8 Kelebihan Memilih Jurusan IPA Saat Sekolah

8 Kelebihan Memilih Jurusan IPA Saat Sekolah_  Setelah lulus Sekolah Menengah Pertama, tentu bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas akan dihadapkan dengan beberapa pilihan mengenai jurusan yang akan diambil yaitu IPA atau IPS.

source: google.com
Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, persoalan tentang jurusan keduanya sangat bagus dengan kelebihannya masing-masing, bagi anda yang masih bingung dalam memilih jurusan, bisa meminta saran dari orang tua atau kepada teman dan bisa membaca beberapa artikel kelebihan mengambil jurusan IPA sebagai referensi tambahan agar semakin yakin dengan pilihan anda.

Jurusan IPA memang sangat populer dikalangan para pelajar, sehingga banyak menarik perhatian dan minat dari sebagian besar pelajar, mereka juga akan mengatakan bahwa IPA merupakan jurusan yang bergengsi dikalangan para pelajar, baik disekolah-sekolah negeri maupun swasta, dari kota bahkan sampai kepelosok desa.

Dikalangan Universitas atau kampus, jurusan merupakan bawahan setelah fakultas. Ibaratkan bangunan, fakultas adalah rumah sedangkan jurusan adalah kamar dan setiap universitas ada banyak jurusan. Berbeda dengan kampus, disekolah SMA hanya ada dua jurusan yaitu IPA dan IPS, masing-masing jurusan tentu memiliki kelebihan masing-masing. Jurusan IPA atau Ilmu Pengetahuan alam tentu memiliki mata pelajaran inti diantaranya biologi, kimia, dan fisika. Sedangkan IPS memiliki mata pelajaran inti sosiologi, ekonomi dan geografi.

Sebenarnya kedua jurusan itu bagus, tergantung dari kita bisa menyesuaikan dengan kemampuan atau tidak agar nantinya bagaimana nantinya bisa mengembangkan skill dari jurusan-jurusan tersebut. Namun saat ini masih banyak pelajar yang bingung dalam menentukan atau memilih jurusan, sebelum memilih jurusan ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Pertama, jangan ikut-ikutan dengan orang lain. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat anda agar nantinya tidak menyesal karena yang menjalani anda bukan orang lain. Kedua jangan mudah terpengaruh, setiap orang memiliki kemampuan berbeda-beda jika anda lebih dominan ke biologi maka jurusan yang harus anda pilih adalah IPA, sebaliknya jika anda lebih ke sosiologi maka pilihlah jurusan IPS.

Ketiga minta saran dari orang tua atau teman, ketika anda bingung atau masih ragu dengan pilihan, anda bisa meminta saran dari orang-orang terdekat mislanya kedua orang tua atau teman, atau bisa juga menanyakan kepada mereka yang telah lulus sekolah.

Tanyakan apa saja kendala yang dihadapi agar nantinya anda bisa mengantisipasi dan bisa juga menanyakan bagaimana tes jurusan ipa atau ips agar nantinya anda memilki kesiapan untuk tahap selanjutnya. Berbicara tentang jurusan, pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa kelebihan mengambil jurusan IPA, berikut penjelasannya:

8 Kelebihan Memilih Jurusan IPA Saat Sekolah

1. Mudah Memilih Jurusan Ketika Kuliah
Ketika anda telah lulus sekolah dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tentu jurusan yang sebelumnya disekolah akan sangat berperangaruh jika ingin mendaftar ke salah satu universitas. Faktanya lulusan IPA akan sangat mudah mengambil jurusan apa saja ketika kuliah nanti itulah alasan yang tepat kenapa memilih jurusan IPA.

Misalnya setelah lulus sekolah anda bercita- cita ingin menjadi perawat tentu akan sangat mempermudah anda, karena sebelumnya sudah belajar biologi yang dimana mempelajari tentang makhluk hidup salah satunya adalah manusia.

2. Menjadi Prioritas
Fakta selanjutnya adalah mereka yang tergolong jurusan IPA akan menjadi prioritas oleh guru disekolah, bahkan kepala sekolahpun demikian, hal ini sudah menjadi kebiasaan dan tidak asing lagi dikalangan para pelajar maupun guru.

Salah satu alasan yang paling mendasar adalah karena jurusan ipa sering mewakili sekolah dalam mengikuti beberapa lomba seperti olimpiade. Namun jurusan lain juga sering ikut berpartisipasi dalam lomba, tetapi yang lebih dominan adalah dari jurusan IPA karena lomba yang diadakan juga lebih sering olimpiade fisika dan kimia.

3. Sering Melakukan Praktikum
Beberapa alasan masuk jurusan ipa adalah karena sering melakukan praktikum dibandingkan dengan jurusan lain, dikarenakan dalam jurusan ipa ada beberapa mata pelajaran inti seperti biologi, fisika dan kimia yang dimana tidak hanya sebatas teori tetapi diadakan praktikum.

Misalnya mata pelajaran biologi praktek mengamati pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan, atau mata pelajaran kimia yang dimana mengamati tentang perubahan wujud suatu zat dan mata pelajaran fisika yang mengamati dan mempraktekan mengenai sifat serta gejala yang terjadi pada benda yang ada dibumi.

Hal ini juga merupakan salah satu alasan mengapa sebagian besar pelajar sangat tertarik dengan jurusan ipa karena siswa akan suka mencoba dan melakukan hal-hal baru.

4. Memiliki Skill dalam Berhitung
Bagi anda yang hobi atau gemar dalam berhitung tentu akan memiliki alasan memilih jurusan ipa salah satunya yaitu untuk mengembangkan skill dalam berhitung. Mengapa harus dijurusan ipa? Karena dijurusan ipa menuntut setiap siswanya untuk mampu berhitung yang dimana selalu dihadapkan dengan mata pelajaran matematika, kimia dan fisika. Mata pelajaran tersebut tentunya tidak akan lari dari yang namanya berhitung.

5. Dikenal sebagai Siswa yang Pintar
Dalam seleksi jurusan tentu ada beberapa syarat masuk jurusan IPA, salah satunya adalah nilai yang mencukupi atau diatas rata-rata. Jika seleksinya demikian sudah bisa dipastikan bahwa siswa yang tergolong dalam jurusan ipa bisa dikatakan siswa yang pintar.

6. Lebih Mencintai dan Menjaga Alam
Ilmu Pengetahuan Alam atau biasa dikenal dengan sebutan IPA yang dimana mempelajari tentang sesuatu yang ada di alam berkaitan dengan makhluk hidup mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan. Ketika anda memilih jurusan ipa tentu akan muncul rasa cinta karena sudah mengenal lingkungan alam. Tidak hanya itu ketika belajar kimia anda akan menemukan hal-hal baru dari yang sebelumnya anda tidak ketahui.

7. Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu
Ketika anda mengambil jurusan ipa maka bersiap-siaplah untuk rasa penasaran anda, yang dimana selalu menyajikan materi-materi yang dapat menarik perhatian siswa. Seperti mata pelajaran Biolgi yang mempelajari tentang makhluk hidup, mulai dari bagaimana mereka tumbuh dan berkembang, bagaimana mereka bisa bertahan hidup, menjaga dan pempertahankan populasi dan masih banyak lagi pembahasan-pembahasan yang menarik dimana akan memicu rasa ingin tahu setiap siswa.

8. Memberikan Manfaat dalam Kehidupan Sehari-hari
Jurusan apapun yang anda pilih jika belajar dengan baik dan tekun tentu akan sangat bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Sama halnya dengan jurusan ipa, ketika anda memilih jurusan ini maka manfaat yang anda dapatkan selama belajar adalah ketika terbiasa mengikuti praktikum dan berbagai penelitian dilaboratorium sekolah,

Maka anda bisa mengembangkan ide-ide yang dimiliki setelah melakukan praktikum, mengetahui perkembangan makhluk hidup dari zaman dahulu hingga sekarang, mengetahui bagaimana manusia, menjaga serta merawat lingkungan dan tentunya memberikan wawasan lebih tentang alam.

Itulah beberapa kelebihan jika anda mengambil jurusan IPA, tetapi apapun pilihan anda semoga bisa anda jalankan dengan baik dan ilmu yang anda dapatkan bisa bermanfaat bagi orang banyak yang dan tentunya membuahkan prestasi.

0 Response to "8 Kelebihan Memilih Jurusan IPA Saat Sekolah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang jelas atau jika hendak memberi saran dan kritik
Admin: WA: 0852 1537 5248

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel