4 Kampus Terbaik di Baubau Sulawesi Tenggara

Kampus Terbaik di Baubau Sulawesi Tenggara_ Memilih Perguruan Tinggi yang tepat untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah merupakan hal yang urgent, pemilihan jurusan atau program studi yang tepat akan berimplikasi pada karir kedepannya, maka dari itu sangatlah penting untuk mencari informasi yang sebanyak-banyaknya mengenai program studi yang memiliki prospek  kerja yang menjanjikan.


Selain program studi, dalam memutuskan untuk kuliah di suatu perguruan tinggi (kampus) maka sangat penting untuk memilih kampus yang berkualitas dan memiliki kredibilitas. Kenapa mesti memperhatikan kredibilitas kampus yang akan dipilih saat kuliah? karena saat ini beberapa kampus masih belum terakreditasi atau belum memiliki izin untuk mengadakan perkuliahan namun tetap melakukan aktivitas perkuliahan, alhasil alumni dari kampus yang bersangkutan tidak terdaftar di forlapristekdikti dan akhirnya alumni yang bersangkutan tidak bisa mendaftar CPNS.

Selain masalah program studi dan legalitas kampus, hal yang perlu anda perhatikan saat akan kuliah adalah memilih program studi yang sesuai dengan bakat dan minat anda, sebaiknya jangan memilih jurusan hanya karena banyak orang yang memilihnya meskipun jurusan tersebut tidak sesuai dengan dengan bakat dan keterampilan anda.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang, kampus atau perguruan tinggi terbaik yang ada di kota Bau-bau. Bagi adik-adik yang ingin kuliah dan masih bingung menentukan kampus yang tepat maka sebaiknya adik-adik menbaca artikel ini sampai selesai agar bisa mendapatkan refrensi atau gambaran kampus yang tepat untuk kalian. Berkut daftar kampus terbaik yang ada di kota Baubau.

4 Kampus Terbaik di Baubau Sulawesi Tenggara

1. Universitas Muhammdiyah Buton
Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) berdiri pada tahun 1999 yang awalnya bernama Universitas Islam Buton (UNISBU), barulah pada tahun 2000 Universitas Islam Buton (UNISBU) berubah nama menjadi Universitas Muhammadiyah Buton (UMB).

Kampus utama Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) terletak jalan Betoambari No.36, Lanto, Batupoara, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, selain itu Universitas Muhammdiyah Buton memiliki kampus B yang berada di Kabupaten Buton tepatnya di daerah Pasarwajo, selain kedua lokasi tersebut saat ini Universitas Muhammdiyah Buton (UMB) dalam proses membangun gedung perkuliahan dan Aula yang diperuntukan untuk Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang terletak di POS 5 kota Baubau.

Universitas Muhammdiyah Buton memiliki tujuh fakultas dan lima belas program studi (Prodi) adapun ke-7 Fakultas memiliki beberapa program studi (Prodi) yang dinaunginya berikut datanya  sebagai berikut:

1. Fakultas Teknik 
Teknik Sipil

2. Fakultas Hukum 
Ilmu Hukum

3. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 
Ilmu Pemerintahan
Ilmu Komunikasi

4. Fakultas Agama Islam 
Pendidikan Agama Islam
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)

5. Fakultas Pertanian 
Agribisnis
Pengelolaan Sumber Daya Perairan

6. Fakultas Ekonomi 
Akuntansi
Manajemen

7. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 
Bimbingan dan Konseling
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Pendidikan Biologi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini

Saat ini berdasarkan data yang ada sudah banyak Program Studi (Prodi) yang telah terakreditasi B dan sebagian masih C, hal tersebut menjadi prestasi tersendiri bagi UMB dalam memperlihatkan citranya di masyarakat, selain itu Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) telah menjalin kerjasama dengan institusi/perguruan tinggi baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri demi meningktakan kualitas SDM kampus dan lulusan Universitas Muhammadiyah Buton (UMB).

Dalam bidang pengajaran Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) juga membuka peluang bagi mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) international atau sering disebut sebagai Kuliah Kerja Amaliyah (KKA) di berbagai negara.

Berbagi daya dan upaya yang dilakukan segenap Stackholder Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) tak lain untuk memperlihatkan eksistensi dan sumbangsinya bagi pembagunan SDM yang Profesional, Enterpreaneurship dan Global.

Berdasarkan data Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) saat ini tercatat ada 5000 lebih mahasiswa aktif yang tercatat sebagai mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton (UMB), hal ini menunjukan besarnya minat masyarakat khusunya pelajar untuk menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Buton (UMB), sebaran mahasiswa yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) tidak hanya berasal dari kota Baubau saja namun mahasiswa yang menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) berasal dari berbagai daerah diluar kota Baubau.

Jika berbicara malasah daya serap alumni Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) dalam dunia kerja, saat ini alumni dari Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) telah bekerja dalam berbagai profesi-profesi strategis. Jadi bukan hal yang nyeleneh jika Universitas Muhammadiyah Buton (UMB) dicap sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik yang ada di Baubau bahkan di Sulawesi Tenggara.

Dikutip dari: https://umbuton.ac.id/

2. Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN)
Universitas Dayanu Ikhsanuddin atau lebih populer dengan sebutan UNIDAYAN merupakan universitas swasta pertama di pulau Buton. Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN)  berdiri pada tahun 1982. Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN) berada atau terletak di Jl. Yos Sudarso Nomor 43

Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN) saat ini memiliki delapan Fakultas dengan menaungi 15 program studi (Prodi) untuk tingkatan S1 dan Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN) juga memiliki 1 program pascarsarjana. adapun daftar Fakultas yang ada di Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN) adalah sebagai berikut:

1. Fakultas Ekonomi
Ekonomi Akutansi
Ekonomoi Manajemen

2. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Ilmu administrasi Negara
Sosiologi
Ilmu administrasi Negara (S2)

3. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan Sejarah
Pendidikan Ekonomi
Pendidikan Matematika
Pendidikan Bahasa Inggris

4. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Budidaya Perairan

5. Fakultas Teknik
Teknik Informatika
Teknik Sipil
Teknik Mesin
Teknik Petambangan

6. Fakultas Hukum

7. fakultas Kesehatan Masyarakat

8. Fakultas Pertanian

Jumlah mahsiswa aktif yang tercatat di Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN) adalah sebanyak 5000 an mahasiswa, data tersebut bersumber dari website resmi Universitas Dayanu Ikhsanuddin (UNIDAYAN).

Unidayan sendiri pernah tercatat mendudukan peringkat kedua perguruan tinggi terbaik yang ada di provinsi sulawesi tenggara yakni pada tahun 2012 dan juga pernah menduduki  peringkat kedua perguruan tinggi swasta terbaik di provinsi sulawesi tenggara berdasarkan atau versi ICU (International Colleges and University)

Dikutip dari: https://www.unidayan.ac.id/

3. Politeknik Baubau
Politeknik Baubau adalah lembaga pendidikan tinggi yang terletak di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Didirikan pada tanggal 22 Juni 2009 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 89/D/O/2009 dengan program studi Diploma III Kebidanan.

Politeknik Baubau sendiri merupakan penggabungan dari Akademi Kebidanan Yayasan Kesehatan Nasional Baubau dengan Akademi Tenaga Kesehatan Baubau. Dan pada tanggal 4 september 2017 resmi berganti nama menjadi Politeknik Baubau. Politeknik Baubau sendiri terletak di Jalan Alamat: Lipu, Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Politeknik Baubau memiliki beberapa jurusan yakni sebagai berikut:

1. Jurusan Kesehatan
D III Kebidanan
D III Farmasi
D III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

2. Jurusan Ekonomi dan Bisnis
S1 Terapan Manajemen Pemasaran International
S1 Terapan Keuangan Publik.

dikutip dari: https://www.poltekbaubau.ac.id/

4. Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ
Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ berdiri pada tahun 1993 yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Qaimuddin. (STAI) YPIQ sejak berdirinya awalnya menyelengarakan pendidikan jurusan tarbiyah dan setahun berselang kemudian membuka jurusan Dakwah Program Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI).

Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ terletak di Jl. RA Kartini No. 24 Kel. Wale Kec. Wolio Kota Baubau Sulawesi Tenggara. adapun program studi yang ada di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) YPIQ adalah sebagai berikut:

1. Pendidikan Agama Islam (PAI)
2. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
3. Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI)

dikutip dari: https://staiypiq.ac.id/

Demikianlah artikel tentang 4 Kampus Terbaik di Baubau Sulawesi Tenggara, Setelah membaca artikel ini apakah sudah muncul gambaran di kepala mengenai jurusan apa yang sebaiknya anda pilih di kampus apa yang sebaiknya anda pilih untuk mengenyam pendidikan di bangku kuliah? semoga artikel ini bisa memberi manfaat untuk anda semua

0 Response to "4 Kampus Terbaik di Baubau Sulawesi Tenggara"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel