, belajar, hingga bersantai untuk menenangkan diri setelah melakukan banyak aktivitas.

18. Suka Membantu 
Menjadi ketua osis tentu akan dikenal semua siswa, dan untuk beberapa alasan tertentu akan ada saja yang datang meminta bantuanmu. Tetapi menjadi ketua osis yang baik tidak mesti harus dimintai terlebih dahulu kemudian bergerak, karena itu sebbagai pemimpin harus peka terhadap situasi yang ada dihadapannya.

19. Percaya Diri 
Tidak semua siswa akan menyukai anda sebagai ketua osis, tentu ada saja yang memberikan kesan-kesan yang tidak baik. Dalam hal ini anda tidak perlu mendengarkan apa yang mereka katakana, tetap fokus dengan apa yang menjadi tujuanmu, percaya diri dan buktikan kepada mereka bahwa kamu layak dan mampu menjadi pemimpin yang baik.

20. Sopan 
Sopan tidak mesti dengan mereka yang lebih tua dari anda, tetapi sopanlah kepada semua orang, baik dalam bentuk ucapan maupun perbuatan. Ketika anda mampu manjaga sopan santun maka semua orang akan menghargai anda.

21. Berjiwa Pemimpin 
Sudah seharusnya menjadi ketua osis tidak semata-mata memimpin, tetapi harus ada jiwa pemimpin dalam diri. Namun sebelum memimpin orang lain pimpinlah diri sendiri terlebih dahulu untuk melakukan hal-hal yang baik dan menjauhi hal-hal yang tidak bermanfaat.

Itulah beberapa cara menjadi ketua osis yang baik, selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 Response to "21 Cara Menjadi Ketua Osis yang Baik"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel