Tuesday, 23 October 2018

Cara Registrasi Guru Pintar Online

Cara Registrasi Guru Pintar Online_ Guru Pintar Online Merupakan Forum ilmiah yang didedikasi bagi para guru dan mereka lainya yang memiliki perhatian kepada upaya peningkatan mutu pendidikan guru dan mutu pembelajaran di Sekolah. Istilah kata pintar dalam Guru Pintar Online ini memiliki arti "Pintu Interaksi Antar Guru", dengan harapan bahwa media online ini bisa dijadikan sebagai sarana komunikasi interaktif dalam kerangka menumbuhkan budaya belajar sepanjang hayat.

Baca juga: Cara Mudah Cek Kenaikan Pangkat Online di Laman BKN

Portal GPO memberikan akses kepada guru dan pemerhati pendidikan guru untuk bersama-sama memberikan kontribusi bagi upaya peningkatan ilmu pengetahuan dan pengalaman praktek baik (Best Practices) dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Kontribusi dapat dilakukan melalui laman dalam GPO, khususnya melalui Laboratorium Pendidikan dan Galeri Profil.

Selanjutnya, FKIP-UT, sebagai pengelola portal ini, berharap seluruh masyarakat pendidikan dapat memanfaatkan Portal GPO sebagai sumber belajar dan sumber Inspiratif bagi peningkatan profesionalisme guru secara berkelanjutan.

Lantas bagaimana Cara Registrasi Guru Pintar Online atau mendaftar guru pintar secara online? dalam artikel ini akan diulas secara singkat cara mendaftar secara online, jadi silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Cara Registrasi Guru Pintar Online

1. Kunjungi Link Resmi Guru Pintar
Untuk registrasi silahkan anda kunjungi link berikut: http://www.gurupintar.ut.ac.id/
silahkan anda klik link tersebut, jika anda telah mengklik link tersebut maka akan muncul gambar seperti di bawah ini


Sebelum menjadi anggota dalam guru pintar online dan melakukan proses registrasi, harap membaca hal dibawah ini:
1. Beberapa menu dan fasilitas yang ada di website Guru Pintar Online tidak dapat di akses apabila anda belum melakukan login terlebih dahulu, oleh karena itu silahkan lakukan login.
2. Wajib memiliki alamat email, bagi yang belum silahkan mendaftarkan alamat email pada situs free email (gmail, hotmail, yahoo dsb)
3. Apabila anda belum memiliki account, silahkan registrasi terlebih dahulu dengan mengklik Login yang berada pada menu sebelah kiri, dan klik create new account. Proses registrasi dapat anda lakukan tanpa biaya (Gratis). Registrasi yang anda lakukan semata-mata hanya alasan administrasi.
4. Pastikan anda mengisi semua Field yang ada pada form registrasi dengan benar. Apabila data yang diisikan kurang lengkap atau password pada kolom password dan verify password tidak sama maka proses registrasi tidak akan berjalan.
5. Apabila anda sudah lengkap mengisi form dan telah selesai mengklik tombol Buat Akun Baru, silahkan cek email anda untuk verifikasi link (JIka tidak ada pada inbox silahkan cek pada folder spam).

B. Klik Tulisan "Regitrasi" Untuk mendaftar
Jika anda telah membaca dengan seksama aturan di atas dan sepakat untuk registrasi Guru Online, selanjutnya klik tulisan registrasi yang ada pada bagian sudut kiri bawah untuk mulai mendaftar, seperti yang ditunjukan dalam gambar di bawah ini


C. Lengkapi Formulir Registrasi
Setelah anda mengklik menu registrasi selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini;


Silahkan lengkapi data yang diminta pada saat proses registrasi
1. Alamat Email:
Isikan dengan alamat email yang aktif, akan digunakan untuk menerima kata sandi baru, dan menerima berita pemberitahuan tertentu melalui email.

2. Username:
Isikan dengan Username yang mudah di ingat, diperbolehkan menggunakan karakter khusus, termasuk spasi, Tanda hubung (-), garis bawah (_), dan tanda @.

3. Nama Lengkap:
Isikan dengan nama lengkap anda

4. Telephone:
Isikan dengan nomer telephone anda yang aktif

5. Nama Instansi:
Isikan dengan nama sekolah anda mengajar, nama dinas dll. tempat anda bertugas

6. Bidang Tugas Mengajar:
Isikan dengan bidang studi penugasan mengajar

7. Jenjang Pendidikan Mengajar:
Isikan dengan jenjang dimana anda mengajar (kelas)

8. Alamat Instansi Tugas:
Isikan dengan alamat lengkap instansi

9. Alamat Tinggal:
Isikan dengan lengkap dan jelas alamat tempat tinggal anda

10. Upload Foto:
Silahkan opluad foto anda

setelah semua sudah anda lengkapi, silahkan scroll kebawah sampai muncul tampilan seperti di bawah ini


Jawab pertanyaan yang muncul, seperti contoh gambar di atas, setelah itu klik tulisan "Buat Akun Baru", setelah anda menklik tulisan tersebut maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


D. Cek Email anda dan Verifikasi Email
Selanjutnya adalah silahkan periksa kotak masuk pada email anda, jika ada email dari guru pintar online maka silahkan buka email tersebut


 Jika anda telah membuka email tersebut maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini:


Silahkan anda klik link yang berada dalam kotak merah seperti contoh di atas untuk melakukan verifikasi akun. Jika anda sudah mengklik link tersebu maka akan muncul gambar seperti di bawah ini


Klik tulisan "Log in", yang ada pada gambar di atas, jika anda telah mengklik tulisan Log In maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini:


Silahkan scroll ke bawah sampai anda mendapatkan tampilan seperti berikut


Selanjutnya jika sudah dapat tampilan seperti di atas selanjutnya anda tinggal membuat pasword yang nantinya dipakai untuk Log In (catatan: buat pasword yang mudah diingat, mis 123456 dll), setelah membuat pasword dan comfirm pasword (isi dengan pasword yang sama) selanjutnya klik tulisan "SAVE" yang ada pada bagian bawah.

Dan jika sudah tersave, berarti anda telah berhasil membuat akun guru pintar online.

E. Log In dan Log Out
Selanjutnya silahkan Log In menggunakan Pasword yang telah anda buat sebelumnya dan Log Out untuk keluar dari akun guru pinta online yang anda punya

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248
EmoticonEmoticon