Apa saja prestasi Cemerlang yang dicapai oleh Universitas Gunadarma sebagai PTS terbaik?

Apa saja prestasi Cemerlang yang dicapai oleh Universitas Gunadarma sebagai PTS terbaik? Prestasi merupakan sesuatu yang membanggakan, entah itu di jalur akademik maupun non akademik. Bagaimanapun jenisnya prestasi akan selalu menjadi hal yang positif, yang membuat setiap orang bahagia mendengarnya. Prestasi menjadi bukti keberhasilan yang telah dicapai, begitupun makna dari mahasiswa dan Universitas. 


Mahasiswa yang berprestasi di Universitasnya, akan memberikan kebanggaan pada almamaternya, begitupun sebaliknya jika suatu Universitas berprestasi itu juga akan membanggakan bagi mahasiswanya. Tentu saja prestasi itu bukan dibentuk bukan tanpa bantuan dari orang lain, adanya kerjasama menjadikan prestasi itu lebih bermakna dari sebuah keberhasilan.

Membahas Universitas Gunadarma memang tak ada habisnya, mulai dari prestasi mereka yang ada di dalam atau luar negeri. Selain prestasi yang pastinya membangggakan, Universitas Gunadarma juga mampu mencetak mahasiswanya yang berprestasi sebagai bukti dari SDM yang unggul. 

Seperti prestasi membanggakan yang baru mereka buat dengan pembuatan ventilator guna membantu pasien terdampak Covid-19. Secara nasional apa saja prestasi yang telah ditorehkan oleh Universutas Gunadarma? Berikut Prestasi Cemerlang yang telah di torehkan oleh Universitas Gunadarma dari tahun 2011-2015 :

Prestasi Cemerlang yang telah di torehkan oleh Universitas Gunadarma dari tahun 2011-2015

1. Prestasi Cemerlang yang dicapai oleh Universitas Gunadarma tahun 2011 
Pada tahun 2011, World Universities Web Ranking atau biasa di singkat 4ICU yang dikenal dengan seringnya mengapresiasi Perguruan tinggi dengan memberikan peringkat mereka melalui web resmi mereka. Pada tahun 2011, 4ICU merilis peringkat popularitas perguruan tinggi di seluruh dunia dan pada edisi juli 2011 , jumlah Perguruan tinggi di Indonesia yang dievakuasi sebanyak 154 perguruan tinggi, atau naik peringkat sebanyak 3 perguruan tinggi dibandingkan edisi Januari 2011, yang tercatat sebanyak 151 perguruan tinggi. 

Dari sekian banyaknya yang dievakuasi, Universitas Gunadarma merupakan satu-satunya PTS yang masuk sepuluh besar nasional, dan sudah bertahan selama 3 periode sebagai satu-satunya Perguruan tinggi swasta yang berhasil menembus dominasi perguruan tinggi negeri. Berikut peringkat sepuluh besar nasional yang berurutan, Gunadarma berhasil masuk di posisi nomor 5 sebagai satu-satunya Perguruan tinggi swasta:

1. Institut Teknologi Bandung
2. Universitas Gadjah Mada
3. Universitas Indonesia
4. Institut Pertanian Bogor
5. Universitas Gunadarma
6. Universitas Diponegoro
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
8. Universitas Pendidikan Indonesia
9. Universitas Sebelas Maret
10. Universitas Sumatera Utara
Sebanyak 10200 perguruan tinggi dari lebih 200 negara telah dievaluasi berdasarkan tiga kriteria yaitu Google pagerank, Yahoo inbound links, dan Alexa traffic rank. Dimana hasil peringkat ini akan dirilis setiap semester, yaitu pada Januari dan Juli.

2. Prestasi Cemerlang yang dicapai oleh Universitas Gunadarma Tahun 2012 
Peringkat terbaru webometricts pada tanggal 30 juli 2012 telah dirilis. Dan kabar membanggakan datang dari Universitas Gunadarma dengan kenaikan peringkat dunianya yang signifikan dari peringkat 1237 menjadi 740, menempati peringkat 24 di ASEAN, dan dari peringkat 8 naik ke peringkat 6 di Indonesia setelah UGM, UI, ITB, dan UPI. 

Seperti biasa hasil sepuluh besar ini masih didominasi oleh Perguruan tinggi negeri , dan lagi – lagi Universitas Gunadarma menjadi satu-satunya PTS yang menempati posisi 10 Besar. Hal ini pastinya menjadi pencapaian tinggi bagi salah satu PTS di Indonesia ini, bagaimana mereka mampu membuktikan mutu yang mereka miliki tidak kalah dari Perguruan Tinggi Negeri yanga ada di Indonesia. Berikut daftar sepuluh besar rangkuman Webometricts di thaun 2012 :

1. Universitas Gadjah Mada (Peringkat Dunia : 379, peringkat 9 ASEAN)
2. Universitas Indonesia (Peringkat Dunia 507, Peringkat 15 ASEAN )Teknologi
3. Institut Teknologi Bandung (Peringkat Dunia 568, Peringkat 18 ASEAN)
4. Institut Teknologi Sepuluh November (Peringkat Dunia 582, Peringkat 19
ASEAN)
5. Universitas Pendidikan Indonesia (Peringkat Dunia 630, Peringkat 22 ASEAN)
6. Universitas Gunadarma (Peringkat Dunia 740, Peringkat 24 ASEAN )
7. Institut Pertanian Bogor (Peringkat Dunia 764, Peringkat 25 ASEAN )
8. Universitas Brawijaya (Peringkat Dunia 837, Peringkat 29 ASEAN )
9. Universitas Sebelas Maret (Peringkat Dunia 883, Peringkat 30 ASEAN )
10. Universitas Diponegoro (Peringkat Dunia 948, Peringkat 32 ASEAN )
Untuk edisi ini, Webometrics telah melakukan penilaian lebih terhadap 20000 perguruan tinggi di dunia. Sedangkan untuk evaluasi di perguruan tinggi Indonesia telah dilakukan di lebih dari 360 perguruan tinggi. Untuk metodelogi pemeringkatannya, Webometrics menggunakan indikator penilaian : presence, Impact, Opennes, Excellence.

3. Prestasi Cemerlang yang dicapai oleh Universitas Gunadarma Tahun 2013
PadaCtanggal 27 Januari 2013, World Universities Web Ranking mempublikasikan peringkat Universitas di dunia. Dan Universitas Gunadarma menduduki peringkat pertama untuk PTS terbaik di Indonesi versi 4ICU edisi Januari 2013. 

Adapun perguruan tinggi yang dinilai sebanyak 11160 perguruan tinggi dari total 200 negara,. Indonesia memiliki 351 Perguruan tinggi yang dinilai. Seperti pada tahun sebelumnya, PTN selalu mendominasi sepuluh besar nasional dengan menempatkan Universitas Gunadarma sebagai satu-satunya PTS di peringkat sepuluh besar. UGM kali ini menjadi peringkat pertama , menggeser ITB. 

ITS yang pada edisi sebelumnya berada di luar sepuluh besar, kini menempati peringkat sepuluh. Berikut ini top ten di Indonesia dengan peringkat dunia world rank nya.
1. Universitas Gadjah Mada (WR : 401)
2. Institut Teknologi Bandung (WR : 474)
3. Universitas Indonesia (WR : 571)
4. Universitas Brawijaya (WR : 1092)
5. Universitas Gunadarma (WR : 1098)
6. Institut Pertanian Bogor (WR : 1148)
7. Universitas Diponegoro (WR : 1174)
8. Universitas Sebelas Maret (WR : 1264)
9. Universitas Pendidikan Indonesia (WR : 1349)
10. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (WR : 1413)

4. Prestasi Cemerlang yang dicapai oleh Universitas Gunadarma Tahun 2014
Untuk peringkat terbaru dari Webomatrics Edisi Januari 2014 telah dirilis pada 11 Februari 2014. Adapun untuk Edisi ini peringkat Universitas Gunadarma sedikit turun menjadi peringkat 10, yang biasanya berada di posisi 5 dan 6. 

Walaupun memiliki penurunan peringkat tetapi Universitas Gunadarma masih menjadi PTS terbaik sejauh ini. Berikut informasi peringkat universitas di Indonesia pada tahun 2014 versi ranking dunia (world rank) berdasarkan Webometrict edisi Februari 2014 :
1. Universitas Gadjah Mada (WR : 598)
2. Institut Teknologi Bandung (WR : 636)
3. Universitas Indonesia (WR : 696)
4. Universitas Airlangga (WR : 1020)
5. Universitas Pandjajaran (WR : 1036)
6. Universitas Brawijaya (WR : 1052)
7. Universitas Diponegoro (WR : 1088)
8. Institut Pertanian Bogor (WR : 1156)
9. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (WR : 1228)
10. Universitas Gunadarma(WR : 1302)

5. Prestasi Cemerlang yang dicapai oleh Universitas Gunadarma Tahun 2015
Dan pada edisi November 2015, Universitas Gunadarma mengalami penurunan peringkat menjadi posisi 12 yang mana pada tahun 2014 mendapatkan peringkat 10. Walaupun mengalami penurunan peringkat, hal ini tidak membuat mereka berkecil hati, dan terus melalukan inovasi-inovasi serta pembaharuan yang harus dilakukan guna menata ulang sistem pendidikan yang semakin berkualitas lagi. Karena sesungguhnaya peringkat hanyalah sebuah urutan angka saja, kualitas dan mutu tetap menjadi jaminan utama mereka untuk menciptakan SDM yang selalu unggul dan berprestasi. 

Untuk faktor Penilaiannya yang digunakan masih sama yaitu dari 3 kategori penialain yaitu Google pagerank, Alexa rank hingga Majestic SEO. Berikut deretan prestasi yang pernah diraih oleh universitas Gunadarma (https://www.gunadarma.ac.id/). Ini hanya beberapa bentuk dari banyaknya prestasi yang pernah mereka raih selama ini. Semoga info diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

0 Response to "Apa saja prestasi Cemerlang yang dicapai oleh Universitas Gunadarma sebagai PTS terbaik?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close