10 Kelebihan Mengambil Jurusan IPS Saat Sekolah

10 Kelebihan Mengambil Jurusan IPS Saat Sekolah_  Dalam memilih jurusan ketika sekolah merupakan hal yang gampang- gampang susah, terkadang apa yang kita pilih tidak sesuai dengan keinginan orang tua. Begitu juga sebaliknya apa yang diinginkan orang tua tidak sesuai dengan keinginan kita, dalam hal ini berdiskusi merupakan hal utama untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut.


Salah dalam memilih jurusan akan sangat berdampak pada diri sendiri, oleh karena itu sebelum menentukan jurusan maka sangat penting untuk diketahui apa-apa saja kekurangan dan kelebihan dari masing-masing jurusan agar lebih meyakinkan dan bisa menyesuaikan dengan bakat serta kemampuan anda. Pada kesempatan kali ini akan menjelaskan beberapa kelebihan yang anda dapatkan jika mengambil jurusan ips. Berikut penjelasannya ;

10 Kelebihan Mengambil Jurusan IPS Saat Sekolah

1. Materi yang Mudah diaplikasikan dalam Kehidupan Sehari-hari 
Salah satu kelebihan mengambil jurusan ips adalah selain mudah memahami materi-materinya anda akan dengan mudah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada saat disekolah anda belajar tentang sosiologi tentu hal ini sangat berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, yang dimana sebagai makhluk sosial tentu akan saling melakukan interaksi dengan orang lain.

2. Lebih Mengenal Sejarah
Jurusan ipa yang memang memiliki beberapa materi inti yang dimana salah satunya adalah mata pelajaran sejarah. Keuntungan yang anda dapatkan dengan mengambil jurusan ips yaitu anda bisa mengetahui lebih banyak sejarah dibandingkan dengan jurusan lain. Tentu sebagai pelajar yang cinta akan bangsa sangat penting untuk mengetahui sejarah, dengan belajar sejarah anda bisa tahu kejadian-kejadian dimasa lampau.

Ada banyak kejadian yang tercatat dalam sejarah, seperti sejarah tentang kemerdekaan Indonesia mulai dari mereka dijajah sampai dengan melawan penjajah hingga akhirnya merdeka, sejarah terbentuknya beberapa kerajaan, kesultanan dan masih banyak sejarah yang ada di Indonesia dan dapat anda pelajari melalui jurusan ips ini.

3. Kritis 
Bukan hanya mahasiswa yang berpikir kritis, siswa yang mengambil jurusan ips juga mampu berpikir kritis. Hal ini disebabkan karena dijurusan ips lebih banyak menerima teori dibandingkan dengan jurusan lain yang lebih keprakteknya.

Mereka yang mengambil jurusan ips akan diberi teori-teori disetiap mata pelajaran yang mereka terima, itulah yang membuat mereka lebih memiliki banyak asupan akan pengetahuan sehingga mereka mampu berpikir kritis dari apa yang telah mereka dapatkan.

Keuntungan lain ketika mampu berpikir kritis adalah anda tidak mudah dibodohi orang lain, memiliki pikiran yang terbuka, memikirkan solusi yang tepat untuk setiap permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan sikap kritis inilah yang ketika anda lulus sekolah dan memasuki dunia perkuliahan akan sangat bermanfaat dimana anda akan menghadapi dunia perkuliahan yang sangat berbeda dinamika dengan ketika anda menduduki bangku sekolah.

Dan bagi anda yang ketika lulus kuliah ingin merhimpun disalah satu organisasi maka mulailah sedari sekarang untuk melatih dan mengembangkan sikap kritis anda, karena orang-orang yang kritis sangat dibutuhkan didunia organisasi.

4. Berjiwa Sosial 
Seperti pada poin sebelumnya bahwa siswa yang mengambil jurusan ips kebanyakan berjiwa sosial, hal ini disebabkan karena terbiasa menerima materi tentang bagaimana menjadi cara berinteraksi dengan orang lain, bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan orang dan beberapa pembahasan lain yang terangkum dalam mata pelajaran sosiologi.

Ketika anda mampu mengembangkan jiwa sosial maka akan sangat mudah untuk berinteraksi dengan orang lain dan disenangi banyak orang dibandingkan dengan mereka yang anti sosial.

5. Jarang dipertemukan dengan Perhitungan 
Faktanya jurusan ips sangat jarang dipertemukan dengan yang namanya perhitungan, dibandingan dengan jurusan ipa yang dimana selalu berhadapan dengan mata pelajaran matematika, fisika dan kimia tentu mata pelajaran ini tidak lari dari yang namanya perhitungan.

Dan bagi anda yang tidak terlalu hobi dengan yang namanya perhitungan, mengambil jurusan ips merupakan suatu keuntungan bagi anda. Tetapi hal ini bukan berarti yang mengambil jurusan ips lemah dalam perhitungan, semua tergantung dari kemampuan masing-masing individu.

6. Lebih Kreatif 
Sudah menjadi tradisi di Indonesia bahwa jurusan ips lebih ingin bebas dibandingkan dengan jurusan lain. Meskipun guru sudah menekankan untuk rajin belajar faktanya mereka yang tergolong dalam jurusan ips akan lebih pada pendirian mereka dan lebih menginginkan kebebasan. Hal inilah yang membuat siswa jurusan ips lebih kreatif dalam melakukan hal yang mereka inginkan.

7. Menjaga Solidaritas 
Jika mengambil jurusan ips maka bersyukurlah dengan teman-teman yang anda dapatkan, faktanya menurut sebagian besar pelajar atau alumni ketika mereka tergabung dalam jurusan ips maka akan selalu menjaga solidaritas. Kekompakan dalam setiap kelas atau angkatan sudah bukan hal yang asing lagi bagi mereka dan sudah menjadi tradisi trun-temurun. Kekompakan siswa jurusan ips memang sudah tidak diragukan lagi dan sudah banyak bukti-bukti yang dapat dilihat dilapangan.

8. Materi yang Sangat Bermanfaat 
Setiap jurusan tentu memiliki kelebihannya masing-masing, seperti halnya jurusan ips ini. Tentunya setiap materi-materi yang anda dapatkan dalam jurusan ini akan sangat bermanfaat, seperti yang kita ketehui bahwa IPS atau Ilmu Pengetahuan Sosial yang dimana mampu membuat siswa berbekal akan pengetahuan tentang bagaiamana berinteraksi baik dengan kelompok maupun individu.

Dan nantinya siswa mampu bersosialisasi, selain itu siswa juga mampu menganalisa, mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, dan masih banyak lagi ilmu yang dapat diterapkan dalam hidup bermasyarakat.

9. Hemat Waktu
Jurusan ips juga terbilang jurusan yang cukup santai, karena jurusan ini hanya terfokus pada teori-teori, dibandingkan dengan jurusan lain yang tidak hanya pada teori namun ke prakteknya juga yang bisa membutuhkan waktu cukup. Itulah salah satu alasan kenapa jurusan ips tergolong santai dan lebih menghemat waktu. Namun meskipun terkenal dengan jurusan tersantai tidak selamanya harus santai, ada waktu-waktu tertentu untuk belajar dengan serius, seperti pada saat ulangan dan ujian.

10. Pandai Berdebat 
Berdebat disini bukan dalam hal yang tidak baik, maksudnya adalah mereka yang tergolong jurusan ips dikenal sebagai pelajar yang jago debat dalam berdiskusi, hal ini dikarenakan terbiasa dalam menerima materi dalam bentuk teori yang menjadi lading pengetahuan lebih dan hal ini terjadi secara terus menerus selama menerima materi.

Teori yang didapatkan inilah yang menjadi bahan dan dijadikan sebagai senjata ampuh mereka dalam berdiskusi. Banyak orang yang mengatakan bahwa jurusan ips kebanyakan menghafal, tetapi hal ini dianggap mitos, nyatanya meskipun banyak buku-buku atau materi yang diterima, para siswa tidak selalu harus mengahfal meskipun apa yang mereka pelajari dalam bentuk teori semua dari awal hingga akhir materi. Mereka hanya cukup dengan memahami setiap materi.

Menghafal belum tentu akan paham dengan materi, tetapi yang paham sudah pasti akan menghafal setiap materi yang didapatkan.

Demikianlah artikel tentang 10 Kelebihan Mengambil Jurusan IPS Saat Sekolah, semoga artikel ini bermanfaat.untuk anda semua

0 Response to "10 Kelebihan Mengambil Jurusan IPS Saat Sekolah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel