8 Hal yang Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran

8 Hal yang Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran_ Aktivitas siswa di sekolah selalu lekat dengan kegiatan belajar, proses belajar yang diikuti oleh siswa kadang dilakukan dalam ruangan maupun di luar ruangan kelas. Sebagai seorang siswa tentunya harus mengikuti pembelajaran dengan  sungguh-sungguh agar bisa mendapat ilmu pengetahuan yang bisa bermanfaat untuk dirinya nanti.


Dalam mengikuti kegiatan pembelajaran tentunya ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan oleh siswa agar bisa mendapatkan nilai yang bagus dan bisa mendapatkan kesan baik oleh guru yang mengajarnya. Lantas hal apa-apa saja yang bisa dilakukan oleh siswa dalam mengikuti pelajaran. Berikut ulasannya:

8 Hal yang Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran

1. Bertanya jika ada pelajaran yang belum dimengerti
Ada sebuah ungkapan yang berbunyi "Malu bertanya sesak di jalan" Maka hal demikian menggambarkan jika kita malu untuk menanyakan sesuatu yang sebenarnya tidak kita tahu maka pada akhirnya nanti akan mendapatkan kesulitan.

Maka dari itu jika ada sesuatu yang belum kalian mengerti maka sebaiknya kalian tanyakan kepada guru kalian agar hal yang sebelumnnya kalian belum bisa pahami setelah mendapatkan penjelasan ualng oleh guru pada akhirnya bisa mengerti.

Misalkan guru kalian bertanya "Bagaimana apa semua sudah mengerti atau apa kalian sudah paham?", jika belum paham katakan belum paham jangan justru diam membisu, karena guru akan lebih senang jika kalian jujur mengatakan yang sebenarnya.

Bertanya kepada guru bukan berarti kalian bodoh daripada diam membisu padahal belum paham, orang yang selalu bertanya ketika ada yang belum dia pahami adalah siswa yang pintar karena mau mengungkapkan pikirinnya.

2. Mengeluarkan pendapat 
Apalagi yang boleh dilakukan saat mengikuti pelajaran? hal yang boleh dilakukan saat mengikuti pelajaran selanjutnya adalah mengeluarkan pendapat. Biasanya guru akan memancing siswa untuk mengeluarkan pendapatnya berkaitan materi pelajaran yang disampaikan, jadi waktu yang diberikan guru untuk berpendapat jangan disia-siakan, silahkan kalian keluarkan pendapat atau pemikiran kalian terhadap materi pelajaran tersebut.

Terkadang sebagian siswa ingin mengutarakan pendapatnya karena malu dan takut salah akhirnya mengurunkan niatnya untuk mengeluarkan pendapatnya padahal bisa jadi pendapat atau pemikirannya itu benar. Jika hal demikian terjadi sebaiknya kalian jangan ragu dan malu untuk mengeluarkan pendapatnya, semakin sering kalian berpendapat akan membuat kalian semakin pintar di untuk berbicara.

3. Minta Izin Jika Ingin ke WC
Tak jarang saat kita mengikuti pelajaran tiba-tiba ingin ke WC untuk buang air kecil atau buang air besar, jika kalian mengalami hal tersebut maka jangan ragu untuk meminta izin kepada guru untuk pergi ke WC.

Jangan menahan kencing atau keinginan untuk BAB (buang air besar) karena hal tersebut bisa membuat kalian semakin tak tahan akhirnya bisa bisa pipis dicelana, kalian tidak mau bukan hal tersebut menimpa kalian? Selain itu jika kalian menahan pipis dan BAB itu bisa membuat kalian tidak konsen dalam menyimak penjelasan guru

Oleh karena itu jika kalian tiba-tiba ingin ke WC untuk buang air kecil atau buang air besar segera maju ke depan dan menghadap ke guru untuk minta izin ke WC dengan begitu kamu bisa kembali konsen belajar setelah dari WC

4. Membuat Catatan tentang Materi Pelajaran
Apa yang dijelaskan oleh guru bisa jadi akan kalian lupa maka dari itu sebaiknya kalian membuat catatan yang kalian anggap penting berdasarkan penjelasan guru yang telah kalian dengarkan. Usahakan catatan yang kalian buat ditulis dengan rapih agar kalian lebih mudah untuk mempelajarinya atau mengulangi pelajaran kembali di rumah.

Catatan yang kalian buat sebaiknya dituliskan berdasarkan pembahasan yang dijelaskan oleh guru dan jangan lupa tulis tanggal pada bagian atas catatan yang kalian buat sehingga kalian mudah untuk mengingat kapan kalian mempelajari pembahasan tersebut.

5. Memperhatikan dan Mendengarkan pada saat Guru Menjelaskan
Pada saat guru menjelaskan sebaiknya kalian perhatikan dan mendengarkan karena itu sangat penting untuk kalian ketahui apa yang disampaikan dan dijelaskan oleh guru. Selain itu dengan memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru maka kalian tidak akan ketinggalan pelajaran tersebut.

Jika ingin lebih jelas, sebaiknya kalian duduk di bangku bagian depan, agar kalian dapat menerima dan mengetahui pelajaran yang disampaikan oleh guru dengan jelas. Duduk di bangku depan bisa membuat kalian lebih fokus mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh guru.

Beda halnya jika kalian duduk di bangku bagian belakang, bisa jadi suara guru kurang jelas terdengar dan bisa jadi membuat kalian kurang mengerti, gagal fokus, mengantuk dan pada akhirnya kalian tidak mengerti apa yang dijelaskan oleh guru di depan.

6. Mentaati Tata Tertib pada saat Mengikuti Pelajaran
Setiap sekolah memiliki aturan atau tata tertib termasuk tata tertib pada saat pelajaran berlangsung di dalam kelas. Usahakan kalian mentaati tata tertib agar kalian tidak mendapatkan hukuman atau sanksi dari guru kalian. Jika kalian mentaati tata tertib pada saat pelajaran berlangsung bisa jadi guru kalian akan memberikan nilai plus.

Tata tertib yang harus diikuti atau ditaati pada saat pelajaran berlangsung misalnya; minta izin jika ingin ke WC, tidak ribut dalam kelas, berpakaian yang rapi dan sopan sesuai dengan aturan, tidak makan pada saat pelajaran berlangsung, mengajukan tangan jika ingin bertanya dll.

7. Meminjam Perlengkapan Alat Tulis pada Teman jika Lupa Bawa
Pernahkah kalian lupa membawa alat tulis ke sekolah? Apa yang kalian lakukan jika kalian lupa membawa alat tulis ke sekolah pada saat pelajaran berlangsung? Jika kalian lupa membawa alat tulis jangan malu atau jangan gengsi untuk meminjam ke teman kalian, karena jika tidak punya alat tulis kalian akan rugi dan ketinggalan untuk mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh guru.

Jika kalian malu meminjam alat tulis pada teman kalian maka sebaiknya sampaikan kepada guru jika kalian tidak memiliki alat tulis agar guru kalian bisa membantu kalian untuk mendapatkan alat tulis yang bisa kalian gunakan membuat catatan tentang materi yang disampaikan oleh guru.

8. Membantu Teman yang Belum Mengerti atau Memahami Pelajaran
Kalian pastinya memiliki teman yang lambat memahami pelajaran sehingga kadangkala teman kalian akhirnya ketinggalan materi pelajaran. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya kalian membantu teman yang belum mengerti atau memahami pelajaran.

Dengan membantu teman kalian yang kesusahan akan menjadikan diri kalian seorang yang memiliki sikap yang baik dan peduli terhadap teman, sehingga teman kalian akan senang dengan bantuan kalian.

Demikianlah artikel tentang 8 Hal yang Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

0 Response to "8 Hal yang Boleh Dilakukan Saat Mengikuti Pelajaran"

Post a comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close