8 Contoh Periilaku Hidup hemat dalam Kehidupan Sehari-hari Serta Manfaatnya

Contoh Periilaku Hidup hemat dalam Kehidupan Sehari-hari Serta Manfaatnya_Yang dimaksud dengan hemat adalah membelanjakan harta dengan baik, tidak berlebih – lebihan namun tidak lantas pula menjadi bakhil atau kikir. Kata cermat dalam hal ini yaitu berhati - berhati dan penuh dengan perhitungan ketika mmbelanjakan harta pada hal - hal yang bermanfaat.

Hemat sendiri ialah hidup yang sederhana. Seperti firman Allah SWT dalam surat Al – Furqaan ayat 67 yang artinya : dan orang – orang yang apabila membelanjakan ( harta ), mereka tidak berlebihan, dan tidak ( pula ) kikir, dan adalah ( pembelanjaan itu ) di tengah antara yang demikian. Sebenarnya hidup hemat bukan hanya berbicara tentang uang atau bagaimana cara menabung. Menabung adalah sebagian kecil dari cara hidup hemat sedangkan hidup berhemat adalah sebuah konsep pemikir.

Konsep yang dimaksud dalah konsep yang anda biasakan dan menjadi polah hidup anda. Dengan pola inilah mereka yang telah menjalankan hidup hemat tidak hanya menjadi lebih hidup sehat dalam keuangan, namun juga lebih sehat dalam jasmani, dan berfikir lebih positif. Sebelum membahas tentang bagaimana pola hidup yang baik terlebih dahulu anda harus mengetahui apa sajah manfaat yang didapat dengan pola hidup hemat ini. 6 Manfaat Perilaku Dalam Hidup Hemat.

Banyak orang bilang bahwa hidup hemat baik untuk dilakukan. Dari kecil kadang kedua orang tuang kita telah mengajarkan kita bagaimana kita hidup hemat. Jika kita sudah tau dan kemudian menyadari betapa besar manfaat yang kita dapat maka yakin anda akan dengan sendirinya bisa menanamkan prinsip hidup hemat dalam keseharian anda.

Karena pola hidup hemat akan menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih matang dalam berpkir dan lebih berhati – hati dalam bertindak atau dalam mengambil keputusan. Tidak hanya itu masi ada banyak lagi manfaat yang kita dapat dalam menghadapi polah hidup hemat ini. Dan ini manfaat yang menanamkan polah hidup hemat.

6 Manfaat Hidup Hemat dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Terhindar Dari Pemborosan 
Setiap wanita pasti suka berbelaja. Kegiatan satu ini tentu selalu menjadi hal yang menyenangkan untuk dilakukan. Hobi berbelanja bukann hanya para kaum hawa sajah tapi kaum adam pun banyak memiliki hobi dalam berbelanja baik anak muda maupun yang suddah berumah tangga.

2. Meningkatkan Rasa Syukur 
Manusia pada dasarnya memiliki beberapa sifat yang berasal dari lahiria yakni salah satunya yakni nafsu, dan nafsu inilah yang mendorong keinginan seseorang untuk memiliki apa yang belum dimilikinya, mendorong seseorang untuk mempunyai sesuatu yang terbaru, terbaik dan yang belum dimiliki oleh oranng – orang disekitarnya.

Nafsu pulalah yang membuat seseorang tidak memperhitungkan apa manfaat yang ia dapat dari apa yang ia beli. Maka dengan belajar untuk menghemat, seseorang dapat belajar untuk bersyukur dengan apa yang ia miliki.

3. Memberikan Rasa Aman Terhadap Pengeluaran Yang Tiba - Tiba 
Manusia tidak akan pernah bisa lepas dari namanya kebutuhan dari lahir hingga ia meninggal dunia, dan kebutuhan manusia tidak akan ada batasannya. Pada umumnya orang tidak akan berpikir tentang apa yang harus disiapkan untuk hai esoknya, sehingga ia akan berbelanja ketika melihat apa yang ia inginkan. Dan inilah yang dinamakan boros., sehingga ketika ada kebutuhan yang bersifat mendadak mereka akan kebingungan untuk menyelesaikannya. Maka disilah manfaat dalam berhemat.

4. Meningkatkan Kecerdasan Dalam Mengelola Keuangan 
Sifat hemat merupakan sifat yang penuh dengan pertimbangan dan perhitungan dalam berbelanja kebutuhan. Tidak berbelanja karna uniknya, diskonnya, ataupun iming – iming lain dari pihak penjual, tetapi berbelanja sesuai tingkat kebutuhan dan seberapa besar manfaat barang yang akan ia beli. Sehingga ketika seseorang terbiasa seperti hal diatas, maka akan meningkatkan kecerdasannya dalam mengelola keuangannya.

5. Membuat Keuangan Rumah Tangga Menjadi Sehat 
Salah satu syarat keluarga yang bahagia adalah keluarga yang memiliki keuangan yang sehat, dan untuk memperoleh hal tersebut membutuhkan pengelolaan yang baik. Dan salah satu cara untuk mendapatkan keuangan rumah tangga yang sehat yaitu dengan berhemat. Karna berhemat dapat meminimalisir pembelanjaan yang mubazir, dan pembelajaan yang bersifat sia –sia atau tidak berguna.

6. Terhindar Dari Utang 
Sadar atau tidak sadar, sesungguhnya sifat hemat dapat membuat kita terhindar dari liliran utang, hal ini karena kemampuan kita dalam memanajemen pengeluaran kita yang sesuai kebutuhan. Bukan karena gaya hidup, bukan karena life stail atau hal lain yang dapaat membuat kantung menjadi kempes.

Selain manfaat yang kita dapat dari pola hidup hemat maka diperlukan sikap yang yang bijak untuk bisa berkelakuan hemat dalam kehidupan sehari hari. Kali ini penulis akan memberikan contoh sikap untuk berhemat dalam kehidupan sehari – hari.

8 Contoh Sikap Hemat Dalam Kehidupan Sehari - Hari 

1. Tidak Boros Berbelanja 
Di era globalisasi ini banyak barang – barang baru yang di ciptakan, hal inilah yang memicu seseorang untuk memilikiny. walaupun mereka telah memiliki barang yang sama dengan barang tersebut. Orang yang hemat tidak akan memiliki niat untuk membelinya jika masih ada barang yang sama. Mereka akan mempertimbangkan, apakah kelebihan prodak tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupannya.

2. Berbelanja Sesuai Kebutuhan 
Berbelanja identik atau erat kaitannya dengans Seorang ibu rumah tangga, dan ibu rumah tangga yang hemat akan mencari dan berbelanja sesuai kebutuhan dalam rumah tangganya, misalnya, berapa porsi yang harus disiapkan dengan jumlah bahan yang ia butuhkan untuk porsi tersebut. Orang yang hemat akan betul – netul memperhitingkanhal ini, sebab bahan yang tidak terpakai akan menjadi kerugian tersendiri bagi seorang yang hemat.

3. Berbelanja Sesuai Kualitas Barang 
Berbelanja tidak selalu berbicara soal seberapa murah barang yang ditawarkan, tetapi juga seberapa besar kualitas barang tersebut. Orang yang hemat akan menilai hal ini karena pertimbangannya ialah, dari pada harus membeli dengan harga murah namun tidak membutuhkan waktu lama sudah tidak lagi berfungsi lebih baik membeli barang yang lebih berkualitas walau dengan harga yang sedikit lebih mahal.

4. Tidak membuang – buang air 
Hemat erat kaitannya dengan pengeluaran uang, namun banyak orang lupa kalaw sebenarnya membuang – buang air juga merupakan sifat boros, hal ini tentu selain karna kaitannya dengan biaya yang digunakan untuk mendapatkan air, juga berkaitan dengan perilaku yang sia – sia dan tidak efektif.

5. Tidak Membeli Barang Yang Tidak Bermanfaat 
Dalam berbenlanja seyogyanya harus diperhatiakan adalah nilai manfaat suatu barang, jika barang yang dibeli tidak begitu bermanfaat, maka dapat dikatakan jika itu sifat boros.

6. Menggunakan Listrik Sesuai Kebutuhan 
Sama halnya dengan menghemat air, menggunakan listrik sesuai kebutuhanpun merupakan sifat hemat. Adapun sifat hemat dalam menggunakan listrik antara lain; mematikan lampu ketika tidur, mematikan kipas angin dan telefisi pada saat tidak digunakan, tidak menggunakan alat elektronik yang membutuhkan daya tinggi dan lain – lain.

7. Memanfaatkan Barang Yang Masih Dapat Di Gunakan 
Sifat hemat berikutnya adalah memanfaatkan barang yang masih dapat digunakan atau barang yang masih dapat diperbaiki, hal ini dikatakan hemat karena dapat meminimalisir biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli barang yang sama dengan manfaat yang sama pula.

8. Mematikan Peralatan Elektronik yang Sudah tidak digunakan
Perilaku lainnya yang kadang membuat kita menjadi berlebihan atau boros adalah tidak mematkan perlatan elektronik sesudah digunakan, jadi sebaiknya kita senantiasa mematikan alat-alat elektronik yang sdah digunakan

Hemat merupakan sifat baik dalam mengelola keuangan, jadi ketika seseorang menerapkan kebiasaan hemat, maka ia akan memiliki rasa syukur yang tinggi. Hemat bukanlah pelit atau kikir, namun hemat merupakan sebuah kecerdasan dalam mengatur keuangan.

Lewat tulisan ini, semoga kita semua dapat mensyukuri nikmat yang kita dapat, dan memanfaatkannya sesuai kebutuhan kita, bukan sesuai kemauan dan tuntutan gaya hidup yang berlebihan, sebab hal itu hanya akan membuat keuangan kita menjadi tidak sehat, bahkan dapat membuat kita terlilit dengan utang.

0 Response to "8 Contoh Periilaku Hidup hemat dalam Kehidupan Sehari-hari Serta Manfaatnya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel