Thursday, 17 March 2016

10 CARA MUDAH AGAR SKRIPSI SELESAI TEPAT WAKTU

10 CARA MUDAH AGAR SKRIPSI SELESAI TEPAT WAKTU_ Skripsi adalah tugas akhir yang harus dilalui mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan di tingkatan starata 1, tak jarang banyak mahasiswa yang kesulitan dalam menyelesaikan skripsinya. sebenarnya bagaimana sih cara mudah agar skripsi bisa diselesaikan dengan tepat wakru? dalam artikel ini akan diulas dengan seksama 10 cara mudah agar selesai tepat waktu. penasaran cara apa saja yang bisa dilakukan agar skripsis selesai tepat waktu? berikut ulasannya.
10 CARA MUDAH AGAR SKRIPSI SELESAI TEPAT WAKTU 

10 CARA MUDAH AGAR SKRIPSI SELESAI TEPAT WAKTU
 
#1. Pilih judul yang bisa kamu selesaikanSeorang mahasiswa tingkat akhir harus panda-pandai dalam memilih judul!!! Pilihlah judul yang bisa kamu selesaikan, Loh memangnya ada judul yang tidak bisa diselesaikan? Semua judul yang dipilih memang kemungkinan besar akan bisa diselesaikan namun yang menjadi pertanyaan!!! Bisakah judul yang kita pilih itu selesai tepat waktu? Karena banyak mahasiswa yang terlambat menyelesaikan studinya karena salah mengangkat judul penelitian. Maka daripada itu pilihlah judul yang proporsional, yang tidak terlalu rumit namun juga tidak terlalu mudah/gampang

#2. Cari masalah dan tentukan judulnya
sebagian mahasiswa kesulitan dalam mengerjakan tugas akhir kuliah(skripsi), alasannya pun bermacam-macam, namun sebagian kesulitan karena mereka lebih dahulu memilih judul penelitian tanpa mengetahui apa permasalahan yang sebenarnya yang akanmereka teliti. Akhirnya karena mereka bingung mau mencari permasalahn terkait judulnya, akhirnya jalan terkhir yang bisa dipilih adalah membuat-buat masalah alias MEREKAYASA SKRIPSI!!! Apakah kamu termasuk salah satunya?

#3. Perbanyak refrensi

memilih judul juga tidak boleh asal-asalan, pilihlah judul yang mudah didapat refrensi karena sebagian kesulitan menyelesaikan tugas akhir kuliah (skripsi) gara-gara kurangnya refrensi, karena begitu kurangnya refrensi maka tiada jalan lain selain bertanya sama Mbah GOOGLE. Cari refrensi di internet boleh-boleh aja sih, tapi jangan jadi sarjana copy paste, copy sana copy sini dan akhirnya jadilah skripsi. Teman-teman mesti sadar bahwa skripsi adalah karya monumental dalam hidup kita dan kita hanya bisa menulis skripsi sekali seumur hidup. Maka buatlah skripsi yang ketika kelak engkau telah selesai kuliah engkau akan bangga dengan skripsi yang pernah kamu buat.

#4. Perbanyak diskusi dengan teman dan dosen
Salah satu cara agar skripsi yang kamu tulis bisa kamu pecahkan permasalah yang ada di dalamnya serta bisa selesai tepat waktu adalah dengan perbanyak sharing dengan teman-teman dan dosen karena bisa jadi melalui mereka engkau bisa menemukan ide dan jalan keluar dari masalahmu. Serta jadi mahasiswa tingkat akhir jangan yang dijadikan tempat sharing  MBAH GOOGLE melulu.

#5. Konsisten

 Menulis skripsi perlu ketelatenan, tidak masalah jika kamu hanya bisa mengetik 2 atau tiga lembar setiap hari asalkan kamu konsisten. Jangan terburu-buru menyelesaikan skripsi sehingga kamu melakukan hal yang tidak wajar. Namun jangan juga terlalu santai karena bisa jadi engkau bisa menjadi MAPALA (mahasiswa paling lama)

#6. Kerjakan bersama teman-temanmu
Teman bisa menjadi penyemangat dalam mengerjakan skripsi apalagi teman kita juga sedang mengerjakan tugas akhir kuliah (skripsi). Teman kita bisa memberi motivasi tersendiri bagi kita bagaimana tidak jika temannmu bersungguh-sungguh mengerjakan skripsi maka akan muncul semangat dalam dirimu BAHWA “saya tidak boleh menyerah masa teman saya bisa dan saya tidak bisa”  SAYA PASTI BISA.

#7. Merubah MINDSET kapan terakhir menjadi kapan di mulaiBanyak mahasiswa yang terlambat menyelesaikan tugas akhir kuliah(skripsi) karena mindset yang mereka sudah biasa munculkan dalam pemikirannya adalah kapan terakhir ? atau kapan jangka waktu terakhir? Atau nanti saya kerja karena masih banyak waktu !!Teman-teman mesti sadar bahwa skripsi bukan lagi tugas kuliah yang diberikan dosen dan memiliki jangka waktu untuk dikumpulkan!!!selesainya skripsimu tergantung dari kamu sendiri!!! Sekarang saatnya kalian BERUBAH kalau dulu kamu sering bertanya kapan terakhir maka rubahlah konsep pertanyaannya menjadi "KAPAN DIMULAI"???

#8. Mengajukan propsosal penelitian ke Pemerintah setempat

Banyak mahasiswa belum menyadari bahwa pemerintah memiliki anggaran khusus untuk kegiatan penelitian termasuk skripsi. Supaya tidak terlalu membebani orangtua apa salahnya kita coba mengajukan proposal hitung hitung dananya untuk membantu mengurangi biaya seminar dan sebagai persiapan beli KOPI untuk begadang kerja skripsi.
 

#9. Mintalah agar didoakan oleh kedua orang tua
Teman-teman mesti tahu bahwa doa orang tua untuk anaknya akan cepat diijabah maka dari itu sebelum memulai kerja skripsi mintalah doa restu dari kedua orang tua.

#10. MULAITidak ada pekerjaan yang bisa selesai jika tidak dimulai dan tidak ada tulisan yang bisa diselesaikan jika kamu tidak memulai. Maka MULAILAH!!!


Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman jangan lupa bagikan supaya bisa menjadi refrensi bagi teman-teman yang lain dalam mengerjakan skripsi. Demikianlah artikel tentang 10 CARA MUDAH AGAR SKRIPSI SELESAI TEPAT WAKTU, semoga bermanfaat

2 komentar

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon