Pengalaman Menjadi Dosen di Salah Satu Perguruan Tinggi

Pengalaman Menjadi Dosen di Salah Satu Perguruan Tinggi_ Halo sobat netizen, senang sekali bisa berbagi cerita dengan anda dimanapun anda berada, dalam kesempatan kali ini Admin akan berbagi pengalaman kepada sobat netizen mengenai pengalaman Admin blog rijal09.com, Admin rijal09.com sendiri merupakan seorang pendidik lebih tepanya adalah seorang Dosen di salah satu perguruan tinggi swasta.

Dalam pandangan sebagian masyarakat, profesi sebagai seorang Dosen merupakan profesi yang memiliki status sosial tinggi di masyarakat, sehingga tak jarang jika seorang berprofesi sebagai dosen maka akan dipandang memiliki status sosial tinggi. Profesi sebagai Dosen sama halnya dengan guru yang mengajar di SD, SMP dan SMA, hanya saja dosen mengajar di perguruan tinggi, namun dari segi esensi semuanya merupakan pendidik atau guru.

Admin sendiri merupakan dosen di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, tepatnya jurusan pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), awal pengankatan saya sebagai dosen yakni pada tahun 2017. Awalnya saya mengira tugas dosen hanya mengajar di kelas, namun ternyata lebih daripada itu dosen memiliki 3 tugas utama yang biasa juga disebut TRI DARMA Perguruan Tinggi yang meliputi, pengajaran, penelitian dan pengabdian.

Jika berbicara tentang bagaimana sih kesan-kesannya saat mengajar di kelas! maka bisa di katakan bahwa ada begitu banyak penglaman dan pelajaran yang bisa didapatkan saat mengajar mahasiswa. Seperti yang kita ketahui bahwa, setiap mahasiswa memiliki karakter yang berbeda, jadi perlu kesabaran ekstra dalam mengajar.

Sebagai dosen pastinya kita mengharapkan yang terbaik buat anak didik kita, namun beberapa mahasiswa ada yang kurang rajin, kelakuannya yang masih perlu diperbaiki sehingga tugas dosen bukan hanya bagaimana agar mahasiswa itu bisa pintar secara kognitif namun juga bagaimana mereka juga bisa pintar dari segi afektif dan psikomotor, kalau bahasa kerennya biasa disebut Balance (keseimbangan).

Kalau ditanya masalah gaji yah sebagai manusia yang berimana maka senantiasa kita harus selalu bersyukur, intinya bukan seberapa banyak gaji yang kita dapat namun lebih kepada seberapa banyak yang manfaat yang bisa kita berikan untuk sesama.

Ada ungkapan yang mengatakan "Jika engkau ingin jadi orang kaya maka jangan jadi guru/dosen tapi jadilah seorang pengusaha", ungkapan tersebut memang ada benarnya, karena dalam salah satu hadist rasulullah mengatakan "9 dari 10 pintu kekayaan ada pada perniagaan". Namun kekayaan memiliki persepsi berbeda bagi setiap orang, tolok ukur kekayaan bagi setiap orang berbeda sehingga kita tidak bisa menjadikan materi sebagai tolok ukur untuk menilai kaya atau tidaknya seseorang.

Artikel ini ditulis oleh admin untuk memberikan gambaran singkat tentang profesi dosen, dan bagi anda yang ingin tahu lebih banyak tentang profesi dosen bisa menghubungi admin melalui nomor WA yang tertera pada kolom komentar di bawah. Salam jabat erat

0 Response to "Pengalaman Menjadi Dosen di Salah Satu Perguruan Tinggi"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close