Wednesday, 1 March 2017

Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah Secara Online Di Situs Kemenrisdikti

Tags
Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah Secara Online Di Situs Kemenrisdikti_ Ijazah adalah surat tanda tamat belajar yang berisi nilai, prestasi orang yang terkait selama menempuh pendidikan. Pemerintah semakin memudahkan masyarakat untuk mengetahui keaslian ijazah dengan cara mengecek langsung disitus dikti. hal tersebut tak lepas dari banyaknya kasus ijazah palsu yang beredar yang disebabkan leh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Tanggal 9 januari mohammad nasir menyampaikan bahwa ijazah tak perlu lagi dilegalisir bagi lulusan perguruan tinggi, tinggal mengecek melalui sistem verifikasi ijazah online/elektronik (SIVIL). Pengecekan keaslian ijazah secara online bisa dilakukan oleh alumni perguruan tinggi negeri dan alumni perguruan tinggi swasta mulai dari tingkat sarjana (S1), Master (S2) dan Doctor (S3)

Maka dari bagi pelamar kerja terutama lulusan perguruan tinggi menurut informasi tidak perlu lagi melakukan legalisir ijazah ketika hendak mendaftar disuatu lembaga, hanya perlu melampirkan fotokopi ijazahnya, keaslian ijazah tersebut bisa diketahui melalui nomor ijazah yang terterah pada jiazah tersebut.

Baca juga:

Bagaimana cara mengecek keaslian ijazah melalui situs kemenrisdkti? berikut langkah-langkahnya yang sengaja kami sajikan untuk anda

Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah Secara Online Di Situs Kemenrisdikti PDPT Dikti

A. Kunjungi Situs resmi PDPT Dikti
Silahkan buka laman beriku: http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa atau KLIK DISINI
setelah anda meng-klik alamat web diatas akan muncul gambar seperti dibawah ini



B. Lengkapi Formulir Verifikasi yang diminta
Baca dengan seksama dan Silahkan anda isi kolom yang tersedia
1. Kolom perguruan tinggi negeri : isi dengan kampus yang menjadi tempat anda menyelesaikan kuliah.
2. Kolom programn studi : isi dengan jurusan/kekhususan yang anda ambil saat kuliah
3. Kata kunci: isi dengan nama atau NIM
4. Pengaman: isi sesuai dengan pertanyaan yang diberikan.
seperti contoh di bawah ini

Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah Secara Online Di Situs Kemenrisdikti

3. Klik Tulisan "Cari Mahasiswa"
Setelah anda mengisi dengan benar data verifikasi yang diminta, selanjutnya anda tinggal menekan kata "CARI MAHASISWA" maka mahasiswa yang terkait akan muncul seperti gambar di bawah ini



4. Ijazah Terbukti Benar Jika Data Mahasiswa Muncul
Silahkan klik nama orang yang sedang anda cek keaslian ijazahnya dan akan muncul gambar seperti dibawah ini

Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah Secara Online Di Situs Kemenrisdikti


Nah melalui langkah terkahir ini anda bisa memastikan bahwa ijazah anda atau jiazah yang sedang anda cek memang ijazah yang asli. anda bisa meliat tahun berapa ia mulai kuliah dan tahun berapa ia menyelesaikan studinya, selain itu anda bisa mengecek apakah jumlah SKS setiap semester dan apakah mahasiswa tersebut aktif. semoga artikel tentang Cara Mudah Cek Keaslian Ijazah Secara Online Di Situs Kemenrisdikti.

Cara Cek Keaslian Ijazah di Sivil Ristekdikti
Untuk memastikan bahwa nomor seri yang ada pada ijazah anda adalah nomor ijazah yang sebenarnya maka anda harus mengecek kebenarannya di Sivil Ristekdikti. Caranya adalah sebagai berikut.

1. Kunjungi Situs Resmi Dikti (https://ijazah.ristekdikti.go.id/)
Silahkan klik link ini (https://ijazah.ristekdikti.go.id/), setelah anda mengklik link tersebut maka akan muncul gambar seperti dibawah ini:


2. Lengkapi Formulir Verifikasi
Untuk memastikan keabsahan ijazah anda, pastikan nomor ijazah anda dapat diverifikasi melalui SIVIL. Pastikan anda mengisi Perguruan Tinggi, Nomor Ijazah dan Angka pengaman dengan benar. Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKT
Pertama: Isi asal perguruan tinggi anda
Kedua: Isi program studi anda
Ketiga: isi nomor ijazah anda
Keempat: masukkan angka verifikasi

Catatan: jika di ijazah anda terdapat beberapa nomor yang diduga nomor ijazah maka silahkan anda coba imput secara bergantian nomor yang anda anggap ijazah tersebut.

Silahkan perhatikan contoh di bawah ini



Setelah anda melengkapi formulir Verifikasi, selanjutnya klik tulisan Verifikasi. 

3. Ijazah yang tidak terdaftar
Setelah di verifikasi dan nomor ijazah anda tidak terdaftar maka akan muncul gambar seperti di bawah ini:


Apabila nomor ijazah anda tidak terdaftar, silakan hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data anda telah dilaporkan melalui PD-DIKT

Bagaimana, apakah setelah anda membaca artikel ini anda sudah tahu cara menmbedakan ijazah yang asli dan ijazah yang palsu? semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

1 komentar so far

saya udh coba, tp kenapa gabisa untuk mencari ijazah utk tahun 2010 kebawah ya?

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon