10 Tips Agar Lancar Berbicara di Depan Umum

10 Tips Agar Lancar Berbicara di Depan Umum_ Berbicara di depan umum merupakan salah satu teknik atau seni berbicara yang harus dimiliki oleh pembicara untuk mampu menarik perhatian pendengar. Berbicara di depan umum memang tidak semudah yang biasa dilihat. Meski setiap hari kita berbicara, tapi rasanya sulit jika berbicara di depan orang banyak.


Cara berbicara di depan umum dengan lancar, sebaiknya sebelu tampi, harus mengetahui kiat dan teknik agar tidak grogi atau gugup ketika tampil nantinya. Selain berani dalam berbicara di depan umum, kiat dan teknik agar tidak grogi atau gugup ketika tampil nantinya.

Selain berani dalam berbicara di depan umum, anda harus mengetahui cara agar komunikasi anda dengan pendengar berhasil. Berhasil dalam arti, apa yang anda sampaikan bisa diterimah dengan baik oleh para pendengar dan engerti apa yang anda katakan. Jika anda ingin belajar pasti semuahnya agar terasa lebih mudah, serta rasa grogi dan malu bisa diatasasi. Kali ini penulis akan memberikan beberapa tips agar anda bisa lancar berbicara di depan umum.

10 Tips Agar Lancar Berbicara di Depan Umum 

1. Lakukan Persiapan Dengan Baik 
Jika anda menjadi pembicara atau melakukan presentasi di depan umum, anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu, lakukan persiapan sebaik mungkin, yang menyangkut materi presentase, peralatan pendukung yang diperlukan dan kesiapan anda.

Setelah itu,berlatilah sehari sebelum melakukan presentasi. Dengan melakukan persiapan sebaik mungkin, agar anda semakin menguasai dan juga bisa memperdiksi suasana yang akan terjadi. Selain itu, persiapa ini juga akan memberikan rangsangan atau getaran yang positif sehingga seuahnya berjalan dengan lancar.

2. Berlatih Berbicara Di Hadapan Teman. 
Agar bisa lancar berbicara di depan umum tentu harus di awali latihan terlebih dahulu. Karena latihan sangat penting dilakukan sebelum anda berbicara di depan umum. Namun apakah dengan berlatih sendirian itu cukup atau berlatih di depan cermin yang biasa dilakukan setiap orang mampu mengatasi atas ketidak lancaran kita berbicara di depan umum? tentu saja itu tidak cukup untuk melatih mental kita, karena dengan latihan seperti itu tidak akan memberikan anda respon apapun yang anda katakan.

Oleh sebab itu, cobalah untuk latihan depan orang lain. Yang paling mudah adalah teman anda sendiri. Teman anda akan menjadi pendengar. Sekaligus minta teman anda untuk memberkan koreksi mengenai dari penampilan anda seperti apa yang kurang dan apa yang harus ditambahkan. Tips seperti ini akan membantu anda agar bisa lancar berbicara di depan umum.

3. Terus Fokus Apa Yang Akan Anda Sampaikan 
Pada saat anda berbicara di depan umum, pasti anda sering melihat dan mendengar para audiens saling berbisik – bisik, berisik atau bahkan ketawa, yang bisa membuat anda gugup. Jangan khawatir dan anda harus tetap tenang. Anda harus tetap fokus pada apa yang akan anda sapmpaikan. Jangan terlalu anda memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang anda pada saat itu.

Fokus saja pada tujuan anda pada saat itu, yaitu bisa tersapaikan maksud yang anda bawakan dengan baik ke telinga pendengar atau para audiens. Yakinkan pada diri anda bahwa mereka pada saat itu sedang menunggu apa yang ingin anda bicarakan atau apa yang ingin anda sampaikan.

4. Biasakan Tampil Di Depan Orang Banyak 
Banyak sekali orang yang menghindar ketika di minta berbicara di depan orang banyak, banyak alasan yang mereka berikan. Padahal jika, dibiasakan maka berbagai alasan menghindar itu bisa teratasi. Saya masi ingat di waktu SMP dulu . Secara mendadak saya di panggil untuk menjadi pemimpin rapat yang biasa disebut sebagai moderator. pada saat itu saya memimpin rapat OSIS di hadapan kepala Sekolah, guru – guru dan anggota OSIS lainnya.

Deg degan luar biasa, keringat dingin seperti habis mandi, tapi karena itu termasuk dari tanggung jawab saya maka saya terpaksa maju untuk memimpin rapat pada saat itu. Selain itu, saya juga pernah di panggil jadi pebawa acara pada saat pengumuan juara lomba seni antar kelas. Dari pengalaman itu saya bisa berani berbicara di depan umum,dan lumayan lancar berbicara. Oleh sebab itu untuk memperlancar berbicara di depan umum biasakanlah tampil di depan banyak orang.

5. Menghindari Kata Oo, Eem 
Untuk memperlancar berbicara di depan umum anda harus menghindari kata “oo” dan “uum”, karena kata ini akan memperlabat berbicara anda. Usahakan anda berhenti dan tenang pada saat ketika anda ingin mengucapkan kata itu. Cobalah ganti kata itu dengan mengambil napas dan memikirkan apa lagi yang ingin anda sampaikan.

6. Gunakan Bahasa Tubuh Yang Baik 
Beberapa diantara pembicara tidak menggunakan bahasa tubuh seperti menggerakkan tanganya pada saat berbicara di depan umum. kadang mereka hanya berbicara saja, padahal gerakan tangan atau bahasa tubuh bisa memberikan penegasan atas informasi yang anda sampaikan, selain itu, bahasa tubuh juga bisa mengatasi rasa gugup dan takut pada saat berbicara di depan umu, sehingga pada saat kita berbicara akan terlihat lebih santai dan lancar pada saat kita berbicara.

7. Latihan Dengan Merekam Atau Video Pada Saat Anda Berbicara 
Ini sudah sama di poin ke dua berlatih sebelu berbicara di depan umum. Cuma saja latihan ini dengan merekam atau memvideo pada saat kita berlatih berbicara. Dengan cara ini anda bisa menilai sendiri apa yang harus di tingkatkan dan apa yang harus dihilangkan. Selain itu, cara ini juga bisa melatih keseriusan anda pada saat berbicara di depan umum.

8. Membiasakan Menjawab Dan Mengajukan Pertanyaan 
Cara ini juga termasuk langkah agar anda bisa lancar berbicara di depan umu, seperti terbiasa menjawab dan mengajukan pertanyaan. Belajarlah untuk menjawab dan bertanya ketika ada yang berbicara atau ada yang presentasi di depan.

Hilangkan rasa ketakutan jika pertanyaan atau jawaban anda di anggap tidak masuk akal, karena dengan anda terbiasa bertanya dan menjawab, maka untuk berbicara di depan umum tidak akan merasa takut dan demam panggung. Jadi biasakanlah memberikan jawaban atau pertanyaan ya.

9. Memperbanyak Membaca 
Membaca dapat melatih kita dalam mengucapkan kata dan dapat memperkaya kosa kata dalam berbicara, hal ini tentu sangat bermanfaat ketika kita berbicara di hadapan orang banyak atau di suatu forum.

10. Berdoa 
Yang terakhir adalah berdoa, cara yang satu ini jangan pernah anda sepelekan, karena kekuatan doa bisa mempermudah semuah kegiatan yang anda lakukan kalau anda yakin terhadap-NYA. Dengan doa kita terus belajar dan tidak berputus asa dalam mencoba.

Selain itu berdoa juga mampuh menjernihkan pikiran dan memberikan rasa tenang pada diri anda tentunya, yang memberikan aura positf untuk membantu anda dalam berbicara di depan umum.

Itulah beberapa tips yang bisa membuat anda lancar dalam berbicara di depan umum. Semoga artikel ini bisa beranfaat untuk teman – teman tang hari ini ingin lancar berbicara di depan umum.

0 Response to "10 Tips Agar Lancar Berbicara di Depan Umum"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close